Tips

Kalau Buatmu Antri Di Kasir Itu Menyebalkan, Ini Caranya Agar Antrimu Lebih Cepat

Suatu ketika kamu pergi ke sebuah hypermart hanya untuk membeli satu dua barang. Tanpa kamu sadari, ternyata saat itu adalah awal bulan ketika orang baru menerima gaji dan kebetulan pula waktunnya jatuh pada weekend. Hasilnya? Antrian pun mengular karena banyak yang berbelanja di saat yang sama.

Ketika kamu mengantri pada saat kasir penuh memang membutuhkan kesabaran ekstra dan mental sekuat baja. Pasalnya saat mengantri pasti ada saja gangguan terjadi. Seperti mesin kasir yang mati, kasir tidak punya uang kembalian, pembeli lain yang menyerobot antrian, dan sebagainya. Waktu kita banyak terbuang percuma hanya untuk sekedar membayar belanjaan.

Tapi apa iya tidak ada cara yang lebih efisien dalam mengantri? Nah, berikut ini tips yang bisa kamu terapkan agar antrian di kasir ketika berbelanja di supermarket bisa lebih cepat.

Pilih Antrian Dengan Belanjaan Banyak Tapi Orangnya Sedikit, Dibandingkan Belanjaan Sedikit Tapi Orangnya Banyak

mengantri supermarket

Dan Meyer, seorang mantan guru matematika di sekolah menengah atas yang sekarang menjadi Chief Academic Officer di lembaga Desmos melakukan penelitian tentang mengantri. Ia menemukan fakta bahwa mengantri di belakang orang dengan belanjaan lebih sedikit namun jumlah orangnya banyak adalah pilihan yang buruk.

Alasannya sederhana, ketika seseorang melakukan pembayaran, petugas kasir akan menyapa ramah terlebih dahulu. Kemudian menscan belanjaan, sambil memasukan ke kantung plastik, kemudian menjumlahkan. Setelah didapatkan total harga, pembeli melakukan pembayaran, bisa dengan cash yang berarti kasir harus menghitung dan memberi kembalian. Atau dengan kartu yang berarti proses gesek kartu dan memasukan nomor.

Di antrian dengan belanjaan banyak tapi orangnya sedikit, proses dari menyapa hingga gesek kartu hanya perlu dilakukan sekali dua kali. Sementara dengan antrian dengan orangnya banyak tapi belanjaan sedikit, proses ini akan dilakukan berulang kali untuk setiap konsumen yang membayar. Lebih cepat dalam hal scan barang memang, tapi banyak proses berulang yang tidak perlu, yang berarti pula banyak waktu yang terbuang bukan.

Pilihlah Antrian Dengan Letak Kasirnya Ada Di Sebelah Kiri Kamu

mengantri dorongan

Robert Samuel, seorang pendiri Same Ole Line Dudes sebuah layanan yang menawarkan pengantri profesional mengatakan, orang-orang yang terbiasa menggunakan tangan kanan biasanya akan memilih kasir yang berada di sebelah kanan mereka juga. Sementara hingga saat ini mayoritas populasi manusia menggunakan tangan kanan.

Karena itu Kamu bisa manfaatkan data statistik ini. Caranya dengan memimilih antrian dengan letak kasirnya di sebelah kirimu, walaupun sebenarnya kamu bukan seorang yang kidal. Karena secara natural lebih sedikit orang memilih antrian ini.

Statistik Menunjukan, Kasir Wanita Bisa Melayanimu Lebih Cepat, Tapi Jangan Pilih Yang Cerewet

mulut

Dari keterangannya Samuel melanjutkan, kasir wanita biasanya lebih cepat dan tanggap saat melakukan proses transaksi di kasir. Kenapa? Karena biasanya sifat wanita yang lebih teliti sehingga jarang melakukan kesalahan dan lebih akurat.

Kendati demikian, A.J. Marsden seorang asisten profesor di Beacon College di Leesburg menyarankan untuk terlebih dahulu memperhatikan sikap sang kasir wanita tersebut. Hindari mereka yang terlalu ‘cerewet’ dan berkomentar banyak dengan barang belanjaan konsumennya.

“Baju ini memang paling laku loh di sini!”

Atau

“suka coklat juga ya”

Obrolan macam ini memang bisa mencairkan suasana dan ramah. Namun, tentunya basa-basi ini akan memperlambat proses transaksi. Ujungnya, waktumu juga yang terbuang percuma.

Pilih kasir tipe tersebut jika benar-benar dalam keadaan terdesak atau ketika kebetulan kasir tersebut sedang sepi dan tidak ada yang mengantri.

Pilih Antrian Dengan Orang-Orang Yang Jenis Belanjaannya Sedikit Walaupun Jumlah Barangnya Banyak

mengantri

Sebelum masuk ke antrian, lihat dulu orang-orang yang sedang mengantri. Secara cepat kamu harus melihat bagaimana jenis-jenis belanjaan mereka. Pilihlah antrian dengan orang-orang yang jenis belanjaannya sedikit, walaupun jumlah barangnya banyak.

Kenapa demikian? Karena beberapa kasir punya opsi perkalian di mesinnya. Jadi jika ada orang yang membeli 6 minuman soda, si kasir hanya melakukan scan satu kali. Kemudian mengetikan angka 6 di mesinnya. Bandingkan dengan antrian yang orangnya membeli, minuman soda, shampo, sabun, sabun cuci piring, sabun mandi, coklat. Si kasir harus menscan sebanyak 6 kali.

Dan meskipun kasir tidak punya opsi perkalian, barang yang sama akan lebih cepat diproses. Karena si kasir sudah tau dimana letak barcode yang harus di scan. Sehingga walaupun jumlahnya banyak, ia hanya perlu melakukan satu kali proses pencarian letak barcode.

Bukan Bermaksud Tak Menghormati, Tapi Orang-orang Lanjut Usia Akan Membutuhkan Waktu Lebih Lama

sudah tua

Tak hanya memperhatikan beberapa orang yang tersisa ketika kamu sedang mengantri, namun perhatikan juga berapa usia mereka. Profesor Marsden mengatakan orang yang lebih tua akan memakan waktu yang lebih lama. Wajar, karena orang tua biasanya mengalami beberapa kesulitan dalam melakukan proses check out barang atau saat menggunakan kartu kredit untuk membayar misalnya.

Kamu Juga Bisa Mempercepat Proses Transaksi Di Antrian

antri

Tak Cuma bergantung dengan orang lain di antrian, kamu pun bisa mempercepat proses transaksi kamu di kasir. Samuel memberikan beberapa langkah yang bisa kamu ambil.

Pertama, ketika menaruh belanjaan di meja kasir, letakan dengan barcode sudah menghadap sang petugas.

Kedua, kalau membeli baju, lepaskan gantungan bajunya dan keluarkan tag baju tempat diletakan barcode.

Ketiga, beberapa pusat perbelanjaan punya jalur ekspres. Namun biasanya jumlah belanjaan dibatasi hanya beberapa item saja. Kalau kamu membawa teman atau keluarga, pecah belanjaanmu sebanyak jumlah teman untuk bisa masuk dalam kategori ekspres ini.

Terakhir, Mengantri Itu Adalah Urusan Mental, Seringnya Memang Kamu Harus Sabar

Banyak orang yang lebih konsentrasi pada panjangnya antrian yang akan dilalui daripada seberapa cepat antrian bergerak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Profesor Ziv Carmon dan Profesor Daniel Kahneman dari Universitas Princeton ditemukan bahwa, orang lebih banyak memilih mengantri di antrian yang pendek dengan pergerakan lambat dibanding antrian yang panjang dengan pergerakan yang lebih cepat.

Menunggu adalah kegiatan yang paling mudah membuat mental seseorang gelisah karena ketidakpastian yang mungkin diterimanya. Maka dari itu selama kamu mengantri, ada baiknya untuk menyibukkan diri dengan hal lain dibanding sibuk memikirkan antrian panjang di depan. Caranya bisa dengan bermain smartphone atau mengobrol dengan orang yang sama-sama mengantri. Cara ini ampuh untuk membunuh rasa bosan ketika menunggu dan perasaan gelisah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Bisnis Makanan Indonesia di Luar Negeri yang Bisa Bikin Kaya Raya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan wisata kulinernya. Tak heran jika banyak orang asing yang terpikat dengan kelezatan beberapa makanan khas Indonesia. Terlebih dengan kekayaan rempah-rempah Indonesia yang mampu membuat cita rasa makanan Indonesia terasa lebih mantap. Kamu harus tahu nih, bisnis makanan Indonesia ini bisa bikin kamu jadi orang kaya raya di Luar Negeri loh.

Sumber : Travellingyuk

1. Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari orang luar negeri. Keistimewaan bakso ini terletak pada rempah yang ada dalam bakso itu sendiri juga pada kuahnya. Kamu bisa mendapat banyak keuntungan loh dengan membuka bisnis kuliner bakso di negara lain.

2. Penyetan

Kamu harus tahu, di negara Eropa, seperti Belanda dan Swiss ada banyak orang yang sangat suka makan tempe atau pecel lele. Bahkan satu iris tempe kecil saja bisa dijual 2 euro dan satu porsi pecel lele bisa mencapai 15 euro atau senilai Rp 225 ribu.

3. Sate

Kamu tentu sudah tahu bukan kalau orang luar negeri sangat suka barbeque-an saat ada acara maupun pesta. Nah kamu bisa banget nih menawarkan alternatif yang baru dengan membuka bisnis kuliner sate. Keistimewaannya tentu ada di bumbu satenya yang beda dari yang lain.

4. Gado-gado

Kamu bisa meraih banyak keuntungan dengan menjual gado-gado di luar negeri, terlebih di Eropa atau Amerika. Hal ini karena gado-gado mirip dengan salad yang biasa dikonsumsi di negara tersebut. Gado-gado akan memiliki keistimewaan yang berbeda dari segi saus kacang dan taburan bawang goreng juga kerupuk renyah di atasnya.

5. Mie Instan

Indomie memang menjadi salah satu makanan Indonesia yang sudah diekspor sampai ke beberapa negara. Tentu saja hal ini karena cita rasa Indomie memiliki keistimewaan dibanding produksi mie instan di negeri yang lain. Kamu bisa kok memanfaatkan hal ini dengan membuka bisnis mie instan di luar negeri dengan sedikit kreativitas dalam penyajiannya.

6. Nasi Padang

Banyak orang sudah mengakui kelezatan nasi padang terlebih rendangnya. Rendang bahkan masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia. Jadi, kamu memiliki potensi keuntungan yang cukup besar dengan membuka bisnis kuliner nasi padang di luar negeri.

7. Soto

Orang luar negeri memiliki kegemaran dalam hal makanan. Biasanya mereka sangat suka mengonsumsi sup. Nah kamu bisa coba penawaran baru nih dengan menyuguhkan soto sebagai menu makanan di sana.

8. Nasi Goreng

Nasi goreng juga merupakan makanan yang kaya akan rempah Indonesia. Makanan yang satu ini bahkan masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia. Jadi bisa dijamin kalau kamu coba bisnis kuliner ini di luar negeri, kamu bisa mengantongi keuntungan yang cukup besar.

9. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang suka mengonsumsinya sebagai camilan. Meski di Indonesia gorengan terkenal sebagai makanan yang murah dan tak terlalu sehat, ternyata di Belanda, harga satu buah pisang goreng bisa dijual dengan hampir Rp 80 ribu loh.

10. Martabak

Biasanya kalau di luar negeri, mereka kebanyakan suka makan junkfood seperti pizza atau burger. Namun di Indonesia ada hal yang menarik untuk disantap dan tentunya lebih sehat, yaitu martabak, baik itu martabak telur maupun martabak manis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Yusaku Maezewa : Konglomerat dari Jepang yang Akan Jadi Turis Pertama Ke Bulan

Liburan keliling dunia mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika tujuan liburannya adalah bulan? Yap, kamu tak salah baca. Pada Senin, 17 September lalu, Elon Musk selaku CEO SpaceX, mengumumkan jika ada seseorang yang akan jadi orang pertama yang akan melakukan perjalanan menuju bulan.

Dan lelaki beruntung itu adalah Seorang konglomerat dari Jepang, bernama Yusuka Maezewa. Konon Yusaku juga akan mengajak 8 orang lain, yang identitasnya masih belum dibagikan. Mereka akan menaiki Big Falcon Rocker atau BFR, yang saat ini masih dalam tahap pembuatan. Tapi, meski demikian katanya roket ini akan jadi yang terbesar yang pernah dibuat. Dengan perkiraan tinggi sepanjang 118 meter yang setara dengan gedung 35 lantai, dan diameter sepanjang 9 meter.

Rencana ini diagendakan akan selesai dibangun dan siap meluncur pada tahun 2023 mendatang. Dengan kata lain, Yusaku juga akan jadi orang pertama dengan kewarganegaraan non-AS yang dapat terbang ke bulan. Meski tak akan mendarat, dan hanya berkeliling mengitari orbit bulan dari roket yang membawannya terbang. Yusaku tetap jadi manusia perdana yang melakukan perjalanan liburan menuju bulan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kalau Kamu Jadi Penderita Autisme, Mungkin Ini yang Ingin Kamu Katakan Pada Dunia…

Saat ini masih saja banyak orang yang suka mengejek teman atau orang lain yang memiliki keterbelakangan mental. Kadang mereka mengejek dengan alasan hal itu hanya sebatas candaan saja. Namun apa kamu juga berpikir hal itu lucu bagi mereka yang menerima leluconmu? Pahamilah, berikut adalah hal yang sebenarnya ingin seorang penderita autis katakan padamu.

1. Lihatlah Aku Apa Adanya

Cobalah untuk masuk ke dalam hidup mereka untuk bisa memahami apa yang mereka rasakan. Terkadang orang autis memiliki dunia yang bisa menjadi tempat menyeramkan bagi mereka. Bahkan seringkali ada suara di kepala mereka yang serasa membuat kepala mereka mau meledak, pakaian serasa bisa membakar kulit dan masih banyak hal lain yang mungkin tak bisa kamu pahami hanya dengan melihat mereka dari kejauhan.

2. Aku Juga Ingin Berteman, Layaknya Orang pada Umumnya

Mereka berharap kamu dan yang lainnya mengubah pemikiran kalian tentang mereka. Mereka tak suka dibeda-bedakan. Mereka pun ingin berteman layaknya orang pada umumnya. Mereka pun ingin merasakan sebuah pertemanan seperti halnya yang kamu rasakan bersama teman-temanmu. Mereka ingin kamu dan yang lainnya tak lagi menjauhinya hanya karena perilaku dan penampilan mereka yang berbeda denganmu juga teman-temanmu.

3. Aku Pun Ingin Dihargai dan Diterima Sebagai Manusia

Mereka ingin kamu menghargai dan menerima mereka sebagai layaknya manusia. Kamu tak bisa membedakannya hanya karena latar belakang dan kekurangan yang mereka miliki. Bukanlah setiap manusia diciptakan  sebagai makhluk sosial. Tak ada hal sebagai pengecualian. Semua orang berhak dihargai dan diterima di lingkungannya, terlebih jika mereka tak pernah melakukan kesalahan yang merugikan orang lain.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top