Feature

Karena Kamu Tidak Mungkin Kerja Sampai Tua, Jenis Investasi Menguntungkan Ini Bisa Kamu Manfaatkan!

Berada diusia produktif memang memungkinkan kamu untuk melakukan segala hal. Berangkat kerja pagi buta dan pulang saat telah gelap pun tak jadi soal untukmu. Tapi pernahkah terpikirkan olehmu sampai kapan kamu akan bekerja? Lalu bagaimana dengan hari tuamu nanti, apa yang sudah kamu persiapkan untuk masa pensiun yang pasti akan datang?

Tabungan yang sekarang kamu punya pun akan habis karena  terus tergerus dengan kenaikan inflasi setiap tahun. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk tabungan masa depanmu dengan berinvestasi. Lalu investasi apa saja yang bisa kamu lakukan yang bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya tentunya?

Sebelum Memulai Investasi, Ada Hal-hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan terlebih dahulu

Saat kamu memutuskan untuk berinvestasi, secara tidak langsung kamu menyerahkan uang hasil jerih payahmu selama ini untuk digantikan dengan hal lain yang bisa membuatmu mendapatkan keuntungan. Karena alasan itu, kamu harus teliti dan mempertimbangankan beberapa hal yang akan mempengaruhi hasil yang kamu terima ke depannya.

Selain mengenali jenis investasi yang akan dilakukan, kamu juga harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang bisa terjadi. Jangan sampai investasi yang kamu lakukan justru membuatmu menanggung kerugian besar. Sangat penting untuk merhitungkan persentase rugi dan untung dari sebuah investasi yang akan kamu lakukan, serta resiko yang akan kamu hadapi pada saat memilih investasi tersebut.

Investasi Andalan Nenek Moyang Yang Masih Menjadi Primadona Hingga Saat Ini: Emas

Dari dulu harga emas memang tidak pernah mengalami penurunan. Resikonya rendah dan tahan akan inflasi membuat banyak orang yang berpikiran untuk melakukan jenis investasi ini. Jenis emas yang bisa kamu miliki juga beragam dan mudah didapatkan, mulai dari batangan hingga berbentuk perhiasan. Harganya yang bisa disesuaikan dengan uang yang kamu miliki saat ini membuat investasi emas menjadi sangat mudah.

Kemudahannya pada saat jual dan beli menjadi daya tarik tersendiri untuk dipilih sebagai investasi karena bisa dijual kapan pun jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Resiko harga yang turun mungkin tidak terlalu menjadi pertimbangan yang merisaukan. Namun resiko kehilangan dicuri orang lain menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Oleh karena itu saat kamu berinvestasi dalam bentuk emas, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman.

Kalau Kamu Tidak Ingin Rumit, Jenis Investasi Deposito Yang Ditawarkan Bank Bisa Menjadi Pilihan

Saat ini bank menjadi salah satu tempat yang dipercaya banyak orang untuk menyimpan uangnya. Selain mudah, ada lembaga keuangan pemerintah yang menjamin uang yang ada disimpan di bank. Jadi kamu tidak perlu was-was uang kamu hilang, meski bank tersebut mengalami kebangkrutan. Sifat deposito ini terikat untuk beberapa jangka waktu yang bank sediakan dan kamu inginkan. serta bisa diambil setelah melewati jangka waktu.

Selain itu dana yang tersimpan di bank akan mendapatkan bunga dari dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan kebijakan yang bank berikan. Biasanya bunga yang diberikan deposito lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Karena sifatnya yang terikat, jika suatu saat kamu ingin mengambil uang tersebut, bank akan memberikan sejumlah biaya denda sebagai bentuk pelanggaran kontrak yang sudah ditetapkan.  Namun, ada juga bank-bank tertentu yang memberikan bunga yang tidak sebanding dengan inflasi sehingga keuntungan yang didapat tidak terlalu terlihat.  Jadi kamu harus teliti sebelum memutuskan untuk berinvestasi!

Ingin Berinvestasi Yang Bisa Dihuni, Properti Bisa Kamu Lakukan

Investasi properti menjadi investasi yang juga dilirik kebanyakan orang. Selain bentuk fisiknya ada, kamu juga bisa memanfaatkan investasi yang kamu punya. Harga hunian selalu mengalami peningkatan, bahkan sangat jarang mengalami penurunan.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang untuk menginvestasikan uang mereka ke dalam bentuk properti. Properti memiliki potensi yang menjanjikan untuk dijadikan investasi. Tapi bukan berarti tanpa risiko, karena itu kita harus berinvestasi di properti yang punya potensi untuk berkembang pesat.

Contohnya seperti Apartemen Meikarta Cikarang yang saat ini muncul sebagai lahan investasi yang sangat fresh. Karena Letaknya yang strategis di Cikarang dengan banyaknya akses yang memudahkan ke Jakarta, menjadikannya solusi baru bagi para karyawan ibu kota.  Meikarta juga digadang akan menjadi sebuah kota masa depan yang nantinya bisa menyamai Shenzen di Tiongkok.

Lewat hunian modern yang desainnya menyesuikan kebutuhan kaum urban, Meikarta menawarkan 4 tipe apartemen yang bisa dipilih sesuai selera. Yaitu Asian Style, American Style, European Style, hingga Modern Style. Selain itu, Meikarta juga akan didukung oleh berbagai fasilitas lain yang menjadi bukti inovasi gaya hidup masyarakat modern. Tentunya ini sangat menjanjikan untuk investasi.

Hal menarik lainnya  yang menjadikan Meikarta investasi yang menguntungkan adalah harganya yang relatif murah, yakni Rp 10 juta per meter persegi. Tipe bangunannya pun bermacam-macam, mulai dari tipe Amerika, Eropa hingga Asia yang memiliki luas 42,58 m2 hingga 98,29 m2. Lokasinya pun strategis, yakni dekat dengan akses tol Cibatu dan diapit berbagai macam pusat industri.

Kalau Kamu Ingin Berbagi Resiko Dengan Orang Lain, Investasi Reksa Dana Bisa Kamu Pilih!

Reksa dana merupakan salah satu sarana untuk mengumpulkan sejumlah dana secara kolektif. Dana tersebut akan dikelola oleh manager investasi atau perusahaan investasi. Reksa dana membagi resiko dan juga keuntungan secara merata kepada para investor. Keuntungan yang didapat tergantung pada jenis reksa dana yang kamu pilih saat ingin melakukan investasi.

Keuntungan dari jenis investasi ini kamu tidak perlu pusing untuk mengelola uang yang kamu miliki, karena sudah dilakukan oleh manager investasi profesional dan memiliki sertifikat. Dana yang kamu investasikan juga tersebar ke beberapa perusahaan sehingga resiko dan keuntungan yang kamu punya tersebar ke beberapa perusahaan yang berbeda. Kekurangan dari jenis investasi ini mungkin ada perasaan kurang puas karena dikelola oleh orang lain, serta keuntungannya yang tidak sebesar saham, kamu juga akan dikenakan beberapa biaya jasa pengelolaan investasi ini.

Investasi Jenis Saham Jadi Pilihan Yang Tepat Untuk Kamu Yang Suka Tantangan

Mungkin kamu sering mendengar jenis investasi yang satu ini. Yap, saham menjadi salah satu jenis investasi yang sudah dikenal oleh banyak orang. Saham merupakan bukti kepemilikan kamu di sebuah perusahaan, sehingga kamu menjadi salah satu investor. Sebagai hasil dari investasi tersebut kamu akan mendapatkan sejumlah pembagian hasil (dividen) secara berkala. Kamu bisa membeli atau menjual saham di perusahaan sekuritas dengan dikenakan sejumlah biaya atas tindakan tersebut.

Kamu bisa saja mendapatkan sejumlah keuntungan yang sangat besar atas kepemilikan saham, terutama jika harga saham perusahaan yang kamu miliki mengalami kenaikan yang signifikan. Namun bisa mengalami kerugian yang sangat besar jika sewaktu-waktu harga saham turun drastis di pasaran. Jika dana yang kamu miliki tidak kuat kamu bisa mengalami kerugian besar hingga minus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kantor yang Bebas Berpakaian, Tak Berarti Kamu Boleh Datang dengan Pakaian Rumahan

Di era sekarang sebuah kantor atau perusahaan tidak lagi menekankan karyawannya harus memakai office look. Meskipun tidak semua, tapi beberapa start up telah melakukan kebijakan ini. Apalagi kantor-kantor di bidang kreatif. Pasalnya, ada yang berujar bahwa berpakaian rapih saat ke kantor adalah suatu tekanan. Entah bisa dibenarkan atau tidak, yang jelas generasi milenial sangat senang mendapatkan kantor bebas berpakaian.

Perlu diketahui ketika diberikan kebebasan, bukan berarti datang dengan berpakaian semaunya dan seenaknya. Meskipun bebas, kamu juga mesti tahu aturan. Pada dasarnya aturan tersebut mengacu kepada etika, karena tak mungkin kamu hanya memakai kaus kutang dan celana pendek ke kantor kan? selain tidak enak dipandang, itu sama saja kamu telah menyepelekan tempat kamu bekerja.

Setidaknya bebas berpakaian adalah minimal kamu mengenakan T-shirt dan jeans ke kantor. Dan pastikan kamu tidak berpakaian seperti ini saat berangkat ke kantor ya.

Bebas Tapi Sopan, Jangan Memakai Pakaian Rumahan

Mungkin kamu memiliki kaus kesayangan yang sampai belel pun kamu tetap nyaman memakainya. Tapi, nyaman buatmu belum tentu nyaman di mata orang lain. Pakaian yang seperti itu sebaiknya kamu kenakan saat di rumah, bukan berangkat ke kantor. Meskipun bebas berpakaian bukan berarti tidak ada aturan lho. Kamu harus kenakan pakaian yang setidaknya enak dipandang.

Memakai Pakaian yang Kusut

Tentu penampilan dapat menopang mood seseorang dalam bekerja. Tidak bagusnya penampilan pasti akan menganggu konsenstrasi saat di kantor. Terutama saat kamu mendapatkan komentar dari karyawan lain, atau melihat seseorang yang melihatmu secara tidak enak. Untuk itu perhatikan pakaianm.

Apalagi jika menggunakan pakaian kusut, jelas sangatlah tidak enak dipandang. Sebisa mungkin kamu harus membawa pakaian ganti untuk mengganti pakaianmu yang kusut. Apalagi kalau kamu ke kantor naik angkutan umum.

Memakai Pakaian yang Sudah Dipakai di Hari Sebelumnya

Mungkin kamu memiliki sikap yang terlalu cuek soal pakaian. Apalagi mengetahui kalau kantor kamu adalah kantor yang bebas berpakaian. Secuek-cueknya kamu dengan penampilan, tak semestinya juga kamu memakai pakaian yang sudah dipakai di hari sebelumnya. Jangan heran kalau kamu mendapatkan cap jorok dari teman-teman kantor lantaran pakaianmu tidak diganti-ganti.

Jangan Sampai Memakai Sandal Ke Kantor Karena Tidak Etis

Dalam suatu kondisi seperti hujan, kamu mungkin bisa memakai sandal ke kantor karena sepatumu kebasahan atau semacamnya. Tetapi di luar dari kondisi tersebut, memakai sandal ke kantor sangatlah tidak etis. Apalagi kalau dilihat teman kerja dan bosmu, otomatis kamu akan dipandang berbeda. Lain kasusnya apabila bos dan teman kantor memang memperbolehkan memakai sandal.

Mengenakan Piyama Saat Bekerja

Lebih kacau lagi kalau kamu mengenakan piyama saat bekerja. Jelas saja itu sudah salah, karena piyama adalah pakaian untuk beristirahat bukan bekerja. Kamu bisa mengenakan piyama ke kantor apabila saat itu sedang ada pesta kostum atau semacamnya. Karena kami yakin sebebas apapun kantormu pasti tidak srek apabila melihat seseorang mengenakan piyama saat bekerja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Pertama dalam Sejarah APBN, Penerimaan Negara Tembus 100%

Sehari sebelum perayaan Tahun Baru 2019 kemarin, Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati mengumumkan penerimaan negara 2018 mencapai 100%.  Belia juga mengatakan jika capaian tersebut adalah yang pertama kali dalam sejarah APBN.

Sri Mulyani menjelaskan, pemerintah meraup penerimaan sebesar Rp 1.894,72 triliun atau 100% dari target APBN 2018. Dan adapun sumbernya antara lain dari perpajakan, yakni pajak dan bea cukai, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dan hibah.

“Pada tahun ini untuk pertama kalinya Kementerian Keuangan tidak mengundang-undangkan APBN Perubahan dan tahun 2018 ditutup dengan Penerimaan Negara sebesar 100%,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, Senin (31/12/2018), sebagaimana dikutip dari detik.com. 

Dan, kabarnya hasil dari pencapaian ini akan dilaporkan oleh Sri Mulyani kepada Presiden Joko Widodo, hari ini Selasa (1/1/2019).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Sebelum Tahun Baru, Tinggalkan Penyesalanmu Karena Pernah Terjebak dalam Lima Sikap Ini

Setiap manusia punya berbagai pilihan di tangannya. Entah pilihan yang baik atau yang buruk, bahkan entah menguntungkan maupun merugikan. Yang pasti dalam setiap pilihan yang dibuat pasti ada hikmahnya. Hanya saja, seringkali manusia sering memilih hal yang merugikan dirinya dan berujung penyesalan.

Di penghujung tahun, biasanya hidup kita akan disibukkan dengan membuat resolusi. Terkhusus tahun ini, sebelum beranjak membuat resolusi, mungkin tak ada salahnya berkontemplasi sejenak. Barangkali ada hal-hal yang sebaiknya kamu hindari agar tak kembali terjadi di tahun mendatang. Demi menghalau timbulnya penyesalan. Lima diantaranya yaitu hal-hal ini.

Membuat Jarak dengan Tuhan

 

Saat kamu sampai hati untuk membuat jarak dengan Tuhan, sadar tak sadar akan ada ‘ganjalan’ yang membuat segala urusanmu terasa tak lancar. Entah itu urusan pekerjaan, karier, bahkan percintaan. Hidupmu yang kompleks tak bisa dilepaskan dari campur tangan Tuhan. Bagaimanapun, kehidupan ini adalah berkat dari Sang Pencipta, sementara saat hidup kita justru menentang dan menjauh dari-Nya, mungkin kamu perlu introspeksi sebelum penyesalan terjadi.

Terlalu Memilih-milih Teman

Terlalu selektif dalam berteman pun bisa merugikanmu. Sekalipun menurutmu sikap selektif itu perlu terutama dalam memilih sahabat. Tapi pikirkan juga ke depannya. Saat kamu menjauhi atau menjaga jarak dengan seseorang lantaran ia berbeda denganmu, itu tandanya kamu sudah membatasi diri untuk menerima kebaikan yang mungkin saja bisa ditawarkan oleh orang tersebut. Menolak seseorang untuk berteman denganmu justru menunjukkan bahwa kamu masih memiliki karakter angkuh, kawan.

Tak Jadi Diri Sendiri dalam Hidupmu Sehari-hari

Demi terlihat baik dan sempurna, bukan berarti kamu harus menyembunyikan karakter aslimu. Percayalah, tak jadi diri sendiri hanya akan membuatmu merasa tersiksa dan tak bisa bebas mengekspresikan dirimu.  Bahkan bisa saja karena sikapmu ini, kamu kehilangan jati dirimu sendiri.

Kawan, tak perlu berubah menjadi orang lain demi terlihat sempurna karena manusia itu jauh dari sempurna. Lebih baik kamu hidup dengan apa adanya tapi kamu bahagia daripada hidup dalam kepura-puraan dan menderita.

Kurangi Kebiasaan Melakukan Sesuati Tanpa Dipikir Terlebih Dahulu

Sikap ini pun pasti akan mendatangkan penyesalan untuk kamu di kemudian hari. Terlebih jika selama ini ternyata banyak orang yang merasa sakit hati akibat sikapmu yang tak pernah dipikir dahulu. Dampak yang akan kamu rasakan pastinya kamu akan kehilangan orang bahkan teman yang mau menemanimu dalam suka dan duka, mungkin ini karena kamu tak bisa menghargai perasaan orang lain.

Sebelum hal itu terjadi lagi, lebih baik mulai saat ini berhati-hatilah dalam berbicara dan bersikap karena lidah lebih tajam daripada pisau. Bukankah ada peribahasa: “Mulutmu, harimaumu,”?

Selalu Boros dan Masih Sukar Mengatur Keuangan

Terakhir, sikap yang pasti akan kamu sesali di masa depan adalah kamu boros di masa sekarang. Mungkin memang iya sikap boros akan mendatangkan kepuasan saat ini tapi tidak di masa depan karena kamu hanya akan menyesal di saat tengah kekurangan tetapi kamu tak punya tabungan atau apapun yang membantu kondisi keuanganmu di masa depan.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top