Tips

Mereka yang Jarang Mencuci Jinsnya Belum Tentu Jorok Loh, Kamu Tahu Jins itu Tak Perlu Sering Dicuci

Demi berbagai alasan, mencuci pakaian konon jadi sesuatu yang wajib dilakukan. Namun ternyata ini tak berlaku untuk semua pakaian, terlebih yang berbahan jins. Selama ini kita mungkin sering mendengar jika mencuci jins terlalu sering akan merusak materialnya.

Terdengar aneh memang, bagaimana mungkin pakaian yang sudah dipakai bahkan mungkin sudah tercampur oleh debu dan kotoran, namun justru sebaiknya tidak terlalu sering dicuci. Jangan salah, katanya kerap mencucinya hanya akan merusak jins itu sendiri.

Tapi memang begitulah faktanya, bahkan dilansir dari situs Independent, pada salah satu kesempatan, Chip Bergh, Presiden Levi’s berkata bahwa, “Intinya kami hanya pemberikan pengetahuan kepada konsumen untuk menggantungkan jins mereka setelah beraktivitas dan dapat menggunakannya kembali setelahnya, bahkan celana jins benar-benar tidak perlu untuk dicuci di mesin cuci kecuali sangat kotor atau lakukanlah sejarang mungkin,”.

Dan seolah menguatkan pernyataan yang disampaikan oleh Bergh, situs ahli denim Hiut Denim, juga mengatakan hal yang serupa. “Denim baru idealnya akan tahan baik jika tidak dicuci selama enam bulan. Bahkan semakin lama Anda membiarkannya tanpa dicuci, jins Anda akan terlihat lebih menarik,”.

Lalu bagaimana kita harus merawatnya?

Logikanya, Ada Beberapa Alasan yang Memang Masuk Diakal Mengapa Kita Tak Boleh Terlalu Sering Mencuci Jins

“Dibandingkan dengan jins yang baru kering, bau jins sebelum dicuci lebih baik.” begitu kata CEO Levi’s, Bergh di kesempatan yang sama.

Nah untuk itu mari kita coba ingat kembali, bagaimana aktivitas yang kita lakukan selama mengenakan jins sehari-hari. Umumnya hanya untuk duduk, dan berjalan serta bepergian ke beberapa tempat bukan? Sekalipun itu dilakukan di luar ruangan, nampaknya tetap tak akan meninggalkan kotoran yang amat berarti. Dengan kata lain, ini tak akan membuat materialnya terlalu kotor.

Lagi pula kata Bergh, jins telah dirancang dengan teknologi tinggi yang membuat materialnya tahan terhadap suhu yang ekstrem. Jadi jika ternayata kita justru mencucinya terlalu sering, ini hanya akan mengganggu kinerja teknologi material jins tersebut. Kalau tak percaya, kita bisa mencoba untuk melakukan eksperimen sendiri, beberapa lama jins tahan tanpa dicuci.

Hal menarik lain yang perlu untuk kita ketahui adalah hasil temuan dari penelitian yang dilakukan di University of Alberta pada tahun 2009, meski 15 bulan tanpa dicuci, jumlah bakteri yang terdapat pada celana jins masih dalam jumlah wajar (tidak berbahaya).

Dan setelah dicuci dan dipakai selama 13 hari, jumlah bakteri akan sama dengan kondisi celana jins yang selama 15 bulan tanpa dicuci. Bagaimana menarik bukan? Temuan ini sekaligus jadi jawaban atas kegusaran kita yang selama ini berpikir jika tak dicuci tentu banyak bakteri yang akan bersarang. Padahal tidak selalu demikian.

Namun semua ini kembali pada keputusan kita masing-masing, jika ternyata merasa jins tersebut sudah tidak nyaman untuk dikenakan silahkan dicuci saja. Dan durasi mencuci yang memang disarankan pun ternyata 3 bulan sekali, atau setiap 5 – 30 kali pemakaian. Tapi untuk kualitas jins yang masih tetap terjaga, sebisa mungkin hindari mencuci jins terlalu sering.

Dan Perhatikan Pula Tips Untuk Merawat dan Mencuci Jins yang Sebenarnya

Demi menjaga ketahanan dan kekuatan jins, tak hanya meski memahami kapan dan berapa kali jins bisa dicuci, kita juga perlu tahu bagaimana trik dan tips untuk merawatnya dengan benar. Dan kamu boleh menconteknya di sini:

  • Jika memang tidak ingin langsung dicuci, letakkan jins pada gantungan pakaian agar tetap terkena angin.
  • Dan setiap kali dicuci, usahakan untuk membalik bagian dalam jins keluar sehingga bahan yang akan terkena sinar matahari adalah bagian dalam, bukan bagian luar. Hal ini juga berlaku pada proses penyetrikaan, demi mencegah pudarnya warna pada material jins.
  • Pada saat proses pencucian, sebisa mungkin gunakan detergen yang tidak terlalu keras, dan detergen cair nampaknya jadi pilihan terbaik.
  • Cucilah jins dengan air dingin, dengan tidak merendamnya terlalu lama dalam air.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Sering Dilirik Perusahaan, Gunakan 5 Jenis Font Ini untuk CV Lamaranmu

Biasanya kalau kamu hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu aka nada persyaratan CV dan surat lamaran pekerjaan. Tidak sedikit pelamar yang tidak tahu tentang tata aturan membuat sebuah CV dan surat lamaran yang menarik perhatian perusahaan yang dituju.

Nah berikut adalah 5 jenis font yang paling banyak dilirik oleh perusahaan. Siapa tahu kamu salah satu orang yang beruntung, tidak ada salahnya mencoba.

1. Garamond

Kamu bisa menggunakan jenis font ini untuk membuat tulisanmu menjadi lebih elegan. model jenis font ini juga sangat mudah dibaca, namun kamu juga perlu berhati-hati. Karena jenis font ini bisa menunjukkan kesan kuno.

2. Arial

Jenis font Arial merupakan jenis font yang paling banyak digunakan dalam beragam tulisan. Hal ini dikarenakan jenis fontnya yang sangat sederhana dan bisa digunakan untuk semua jenis desain tulisan.

3. Georgia

Jenis font lain yang bisa kamu gunakan adalah jenis font Georgia. Jenis font ini bisa kamu gunakan untuk membuat tulisanmu nampak elegan. bedanya jenis font ini dengan jenis font Garamond adalah jenis font ini tidak menunjukkan kesan kuno dalam tulisannya.

4. Halvetica

Di kalangan desainer terkenal, jenis font ini cukup popular. Ini merupakan salah satu jenis font yang cocok untuk digunakan kapanpun. Tak hanya itu, font ini juga salah satu jenis font yang paling sering dipakai untuk pembuatan CV dan surat lamaran pekerjaan.

5. Calibri

Jenis font Calibri merupakan font dasar Microsoft Office 2007 sebagai pengganti font Times New Roman sebagai jenis huruf paten yang digunakan dalam Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Jenis font ini adalah jenis font yang sangat jelas dibaca dan memiliki kesan tersendiri. Jenis font ini juga sangat sesuai untuk digunakan dalam berbagai jenis situasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Menguak Rahasia Kematian, Ini 5 Penjelasan Perihal Mati Suri yang Jarang Kamu Dengarkan!

Kamu pasti pernah mendengar bukan perihal mati suri? Lalu pernah nggak sih kamu merasa penasaran tentang mati suri itu sendiri. Mati suri memang kerap dihubungankan dengan unsur magic atau gaib. Fenomena ini pun ternyata tak hanya pernah dialami oleh orang dalam negeri, tetapi orang luar negeri pun juga pernah mengalaminya.

Ternyata ini penjelasan dari apa yang dirasakan oleh mereka yang mengalami mati suri!

Merasa Seperti Benar-benar Meninggal

Secara ilmiah mati suri yang kerap dialami oleh beberapa orang merupakan fenomena yang disebabkan oleh gangguan otak di bagian korteks pariental dan prefrontal. Hal inilah yang menjadi penyebab orang yang mati suri merasakan seolah benar-benar sudah meninggal.

Merasa Seakan Jiwa Kita Keluar dari Raga

Perasaan seakan jiwa melayang keluar dari raga atau out of body experience memang kerap dirasakan oleh orang-orang yang mengalami mati suri. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang berada pada fase tidur yang sangat nyenyak, seperti memang telihat benar-benar mati.

Berinteraksi dengan Orang Mati

Untuk hal yang satu ini, ilmuwan mempercayai bahwa gangguan dopamin serta nilai agama yang ditanam seseorang sejak kecil memiliki peran dalam fenomena ini.

Melihat Terowongan Cahaya

Saat mati suri, orang tersebut kekurangan pasokan darah dan oksigen di retina yang membuat penglihatan di daerah tepi mata mengalami gangguan. Jika seseorang yang mengalami mati suri merasa seperti melihat terowongan cahaya, hal inilah penyebabnya.

Kadangkala Memunculkan Sebuah Keahlian Baru

Ada beberapa orang yang mengaku bahwa pasca dia mengalami mati suri, seakan mata batinnya terbuka dan lebih sensitif terhadap suatu hal. Fenomena ini pernah diangkat dalam sebuah film Flatliners yang menceritakan pengalaman mati suri yang dialami oleh sekelompok mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Fakta Aneh Tentang Vagina yang Perlu Perempuan Tahu

Selama ini mungkin kamu hanya mengetahui hal umum saja tentang vaginamu. Namun pada kenyataannya ada beberapa fakta aneh yang bisa terjadi pada vagina seorang wanita. Jika kamu sudah mengetahui 5 fakta ini, mungkin kamu akan berpikir itu tidak mungkin dan terheran-heran karenanya. Berikut adalah ulasannya.

1. Seseorang Bisa Saja Terlahir dengan Dua Vagina

Kondisi ini memang jarang terjadi. Kondisi ini pernah terjadi pada seorang wanita bernama Hazel Jones dimana dia terlahir dengan kondisi memiliki dua vagina dan dua Rahim. Meski sempat ditawari untuk melakukan operasi, dia lebih memilih hidup apa adanya dengan dua vagina dan dua Rahim yang dimilikinya.

2. Setiap Vagina Berbeda, Walau Terlihat Sama

Meski pada umumnya vagina yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita lainnya terlihat sama, nyatanya vagina setiap orang memiliki perbedaan. Perbedaan itu terletak pada kedalaman vagina dan panjang vagina.

3. Vagina Mampu Membersihkan Dirinya Sendiri Lebih Baik dari Area Tubuh yang Lain

Membersihkan vagina menggunakan produk yang terlalu wangi memang sebaiknya dihindari. Nyatanya vaginamu bisa membersihkan areanya sendiri lebih baik dibanding dengan area tubuh lainnya. Keputihan pada vagina adalah tanda adanya proses pembersihan yang dilakukan sendiri oleh vagina.

4. Rambut Vagina Memiliki Peranan Penting dalam Hubungan Intim

Rambut vagina memiliki fungsi untuk menahan gesekan yang terjadi antara vagina dan penis saat berhubungan intim agar vagina tidak mengalami iritasi akibat gesekan yang terjadi terus-menerus. Karena alasan inilah kamu tidak boleh mencukur rambut vagina sampai habis.

5. Bahkan Seseorang Bisa Saja Terlahir Tanpa Vagina

Nyatanya di dunia ini juga ada seseorang yang terlahir tanpa vagina. Salah satunya adalah Jacqui Beck. Dia terlahir tanoa lubang vagina, tanpa Rahim dan tanpa serviks. Hal ini akhirnya menyebabkan dia tidak bisa berhubungan seksual dan tidak bisa melahirkan anaknya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top