Community

Kata Siapa Pergi Traveling Sendirian Gak Asyik Justru Banyak Pelajaran dan Hikmah Saat Kamu Pergi Liburan Sendirian

Musim liburan yang dinanti telah tiba. Dipastikan timeline sosmed kamu saat ini sudah banyak diisi oleh foto-foto liburan yang berasal dari teman-temanmu atau kerabat dekatmu bukan? Saat liburan seperti ini memang paling enak dihabiskan bersama orang-orang terkasih.

Tapi sayangnya, kamu harus pergi sendirian. Teman-temanmu sedang asyik pergi berlibur dengan keluarga, sedangkan keluargamu sudah lebih dulu meninggalkanmu pergi liburanke luar negeri, sisnya kamu harus terjebak di dalam rumah sendirian. Gak usah cemas, liburan sendirian juga asyik kok! Kenapa? Karena banyak pelajaran yang bisa kamu dapat ketika traveling seorang diri. Masa iya?

 

Kamu Bisa Menjelajah Tempat Baru Dengan Bebas

Enaknya pergi liburan sendirian adalah kamu bisa pergi kemanapun sesuka hati. Kamu bisa berjelajah ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya. Bisa jadi kamu menemukan sesuatu yang menarik dari perjalananmu seorang diri.

Kamu Yang Traveling Sendirian Bisa Memaknai Hidup Dari Sudut Pandang Lain

Pergi ke tempat baru, suasana baru, dan orang-orang yang baru sendirian akan banyak memberimu pelajaran hidup yang tidak kamu dapatkan di bangku sekolah. Melalui budaya, kebiasaan, orang-orang, dan bahasa yang berbeda dari tempat tinggal yang selama ini kamu tinggali, kamu bisa belajar tentang sesuatu yang baru tentang kehidupan.

Kamu jadi punya pengetahuan baru tentang bagaimana cara seseorang bertahan hidup dengan cara yang berbeda. Perjalanan seorang diri akan memberikan pandangan lain padamu tentang makna hidup.

Traveling Sendirian Di Negeri Orang Mengajarimu Cara Bertahan Hidup Mandiri

Jika selama ini kamu mengandalkan orang lain untuk membantu semua masalahmu. Kini saat kamu sendirian di negeri orang, kamu harus mengupayakan bagaimana caranya bertahan hidup dengan tanganmu sendiri.

Kamu tidak kenal siapapun di negara itu, tidak ada orang dekat yang bisa diminta bantuan. Satu-satunya cara ialah memberanikan diri bertanya pada orang yang belum kamu kenal untuk menolongmu ketika kesusahan. Kamu akan bertindak di luar kebiasaan yang kamu jalani selama ini agar bisa mempertahankan diri di tempat dan lingkungan yang baru.

Kemampuan Bahasa Asingmu Meningkat

Tak hanya kemampuan bertahan hidup saja bisa kamu pelajari saat bepergian ke negeri asing sendirian, tapi kamu juga bisa melatih skill bahasa asingmu. Ketika kamu ke negara yang berbeda dari tempat asalmu, mau tidak mau kamu harus menguasai bahasa lokal penduduk setempat.

Apalagi jika umumnya warga setempat tidak bisa bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Minimal kamu harus menguasai percakapan sehari-hari dan mengetahui cara bertanya arah jalan sesuai dengan bahasa setempat.

Gak perlu takut salah pronouncation  saat berbicara, tunjukan rasa percaya dirimu ketika bertanya pada penduduk sekitar. Selain menantang, kemampuan bahasa asingmu juga meningkat bukan? Kamu bisa pamer bahasa baru saat pulang nanti.

Kamu Jadi Tahu Makna Perbedaan Yang Sebenarnya

Menghabiskan waktu liburan di negara lain, kamu jadi tahu makna hidup dalam perbedaan. Perbedaan bukanlah alasan untuk saling memusuhi, justru karena adanya perbedaan itu hidup jadi terasa lebih berwarna.

Orang-orang bisa hidup saling mengasihi dan menyayangi meski berbeda satu sama lain. Kamu akan belajar tentang pentingnya perbedaan dan bagaimana orang-orang masih bisa tetap hidup  rukun meskipun tinggal dengan di lingkungan yang berbeda etnis, latar belakang, budaya, bahasa, dan sebagainya.

Traveling Sendirian Membantumu Keluar Dari Zona Nyaman

Ketika kamu berani traveling seorang diri, itu artinya kamu telah berani keluar dari zona nyaman. Kamu berani mengubah kebiasaan dalam melakukan sesuatu atau ketika dalam menyelesaikan masalah. Kamu berani keluar dari rutinitasmu sehari-hari untuk mencoba sesuatu yang baru.

Traveling seorang diri membuatmu berani mengubah kebiasaanmu dalam menhadapi masalah. Contohnya, kamu yang biasa boros dalam kehidupan sehari-hari, ketika bepergian seorang diri, kamu akan belajar manajemen keuangan untk hidup sehari-hari.

Contoh lainnya, kamu yang biasa tidur di atas kasur yang empuk dan kamar yang luas, harus bisa menahan diri tidur di kasur dan kamar yang sempit karena biaya sewa kamar di negeri lain biasanya lebih mahal.

Traveling Sendirian Mengubahmu Luar Dan Dalam

Hasil yang kamu dapatkan ketika bepergian sendirian, apalagi dalam jangka waktu yang cukup lama, dapat mengubah pribadimu baik luar maupun dalam. Banyaknya pengalaman dan pengetahuan yang kamu alami serta rasakan menjadikanmu lebih dewasa dalam bersikap maupun bertindak.

Kamu Bisa Lebih Memahami Kemampuan Dan Jati Diri Sendiri

Setelah selesai traveling kamu jadi tahu kemampuan diri sendiri. Kamu yang sebelumnya tidak sadar akan potensi yang kamu miliki, setidaknya telah memiliki titik cerah tentang seberapa besar kemampuan yang kamu punya dalam menghadapi sesuatu di situasi yang berbeda dari biasanya.

Selain asyik, pergi berlibur sendirian juga tidak merepotkan. Kamu jadi bisa fokus mengatur perjalananmu tanpaharus menunggu atau mengkhawatirkan orang lain. Jadi, masih gak ada alasan kan buat kamu untuk pergi liburan sendirian?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top