Feature

Kamu Yang Mudah Jatuh Sakit Belum Tentu Penyakitan, Mungkin Itu Tanda Kamu Kesepian

Dua hari kemarin flu, kemarin pusing, hari ini sakit perut. Buatmu mungkin itu biasa. Musim pancaroba, konsumsi maakanaan yang taak benaar, jarang olah raga, mungkin itu sebagian hal yang sering dijadikan kambing hitam ketika tubuh sering tak sehat.

Bahkan tak jarang, stigma sebagai orang penyakitan dilekatkan padamu. Dan gawatnya kamu menerima begitu saja tanpa mencoba mencari tahu lebih lanjut, penyebabnya. Padahal ada kemungkinan lainnya. Yaitu itu kesepian. Apa? Iya, kamu tak salah baca. Kesepian memang dapat mendorong seseorang jadi lebih mudah sakit.

Nyatanya rasa kesepian ini tidak bisa disepelekan begitu saja, karena ketika jiwa merasa terguncang oleh rasa sedih, maka fisik juga akan merasa tidak berdaya. Benar saja pernyataan beberapa orang tentang hal ini, jika fisikmu sehat tetapi hatimu sedang sakit maka fisikmu akan sakit, jika hatimu sedang bahagia maka ketika sakitpun kamu akan merasa baik-baik saja. Kesepian juga merupakan salah satu bagian dari kesedihan dirasakan oleh jiwa dan bisa berimbas dengan kesehatanmu.

Rasa sepi membuat imun tubuhmu juga melemah, tidak heran jika kamu jadi gampang tumbang

Sebuah penelitian dilakukan Ohio State University, rasa kesepian dapat membebani sistem kekebalan tubuh seperti halnya seseorang yang mengalami stres kronis. Bahkan rasa kesepian dapat mengaktifkan virus herpes dan memunculkan gelaja lain yang berkaitan dengan stres kronis. Mereka juga mengatakan bahwa rasa sepi meningkatkan protein tertentu di dalam tubuh. Protein ini akan diproduksi ketika terjadi peradangan dan pada akhirnya bisa memicu banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan alzheimer.

Jika Dibiarkan, rasa kesepian bisa membuatmu lebih cepat tua bahkan bisa mati muda

Seperti yang dilansir oleh Counsel dan Heal, seorang peneliti Lisa Jaremka mengatakan “hubungan yang buruk kualitasnya dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam penyakit yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas merasa seolah berada dalam hubungan yang berkualitas buruk.”

Lia Jaremka meneliti 200 relawan yang telah berhasil sembuh dari kanker payudara. Relawan ini rata-rata berusia 51 tahun. Interval waktu antara selesainya pengobatan dan keikutsertaan dalam penelitian ini adalah sekitar 2 bulan – 3 tahun. Semua sampel darah relawan dikumpulkan dan respon kekebalan tubuhnya terhadap antibodi Epstein-Barr dan sitomegalovirus juga ikut diteliti. Kedua virus ini merupakan jenis virus herpes. Keunikan dari virus ini adalah bisa tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Pada proses aktif kembali atau reaktifasi, terjadi peningkatan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh walau tidak menunjukkan gejala yang jelas. Proses ini menunjukkan adanya masalah pada pengaturan sistem kekebalan tubuh seluler.

“Kami melihat peradangan lebih banyak terjadi pada orang yang merasa kesepian daripada yang tidak merasa kesepian. Penting juga untuk diingat, bahwa orang-orang yang merasa sangat terhubung secara sosial mendapatkan dampak yang lebih positif,” pungkas Jaremka.

Sendiri Tak Berarti Kesepian, Kesepian Tak Berarti Sendiri

 

Nah, jangan sampai keliru mengartikan kesepian. Mereka yang sendiri belum tentu merasa kesepian dan sebaliknya mereka yang merasa kesepian tak berarti sedang sendiri. Karena kesepian adalah soal rasa dan mental psikologis.

Perasaan terjauhi dan tercabut dari situasi sekitar yang membuat seseorang merasa kesepian. Studi yang dilakukan di negara bagian Ohio Amerika Serikat menemukan bahwa kesepian sering tercipta ketika seseorang menyimpan dan menceritakan pada diri mereka sendiri tentang hal-hal sedih yang terjadi pada dirinya.

Dan ketika perasaan kesepian ini sudah tercipta, efeknya akan seperti bola salju. Karena orang yang merasa kesepian cenderung untuk melihat orang lain secara negatif. Hal-hal baik yang dilakukan oleh orang lain padanya, akan dipandang sinis dan dirasa “ada apa-apanya”. Hasilnya dia akan menjauhi orang lain dan membuat rasa kesepiannya makin memuncak.

Tidak Harus Dengan Pasangan, Ada Banyak Cara Supaya Rasa Sepi Menghilang dari Hatimu

Saat kamu atau mungkin temanmu sedang merasakan kesepian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghindari rasa kesepian itu sendiri. Tidak hanya terpaku kepada pasangan hidup atau lawan jenis untuk menghilangkan rasa sepi itu. Kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti merealisasikan hobimu, bergabung dengan komunitas yang mempunyai minat yang sama denganmu.

Atau kamu bisa menjadi sukarelawan dari berbagai komunitas yang ada, sehingga rasa sepi yang kamu alami bisa hilang bersama dengan kebahagiaan yang kamu bagikan dengan orang-orang yang mungkin tidak lebih beruntung hidupnya dibandingkan dengan kamu. Dan jangan lupa dekatkan diri dengan Tuhanmu, karena dengan merasa Tuhan bersamamu, maka hidupmu akan lebih terasa akan baik-baik saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Manfaat yang akan Kamu Dapatkan Jika Rajin Melakukan Planking Tiap Pagi!

Planking merupakan salah satu latihan yang bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja asal ada waktu luang untuk melakukannya. Hal ini karena gerakan planking tak membutuhkan banyak tempat dan bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat saja. Jika kamu rutin melakukan jenis olahraga yang satu ini, berikut adalah tujuh manfaat yang akan kamu dapatkan.

1. Vitalitas Tubuh Meningkat

Plangking merupakan salah satu latihan sempurna untuk otot perut. Gerakan planking sendiri membutuhkan semua otot inti tubuh, termasuk transerve abdominus, rectus abdominus dan external oblique muscle. Tentu saja kebugaran otot inti tubuh tak bisa disepelekan begitu saja karena setiap otot tubuh memiliki peran penting dalam pembentukan postur tubuh.

2. Risiko Cidera Punggung dan Tulang Belakang Berkurang

Planking bisa membuat ototmu terbentuk dengan cara sederhana dan tak memaksa pinggulmu untuk bekerja terlalu keras. Melakukan planking secara rutin bisa menguatkan otot dan tulang punggung.

3. Metabolisme Tubuh Meningkat

Planking bisa membakar lebih banyak kalori dibandingkan dengan latihan otot perut biasa seperti sit up. Kamu yang setiap hari diharuskan bekerja di depan komputer perlu melakukan latihan planking ini secara rutin.

4. Postur Tubuh Berubah Lebih Baik

Rutin melakukan olahraga planking akan membuat postur tubuhmu berubah menjadi lebih baik. Kamu pun bisa memiliki postur tubuh yang tegap dan stabil.

5. Keseimbangan Tubuh Semakin Membaik

Kamu tak perlu takut sering terpeleset atau tiba-tiba jatuh karena kehilangan keseimbangan. dengan planking, otot perutmu akan semakin kuat untuk memberi keseimbangan yang kamu butuhkan.

6. Tubuh akan Semakin Fleksibel dan Lentur

Tak ada lagi keluhan badan sakit karena salah posisi tidur dan sebagainya. Hal ini karena tubuhmu semakin fleksibel dan lentur. Tak hanya itu, planking juga menguatkan otot tubuh.

7. Suasana Hati Pun Ikut Membaik

Karena kamu mendapatkan banyak manfaat dari planking, suasana hatimu pun jadi membaik. Kamu bisa tetap nyaman duduk di kursi tanpa rasa kaku di paha dan berat di kaki juga tekanan pada leher.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Makanan Ampuh untuk Mengecilkan Perut Buncitmu

Perut yang buncit tentu akan mengganggu penampilanmu. Belum lagi hubungannya dengan kesehatan. Perut yang buncit identik dengan gaya hidup yang tak sehat dan beragam penyakit tentunya. Nah untuk mengusir perut buncitmu itu, cobalah rutin mengonsumsi tujuh makanan ini.

1. Semangka

Semangka memiliki kandungan air senilai 91 persen. Jika kamu mengonsumsi makanan ini sebelum makan, tentu kamu akan merasa lebih cepat kenyang tanpa mengonsumsi kalori dalam jumlah yang besar.

2. Almond

Almond memiliki kandungan magnesium yang cukup banyak dimana kandungan ini penting untuk membentuk otot. Almond juga memiliki kandungan kalori yang sedikit, jadi kamu tak akan bertambah gendut hanya dengan memakan almond. Sebaliknya, almond malah bisa menekan rasa laparmu loh.

3. Seledri

Seledri termasuk sayuran yang mengandung kalsium dan vitamin C dimana kandungan tersebut sangat baik dalam menurunkan berat badan. Kamu bisa mengolahnya menjadi salad atau sop. Kamu juga bisa menjadikannya jus dan meminumnya sebelum makan siang maupun sebelum makan malam.

4. Mentimun

Mentimun adalah makanan rendah kalori yang seringkali dikonsumsi banyak orang. Mentimun memiliki manfaat untuk membersihkan tubuh dari racun berbahaya. Tak hanya itu, timun juga mengandung mineral, serat dan vitamin yang baik untuk sistem pencernaan.

5. Tomat

Tomat adalah makanan yang baik untuk kamu makan entah itu tomat matang maupun mentah. Hal ini karena tomat mengandung sedikit kalori namun menyimpan senyawa 9-oxo-ODA dimana senyawa ini bisa mengurangi lipid dalam darah dan mengendalikan lemak perut.

6. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang mengandung serat dimana bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama. Buah ini juga merupakan sumber asam amino bernama lecithan yang bermanfaat untuk mengendalikan berat badanmu.

7. Apel

Apel kaya akan serat, flavonoid, fitosterol, dan beta karioten yang mampu membuat perut terasa kenyang. Makan tiga apel atau lebih dalam satu hari bisa membuat berat badanmu berkurang lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi apel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Agar Penampilanmu Tetap Prima Meski Harus Bekerja Lebih dari 8 Jam Sehari

Bekerja memang tak ada salahnya, namun kamu juga perlu memperhatikan kesehatanmu. Terlebih jika kamu adalah bekerja di tempat yang juga mengedepankan penampilan. Saat kamu harus bekerja lebih dari delapan jam dalam sehari, kamu perlu memperhatikan lima hal ini untuk tampilan yang tetap prima dan segar.

1. Pola Makan

Aturlah pola makanmu dengan baik. Tubuhmu membutuhkan asupan energi yang cukup untuk berolahraga. Jangan lupa untuk memilih makanan yang sehat. Pilihlah makanan yang kaya akan serat, protein dan kandungan karbohidrat dengan kadar yang cukup.

2. Istirahat yang Cukup

Tubuhmu memiliki batasannya dalam bekerja. Kamu tak bisa memaksakan tubuhmu untuk terus menerus bekerja tanpa henti. Jadi ingat, bekerja boleh saja. Tapi jangan lupakan waktu untuk beristirahat.

3. Olahraga

Selain pola makan yang teratur, kamu juga perlu memperhatikan kesehatanmu dari segi olahraga. Cobalah untuk rutin berolahraga di tengah kesibukanmu sekalipun. Kamu bisa memanfaatkan libur akhir pekanmu atau waktu sepulang kamu bekerja untuk berolahraga.

4. Mengisi Waktu Luang dengan Hal Bermanfaat

Saat kamu memiliki waktu luang di akhir pekan, gunakanlah waktu itu untuk menyegarkan kembali otakmu. Kamu bisa menggunakan waktu itu untuk bersantai di rumah atau berlibur ke suatu tempat.

5. Perawatan Wajah

Kelelahan bisa memicu kondisi wajah yang terlihat kusam dan tak terawat loh. Untuk itu kamu perlu melakukan perawatan wajah yang rutin. Setidaknya tetap jaga kebersihan wajah dan jangan lupa memberikan nutrisi cukup untuk kulit wajahmu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top