Tips

Jangan Serampangan Tuduh Orang Hamil Duluan, Bisa Jadi Karena…

Kira-kira setahun lalu, saat masih mengandung sang buah hati, artis Ayudia Bing Slamet sempat mendapat komentar pedas dari salah satu follower Instagramnya yang mengatakan sang artis hamil diluar nikah. Follower tersebut menduga Ayudia hamil diluar nikah lantaran usia kandungannya sudah memasuki 21 minggu sementara ia baru menikah selama 18 minggu.

Dengan santai Ayudia menanggapi begini:

Semoga anda tahun ini hamil yaa. nanti pasti ngerti atau bisa google cara menghitung umur janin yang ada dikandungan. btw makasih lohhh udh di stalk dr foto yg udh lama banget,”

Apa yang dikatakan Ayudia ada benarnya. Sebaiknya sebelum menduga yang tidak-tidak, lebih baik cari tahu dulu, bukan?

Untukmu yang Belum Mafhum, Usia Kehamilan Ternyata Bukan ditentukan Saat Bertemunya Sperma dan Ovum

Faktanya, banyak sekali pasangan yang divonis hamil sebulan padahal baru menikah dua minggu. Sejatinya hal semacam ini ada cara tersendiri menghitungnya. Pertama-tama, kamu harus paham dengan istilah Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Inilah mengapa penting sekali perempuan harus punya kalender haid yaitu agar mempermudah menentukan HPHT-nya. Supaya mudah memahami, begini ilustrasinya.

HPHT: 10 Agustus 2017

Menikah: 25 Agustus 2017

Kontrol kehamilan pada dokter kandungan: 8 September 2017

Dalam kasus yang demikian, sudah bisa dipastikan jika dokter tidak akan mengatakan usia kehamilanmu 2 minggu atau sesuai umur pernikahan, melainkan 4 minggu lantaran sesuai dengan rentang waktu HPHT hingga kamu kontrol ke dokter kandungan.

Selanjutnya Kamu Akan Bisa Menghitung Hari Perkiraan Lahir (HPL)

Cara menghitung HPL salah satunya bisa melalui rumus Neagele dengan menentukan Minggu Ke-40 dari HPHT. Caranya memang sedikit rumit dan ada dua rumus lantaran penghitungan untuk bulan Januari-Maret dibuat sedikit berbeda. Begini rumusnya:

(Hari+7) – (Bulan-3) – (Tahun+1)

Jadi kalau misalnya ilustrasi diatas dihitung dengan menggunakan rumus tersebut, maka begini ulasannya:

(10+7) – (8-3) – (2017+1)

17 – 5 – 2018 atau 17 April 2018, inilah yang jadi tanggal prediksi kelahiran janin yaitu ketika usia kehamilannya sudah memasuki usia 40 minggu dihitung dari Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT)

Sementara jika bulan HPHT adalah Januari hingga Maret, maka rumus yang digunakan adalah demikian:

 (Hari+7) – (Bulan +9) – (Tahun)

Contoh: HPHT yaitu pada 17 Januari 2018

(17+7) – (1+9) – (2018)

24 – 10 – 2018

Prediksi kelahiran bayi: 24 Oktober 2018

Yang perlu digarisbawahi, tanggal tersebut baru sebatas perkiraan atau prediksi sehingga hari kelahiran tidak selallu sama dengan prediksi.

 

Hal Lainnya yang Perlu Kamu Ketahui, Usia Kehamilan dan Usia Janin Merupakan Dua Hal yang Berbeda

Faktanya, usia kehamilan tidak sama dengan usia janin. Jika usia kehamilan dihitung dari HPHT, maka usia janin merupakan hitungan lamanya janin dari saat pembuahan terjadi. Untuk menghitung usia janin, rumusnya relatif mudah yaitu usia kehamilan dikurang 2 minggu.

Berdasarkan pemaparan sejumlah ahli kandungan, ovum keluar dari ovarium diperkirakan pada hari ke-14 atau dua minggu setelah haid berakhir. Itulah mengapa usia janin diprediksi dengan mengurangi usia kehamilan dengan 2 minggu. Sederhananya, ketika seseorang melahirkan di usia kehamilan 40 minggu, itu sama artinya dengan usia janin 38 minggu.

Bagaimana? Sekarang jadi lebih jelas kan? Karenanya, kamu jangan memikirkan hal yang terlalu jauh ya jika menemukan kondisi semacam ini di sekitarmu.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Telinga yang Benar?

Banyak kontroversi yang muncul tentang bagaimana seharusnya cara kita membersihkan telinga dari kotoran. Nah, buat kamu yang masih bingung mengenai hal tersebut, yuk langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Sebelum Masehi Sudah Ada Cara Kuno untuk Membersihkan Telinga yang Datang dari Romawi

Tekstur kotoran telinga, baik basah maupun kering ternyata dipengaruhi oleh unsur genetis. Terdapat cara yang dianjurkan dalam buku romawi De Medicina untuk membersihkan kotoran yang menumpuk dalam telinga. Caranya adalah dengan membuat larutan dari campuran minyak hangat dengan madu atau air daun bawang. Jika kotoran dalam telinga sudah encer, maka kotoran tersebut bisa dibersihkan dengan menggunakan air.

Ada Banyak Kasus Gendang Telinga yang Rusak Akibat Kesalahan dalam Membersihkan Telinga

Terdapat sekitar 2,3 juta orang UK berdasarkan hasil analisis tahun 2004 yang menemui dokter akibat gangguan telinga yang disebabkan oleh kotoran telinga. Masalah ini sebenarnya bukanlah sebuah masalah yang bisa kamu sepelekan begitu saja. Jika masalah dibiarkan, maka hilangnya pendengaran mungkin saja bisa terjadi. Seringkali masalah timbul karena orang-orang mencoba membersihkan telinga mereka sendiri namun dengan cara yang salah.

Ada Banyak Cara untuk Membersihkan Telinga, Namun Sampai Saat Ini Masih Belum Diketahui Mana Cara yang Terbaik

Kebanyakan dokter lebih memilih untuk menggunakan pelunak material yang diikuti dengan air. Penggunaan cutton bud memiliki risiko yang cukup tinggi untuk keamanan fungsi pendengaran. Sayangnya meski sudah ada banyak cara untuk membersihkan telinga, sampai saat ini masih saja belum ditemukan cara terbaik dari beberapa pilihan cara yang ada.

Cara Paling Ideal untuk Membersihkan Kotoran Telinga Adalah Menyerahkan Tugas Tersebut pada Dokter Spesialis THT yang Sudah Ahli di Bidang Tersebut

Lebih baik cari aman saja. Kamu bisa memilih cara paling ideal yang ada, yaitu dengan datang ke dokter spesialis THT. Tentu saja dokter ini akan lebih tahu cara mana yang baik untuk membersihkan kotoran di telingamu. Lebih baik hindari membersihkan kotoran sendiri dengan menggunakan cutton bud  jika tidak benar-benar terpaksa.

Cara Pembersihan Kotoran Kekinian dengan Menggunakan Ear-candling Ternyata Juga Memiliki Risiko Tersendiri

Saat ini terdapat cara membersihkan kotoran yang cukup mudah, yaitu dengan teknik ear-candling. Namun sayangnya cara ini juga memiliki risiko. Ada beberapa kasus dimana lelehan lilin yang terbakar justru jatuh ke gendang telinga dan menimbulkan rasa sakit yang cukup hebat. Nah, lebih baiknya memang kamu membersihkan telinga dengan pelunak kotoran kemudian mengeluarkan kotorannya secara perlahan menggunakan alat pembersih telinga kecuali cutton bud ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Harus Melewati 6 Tes Kesehatan Ini Dulu Sebelum Melangsungkan Pernikahan

Setiap orang tentu ingin menikah bukan? Nyatanya menikah bukanlah hal kecil yang bisa disepelekan begitu saja. Ada banyak persiapan yang harus kamu lakukan sebelum kamu melangsungkan prosesi pernikahan yang cukup sakral itu. Bukan hanya dekorasi, gaun pernikahan hingga souvenir saja yang harus kamu persiapkan, dari segi kesehatan pun ada hal yang perlu kamu lakukan.

Kamu harus melakukan premarital check up sebelum kamu menikah. Berikut adalah rangkaian premarital check up yang perlu kamu ketahui.

1. Tahap Pemeriksaan Secara Umum

Pada tahap ini kamu akan melakukan serangkaian pemeriksaan umum, seperti pemeriksaan fisik, darah, rhesus dan juga pemeriksaan urinalisis lengkap. Tahap ini merupakan tahap pemeriksaan untuk mendeteksi adanya penyakit tertentu.

2. Tahap Pemeriksaan Penyakit Hereditas

Penyakit hereditas yang dimaksud adalah penyakit yang diturunkan oleh orangtua. Dalam tahapan ini, calon pengantin disarankan agar tahu riwayar kesehatan dari garis keturunannya.

3. Tahap Pemeriksaan Penyakit Menular

Yang dimaksud penyakit menular adalah penyakit seperti HIV, hepatitis B dan hepatitis C. Dalam tahapan ini juga akan dilakukan tes TORCH untuk mengetahui adakah infeksi penyakit yang bisa mengganggu kesuburan laki-laki maupun perempuan. Setelah itu akan dilanjutkan lagi dengan pemeriksaan penyakit syphilis dan IMS.

4. Tahap Pemeriksaan Organ Reproduksi dan Kesuburan

Untuk perempuan, tahap pemeriksaan ini terdiri dari pemeriksaan USG dan HSG. Harus ada pemeriksaan lebih lanjut juga untuk perempuan yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Sedangkan untuk laki-laki, biasanya akan dilakukan pemeriksaan fisik di antaranya pemeriksaan penis, skrotum, prostat dan hormon FSH dengan dilengkapi analisis sperma.

5. Tahap Pemeriksaan Tambahan

Tahap ini dilakukan bagi calon pengantin yang memiliki alergi tertentu. Dalam tahap ini juga akan dilakukan vaksinasi dewasa.

6. Tahap Pemeriksaan Ibu dan Calon Ibu

Tahap terakhir ini adalah tahap pemeriksaan yang dikhususkan untuk calon pengantin perempuan yang akan menjadi calon ibu. Pada tahap ini akan dilakukan pemeriksaan periodontal, thyroid stimulating hormone (TSH), pemeriksaan CBC, pap smear dan pemeriksaan kepadatan mineral tulang.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ingin Wajah Mulus? Coba Saja 7 Resep Scrub Homemade Ini

Memiliki kulit wajah yang mulus tentu menjadi dambaan setiap perempuan di seluruh belahan bumi ini. Nah, untuk melakukan perawatan di salon kecantikan tentu membutuhkan biaya yang cukup menguras kantong. Sebagai solusinya, kamu bisa kok memiliki kulit wajah yang mulus dengan memakai 7 scrup homemade ini. Murah tapi tetap kece pastinya!

1. Outmeal, Madu dan Air

Zat saponins yang terkandung dalam outmeal bisa menjaga kelembapan kulit, mengangkat kotoran, debu dan juga minyak di wajah. Cara membuatnya juga sangat mudah. Kamu hanya butuh Outmeal sebagai bahan utamanya dengan campuran air dan juga madu. Mulailah dengan menghaluskan secara kasar outmeal dan air, kemudian tambahkan madu secukupnya. Setelah itu, balurkan secara menyeluruh di kulit wajahmu, diamkan sebentar kemudian bilas dengan air sampai bersih.

2. Minyak Zaitun, Minyak Lavender dan Almond

Almond mengandung asam amino yang dapat memberantas jerawat membandel di kulit wajahmu. Cara membuat resep scrup ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu menumbuk almond hingga halus, kemudian tambahkan beberapa sendok minyak zaitun. Agar aromanya lebih segar, kamu bisa menambahkan minyak lavender secukupnya. Scrub ini sangat cocok untuk segala jenis kulit loh.

3. Gula, Madu, dan Teh Hijau

Jika kamu terbiasa langsung membuang ampas teh setelah menggunakannya, sekarang jangan lakukan itu lagi ya. Kamu bisa loh memanfaatkan ampas teh itu sebagai scrup dengan campuran bahan alami lainnya, yaitu gula dan madu. Madu bisa membantu melembapkan kulit wajahmu sekaligus membersihkan kotoran di wajah. Cara membuat resep scrub ini cukup mudah kok. Kamu hanya perlu mencapur semua bahan kemudian menggunakannya sebagai pengganti sabun cuci muka yang biasa kamu pakai.

4. Tomat, Minyak Zaitun dan Garam

Campuran ketiga bahan ini bisa membantu kulit wajahmu menjadi mulus dan kenyal loh. Kamu hanya perlu membelah tomat menjadi dua bagian. Setelah itu ambil daging dalamnya, letakkan dalam wadah. Hancurkan daging tomat dengan menambahkan minyak zaitun beserta garam secukupnya. Aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur rata. Kamu bisa menggunakannya dan jika masih tersisa, kamu bisa menyimpannya dalam lemari es.

5. Stroberi, Minyak Almond dan Gula

Stroberi ternyata juga memiliki manfaat yang bagus untuk wajah loh. Kamu bisa memanfaatkan buah manis asam yang satu ini sebagai bahan scrub. Caranya, kamu bisa mulai dengan mengiris daging stroberi menjadi irisan kecil. Setelah itu campur irisan stroberi dengan minyak almond dan gula. Scrub ini bisa membantu kulit wajahmu nampak awet mudah dan kencang.

6. Mentimun, Minyak Alpukat dan Gula Merah

Manfaat mentimun sebagai penghilang kantung mata mungkin sudah banyak diketahui orang, namun dengan manfaat lainnya sebagai scrub mungkin masih sedikit orang yang mengetahuinya. Kamu bisa memanfaatkan mentimun sebagai scrub dengan campuran bahan lainnya, yaitu minyak alpukat dan gula merah.

Caranya cukup mudah kok, kamu hanya perlu memotong dan menghancurkan satu buah mentimun dengan ukuran sedang. Setelah itu, campur mentimun dengan gula merah dan beberapa sendok alpukat. Aduk semua bahan sampai tercampur rata, setelah itu scrub sudah siap digunakan.

7. Cokelat, Oat dan Minyak Kelapa

Cokelat ternyata bukan hanya bisa jadi cemilan yang lezat loh. Cokelat juga kaya akan anti oksidan yang baik untuk peremajaan kulit. Itulah kenapa cokelat cocok banget untuk kamu jadiin bahan scrub. Caranya mudah kok, kamu hanya perlu dua sendok teh cokelat, dua sendok minyak kelapa dan 1/4 cup oat. Campur semua bahan sampai rata, dan scrub sudah bisa kamu gunakan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top