Feature

Karena Dibalik Posting Syukur dan Doa Di Social Media, Bisa Terselip Pamer Terselubung

Kamu pasti punya kawan yang kerap memposting rasa syukurnya di sosial media. Hal yang wajar sebetulnya, karena siapa pun diwajibkan bersyukur atas semua rezki yang dimilikinya. Tapi belakangan kamu mulai merasa ada yang kurang apik dari postingnya itu. Apa yang salah?

Kasih Caption Seolah Memuji Tuhan, Tapi Tujuannya Cuma Pamer Saldo

“Syukur selalu kupanjatkan karena rezeki selalu bertambah”

Captionnya memang ciamik. Menunjukan bagaimana kawanmu itu bersyukur atas apa yang diterimanya. Namun masalahnya caption itu dilekatkan ke foto yang tak sewajarnya ditunjukkan.

Ya, kawanmu mempertontonkan jumlah saldo di tabungannya. Entah apa niatnya dan bagaimana hubungan syukurnya dengan memperlihatkan jumlah saldo tersebut. Sayangnya yang terasa seolah ia ingin menunjukkan berapa banyak uangnya.

Tentu aksinya tersebut sangat bertolak belakang dengan sikap yang ditunjukkan orang-orang berada yang kita kenal. Coba kamu bayangkan pemilik situs Amazon, Jef Bezos memasukan semua uangnya yang berjumlah 1200 triliun ke dalam satu tabungan, kemudian memfoto saldo di ATMnya. Maka di ATM akan terpampang angka:

“1.200.000.000.000.000”

Tapi kamu tak pernah melihat Bezos melakukan itu bukan?

Dalihnya Memotivasi Orang Lain, Tapi Bisa Terpleset Malah Jadi Ajang Pamer

Aksi memperlihatkan kesuksesan itu sering diklaim untuk memotivasi orang lain. Mungkin tidak salah, tapi apa iya harus dengan cara seperti itu. Coba kita renungkan sejenak, apa korelasinya mempertontonkan jumlah kekayaan kita dengan memacu orang lain untuk sukses.

Sesungguhnya orang sukses yang kerap dibicarakan kesuksesaannya, dibuat buku dan diundang sebagai pembicara di forum-forum, seringnya malah sulit diketahui jumlah kekayaannya.

Majalah macam forbes yang sering merilis daftar orang-orang sukses harus berupaya mencari dari data-data pihak ketiga guna mendapatkan peringkat ini. Yup, mereka yang menggapai kesuksesan justru taak pernah repot posting jumlah kekayaannya.

Sering Mengaku Dulunya “Orang Susah”, Padahal Cuma Mau Bilang “Sekarang Aku Orang Sukses”

Kawanmu juga mungkin sering membagi ceritanya bahwa dia pun dulu beranjak dari orang susah dan tak berpunya. Usaha, kerja keras dan doa lah yang kemudian membawanya ke arah kesuksesan. Kalimat-kalimat tersebut memang bisa jadi motivasi buatmu.

Namun, entah kenapa yang terasa kuat justru klaimnya bahwa dia sekarang sudah jadi orang sukses. Penekanannya pada cerita bahwa dia sudah jauh berbeda dari dia dahulu.

Tak Cuma Perkara Materi, Karena Bersyukur Soal Prestasi Juga Bisa Jadi Ajang Pamer

Ada lagi yang lebih halus dari pamer materi, yaitu pamer prestasi. Mulai dari bersyukur sudah diwisuda S3, sampai bersyukur sudah bisa menyelesaikan lari 25K di Tokyo Maraton. Bentuknya bisa beragam berbalut kata-kata indah penuh syukur. Tapi ujungnya tetap sama, ingin memperlihatkan keberhasilan mencapai sesuatu.

Dan Pada Akhirnya Percaya Diri Itu Memotivasi, Sementara Kesombongan Itu Mengintimidasi

Batasnya memang tipis antara orang percaya diri dan orang sombong. Tapi ada pembeda yang bisa kita rasakan sebagai penerima statusnya. Mereka yang percaya diri biasanya membuat diri kita termotivasi tanpa disuruh. Sementara Mereka yang sombong akan terasa mengintimidasi dirimu. Jadi kawanmu termasuk yang mana?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

El Barack Mulai Panggil Richard Kyle dengan Sebutan “Daddy”

Pasangan kekasih Jessica Iskandar dan Richard Kyle sudah punya rencana pernikahan di tahun ini. Rencana tersebut pun disambut hangat buah hati Jessica, El Barack.

Sebelumnya El mengutarakan ingin segera mendapatkan ayah baru. Jedar, panggilan Jessica Iskandar mengaku buah hatinya tersebut merasa bahagia dengan rencana pernikahan tersebut.

“Baru semalam atau dua hari yang lalu dia ngomong gini, ‘mom so you will marry daddy ya this year’ terus aku bilang, ‘iyaa, are you happy?’ off course I’m happy katanya,” kata Jedar seperti dikutip Viva, Senin (22/7).

Bahkan, El sudah menganggap Richard sebagai ayahnya sendiri. Hal ini terlihat ketika El secara sadar memanggil Richard dengan sebutan ‘Daddy’.

“Setelah Bali deh sekitar 3-2 bulan lalu itu awalnya dia tiba -iba ngomong, ‘daddy’. Tiba-tiba kita kayak kaget,” ungkap Jedar.

Richard Kyle mengamini momen mendapat panggilan baru dari El. Menurutnya, panggilan tersebut membuatnya cukup kaget namun merasa bahagia.

“Lucunya dia sudah lupa’uncle’ Richard sekarang dia sudah bilang ‘daddy’ baru kemarin aku sadar oh dia gak pakai ‘uncle’ lagi jadi lucu. Happy, seneng, seneng” kata dia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Bisa Belajar 7 Hal Ini dari Serial Kartun Doraemon

Serial kartun doraemon merupakan salah satu serial kartun yang banyak digemari pecinta kartun. Serial kartun ini pertama kali ditulis oleh Fujiko F, Fujio.

Kartun ini menceritakan persahabatan manusia dengan seekor robot kucing bernama Doraemon. Meski berupa serial kartun, tetapi nyatanya kamu bisa kok belajar 7 hal positif ini dari serial kartun Doraemon.

1. Arti Persahabatan

Doraemon dan Nobita diceritakan sebagai sahabat. Mereka selalu ada untuk satu sama lain baik saat senang maupun saat sedang susah. Doraemon selalu memberi nasihat kepada Nobita saat Nobita melakukan sebuah kesalahan. Tak hanya itu, mereka juga selalu saling memotivasi satu sama lain.

2. Kebudayaan Jepang

Serial kartun ini memiliki latar budaya Jepang sehingga penyajiannya pun menunjukkan negara Jepang. Tidak bisa dipungkiri bahwa sebagian penikmat serial kartun ini mampu memahami kebudayaan Jepang saat menontonnya.

3. Sikap Disiplin

Dalam kartun serial ini, Nobita memiliki karakter yang malas dan tidak berprestasi di sekolah. Kedatangan Doraemon ada kalanya membuat Nobita semakin malas. Namun akhirnya Nobita menyadari bahwa untuk menjadi sukses, dia harus memulainya dengan disiplin diri.

4. Tidak Mudah Menyerah

Ada kalanya Doraemon menahan diri untuk tidak menuruti segala keinginan Nobita. Karena itulah akhirnya Nobita belajar untuk lebih berusaha dan pantang menyerah. Nobita berusaha untuk menunjukkan bahwa dirinya mampu melakukan segalanya meski tanpa bantuan dari Doraemon.

5. Berani Bermimpi untuk Hal Besar

Pencipta tokoh serial kartun ini memiliki tujuan untuk memperluas imajinasi anak yang menontonnya. Berbagai petualangan yang disajikan dalam serial kartun ini banyak menginspirasi penontonnya untuk berani memimpikan suatu hal yang besar.

6. Berjuang untuk Cinta Sejati

Tak hanya berkisah tentang persahabatan, serial kartun Doraemon juga sedikit menceritakan tentang kisah cinta Nobita kepada Shizuka. Nobita tak pernah menyerah untuk memperjuangkan rasa cintanya kepada Shizuka.

7. Tidak Bersikap Semena-mena

Dalam serial kartun Doraemon ada tokoh Giant yang digambarkan dengan karakter yang suka bersikap kasar dan semena-mena. Namun dalam kenyataannya Giant dihadapkan pada kondisi yang sulit dan membuatnya sadar bahwa dia tidak bisa bersikap kasar dan seenaknya sendiri pada teman-temannya jika dia tak ingin mendapatkan ganjaran yang buruk atas tindakannya itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Lagu yang Bisa Bikin Kamu Kangen Masa Kecil di Sekolah Dulu

Masa SD termasuk masa yang indah untuk anak-anak bukan? Kamu bisa bebas bermain dan tidak terlalu pusing dengan segala masalah yang dimiliki oleh orang dewasa. Biasanya mata pelajaran yang paling disukai saat SD adalah mata pelajaran kesenian. Di mata pelajaran itu pasti ada lagu-lagu daerah yang wajib kamu hafal.

Nah, 5 lagu berikut pasti bikin kamu rindu deh sama masa kecil kamu dulu.

1. Ampar-ampar Pisang

Sumber: www.boombastis.com

Lagu yang satu ini merupakan lagu yang berasal dari Kalimantan Selatan. Lagu ini dulu sempat hits loh dan biasanya juga dinyanyikan anak-anak saat sedang bermain. Lagu ini bercerita tentang proses pembuatan makanan tradisional Kalimantan yang terbuat dari pisang.

2. Si Patokan

Sumber: www.freedata.kolomedu.com

Apa kamu termasuk golongan yang masih ingat dengan lagu daerah yang satu ini? Lagu ini merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi. Lagu ini berisi rasa khawatir seorang ibu pada anaknya yang sudah mulai mencari nafkah sendiri.

3. Apuse

Sumber: www.dictio.id

Selanjutnya adalah lagu yang berasal dari Papua. Lagu ini sering dinyanyikan dan diplesetkan oleh anak-anak zaman dulu. Padahal sebenarnya lagu ini bercerita tentang cucu yang pamit pada kakek neneknya untuk merantau.

4. Cingcangkeling

Sumber: www.liriklaguplus.com

Lagu yang satu ini berasa dari Jawa Barat. Dulu lagu ini kerap dijadikan lagu untuk SKJ. Tak hanya itu, lagu ini juga dulu dipakai untuk bermain kucing-kucingan oleh anak-anak kecil.

5. Gemu Fa Mi Re

Sumber: www.kumpulanlagudaerah.web.id

Yang terakhir tak kalah hitsnya, lagu ini sempat viral di dunia internasional loh. Lagu ini merupakan lagu yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur. Selain itu lagu ini juga pernah dijadikan salah satu lagu yang dipakai untuk lagu pengisi di acara Indonesia Menari 2017.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top