Feature

Jika Kamu Pikir Kerja Online Itu Menyenangkan, Kamu Salah! Meski Terlihat Mudah, Tetap Ada Perjuangan Dibaliknya

Kita mulai memasuki era digital. Masa dimana hampir semua bidang menuju ke arah digitalisasi. Mulai dari hal-hal sederhana sampai yang kompleks sekalipun sudah mulai masuk ke ranah digital atau online.

Melihat perkembangan itu, mungkin kamu mulai berfikir untuk bekerja dibidang digital khususnya yang berkaitan dengan internet. Keberadaan internet membuat kita bisa bekerja di mana saja dan kapan saja. Kamu mungkin berpikir, betapa menyenangkan bila bisa bekerja dibidang tersebut. Namun sebelum kamu memutuskan untuk menjadikan bekerja dunia online sebagai impianmu selanjutnya, pahami dulu realita berikut ini.

Waktu Kerja Dan Libur Nyaris Tak Ada Bedanya. Kadang Kamu Harus Bekerja Pada Hari Libur, Begitu Pun Sebaliknya

Kerja di dunia online kadang tak mengenal waktu. Libur berasa kerja dan waktu kerja berasa libur. Adakalanya weekend pun harus bekerja. Tanggal merah tetap bekerja juga. Ya enak sih bisa dikerjakan di rumah sih tapi ya tetap saja namanya kerja.

Berkecimpung di dunia online akan membuatmu tak punya waktu  kerja atau libur yang seutuhnya. Jadi kamu pun harus pintar membagi-bagi waktu antara kepentingan pekerjaan dan pribadi.

Kerjaan Online Memang Bisa Di Mana Dan Kapan Saja, Karena Itulah Kamu Harus Siap Dikontak Kapan Saja

Iya, kerjaan di dunia online itu memang bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja. Tak terbentur oleh waktu dan tempat. Justru karena itu, kadang kerjaan datang tak tahu waktu dan tempat.

Bisa saja email kerjaan datang jam 02.00 pagi. Atau kamu sedang berkumpul bersama keluarga, lalu kamu mendapat email kerjaan yang urgent, ya harus dikerjakan saat itu juga. Kamu harus merelakan waktu berkumpul bersama keluarga terganggu demi tuntutan pekerjaan yang harus segera diselesaikan.

Dunia Online Itu Dinamis, Perubahannya Begitu Cepat Hingga Kadang Terasa Begitu Melelahkan

Kalau kamu berencana bekerja di dunia online, tanyakan terlebih dahulu, apakah kamu suka akan hal baru dan siap belajar dengan hal-hal baru? Jika iya, bisa jadi kamu memang cocok bekerja di dunia online.

Di dunia online, perubahan begitu cepat dan selalu menuntut kamu mengikuti perkembangan. Hari ini ada tools baru, besok ada trend baru dan semuanya menuntut kamu terus berkembang dan belajar. Kamu yang tak mau cepat belajar akan mengalami kesulitan dan sulit mencapai tujuanmu bekerja di dunia online.

Keasyikan Online, Lupa Kehidupan Sosial Di Dunia Nyata

Dunia online memang memudahkan dan mengasyikan. Saking asyiknya kadang kamu bisa berjam-jam menghabiskan waktu. sampai-sampai kamu lupa waktu dan lupa diri untuk bersosialisasi dalam kehidupan nyata. Padahal interaksi sosial di dunia nyata jelas penting. Bahkan dengan bersosialisasi di dunia nyata kamu akan bisa berkenalan langsung dengar orang-orang yang sama-sama berkecimpung di dunia online. Dari interaksi di dunia maya dapat dilanjutkan ke kopi darat yang menyenangkan.

Berasa Mati Gaya Kalau Koneksi internet Mati

Iya, ketika kamu dikejar deadline kemudian koneksi internet bermasalah, rasanya kamu bakal mati gaya. Kepala pun ikut berdenyut pening. Wajar sebenarnya jika kamu bereaksi seperti itu, mengingat pekerjaanmu yang sangat bergantung pada koneksi internet.

Tanpa internet kamu akan sulit untuk bekerja, bahkan mustahil. Maka tak heran bila kamu menyempatkan diri untuk pergi ke ruang publik atau kafe yang dilengkapi fasilitas jaringan internet gratis demi mengejar deadline pekerjaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Lewat 5 Usaha Sampingan Ini, Ibu Rumah Tangga Juga Bisa Mandiri Secara Finansial

Saat ini sudah nggak jaman ada ibu rumah tangga yang hanya menganggur dan menggantungkan diri pada jatah bulanan dari suami. Ditambah lagi saat ini jaman sudah modern, dan peluang untuk bekerja sambilan sangatlah terbuka lebar bagi kamu yang memang berniat mendapatkan uang tambahan.

Nah, ini dia 5 usaha sampingan yang bisa kamu lakukan sebagai seorang ibu rumah tangga.

1. Usaha Kerajinan Tangan

Jika kamu adalah orang yang kreatif dalam menghasilkan suatu barang, mungkin usaha ini cocok untuk kamu jadikan usaha sampinganmu sebagai ibu rumah tangga. Hasil kerajinan tangan yang kamu buat bisa kamu jual dengan harga yang menurutmu pantas untuk hasil kerajinan tanganmi.

2. Usaha Katering

Biasanya ibu-ibu pandai dalam hal memasak. Kamu bisa mulai usaha katering kecil-kecilan dulu. Jika nanti kamu sudah punya nama dan cukup modal, pasti usahamu bisa berkembang dengan sendirinya.

3. Usaha Online Shop

Daripada mandengin media sosial untuk bergosip saja, nggak ada salahnya kamu mencoba usaha yang satu ini. Tinggal unggah produk yang ingin kamu jual, siapa tahu temanmu di media sosial ada yang berminat untuk membelinya.

4. Usaha Rias Kecantikan

Jika kamu punya kemampuan merias wajah dan suka bermain make-up. Kamu bisa mencoba usaha rias untuk pengantin atau untuk acara tertentu. Nah kalau kamu ingin menggali kemampuanmu lebih dalam, kamu bisa mengikuti kursus kecantikan terlebih dahulu.

5. Membuka Jasa Bimbingan Belajar

Pengetahuan yang sudah kamu miliki akan lebih baiknya jika kamu salurkan dengan membuka jasa bimbingan belajar untuk anak-anak tetangga terdekatmu. Apalagi jika kamu adalah seorang sarjana. Meskipun nggak bisa jadi pengajar sepenuhnya, setidaknya kamu tidak membiarkan ilmumu sia-sia begitu saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Untuk Hari Tuamu Nanti, Ini 5 Investasi yang Kamu Butuhkan

Setiap orang bekerja untuk memiliki masa depan yang baik tentunya. Namun bagaimana jika kamu sudah pensiun nantinya, sedangkan kamu hanya pegawai swasta yang tidak menerima uang pensiunan setelah kamu berhenti bekerja.

Nah mungkin 7 investasi ini bisa kamu coba mulai sejak dini agar kehidupan masa tuamu terjamin nantinya.

1. Desposito

Kamu bisa mendepositokan dana bebasmu. Kamu bisa menambah jumlah uang yang akan kamu investasikan untuk jangka waktu tertentu. Hal ini karena bunga tabungan deposito terhitung lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan biasa.

2. Emas

Harga emas setiap tahunnya biasanya semakin meningkat. Kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk melakukan sebuah investasi. Kamu bisa menyesuaikan emas yang akan kamu beli dengan jumlah uang yang kamu miliki.

3. Saham

Saat ini investasi berupa saham sedang banyak diminati oleh para kaum muda. Kamu juga bisa mencobanya. Kamu bisa membeli saham dalam jumlah tertentu, artinya kamu akan menjadi seorang pemilik saham dari perusahaan yang kamu jadikan pilihan untuk berinvestasi.

4. Pendidikan

Investasi yang satu ini merupakan investasi yang sangat penting. Kamu bisa memanfaatkan dana bebasmu untuk mendaftar kelas yang mengasah kemampuanmu seperti kursus memasak, bisnis, atau kursus bahasa asing.

5. Properti

Kamu bisa melakukan investasi dengan membeli sebuah apartemen di kota besar. Saat ini lahan di kota-kota besar sudah sangatlah minim, sehingga banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lahan guna dijadikan tempat tinggal. Karenanya kamu bisa memanfaatkan apartemen yang kamu miliki untuk disewakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Jangan Khawatir, Keuanganmu Aman Jika Kamu Punya 6 Kebiasaan Ini!

Tidak semua orang pandai dalam hal mengatur keuangan. Nah bagi mereka yang tak pandai mengatur keuangannya sendiri, pasti mereka akan lebih sering merasakan sulitnya hidup di tanggal tua alias di akhir bulan dimana uang gaji sudah mulai menipis.

Jadi kamu harus lebih hati-hati dalam mengatur keuangan. Tapi tenang saja, jika kamu punya 7 kebiasaan ini, kemungkinan besar keuanganmu akan tetap aman sampai tanggal gajian berikutnya.

1. Menyisihkan Uang Setiap Kali Habis Gajian

Menabung adalah hal yang wajib kamu lakukan. Tentu kamu ingin memiliki masa depan yang terjamin bukan? Kamu bisa mengakalinya dengan menyisihkan beberapa uang dari jumlah gajimu keseluruhan. Misalnya kamu bisa menyisihkan minimal 20% dari gajimu dalam sebulan.

2. Prioritaskan yang Menjadi Kebutuhan, Bukan Keinginan

Jika kamu menuruti segala keinginanmu, hal itu tak akan ada habisnya. Seberapa besar pun gajimu, itu tak akan cukup untuk memenuhi semua keinginanmu. Untuk itu kamu perlu memprioritaskan kebutuhanmu di atas keinginanmu.

3. Membuat List Skala Prioritas

Agar kamu tak terlalu bingung dalam menentukan mana yang harus didahulukan, kamu bisa membuat list skala prioritasmu. Misalnya kamu perlu menyisihkan uang untuk membayar kost, kemudian membayar tagihan listrik dan internet, baru kemudian membeli keperluan bulananmu.

4. Menggunakan Aplikasi  untuk Mengatur Keuangan

Jika kamu masih seorang pemula, kamu bisa menggunakan bantuan aplikasi yang bisa membantumu untuk mengatur pemasukan dan pengeluaranmu setiap bulan. Tapi akan lebih baik lagi jika kamu melakukannya dengan caramu sendiri tanpa bantuan aplikasi atau pun orang lain.

5. Cari Jalur Alternatif untuk Menekan Pengeluaran

Jika kamu adalah orang yang suka travelling, cobalah untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang low budget, atau kalau bisa yang nggak ada tiket masuknya alias gratis. Jika kamu suka menonton film di bioskop, kamu bisa menggunakan alternative dengan berlangganan jasa TV kabel atau streaming video yang tak terlalu banyak memakan biaya.

6. Jangan Terlalu Menyediakan Banyak Uang Cash di dalam Dompet

Jika kamu adalah orang yang sangat doyan belanja, usahakan untuk tidak menaruh banyak uang di dompet dan jangan membawa kartu debit maupun kartu kredit. Atau kamu bisa menyembunyikan kartumu di sela dompet yang tak terlihat oleh matamu agar kamu tak lupa diri dalam hal belanja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top