Feature

Karena Kamu Tidak Mungkin Kerja Sampai Tua, Jenis Investasi Menguntungkan Ini Bisa Kamu Manfaatkan!

Berada diusia produktif memang memungkinkan kamu untuk melakukan segala hal. Berangkat kerja pagi buta dan pulang saat telah gelap pun tak jadi soal untukmu. Tapi pernahkah terpikirkan olehmu sampai kapan kamu akan bekerja? Lalu bagaimana dengan hari tuamu nanti, apa yang sudah kamu persiapkan untuk masa pensiun yang pasti akan datang?

Tabungan yang sekarang kamu punya pun akan habis karena  terus tergerus dengan kenaikan inflasi setiap tahun. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk tabungan masa depanmu dengan berinvestasi. Lalu investasi apa saja yang bisa kamu lakukan yang bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya tentunya?

Sebelum Memulai Investasi, Ada Hal-hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan terlebih dahulu

Saat kamu memutuskan untuk berinvestasi, secara tidak langsung kamu menyerahkan uang hasil jerih payahmu selama ini untuk digantikan dengan hal lain yang bisa membuatmu mendapatkan keuntungan. Karena alasan itu, kamu harus teliti dan mempertimbangankan beberapa hal yang akan mempengaruhi hasil yang kamu terima ke depannya.

Selain mengenali jenis investasi yang akan dilakukan, kamu juga harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang bisa terjadi. Jangan sampai investasi yang kamu lakukan justru membuatmu menanggung kerugian besar. Sangat penting untuk merhitungkan persentase rugi dan untung dari sebuah investasi yang akan kamu lakukan, serta resiko yang akan kamu hadapi pada saat memilih investasi tersebut.

Investasi Andalan Nenek Moyang Yang Masih Menjadi Primadona Hingga Saat Ini: Emas

Dari dulu harga emas memang tidak pernah mengalami penurunan. Resikonya rendah dan tahan akan inflasi membuat banyak orang yang berpikiran untuk melakukan jenis investasi ini. Jenis emas yang bisa kamu miliki juga beragam dan mudah didapatkan, mulai dari batangan hingga berbentuk perhiasan. Harganya yang bisa disesuaikan dengan uang yang kamu miliki saat ini membuat investasi emas menjadi sangat mudah.

Kemudahannya pada saat jual dan beli menjadi daya tarik tersendiri untuk dipilih sebagai investasi karena bisa dijual kapan pun jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Resiko harga yang turun mungkin tidak terlalu menjadi pertimbangan yang merisaukan. Namun resiko kehilangan dicuri orang lain menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Oleh karena itu saat kamu berinvestasi dalam bentuk emas, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman.

Kalau Kamu Tidak Ingin Rumit, Jenis Investasi Deposito Yang Ditawarkan Bank Bisa Menjadi Pilihan

Saat ini bank menjadi salah satu tempat yang dipercaya banyak orang untuk menyimpan uangnya. Selain mudah, ada lembaga keuangan pemerintah yang menjamin uang yang ada disimpan di bank. Jadi kamu tidak perlu was-was uang kamu hilang, meski bank tersebut mengalami kebangkrutan. Sifat deposito ini terikat untuk beberapa jangka waktu yang bank sediakan dan kamu inginkan. serta bisa diambil setelah melewati jangka waktu.

Selain itu dana yang tersimpan di bank akan mendapatkan bunga dari dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan kebijakan yang bank berikan. Biasanya bunga yang diberikan deposito lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Karena sifatnya yang terikat, jika suatu saat kamu ingin mengambil uang tersebut, bank akan memberikan sejumlah biaya denda sebagai bentuk pelanggaran kontrak yang sudah ditetapkan.  Namun, ada juga bank-bank tertentu yang memberikan bunga yang tidak sebanding dengan inflasi sehingga keuntungan yang didapat tidak terlalu terlihat.  Jadi kamu harus teliti sebelum memutuskan untuk berinvestasi!

Ingin Berinvestasi Yang Bisa Dihuni, Properti Bisa Kamu Lakukan

Investasi properti menjadi investasi yang juga dilirik kebanyakan orang. Selain bentuk fisiknya ada, kamu juga bisa memanfaatkan investasi yang kamu punya. Harga hunian selalu mengalami peningkatan, bahkan sangat jarang mengalami penurunan.

Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang untuk menginvestasikan uang mereka ke dalam bentuk properti. Properti memiliki potensi yang menjanjikan untuk dijadikan investasi. Tapi bukan berarti tanpa risiko, karena itu kita harus berinvestasi di properti yang punya potensi untuk berkembang pesat.

Contohnya seperti Apartemen Meikarta Cikarang yang saat ini muncul sebagai lahan investasi yang sangat fresh. Karena Letaknya yang strategis di Cikarang dengan banyaknya akses yang memudahkan ke Jakarta, menjadikannya solusi baru bagi para karyawan ibu kota.  Meikarta juga digadang akan menjadi sebuah kota masa depan yang nantinya bisa menyamai Shenzen di Tiongkok.

Lewat hunian modern yang desainnya menyesuikan kebutuhan kaum urban, Meikarta menawarkan 4 tipe apartemen yang bisa dipilih sesuai selera. Yaitu Asian Style, American Style, European Style, hingga Modern Style. Selain itu, Meikarta juga akan didukung oleh berbagai fasilitas lain yang menjadi bukti inovasi gaya hidup masyarakat modern. Tentunya ini sangat menjanjikan untuk investasi.

Hal menarik lainnya  yang menjadikan Meikarta investasi yang menguntungkan adalah harganya yang relatif murah, yakni Rp 10 juta per meter persegi. Tipe bangunannya pun bermacam-macam, mulai dari tipe Amerika, Eropa hingga Asia yang memiliki luas 42,58 m2 hingga 98,29 m2. Lokasinya pun strategis, yakni dekat dengan akses tol Cibatu dan diapit berbagai macam pusat industri.

Kalau Kamu Ingin Berbagi Resiko Dengan Orang Lain, Investasi Reksa Dana Bisa Kamu Pilih!

Reksa dana merupakan salah satu sarana untuk mengumpulkan sejumlah dana secara kolektif. Dana tersebut akan dikelola oleh manager investasi atau perusahaan investasi. Reksa dana membagi resiko dan juga keuntungan secara merata kepada para investor. Keuntungan yang didapat tergantung pada jenis reksa dana yang kamu pilih saat ingin melakukan investasi.

Keuntungan dari jenis investasi ini kamu tidak perlu pusing untuk mengelola uang yang kamu miliki, karena sudah dilakukan oleh manager investasi profesional dan memiliki sertifikat. Dana yang kamu investasikan juga tersebar ke beberapa perusahaan sehingga resiko dan keuntungan yang kamu punya tersebar ke beberapa perusahaan yang berbeda. Kekurangan dari jenis investasi ini mungkin ada perasaan kurang puas karena dikelola oleh orang lain, serta keuntungannya yang tidak sebesar saham, kamu juga akan dikenakan beberapa biaya jasa pengelolaan investasi ini.

Investasi Jenis Saham Jadi Pilihan Yang Tepat Untuk Kamu Yang Suka Tantangan

Mungkin kamu sering mendengar jenis investasi yang satu ini. Yap, saham menjadi salah satu jenis investasi yang sudah dikenal oleh banyak orang. Saham merupakan bukti kepemilikan kamu di sebuah perusahaan, sehingga kamu menjadi salah satu investor. Sebagai hasil dari investasi tersebut kamu akan mendapatkan sejumlah pembagian hasil (dividen) secara berkala. Kamu bisa membeli atau menjual saham di perusahaan sekuritas dengan dikenakan sejumlah biaya atas tindakan tersebut.

Kamu bisa saja mendapatkan sejumlah keuntungan yang sangat besar atas kepemilikan saham, terutama jika harga saham perusahaan yang kamu miliki mengalami kenaikan yang signifikan. Namun bisa mengalami kerugian yang sangat besar jika sewaktu-waktu harga saham turun drastis di pasaran. Jika dana yang kamu miliki tidak kuat kamu bisa mengalami kerugian besar hingga minus.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Tips Agar Kamu Tak Gagal Lagi Saat Interview Kerja

Setiap orang tentu memiliki impian memiliki pekerjaan yang baik. Namun kenyataannya untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan tak semudah membalikkan telapak tangan. Kamu yang sering gagal saat interview kerja mungkin bisa coba lakukan 5 tips ini.

1. Memperbaiki CV

Kamu harus memperhatikan CV-mu dengan baik. Orang ditempat kerja tujuanmu pasti akan terlebih melihat CV-mu. Usahakan untuk membuat CV semenarik mungkin. Lampirkan juga portofolio mengenai prestasi dan pengalamanmu dalam bekerja sebelumnya.

2. Mendownload Aplikasi Lamaran Pekerjaan

Perkembangan teknologi harus bisa kamu manfaatkan dengan baik. Kini kamu tak perlu lagi mengirim surat lamaran pekerjaanmu melalui kantor pos. Kamu juga bisa mengirimnya melalui aplikasi untuk melamar pekerjaan.

3. Mengupdate Profil LinkedIn-mu

LinkedIn merupakan salah satu sosial media yang dimiliki oleh dunia kerja profesional. Kamu bisa mengikuti atau menambah koneksi dengan orang yang bekerja di perusahaan impianmu dengan sosmed ini. Salah satu yang harus kamu perhatikan saat memanfaatkan LinkedIn adalah selalu memastikan bahwa kamu sudah menambahkan profilmu yang paling baru.

4. Mencari Informasi Tentang Perusahaan dan Jabatan yang Incaranmu

Selanjutnya adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin tentang perusahaan dan juga jabatan yang kamu impikan. Percaya atau tidak, pasti informasi itu akan sedikit membantumu saat interview nanti.

5. Fokus pada Kelebihanmu

Jangan fokus pada kekuranganmu, melainkan kelebihanmu. Kamu harus bisa menunjukkan kelebihanmu dan meyakinkan tim pewawancara untuk bisa menerimamu bekerja di perusahaan mereka. Utamakan untuk selalu tampil percaya diri ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Untuk Kamu Para Introvert, Ini 5 Bisnis yang Cocok Banget Untuk Kamu Geluti

Apakah kamu termasuk pribadi yang introvert? Jika iya, jangan khawatir dengan pekerjaan apa yang cocok dengan kepribadianmu itu. 5 pekerjaan ini cukup cocok untukmu karena kamu tidak perlu terlalu banyak berbaur dengan orang lain. Apa saja sih, yuk langsung cek saja pekerjaan apa yang cocok untukmu.

1. Penulis

Kamu yang punya keahlian dalam menulis rasanya sangat cocok dengan pekerjaan yang satu ini. Kamu tak perlu membaur dalam keramaian. Cukup diam di satu tempat dan mencurahkan segala ide dan pikiranmu ke dalam tulisan yang ingin kamu hasilkan.

2. Fotografer

Pekerjaan ini memerlukan fokus yang cukup tinggi. Kamu akan lebih menghabiskan waktu untuk mengamati titik yang cocok untuk di-explore seperti memotret dan juga melakukan editing foto. Tak heran jika banyak introvert yang menggeluti bidang pekerjaan yang satu ini.

3. Web Developer

Kamu tak perlu langsung bertatap muka dengan klienmu jika kamu memutuskan untuk terjun dalam dunia pekerjaan yang satu ini. Contoh introvert yang sukses dalam bidang ini adalah Mark Zuckerberg dan Bill Gates.

4. Bisnis Online

Pekerjaan di balik layar yang satu ini juga cocok untukmu yang memiliki kepribadian introvert. Kamu tak harus bertatap muka secara langsung dengan klienmu. Kamu bisa mengembangkan usahamu secara online.

5. Toko atau Kursus Musik

Biasanya intrivert memiliki keahlian khusus di satu bidang. Jika kamu kebetulan memiliki keahlian di bidang musik, kamu bisa mencoba untuk membuka toko alat musik atau membuka kursus bermain musik. Sepertinya bisnis ini akan sangat menyenangkan karena sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Duit Habis Selepas Lebaran? Ini 5 Hal yang Harus Kamu Lakukan

Lelah setelah pulang dari kampung halaman, selanjutnya kita akan dipusingkan dengan isi dompet yang tak lagi bersisa. Yap, setelah lebaran, keuangan kita memang habis-habisan. Tapi ini mungkin dikarenakan kesalahan dalam hal mengatur keuangan menjelang Lebaran. Entah karena kita yang tak paham, atau memang ada banyak keperluan yang dadakan.

Alhasil, isi dompet akhirnya menipis. Padahal, menunggu hari gajian di bulan ini masih lama. Untuk itu, demi mengatasinya, ada lima hal yang bisa kita lakukan saat menghadapi ‘kantong kering’ selepas Lebaran.

1. Cari Tahu Penyebab Jeblosnya Saku

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang menyebabkan pengeluarkan kita membengkak. Entah itu karena jumlah angpao THR untuk para keponakan, atau hal lain yang dibeli tanpa perhitungan. Jika kita sudah tahu apa yang menyebabkan uang ludes begitu saja, kita bisa menghitung kemana semua uang perginya. Karena bisa saja ada beberapa keperluan yang lupa dicatat, namun jika sudah dihitung kembali, kita tahu kemana uang tersebut digunakan.

2. Hitung Berapa Banyak Kebutuhan Sebulan ke Depan

Karena hidup tak hanya sampai lebaran, hal lain yang perlu dihitung adalah kebutuhan hidup untuk sebulan ke depan. Catat semua pengeluaran dalam jurnal sebulan ke depan, lalu totalkan berapa banyak uang yang harus kita butuhkan. Jadi kita tahu, berapa banyak yang kita butuh, dan berapa banyak uang yang masih kita miliki.

3. Cari Langkah Lain untuk Menambah Pendapatan

Dilansir dari situs Lifehacker, selepas mengalami pengeluaran yang besar-besaran. Kita perlu melakukan sebuah tindakan yang bisa mendatangkan solusi untuk masalah keuangan. Misalya, dengan mencari sumber pendapatan lainnya. Mulai dari berjualan, menerima pekerjaan sampingan, hingga menekuni hobi yang sebenarnya memiliki potensi untuk bisa mengasilkan uang. Selama itu adalah sesuatu yang halal dan benr, tak ada salahnya untuk dilakukan.

4. Berhenti Mengeluh, Cari Solusi yang Bisa Jadi Jalan Keluar

Dengar, kamu mungkin menyesal karena membeli pakaian lebaran yang terlalu mahal padahal hanya dipakai di hari lebaran. Hingga beberapa penyesalan lain yang sebenarnya tak bisa diubah karena sudah terlanjur dilakukan. Jangan lelap dalam berbagai macam keluhan, segera bangkit dan cari jalan keluar. Karena sekeras apapun kita mengeluh tentu tak akan merubah situasinya. Tenangkan pikiran dan mulai berpikir untuk mencari jalan keluar.

5. Atau Coba Pinjam Uang ke Saudara atau Teman Kita

Meminjam uang jadi pilihan terakhir, jika memang situasi tak lagi bisa diatasi. Uang di saku sudah habis, padahal kebutuhan dan biaya hidup lain tetap harus berjalan. Meminjam uang bisa jadi bala bantuan. Dengan catatan, berusalah untuk meminjam ke pada keluarga atau teman terlebih dahulu. Karena, pada mereka biasanya kita tak perlu membayar bunga yang besar, sebagaimana pinjaman ke bank atau lembaga lainnya.

Jika sudah diberi pinjaman, jangan lupa untuk membayar sesuai kesepakatan. Jangan lewat dari tanggal yang dijanjikan, agar jika suatu saat kita butuh pinjaman mereka tak kapok untuk memberi bantuan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top