Trending

Karena Fenomena #HowOldRobot Tak Sesederhana Tebak-Tebakan Umur Belaka

situs how old robot

Mungkin situs yang mencoba menebak usia melalui foto macam ini bukan yang pertama. Tapi #HowOldRobot yang bisa ditemui di How-Old.net ini jadi menghebohkan karena digagas oleh raksasa teknologi sekelas Microsoft. Jadi ini bukan sekedar situs dengan teknologi asal jadi yang sering kita temui sebelumnya.

Wajar jika kemunculannya membuat tren di kalangan netizen. Hanya dalam hitungan jam sudah 35 ribu pengguna menjajal situs ini dan menggunggah hasilnya di sosial media, blog serta situs. Dan semua pun bergerak menggila sesudahnya.

Tagar #HowOldRobot mencapai puncaknya pada tanggal 1 mei 2015 yang lalu. Kemudian mengalami penurunan drastis sehari sesudahnya. Hal ini diduga karena adanya kekecewaan pengguna yang hasilnya dikatakan lebih tua dari aslinya. Namun di facebook, situs ini sudah dishare sebanyak 1,6 juta kali!

Tapi di luar itu, bagaimana sebenarnya cara kerja si robot penebak umur ini? Aditya Khosla peneliti dari MIT mencoba menjelaskan teknologi #HowOldRobot.

Teknologi pertama yang disematkan adalah algoritma pengenal wajah. Ini sudah banyak ditemui di sejumlah aplikasi yang ada pada smartphone Android maupun iOS. Foto dua dimensi itu akan diterjemahkan menjadi sejumlah perhitungan data untuk membedakan mana gambar wajah dan mana yang bukan.

Kemudian hasil ini akan dibandingkan dengan bank data yang dimiliki Microsoft sebelumnya. Yup, mereka sudah memiliki data sample untuk menghitung usia dan gender dari sejumlah foto. Dari sinilah teknologinya berikutnya digunakan.

Microsoft menggunakan Deep Learning untuk membandingkan data tersebut. Deep Learning sendiri merupakan cabang keilmuan dari Artificial Intelligence alias kecerdasan buatan. Jadi dari hasil foto yang diunggah oleh pengguna, sistem akan mengeluarkan beberapa hasil, sebut saja misalnya usia 35, 45, 60. Nah, si kecerdasan buatan inilah yang menentukan hasil mana yang akan digunakan.

Tapi kenapa ada yang hasil prediksinya jauh dari kenyataan? Selayaknya kecerdasan alami, sistem kecerdasaan buatan juga butuh waktu untuk belajar. Mengingat usia #HowOldRobot yang baru beberapa hari saja. Rasanya wajar jika “ia” masih salah memprediksi. Apalagi wajah manusia bisa terlihat berbeda dalam ekspresi berbeda. Bukankah senyum membuat kita terlihat lebih muda?

Di luar segala keriaan itu, sesungguhnya ini adalah strategi marketing Microsoft yang sangat cerdas. Mereka mempromosikan layanan Azure milik Microsoft yang digunakan untuk meluncurkan situs tersebut.

Disebut bahwa semua kerumitan teknologi di atas sudah disediakan dalam Azure yang bisa diakses para pelanggan Azure. Hanya dibutuhkan beberapa hari dan sejumlah coding program sederhana untuk memanggil teknologi yang ada di Azure. Gambaran sederhananya semirip dan semudah menginstall aplikasi lewat Google Play atau Apple Store. Kita tinggal memilih ingin menggunakannya untuk tujuan apa.

Microsoft juga menunjukan, bagaimana teknologi dari aplikasi yang tersedia dari Azure, memungkinkan mereka memantau viral dari situs yang dibangun tersebut. Mereka berhasil mengumpulkan metadata dari foto yang diunggah, menggunakan gadget apa (PC, samrtphone, android, iPhone, dsb), kemudian juga lokasi tempat foto tersebut diunggah sampai ke detail garis lintang dan bujurnya.

Jadi sungguh, #HowOldRobot ini bukan sekedar permainan tebak-tebakan umur kan?

6 Comments

6 Comments

  1. defa ramadhani

    May 6, 2015 at 3:11 pm

    jadi howold ini punya trik dan cara tersendiri ya.bukan asal tebak??

  2. Chisana Sekai

    May 8, 2015 at 2:09 pm

    ah lgi ngtrend nih HowOld.net

  3. indah primadona

    May 11, 2015 at 1:10 pm

    udah pernah nyoba, tapi tebakannya salah, umurku jadi lebih muda 😀

  4. evrina budiastuti

    May 11, 2015 at 7:32 pm

    eaaaaa jadi ini tho yang rame di FB waktu itu, saya mo nanya tapi tengsin hehe, mau dicobaah *udah ketinggalan keles

  5. Winda puspita

    May 11, 2015 at 8:56 pm

    Umurku jadi lebih muda…klo buat have fun sii sik asik aja hihihihi…
    Tp ujung2nya seneng ketebak umur lebih muda. Gak seneng klo sebaliknya bahahhaha

  6. Green World Internasional

    February 24, 2016 at 2:02 pm

    umurku berapa ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Alasan Kenapa Cewek Tak Pernah Ngechat Cowok Lebih Dulu

Kamu sebagai seorang cowok yang sedang menjalin pendekatan dengan cewek yang kamu suka pasti pernah kesal hanya karena chat. Ya, memang untuk urusan chat, cewek sangat jarang memulainya duluan.

Tapi semua itu pasti karena suatu alasan tertentu. Nah kalau kamu penasaran, berikut adalah 7 alasan cewek tidak mengirim chat padamu terlebih dulu.

1. Takut Dikira Cari Perhatian

Beberapa cewek memang memiliki sifat pemalu. Hal ini membuat mereka cenderung seperti menutup diri kepada orang lain. jangankan untuk bertemu, untuk sekedar mengirim chat duluan saja dia tak akan berani melakukannya.

2. Sibuk

Ini biasanya disebut sebagai alasan yang klasik. Namun pada kenyataannya ada juga yang mengalaminya. Mungkin dia memang sedang sibuk dengan aktivitasnya sendiri sehingga tak emmiliki waktu untuk sekedar mengirim chat kepadamu.

3. Tidak Lihai Mengobrol Lewat Chat

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Ada beberapa orang yang sangat aktif saat sedang chat, namun pasif saat bertemu secara langsung. Ada juga beberapa orang yang tidak lihai mengobrol lewat chat, namun sangat asyik saat diajak mengobrol secara langsung.

4. Terbiasa Dichat Duluan

Kebiasaan memang sebuah hal yang sangat sulit untuk dirubah. Kalau cewek yang kamu dekati adalah orang yang terbiasa menerima chat duluan dibanding memulai mengirim chat kepada orang lain, maka dia pun tak akan mengirim chat kepadamu tanpa kamu mulai terlebih dulu.

5. Gengsi

Biasanya alasan ini adalah alasan yang paling banyak dimiliki oleh para cewek. Mereka tidak mau mengirim chat duluan kepadamu karena mereka gengsi untuk melakukannya.

6. Merasa Nggak Nyambung Bicara Denganmu

Jika dia tak pernah mengirim chat kepadamu duluan, bisa jadi itu merupakan suatu tanda bahwa dia malas denganmu. Baginya, tidak ada yang menarik denganmu. Jadi jangan berharap lebih yan bro, masih banyak kok cewek lainnya.

7. Nggak Suka Denganmu

Ini bisa jadi alasan paling menyakitkan, dia tidak mengirim chat padamu duluan karena memang dia ngga suka padamu. Jadi lebih baik mundur daripada kamu harus semakin sakit hati karenanya.

6 Comments

6 Comments

  1. defa ramadhani

    May 6, 2015 at 3:11 pm

    jadi howold ini punya trik dan cara tersendiri ya.bukan asal tebak??

  2. Chisana Sekai

    May 8, 2015 at 2:09 pm

    ah lgi ngtrend nih HowOld.net

  3. indah primadona

    May 11, 2015 at 1:10 pm

    udah pernah nyoba, tapi tebakannya salah, umurku jadi lebih muda 😀

  4. evrina budiastuti

    May 11, 2015 at 7:32 pm

    eaaaaa jadi ini tho yang rame di FB waktu itu, saya mo nanya tapi tengsin hehe, mau dicobaah *udah ketinggalan keles

  5. Winda puspita

    May 11, 2015 at 8:56 pm

    Umurku jadi lebih muda…klo buat have fun sii sik asik aja hihihihi…
    Tp ujung2nya seneng ketebak umur lebih muda. Gak seneng klo sebaliknya bahahhaha

  6. Green World Internasional

    February 24, 2016 at 2:02 pm

    umurku berapa ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Tanda yang Dimiliki oleh Orang dengan IQ yang Tinggi

Kecerdasan yang dimiliki setiap orang memang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya, kecerdasan tersebut bisa terlihat dari IQ yang dimiliki. Nah, sebenarnya kamu bisa loh melihat apakah seseorang tersebut memiliki IQ yang tinggi atau tidak dengan 10 tanda yang dimiliki oleh mereka.

1. Mudah Tersenyum Sendiri

Meski sering tersenyum sendiri, bukan berarti mereka orang gila loh. Biasanya mereka tersenyum sendiri saat menemukan sebuah ide yang cemerlang. Orang cerdas biasanya memiliki dunia imajinasinya sendiri namun mereka tetap bisa kembali sadar akan realita yang ada di depannya.

2. Seringkali Mudah Bosan

Orang yang cerdas akan mudah merasa bosan saat menjumpai sebuah masalah yang mudah dan tidak menantang baginya. Hal ini terjadi karena semakin tinggi IQ seseorang, maka semakin mudah baginya untuk memecahkan sebuah masalah yang rumit. Jadi mereka akan mudah bosan saat tidak menemukan sebuah tantangan yang baru.

3. Cenderung Tidak Terkenal

Orang yang memiliki IQ tinggi memang sangat jarang ada di dunia ini. Kecerdasan yang mereka miliki membuat mereka sulit untuk bergaul dengan masyarakat pada umumnya. Hal inilah yang membuat mereka lebih suka menyendiri dan cenderung tidak terkenal.

4. Biasanya Gemar Tidur Larut Malam

Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya mengalami kesulitan untuk tidur lebih awal. Semakin tinggi IQ yang dimiliki maka akan semakin banyak pula area di otaknya yang aktif. Saat mereka berusaha untuk tidur, akan selalu ada saja yang muncul dalam otaknya. Mereka bisa tidur saat otaknya sudah mengalami kelelahan.

5. Biasanya Berpenampilan Nyentrik dan Seringkali Dikira Aneh

Kecerdasan yang dimilikinya membuatnya memiliki kreasi sendiri dalam hal berpenampilan. Hal inilah yang terkadang membuat orang dengan IQ yang tinggi seringkali dianggap aneh dalam berpenampilan.

6. Memiliki Rasa Percaya yang Tinggi

Dengan IQ tinggi yang dimilikinya, mereka sadar bahwa mereka memiliki kelebihan dibanding orang pada umumnya. Hal inilah yang membuat kepercayaan diri mereka pun meningkat. Namun kepercayaan yang terlalu besar akan menjadi boomerang bagi diri mereka sendiri.

7. Biasanya Sukar Menghargai Orang Lain

Salah satu boomerang yang akan terjadi pada diri orang-orang dengan IQ tinggi adalah sukarnya mereka untuk menghargai orang lain. hal ini disebabkan mereka memiliki kepercayaan diri yang terlalu besar sehingga membuat mereka merasa menjadi orang yang paling pintar dibanding yang lainnya.

8. Seringkali Memiliki Keinginan yang Muthlak dan Sulit Dihentikan

Biasanya orang dengan IQ tinggi termasuk orang yang keras kepala. Saat mereka sudah menginginkan suatu hal, maka mereka akan berusaha semaksimal yang mereka bisa untuk meraihnya dan akan sangat sulit untuk bagi orang lain untuk menghentikannya.

9. Sering Bicara Sendiri

Orang dengan IQ yang tinggi memiliki kemampuan dalam menciptakan ruang diskusi di kepalanya. Hal inilah yang menyebabkan mereka seringkali berbicara sendiri.

10. Sadar akan Pentingnya Penggunaan Bahasa yang Baku

Kecerdasan yang dimiliki oleh mereka dengan IQ yang tinggi membuat mereka memiliki gagasan atau konsep yang rumit. Karena itulah mereka sadar bahwa mereka harus menggunakan bahasa yang baku agar orang lain bisa memahami apa yang mereka maksudkan.

6 Comments

6 Comments

  1. defa ramadhani

    May 6, 2015 at 3:11 pm

    jadi howold ini punya trik dan cara tersendiri ya.bukan asal tebak??

  2. Chisana Sekai

    May 8, 2015 at 2:09 pm

    ah lgi ngtrend nih HowOld.net

  3. indah primadona

    May 11, 2015 at 1:10 pm

    udah pernah nyoba, tapi tebakannya salah, umurku jadi lebih muda 😀

  4. evrina budiastuti

    May 11, 2015 at 7:32 pm

    eaaaaa jadi ini tho yang rame di FB waktu itu, saya mo nanya tapi tengsin hehe, mau dicobaah *udah ketinggalan keles

  5. Winda puspita

    May 11, 2015 at 8:56 pm

    Umurku jadi lebih muda…klo buat have fun sii sik asik aja hihihihi…
    Tp ujung2nya seneng ketebak umur lebih muda. Gak seneng klo sebaliknya bahahhaha

  6. Green World Internasional

    February 24, 2016 at 2:02 pm

    umurku berapa ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Kado Spesial yang Cocok untuk Sang Ibunda Tercinta di Hari Bahagia

Biasanya nih kalau sudah dekat hari ulang tahun ibu, kamu sebagai anak akan bingung memilih kado apa yang cocok untuk kamu berikan kepada ibumu tercinta. Nah sekedar masukan nih, berikut adalah 7 kado spesial yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk ibundamu.

1. Gelang Simple yang Minimalis

jika kamu sudah memiliki penghasilan yang lumayan, kamu bisa saja memberikan ibumu sebuah gelang, entah itu berbahan emas atau bahan aksesoris lainnya. Pilihlah model gelang yang simple nan minimalis untuk mempercantik penampilan ibumu.

2. Rangkaian Bunga

Bakal jadi momen yang manis saat kamu tiba-tiba memberi ibumu rangkaian bunga yang cantik dan juga segar. Kamu bisa membelinya dan langsung memberikannya kepada ibumu. Dijamin ibumu pasti akan sangat senang menerimanya.

3. Robe

Kamu pasti sudah tahu kan apa itu robe? Robe adalah sejenis jubbah cantik. Kamu bisa memilih robe yang sesuai dengan kesukaan ibumu, baik dari warna maupun bentuknya.

4. Tanaman Herbal

Biasanya orang yang tak suka dengan obat-obatan lebih memilih menanam tanaman herbal untuk pengganti peran obat kimia. Nah, nggak ada salahnya kamu coba memberi ibumu kado berupa tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatannya.

5. Piyama

Kamu bisa carikan piyama dengan bahan yang halus dan berkualitas tinggi. sehingga ibumu bisa dengan nyaman memakainya saat tidur. Alhasil ibumu pun bisa lebih nyenyak saat tidur malam.

6. Jar untuk Menyimpan Peralatan Memasak

Agar dapur bisa lebih tertata, kamu bisa memberi kado kepada ibumu yang gemar memasak berupa jar yang simple dan kece. Selain berguna untuk menyimpan peralatan masak, jar ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik dapur loh.

7. Tas

Kalau ibumu gemar mengoleksi tas cantik, nggak ada salahnya kamu memberinya kado sebuah tas yang sesuai dengan kesukaan ibumu. Pasti ibumu akan senang menerimanya.

6 Comments

6 Comments

  1. defa ramadhani

    May 6, 2015 at 3:11 pm

    jadi howold ini punya trik dan cara tersendiri ya.bukan asal tebak??

  2. Chisana Sekai

    May 8, 2015 at 2:09 pm

    ah lgi ngtrend nih HowOld.net

  3. indah primadona

    May 11, 2015 at 1:10 pm

    udah pernah nyoba, tapi tebakannya salah, umurku jadi lebih muda 😀

  4. evrina budiastuti

    May 11, 2015 at 7:32 pm

    eaaaaa jadi ini tho yang rame di FB waktu itu, saya mo nanya tapi tengsin hehe, mau dicobaah *udah ketinggalan keles

  5. Winda puspita

    May 11, 2015 at 8:56 pm

    Umurku jadi lebih muda…klo buat have fun sii sik asik aja hihihihi…
    Tp ujung2nya seneng ketebak umur lebih muda. Gak seneng klo sebaliknya bahahhaha

  6. Green World Internasional

    February 24, 2016 at 2:02 pm

    umurku berapa ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top