Community

Kebahagiaan Kian Utuh Saat Hidupmu Berarti. Peduli Pada Sesama Dan Dekat Dengan Tuhan Adalah Rahasianya

Sebenarnya apa sih tujuan hidupmu selain mencari kebahagiaan? Tidak sedikit orang-orang rela berkorban dan menjalani segala hal untuk merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Tapi, meski bahagia apakah hidupmu sudah cukup berarti?

Seorang ilmuwan bernama Roy Baumeister mengatakan, ada perbedaan besar dari sekadar hidup bahagia dan hidup yang penuh arti. Roy mengatakan, kebahagiaan lebih kepada bentuk pikiran dan persepsi.

Sedangkan, hidup berarti adalah rasa puas pada hubungan vertikal, alias hidup antara manusia dengan Tuhannya. “Ketika kamu memiliki banyak uang, kamu merasa bahagia. Lalu, selanjutnya apa yang kamu akan lakukan dengan uang itu menentukan apakah sebenarnya hidupmu menjadi berarti atau tidak,” ungkap Roy.

Kebahagiaan adalah saat manusia merasa kebutuhannya telah terpenuhi. Sedangkan hidup berarti didapatkan dari menggabungkan pengalaman masa lalu, masa kini, dan masa depan sehingga akan ada kondisi dimana kamu menemukan makna sebenarnya dari kebahagiaan sejati. Agar hidupmu lebih berarti dan tidak sia-sia, kamu bisa memulainya dengan melakukan 5 hal ini.

Belajar Berempati Akan Membuat Hidupmu Jadi Berarti

Saat ini kamu hidup pada era dimana keegoisan adalah segalanya, banyak orang yang lebih peduli dengan dirinya sendiri dan tidak memikirkan orang lain. Hanya fokus pada hal yang hanya menguntungkan dirinya saja. Agar hidup ini tak hanya berjalan tanpa arti, cobalah untuk belajar berempati.

Empati adalah simpati yang mendalam. Berempati pada orang lain membuatmu lebih memahami keadaan di sekitar. Empati mengajarkan kamu arti persaudaraan, bahwa hidup ini tak hanya berjalan sendirian, disamping itu banyak orang-orang di sekitar yang bisa jadi membutuhkan bantuan, jika saja kamu mau membuka diri.

Jika tak egois, kamu akan belajar bahwa indahnya saling mencintai antar sesama manusia. Empati mengajarkanmu tentang kepedulian. Kepedulianmu terhadap orang lain, akan membuat hidup kamu lebih berarti dan bermanfaat bagi sesama

Jangan Segan Untuk Berbagi Kasih Sayang Dengan Orang Lain

Berbagi kasih sayang kepada orang lain termasuk salah satu bentuk empati. Berbagi itu indah, janganlah pernah merasa rugi ketika kamu membagikan perhatian dan kepedulian terhadap orang lain. Meski hanya hal kecil dan sepele bagimu, perhatian yang kamu berikan besar manfaatnya bagi orang lain yang membutuhkan.

Orang-orang akan mengingat seseorang yang sangat berarti baginya dengan cara sederhana, yakni “Bagaimana kamu memperlakukan mereka”. Apakah kamu bisa membuat mereka merasa nyaman saat berada di dekatmu? Apakah mereka senang jika kamu selalu hadir dalam kehidupan mereka? Jika iya, bisa jadi sebenarnya kamu merupakan seorang yang berarti di hati mereka karena telah memberi manfaat dan menebar kasih sayang.

Penting Untuk Menghargai Orang Lain Dan Haknya

Tak bisa dipungkiri, kita selalu membutuhkan uang. Tetapi, ingatlah satu hal bahwa uang bukan segalanya. Uang tidak bisa membeli teman ataupun keluarga. Maka dari itu, jika tidak ingin dijauhi oleh keluarga atau teman, janganlah terlalu mendewakan uang. Belajarlah menghargai orang lain. Perlakukanlah orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.

Janganlah kamu sombong walaupun saat ini jabatanmu adalah seorang manajer atau direktur sebuah perusahaan. Setiap orang berhak dihargai, dicintai, dan dikasihi. Jika ingin orang lain menghormatimu, maka hormatilah dulu orang lain. Saling menghargai dan tidak memandang rendah terhadap orang lain akan membuat hidupmu lebih berarti.

Agar Hidupmu Jadi Kian Berarti, Jangan Takut Untuk Membela Kebenaran

Membela kebenaran bukan berarti kamu harus jadi superhero. Kamu bisa memulainya dari lingkungan sekitarmu. Seperti memerangi ketidakdilan yang terjadi di lingkungan sekitar rumah, melawan sikap rasisme yang terjadi di sekitarmu, dan hal lainnya. Kamu bisa membuat hidupmu lebih berarti dengan menolong orang-orang yang tertindas. Kamu bisa memulainya dari hal kecil. Jangan takut untuk melawan ketidakadilan. Justru seharusnya kamu merasa takut bila melihat hal yang salah, namun kamu malah acuh tak acuh.

Lebih Dekatkan Diri Dengan Sang Pencipta Akan Membuat Kamu Mendapatkan Kebahagiaan Yang Sesungguhnya

Hal terakhir yang bisa membuat hidupmu bahagia dan lebih berarti adalah dekat dengan Tuhan. Hubungan vertikal dengan Tuhan dapat membuat hati lebih tnteram dan pikiran pun damai. Jangan sampai, kamu terlalu mengejar dunia tapi hubunganmu dengan Tuhan justru dilupakan.

Padahal Dia adalah Maha Pencipta segalanya. Dia-lah yang memutuskan dan memberikan kebahagiaan yang kamu butuhkan sehari-hari. Tanpa ridho-Nya, bisa saja kamu hidup dalam kesengsaraan.

Tuhan adalah pemilik segalanya, jika kamu tidak mendekatkan diri pada pemilik kebahagiaan sejati, pada siapa lagi kamu akan meminta? Ingatlah, hidup tidak hanya semata tentang dunia. Dunia hanyalah sementara.

Kebahagiaan hakiki hanya ada pada surga-Nya. Maka dari itu janganlah pernah bosan untuk bisa mendekatkan diri pada Sang Pencipta, agar bisa mendapatkan kebahagiaan sejati untuk hidup yang lebih berarti.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top