Community

Jangan Sakiti Hati Orang Lain Jika kamu Tidak Ingin Tersakiti

Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar dilakukan dalam hidup manusia, baik yang tidak disengaja maupun tidak.Bahkan kamu pun bisa saja melakukan kesalahan, untuk itu jika ada orang yang berbuat salah padamu, maafkanlah dia. Tuhan saja maha pemaaf, kenapa kita tidak?

Sebagai manusia, sebisa mungkin jangan mencoba menyakiti hati orang lain, meskipun orang tersebut pernah menyakiti hati kita. Orang yang bijaksana adalah orang yang mau belajar dari kesalahan, mengakui, menyesali, dan kemudian berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang sama.

Kamu Yang Tidak Ingin Tersakiti, Jangan Pernah Menyakiti Orang Lain

 

Dalam hidupmu, pasti kamu ingin hidupmu itu berjalan dengan lancar, damai, tanpa ada musuh. Hidup penuh kedamaian yang seperti itu merupakan impian bagi banyak orang. Hidup berdampingan baik dengan orang lain akan membuat hati kita menjadi tentram.

Jika kamu tidak ingin tersakiti, maka jangan memulai perbuatan buruk pada orang lain, perbuatan buruk yang kamu lakukan itu bisa saja menyakiti perasaannya. Jika kamu merasa telah berbuat salah pada tetangga atau temanmu, segeralah minta maaf agar hubungan kembali berjalan dengan baik.

Percaya deh, orang lain gak akan menyakiti kamu jika kamu tidak pernah berbuat jahat pada mereka. Hidup dengan perasaan dan hati yang tersakiti gak akan enak. Maka itu, hiduplah dengan damai dan tetap jaga silahturahim dengan orang lain.

Kamu Yang Sering Berbuat Jahat Pada Orang Lain, Maka Kamu Akan Mendapatkan Balasannya Suatu Saat Kelak

 

Kamu mungkin saat ini merasa senang akan bisa melakukan keburukan pada orang yang tidak kamu sukai, tapi ingat deh apa yang kamu tebar adalah apa yang kamu dapatkan. Ketika kamu berbuat baik pada orang, kamu pun akan mendapatkan hal yang sama bahkan berkali-kali lipat. Begitu pun juga dengan keburukan. Jika kamu berbuat tidak baik pada orang lain, percayalah kamu pun akan mendapatkan balasannya bahkan lebih sakit.

Untuk itu, ingatlah suntuk selalu berbuat baik pada orang lain jika tidak ingin tersakiti.

Minta Maaf Selagi Sempat, Kamu Tidak Tahu Apa Yang Akan Terjadi Padamu Kelak

 

Mungkin kamu tidak sadar pernah berbuat kesalahan pada orang lain. Ingatlah dengan baik siapa saja orang-orang yang pernah sakit hati akibat perbuatanmu. Kepada siapa saja kamu membuat orang lain sampai menangis dan bersedih akibat ulahmu. Selagi sempat dan masih sehat, minta maaflah kepada mereka yang kamu sakiti.

Jangan karena gengsi, kamu enggan melakukannya. Minta maaf tidak membuatmu terlihat lemah. Tidak ada kata terlambat untuk minta maaf selama kita masih hidup di dunia.

Sikapmu Yang Memutuskan Untuk Tidak Membalas Perbuatan Orang Lain, Menunjukan Kamu Adalah Orang Yang Kuat

 

Tunjukan pada mereka yang menyakitimu kalau kamu adalah orang yang lebih baik dan lebih kuat dari mereka. Kamu tidak akan goyah meski berkali-kali tersakiti. Keputusanmu yang tidak membalas perbuatan mereka yang telah jahat kepadamu menjadikanmu orang yang tangguh yang tidak mudah terpancing untuk membalas, selain itu kamu menjadi pribadi yang lebih dewasa lagi dalam menghadapi berbagai cobaan hidup.

Selalu ingat, perbuatan baik akan dibalas dengan kebaikan. Percayalah akan ada kebaikan yang datang padamu jika kamu tetap bersabar.

Jangan Sombong, Masih Banyak Orang Lain Yang Lebih Baik Darimu

 

Kamu merasa saat ini dirimu lebih baik dari orang lain, sehingga kamu merasa berhak melakukan apapun yang kamu suka termasuk menyakiti hati mereka. Kamu harus tahu bahwa roda kehidupan selalu berputar.

Tidak selamanya kamu akan ada di posisi teratas, suatu saat kamu akan merasakan posisimu sangat jatuh hingga tidak bisa melakukan apapun. Sikapmu yang sombong membuatmu tidak memiliki teman yang bersedia menolongmu saat kamu ada di posisi terbawah.

Kamu Tentunya Tidak Ingin, Orang Yang Kamu Sakiti Berdoa Kepada Tuhan Sesuatu Yang Jelek Untukmu

 

Kamu tentu sering mendengar kata-kata yang berbunyi seperti ini, “Orang yang terdzalimi (tersakiti) doanya akan cepat dikabulkan”. Kamu tentunya gak mau kan, orang yang kamu sakiti itu mengadu pada Tuhan, dan keluar doa-doa yang buruk yang ditujukan untukmu.

Jika benar dia ‘mengutukmu’ melalui doa, maka persiapkan dirimu untuk mendapatkan balasannya. Maka dari itu, janganlah mencoba menyakiti perasaan orang lain karena itu hanya akan membuatmu rugi.

Ingatlah Kita Semua Bersaudara

 

Ingatlah bahwa kita semua bersaudara. Sesama saudara hendaknya saling menjaga hubungan agar tetap harmonis. Saling menyakiti antar saudara tidak akan menguntungkan siapapun. Menjaga persaudaraan dan terus memperatnya dapat membuat hidupmu lebih bahagia dan lebih mudah. Kamu akan merasakannya ketika kamu mengalami kesusahan atau kesulitan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top