Feature

Karena Tulang Adalah Aset untuk Hari Tua, Wajib Kau Jaga dengan Sebaik-baiknya

Hidup sehat di masa tua sejatinya adalah bentuk kesuksesan investasi kesehatan di masa muda. Ya, perkara investasi bukan hanya soal benda berharga saja, kawan. Tapi juga soal bagaimana kita konsisten memikirkan kesehatan dan merawat tubuh kita. luar dalam sakit penyakit tak datang menghantui sewaktu-waktu. Sebab kalau sudah sakit, pasti kita baru menyadari betapa mahalnya kesehatan.

Di lain sisi, seberapa sering kamu memikirkan perkara kesehatan tulangmu? Sebab organ yang satu ini tergolong sering diabaikan. Ya meski kita sama-sama tahu tulang begitu kokoh bahkan fungsinya sebagai penopang tubuh, tapi bukan berarti kita jadi menyepelekan kesehatan tulang. Coba lihat, sekarang ini banyak orang yang berusia 50-an justru mengalami masalah tulang keropos alias osteoporosis. Karenanya, mumpung kamu masih muda, setidaknya cobalah untuk tetap menjaga kesehatan tulangmu.

Ini bukanlah hal yang sulit, bahkan tergolong murah dan cukup terpraktis yaitu lewat olahraga. Hanya dengan membiasakan diri melakukan latihan fisik seperti jalan kaki, lari, atau mungkin lompat tali, kepadatan tulang pun akan bertambah. Hal ini terbukti lewat penelitian antara astronot Amerika Serikat dan kosmonot Rusia.

Para astronot ditugaskan menetap di pesawat ulang-alik selama berbulan-bulan dimana mereka hidup tanpa gaya gravitasi sehingga tubuh pun melayang. Hal tersebut membuat otot dan tulang jadi ‘menganggur’ sehingga membuat kepadatan tulang menyusut. Sementara para kosmonot, mereka ternyata tak memiliki masalah dengan masa tulang lantaran ‘dipaksa’ berolahraga setiap harinya selama satu jam. Itulah mengapa aktivitas fisik sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang tulang.

Biasakan Berjalan untuk Menempuh Jarak agar Kamu Tidak Malas Gerak

Berdasarkan paparan para ahli, masa puncak pertumbuhan tulang adalah di umur 30 tahun. Sementara kalau usia sudah lewat 30 berarti massa tulang akan terus menurun. Bahkan menurut penelitian, di usia 30-70, penurunan massa tulang bisa mencapai 40 persen.

Tapi kamu tak perlu cemas, semakin sering kamu menjaga kesehatan dengan melakukan aktivitas fisik semacam olahraga, maka penurunan massa tulang pun akan melambat. Karenanya sering-seringlah menghabiskan waktu untuk (setidaknya) berjalan kaki.

Misalnya dari rumah hendak ke minimarket, tak perlu berkendara. Justru manfaatkan waktu semacam itu untuk berjalan kaki. Selain menyehatkan, olahraga semacam ini sejatinya memacumu agar tidak malas gerak.

Selain berjalan kaki, demi mencegah tulang keropos, sesekali cobalah untuk lompat tali atau trampolin. Lalu bisa juga kamu menjajal senam aerobikvoli, baket, dan olahraga sejenis. Terakhir, ada renang dan bersepeda.

Biasakan Makan Makanan Bergizi Karena Hal Itulah yang Dibutuhkan Tulangmu

Selain olahraga, tentu saja hal lain yang perlu dijaga adalah asupan makanan. Banyak-banyaklah membaca sumber informasi tentang makanan yang punya peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang. Gizi yang diperlukan tulang, selain vitamin D yaitu serat, zat besi, hingga kalsium. Karenanya, perbanyaklah konsumsi makanan di bawah in:

1. Perbanyak Konsumsi Bayam

Sayuran hijau ini bisa jadi pilihan terbaik kalau kamu tak suka susu. Satu mangkuk sayur bayam cukup untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Tak hanya kalsium, kebutuhan akan serat, zat besi, hingga vitamin A pun ikut terpenuhi.

2. Jangan Lupa Juga dengan Kacang-kacangan

Dilansir dari Health Fitness Revolution, kacang seperti peanuts dan almonds kaya akan kalium. Nah, fungsi kalium ini bisa melindungi kamu dari kehilangan kalsium yang dikeluarkan melalui urin. Di lain sisi, kacang-kacangan juga mengandung protein dan nutrisi yang berperan untuk membangun tulang yang kuat.

3. Susu dan Keju

Kamu perlu tahu, berdasarkan studi, pria setidaknya membutuhkan 1.000 miligram kalsium perhari. Sedangkan wanita membutuhkan 1.200 miligram. Sementara kandungan kalsium dalam segelas susu sekitar 300 miligram. Cukup untuk kebutuhan kalsium harianmu.

Selain susu, jangan lupakan keju. Cukup konsumsi 1,5 ons keju setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan harian kalsum lebih dari 30 persen. Tapi jangan sampai berlebihan ya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Donor Darah Tak Bisa Sembarangan, Pastikan Dulu Badanmu Aman!

Nyatanya, tak semua orang diizinkan donor darah loh. Bukan hanya soal berat badan yang cukup atau tidak. Tapi ada kondisi lain yang juga perlu dipertimbangkan sebagai calon pendonor. Karenanya, sebelum jauh-jauh datang ke PMI atau acara khusus donor darah, pastikan kamu memang memenuhi kriteria jadi pendonor ya.

Kalau ternyata ditolak, tak usah marah atau kesal, mungkin memang ada kriteria yang belum terpenuhi. Berikut ini diantaranya.

Kamu Sedang Terserang Demam, Flu, Pilek, atau Penyakit Lainnya

Karenanya, saat kamu terserang penyakit seperti demam, flu, atau pilek, lebih baik tunggu sembuh dulu ya kawan. Setidaknya kalau kamu sudah yakin sembuh, tunggu 24 jam setelahnya baru kamu bisa ke PMI terdekat untuk mendonorkan darahmu. Karena kondisi tubuh yang tak sehat seperti ini, dikhawatirkan akan memberi pengaruh yang tak baik pula pada darah yang akan kamu donorkan. Selain itu, ditakutkan pula kamu justru semakin tak sehat jika harus mendonorkan darah dalam keadaan yang belum pulih betul.

Kalau Kamu Tengah Melakoni Pengobatan atau Terapi Tertentu, Kamu Pun Tak Boleh Melakukan Donor

Kalau mau donor darah, calon pendonor dianjurkan untuk tidak mengonsumsi obat-obatan. Hal ini karena kandungan zat yang ada pada obat-obatan akan tercampur dengan darah. Di lain sisi, kamu yang sedang dalam masa terapi pun dianjurkan untuk menunda dulu rencana donor darah. Dan yang terpenting, pastikan kamu tak punya tekanan darah lebih dari 180/100 mmHg ya kawan.

Kamu punya Riwayat Diabetes dan Baru Saja Melakukan Tindik pun Dilarang untuk Donor

Sebaiknya kenali dulu tubuhmu. Apakah tubuhmu memang prima atau sedang perlu perawatan tertentu. Sebab kalau kamu punya riwayat diabetes pun tak diizinkan untuk mendonorkan darah lho. Karenanya, jaga kadar gula darahmu ya kawan. Belum lagi soal tindik di bagian tubuh tertentu seperti hidung, lidah, pusar, atau bagian tubuh lainnya. Kalau kamu baru melakukannya dalam kurun waktu kurang dari setahun, kamu pasti tak diizinkan untuk donor darah.

Sebaiknya Memang Cek Dulu Kesehatanmu, Orang dengan Penyakit Menular Seksual Seperti Gonore dan Sifilis bahkan HIV/AIDS pun Tak Diizinkan untuk Donor

Demi alasan kesehatan resepien atau penerima, calon pendonor yang memiliki riwayat penyakit ini dilarang untuk donor. Bahkan kalau memang sedang menjalani pengobatan, orang dengan penyakit menular seksual perlu menununggu selama setahun setelah pengobatan baru bisa donor kembali.

Khusus Untuk Ibu Hamil, Tunggu Sampai Si Kecil Lahir ya…

Ibu hamil memang tak disarankan untuk donor darah. Setidaknya baru aman untuk donor itu minimal enam bulan pasca kelahiran buah hati. Selain itu, kalau berat badanmu dibawah 50 kg, sebaiknya cobalah dulu untuk memenuhi nutrisi supaya mencapai batasan berat badan minimal dan bisa donor darah.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Gerakan Push-Up Ini Bisa Bikin Dadamu Bidang Loh, Coba Saja!

Untuk mendapatkan bentuk dada yang bidang adalah hal yang susah-susah gampang. Banyak orang yang akhirnya memilih untuk pergi ke pusat kebugaran atau tempat gym untuk bisa memperoleh dada bidang yang diimpikannya. Padahal dengan melakukan olahraga di rumah kamu juga bisa kok memiliki dada bidang ini. Cobalah untuk melakukan gerakan push-up ini.

1. Wide Grip Push-up

Kamu bisa mendapatkan bentuk dada yang bidang dengan rajin melakukan wide grip push-up ini. Tak harus pergi ke pusat kebugaran kok, kamu juga bisa melakukannya di rumah atau di tempat kerjamu. Caranya mudah, kamu hanya perlu memosisikan tubuhmu layaknya akan melakukan gerakan push-up biasa. Kemudian geser telapak tanganmu ke arah samping lebih lebar dari bahumu.

2. Clap Push-up

Gerakan push-up yang satu ini perlu kamu lakukan dengan hati-hati. Karena jika tidak, tanganmu bisa saja terkilir. Cara melakukan gerakan ini mudah kok. Kamu bisa mulai memosisikan tubuhmu seperti hendak melakukan push-up  pada umumnya. Selanjutnya saat tubuh pada posisi push, lakukanlah up dengan tekanan yang kuat ke lantau hingga tanganmu terlepas dari lantai dan lakukanlah tepukan tangan sekali dan mendaratlah dengan posisi semula.

3. Spiderman Push-up

Dengan melakukan spiderman push-up secara rutin, kamu tak hanya bisa mendapatkan dada yang bidang loh. Kamu juga bisa mendapatkan bentuk tubuh dengan otot perut samping yang terbentuk dengan rapi. Kamu hanya perlu memosisikan tubuhmu seperti posisi push-up biasa. Selanjutnya saat posisi push, angkat satu kaki ke samping hinggu lutut sejajar dengan pantat. Lakukan gerakan ini secara rutin dengan repetisi 30 untuk pemula dan 100 untuk kamu yang sudah pro.

4. Knee to Chest Push-up

Gerakan knee to chest push-up ini bisa bikin dadamu bidang tanpa harus pergi ke tempat gym kok. Gerakan ini juga bermanfaat pada pembentukan otot perutmu. Kamu bisa mulai dengan posisi gerakan push-up seperti biasa, kemudian saat posisi push, tekuklah lututmu hingga mendekati dada. Usahakan posisi tubuh tetap lurus agar manfaatnya bisa terasa.

5. Single Leg Raised Push-up

Gerakan ini bisa membantu membentuk dadamu dan otot bagian atas tubuh dengan baik. Cara melakukan gerakan ini juga cukup mudah kok. Kamu hanya perlu memosisikan tubuhmu seperti hendak melakukan push-up pada umumnya, kemudian angkat satu kaki dan lakukan push-up dengan satu kaki yang dalam keadaan terangkat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kalau Kamu Jadi Penderita Autisme, Mungkin Ini yang Ingin Kamu Katakan Pada Dunia…

Saat ini masih saja banyak orang yang suka mengejek teman atau orang lain yang memiliki keterbelakangan mental. Kadang mereka mengejek dengan alasan hal itu hanya sebatas candaan saja. Namun apa kamu juga berpikir hal itu lucu bagi mereka yang menerima leluconmu? Pahamilah, berikut adalah hal yang sebenarnya ingin seorang penderita autis katakan padamu.

1. Lihatlah Aku Apa Adanya

Cobalah untuk masuk ke dalam hidup mereka untuk bisa memahami apa yang mereka rasakan. Terkadang orang autis memiliki dunia yang bisa menjadi tempat menyeramkan bagi mereka. Bahkan seringkali ada suara di kepala mereka yang serasa membuat kepala mereka mau meledak, pakaian serasa bisa membakar kulit dan masih banyak hal lain yang mungkin tak bisa kamu pahami hanya dengan melihat mereka dari kejauhan.

2. Aku Juga Ingin Berteman, Layaknya Orang pada Umumnya

Mereka berharap kamu dan yang lainnya mengubah pemikiran kalian tentang mereka. Mereka tak suka dibeda-bedakan. Mereka pun ingin berteman layaknya orang pada umumnya. Mereka pun ingin merasakan sebuah pertemanan seperti halnya yang kamu rasakan bersama teman-temanmu. Mereka ingin kamu dan yang lainnya tak lagi menjauhinya hanya karena perilaku dan penampilan mereka yang berbeda denganmu juga teman-temanmu.

3. Aku Pun Ingin Dihargai dan Diterima Sebagai Manusia

Mereka ingin kamu menghargai dan menerima mereka sebagai layaknya manusia. Kamu tak bisa membedakannya hanya karena latar belakang dan kekurangan yang mereka miliki. Bukanlah setiap manusia diciptakan  sebagai makhluk sosial. Tak ada hal sebagai pengecualian. Semua orang berhak dihargai dan diterima di lingkungannya, terlebih jika mereka tak pernah melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top