Feature

Jangan Tunggu Diakui Negara Lain, Mulailah Menjaga dan Melestarikan Kebudayaan Kita

Hubungan satu rumpun antara Indonesia dengan Malaysia pernah berjalan tidak harmonis, hal tersebut dipicu dengan diakuinya beberapa kebudayaan asli Indonesia oleh Negeri Jiran tersebut. Sebut saja tari Reog Ponorogo atau lagu Rasa Sayange. Setelah muncul klaim yang dilakukan Malaysia, barulah kita bak orang kebakaran jenggot dan kalang kabut untuk mengutuk perbuatan tersebut.

Ironisnya, kita pun juga tak melestarikan kebudayaan tersebut, ‘kan? Hanya saja apabila ada yang mengaku-akui kita merasa gelisah. Seharusnya, sejak saat itu kita harus mulai mengenal budaya Indonesia dan coba melestarikan,  Sebelum terjadi pengakuan seperti dua kebudayaan di atas lebaik baik kamu mengenal lebih dalam budaya ibu pertiwi. Guna menjaganya agar Indonesia tetap sebagai negara yang ragam akan budaya.

Kesenian Tradisional Dayak

Sumber : Indonesiakaya.com

Tari Mandau, merupakan salah satu tarian tradisional dari Suku Dayak yang sangat unik. Gerakan dalam tarian ini sangat mengedepankan atraksi dan seni tari yang indah dalam memainkan senjata, berupa mandau dan perisai. Jangan samakan tarian ini dengan tari Mandau Kinyah, yang mengedepankan unsur teatrikal dan seni perang dalam pertujukannya. Tari Mandau sangat mempertontonkan tarian yang memacu adrenalin karena menonjolkan adegan berbahaya. Seperti mengayunkan dan menggigit mandau yang tajam. Mandau sendiri adalah senjata tradisonal asli dari Suku Dayak yang bentuknya seperti pedang.

Ritual dari Tanah Sumba Menyambut Musim Panen

Sumber : Tribunnews.com

Dalam menyambut datangnya musim panen, Pasola menjadi salah satu ritual di Sumba yang dipentaskan. Pasola diawali dengan upacara mencari cacing di pantai. Musim panen akan sejahtera apabila cacing yang muncul berukuran besar dan berwarna-warni, begitu pun sebaliknya.

Dilansir dari Wikipedia, Pasola berasal dari kata sola atau hola, yang berarti sejenis lembing kayu yang dipakai untuk saling melempar dari atas kuda yang sedang dipacu kencang oleh dua kelompok berlawanan. Munculnya imbuhan pa pada kata Pasola membuat artinya menjadi permainan. Pasola atau Pahola berarti merupakan permainan ketangkasan saling melempar lembing kayu, yang mana agenda lempar lembing kayu menjadi highlight dalam acara ini.

Gerakan Lelaki Tua Senja Asal Pulau Dewata

Refleksi lelaki tua senja di Pulau Bali adalah tari Topeng Tua, yang merupakan bagian drama dari tari tradisional yang ada di Bali. Jenis tari ini memiliki nilai kesakralan yang biasanya dipentaskan dalam sebuah ritual peringatan bernama Piodalan.

Diadakan setiap enam bulan dalam sistem penanggalan Bali, tari ini akan dipentaskan bersama dengan jenis tari topeng lainnya yang menjadi satu kesatuan dan kerap disebut Topeng Panca. Tari ini juga dipentaskan sebagai pertunjukan hiburan, lho. Tari Topeng Tua juga kerap disebut tari Werda Lumaku. Kalau kamu mampir ke Pulau Bali, sangat dirokemendasikan untuk menyaksikan tari Topeng Tua.

Mengisahkan Cerita Cina dalam Jenis Pewayangan

Mungkin kamu jarang mendengar nama wayang Potehi, dibanding wayang kulit dan golek. Budaya Tiongkok menjadi influence dalam jenis wayang yang umurnya sudah mencapai 3000 tahun ini. Penampilan wayangnya pun sangat berbeda, begitu pun soal jalan cerita yang ditampilkan. Biasanya wayang mengisahkan tentang Mahabharata atau Ramayana, bukan? Sedangkan wayang Potehi menceritakan mengenai kisah rakyat dari Cina, lho. Wayang Potehi merupakan kesenian persenyawaan klasik perpaduan budaya Jawa dan Tionghoa.

Bebunyian Pengiring Pewayangan

Pagelaran wayang pasti sealu diringi dengan musik gamelan. Cerita soal kemistisan dari alat musik ini pun tersiar. Konon kamu tak dapat memperlakukan alat musik ini secara sembarangan, harus ada ritual khusus sebelum dan sesudah memainkan alat musik ini.

Gamelan sendiri sudah dipelajari beberapa universitas di luar negeri mulai dari mata kuliah sampai UKM. Seperti di Cambridge University di Inggris, University of Michigan Amerika Serikat dan The University of Melbourne di Australia. Secara linguistik, gamelan berasal dari bahasa Jawa, gamel memiliki arti memukul atau menabuh dan diikuti akhiran -an yang menjadikannya kata benda.

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ayahmu Pasti Sangat Senang Menerima 5 Kejutan Sederhana Ini Darimu

Meski terlihat biasa saja, namun sebenarnya kasih sayang seorang ayah kepada anaknya sangatlah luar biasa loh. Ayah memiliki tanggung jawab yang sangta berat sebagai seorang pemimpin keluarga. Meski banyak pengorbanan yang dia lakukan, dia tak akan pernah meminta apapun dari anaknya. Jika kamu ingin mencoba membuatnya bahagia, 5 kejutan sederhana ini pasti akan sangat membuatnya senang.

1. Mengajaknya Makan Malam Bersama

Setelah seharian bekerja tentu ayahmu akan merasa lelah. Cobalah untuk memasakkan sesuatu untuknya dan ajaklah dia makan malam bersama, pasti hal sederhana ini akan membuat ayahmu bahagia menerimanya.

2. Mengajaknya Liburan

Kesibukan setiap hari membuat waktumu bersama ayahmu pun tersita. Karenanya kamu bisa membuat momen yang indah di akhir pekan atau saat hari libur tiba. Ajaklah ayahmu jalan-jalan, momen seperti ini pasti menjadi momen yang juga diinginkan oleh ayahmu.

3. Membuat Masakan Spesial untuk Ayahmu

Meski kamu tak jago-jago amat dalam hal memasak, tapi ayahmu pasti akan sangat senang menerima kejutan makanan spesial yang kamu masak sendiri untuknya. Tak perlu memasak menu yang susah, kamu bisa membuat masakan yang setidaknya kamu merasa mampu membuatnya.

4. Ucapan Terimakasih Melalui Sebuah Tulisan

Kamu bisa mengucapkan terima kasihmu dalam sebuah tulisan yang mungkin bisa kamu lakukan di sebuah kertas. Kemudian taruhlah di tempat yang selalu dilihat oleh ayahmu. Saat dia menerima dan membacanya, pasti dia akan terharu akan kejutanmu itu.

5. Memberikan Kado Istimewa

Coba kamu perhatikan ayahmu beberapa hari ini. Kira-kira apa sih yang sangat dia butuhkan. Jika kamu sudah tahu, kamu bisa memberikan hadiah pada ayahmu berupa barang yang dibutuhkannya. Meski kecil, tapi ayahmu pasti akan bahagia menerima kado itu darimu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Wisata Hits di Bandung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Ada Karpet Aladdin Juga di Sana

Bandung merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah ada yang baru nih di Bandung. Kamu harus coba datang ke destinasi wisata Bandung yang satu ini. Nama tempatnya adalah Dago Dream Park. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang hits saat ini di Bandung.

Wisata Ini Dikemas dengan Berbagai Wahana Permainan Menarik dan Juga Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan tujuan wisata, baik bersama keluarga, teman maupun pacar. Udaranya yang sejuk dan alamnya yang asri menjadi nilai lebih dari tempat wisata ini. Wisata ini terletak di tengah hutan pinus. Konsep alamnya sangat kece, ditambah dengan wahana permainan dan spot foto yang instagramable banget.

Ada Banyak Wahana Permainan yang Patut Kamu Coba di Dago Dream Park Ini

Wisata Dago Dream Park ini menyediakan banyak wahana yang pastinya menarik hati. Misalnya ada sepeda angkasa, perahu dayung, sky gliding, taman labirin, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memilih tempat ini untuk menghabiskan libur akhir pekanmu.

Tak Hanya Wahana Permaian Saja, di Sini Juga Tersedia Banyak Spot Foto yang Keren Abis

Sesuai dengan namanya, yaitu “dream park”, wisata yang satu ini juga menawarkan banyak spot foto yang kece. Hasil fotonya bisa seolah kamu sedang ada di negeri dongeng loh. Misalnya ada spot foto di permadani Aladdin. Kamu bisa mendapatkan foto seolah kamu sedang terbang di atas karpet. keren kan.

Tiket Masuknya Terjangkau Banget, Hanya 20 Ribu Rupiah Saja

Tak perlu takut kantongmu akan bolong. Harga tiket masuk wahana wisata ini sangatlah murah, yaitu hanya 20 ribu rupiah saja. Gimana? menarik kan? Jadi kapan nih kamu mau main-main ke Bandung dan mampir ke destinasi wisata yang satu ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Penginapan Kece di Yogyakarta dengan Harga yang Terjangkau Abis

Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak diminati oleh para wisatawan. Selain karena wisata budayanya yang menarik, wisata kuliner Yogyakarta pun tak kalah spektakuler. Nah untuk melengkapi perjalanan wisatamu, tentu kamu butuh penginapan yang tak kalah menariknya. Berikut adalah 7 penginapan kece yang bisa kamu jadikan pilihan menginap saat bepergian ke Yogyakarta.

1. Yogyakarta BnB

Sumber : @eka_yazid

Penginapan ini bisa kamu jadikan salah satu opsi saat kamu berkunjung ke Yogyakarta. Lokasi penginapan ini sendiri terletak sekitar 400 meter dari Istana Kepresidenan Yogyakarta dan Jalan Malioboro. Di penginapan ini kamu juga sudah bisa menikmati fasilitas berupa WiFi dan sarapan gratis. Harganya juga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 80.000 per malam.

2. Trava House

Sumber : @travahouse

Trava House merupakan penginapan dengan desain yang cukup menarik, yaitu bertemakan industrialis. Penginapan ini menyediakan fasilitas WiFi, sarapan gratis dan juga kolam renang. Harganya juga cukup bersahabat kok, hanya Rp. 75.000 saja per malam.

3. Hoz BnB

Sumber : @hozbedandbreakfast

Penginapan yang satu ini cukup populer di kalangan traveler. Lokasinya terletak di Jalan Gedongkiwo Yogyakarta. Hanya dengan membayar Rp. 75.000 saja per malam kamu sudah bisa menikmati fasilitas berupa WiFi dan sarapan gratis loh.

4. Edu Hostel

Edu Hostel merupakan penginapan yang memiliki konsep dormitory. harganya pun sangat bersahabat, yaitu hanya Rp. 80.000 per malam. Dengan harga tersebut, kamu sudah bisa menikmati beragam fasilitas yang ditawarkan oelh Edu Hostel, yaitu living room, locker, WiFi dan area rooftop.

5. Abrakadabra Art BnB

Sumber : @abrakadabraartbnb

Penginapan ini terletak di pusat kota Yogyakarta. Setiap kamar di penginapan ini didesain dengan tema yang berbeda dan dengan desain interior artsy. Dengan mengeluarkan uang Rp. 60.000 per malam kamu sudah bisa menikmati fasilitas penginapan berupa WiFi, sarapan gratis dan kolam renang.

6. Pondok Sare

Sumber : @pondok_sare

Pondok sare merupakan penginapan yang memiliki desain interior modern dengan dominasi warna putih. Tarif untuk menginap di penginapan ini juga cukup terjangkau, yaitu Rp. 65.000 per malam dengan fasilitas fish therapy, living room, WiFi, dan juga sarapan gratis.

7. Wood Stone Hostel

Sumber : @woodstonehostel

Penginapan ini terletak di dekat Keraton Yogyakarta, Istana Kepresidenan Yogyakarta dan Benteng Vredeburg. Dengan harga Rp. 69.000 per malam kamu sudah bisa menikmati fasilitas penginapan berupa taman, bar, WiFi dan sarapan pagi ala Inggris atau Irlandia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top