Feature

Jangan Mau Diperdaya, Karena Infused Water Sebenarnya Tak Ada Manfaatnya

Diracik dari air mineral yang dipadukan dengan beberapa potongan buah, nama infused water kian kondang. Konon infused water ini berkhasiat untuk menurunkan berat badan. Tunggu dulu, tanpa bermaksud merusak prosesi diet yang sedang kamu lakukan. Kali ini biarkan kami meluruskan, bahwa sebenarnya minuman ini tak berpengaruh apa-apa.

Tidak percaya? Baru-baru ini pada salah satu kesempatan, seorang dokter ahli gizi yang berpraktik di MRCCC Siloam Hospitals Jakarta, Samuel Oetoro, justru mengungkapkan keprihatinannya atas banyaknya masyarakat Indonesia yang seakan terperdaya oleh infused water. Beliau berkata bahwa ternyata tak ada faedah yang berarti ketika kita mengonsumsi air yang berisi potongan buah tersebut.

Buahnya Sudah Tentu Baik, Tapi Jika Telah Dimasukkan ke Dalam Air Jelas Akan Berbeda Manfaatnya

Masih dikesempatan yang sama, dokter Samuel berkata bahwa buah dan kulitnya memang baik untuk dikonsumsi. Namun jika dipotong dan direndam di dalam air, serta dibawa seharian dan terkena matahari, kandungan baik dalam buah akan hilang.

Untuk kita yang memang ingin mendapat manfaat dari lemon atau mint, dia menyarankan untuk meracik buah lemon menjadi jus tanpa membuang kulitnya. Kandungan hesperidin yang ada pada buah lemon utuh, dapat mencegah plak di pembuluh darah sehingga pembuluh darah tidak tersumbat dan lebih elastis.

Selain mencegah plak di pembuluh darah, kandungan lemon memiliki banyak manfaat lainnya untuk tubuhmu. Salah satunya membantu proses penurunan berat badan yang mungkin sedang kamu usahakan saat ini.

Bahkan Beberapa Hal yang Katanya Adalah Manfaat dari Infused Water, Tak Sepenuhnya Boleh Dipercaya

Menjadi salah satu bagian dari gaya hidup masyarakat, terlebih mereka yang ditinggal di kota. Kita kerap kali menemukannya di beberapa tempat, mulai dari siswi SMA di angkutan busway, para perempuan pekerja, atau mungkin dirimu sendiri juga mengonsumsinya.

Potongan-potongan buah yang dimasukkan ke dalam wadah air mineral tersebut dipercaya sebagai sarana detoks dan trik memperlancar metabolisme tubuh, anti penuaan, hingga menurunkan berat badan agar lebih ideal.

Sayangnya untuk manfaat di atas, hingga saat ini belum ada penelitian kesehatan yang mampu membenarkan hal tersebut. Sekarang kamu bebas memilih. Percaya jika infused water dapat membantu menjaga kesehatanmu, atau mengonsumsinya sebagai alternatif pengganti air mineral.

Tapi Bukan Berarti Tak Bermanfaat Sama Sekali, Ada Manfaat Lain yang Memang Layak Untuk Dijajal

Demi memenuhi kebutuhan cairan pada butuh, mereka yang tak suka air mineral kerap menggantinya dengan minuman lain. Ya katakanlah kopi atau teh. Padahal kandungan kafein dari minuman tersebut justru cenderung membuat tubuh semakin kekurangan cairan. Tak hanya itu saja, kadar gula yang tinggi juga kerap jadi salah satu pemicu naiknya kalori dalam tubuh kita.

Akan tetapi tenang dulu, kehadiran infused water, justru jadi pilihan yang bisa kita manfaatkan. Terlebih bagi yang tak dapat mengonsumsi air mineral murni seperti kebanyakan orang. Varian rasa yang dapat kita ganti sesuai selera, jadi solusi untuk menyamarkan rasa air mineral yang cenderung terasa hambar di lidah. Dengan kata lain, tubuh kita akan tetap mendapat cakupan air mineral yang cukup, dengan sensasi rasa buah sesuai selera.

Meski Begitu Tetap Pastikan Intensitas Pola Konsumsinya Tak Melampaui Batas

Salah seorang ahli gizi dari Fakultas Kesehatan Masyarakat UI, Ir. Trini Sudiarti, MSc mengatakan bahwa mengonsumsi infused water yang telah disimpan hingga satu minggu bisa mengakibatkan gangguan pencernaan, diare, atau bahkan muntah-muntah.

Tak hanya itu saja, efek samping lain dari infused water bagi mereka yang terlalu sering mengonsumsinya ternyata justru membahayakan kesehatan. Meski dipercaya bisa menurunkan berat badan, mengonsumsinya secara berlebihan bisa saja mengakibatkan dehidrasi, pusing, mual, dan lemas. Hingga merusak gigi, dan menaikkan asam lambung serta berpotensi membuat perut mual. Karena biar bagaiamana pun, sesuatu yang bersifat berlebihan memang kerap berujung pada dampak yang fatal.

Jika Memang Ingin Diet atau Hidup Sehat Cobalah Hal Lain yang Benar-benar Bermanfaat dan Bisa Dipercaya

Euforia dari orang-orang memang sering jadi sesuatu yang menarik kita untuk turut serta. Dengan kata lain, satu orang yang terlihat minum infused water, maka beribu orang dibelakang akan mengikutinya. Meski ini bukanlah sesuatu yang buruk, tapi ada baiknya kita juga mencari tahu terlebih dahulu. 

Tanpa harus terlihat hebat, karena jadi salah seorang yang mengikut zaman. Harusnya kita ingat kembali pada tujuan. Jika ternyata pola hidup sehatlah yang kita inginkan, mulailah mengatur jenis makanan dengan asupan gizi yang seimbang. Ini akan jauh lebih bermanfaat daripada harus memaksa diri mengikuti orang lain, namun ternyata tak bermanfaat sama sekali.

Bukan bermaksud untuk mematahkan kepercayaanmu pada infused water. Barangkali selama ini kamu memang belum tahu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dorce Gamalama Sudah Nyaman Tinggal Amerika Serikat

Belum lama ini Dorce Gamalama menceritakan pengalaman ketika tinggal di Amerika Serikat. Dorce menjelaskan bahwa ia tinggal di Amerika Serikat selama enam bulan dan di Indonesia selama enam bulan. Ia pun mengungkapkan alasan kenapa tidak bisa menetap di Amerika lebih dari enam bulan.

“Iya saya memang di Amerika sekarang, jadi 6 bulan di sana, 6 bulan pulang. Kita kan enggak boleh stay di sana, harus balik dulu. Nanti sudah berapa tahun kita baru punya green card, saya dua tahun lagi baru punya green card jadi mesti bolak-balik,” ucap Dorce seperti dikutip viva.co.id, Kamis (21/3).

Aktris berusia 55 tahun itu juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih tinggal di Amerika Serikat. Bagi Dorce, tinggal di Amerika sangat memberinya ketenangan.

“Enggak ada alasan pokoknya enak saja, pokoknya lebih di sana tidak ada istilah nanya lu apa, bangsa apa, agama apa, enggak ada, kita menjalankan tanggung jawab kita masing-masing sebagai manusia,” tuturnya.

Pemain film Hantu Biang Kerok itu juga mengatakan bahwa ia sudah tinggal bolak-balik Indonesia Amerika sejak tahun 2014 lalu. Alasannya memilih Amerika juga karena Dorce sangat kagum dan menyukai kota New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Aura Kasih Tak Ragu Memegang Ular Sekalipun Sedang Hamil

Penyanyi Aura Kasih kini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral. Dalam beberapa unggahannya di akun Instagram, Aura Kasih tampak berfoto dengan ular. Warganet mengira bahwa Aura tengah mengidam memegang ular. Namun, Aura membantahnya.

“Wah gila, enggak (ngidam ular), kalau ular itu memang sudah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke teman aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja,” kata Aura seperti dikutip dari kompas.com, Kamis (21/3). Kebiasaan Aura yang akrab dengan ular saat hamil juga sempat mendapat protes dari pengikutnya di Instagram.

“Banyak yang DM, ‘Mbak lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek’. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek,” ujar Aura lagi. Ia menganggap hal ini sebagai latihan untuk anaknya saat lahir agar jadi penyuka binatang. Bagi Aura, ia sangat menyukai ular terutama jenis piton.

“Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede, yang difoto punya temanku,” paparnya. Selama hamil, Aura mengaku selalu ingin melihat hewan-hewan yang menurutnya lucu dan menggemaskan.

“Enggak ada ngidam. Jujur, kalau ngidam lebih ke pengin liat binatang-binatang lucu. Kalau aku lagi lihat di Instagram pasti lihatnya kucing, anjing, binatang lucu aja,” jelas Aura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Tiga Anak, Ririn Dwi Ariyanti Bersyukur Tetap Diberi Kebebasan untuk Bekerja oleh Sang Suami

Aktris Ririn Dwi Ariyanti mendapat kebebasan untuk bekerja dari sang suami, Aldi Bragi. Ia pun bersyukur karena itu.

“Apa pun aktivitas saya, saya selalu dapat dukungan. Untungnya didukung terus sama suami,” kata Ririn seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/3). Kendati aktif bekerja, Ririn tetap menyadari tugasnya sebagai sebagai seorang istri dan ibu untuk tiga anaknya. Ia tidak mau kesibukannya dalam bekerja malah membuat keluarganya terabaikan. Soal membatasi pekerjaan, Ririn mengakui bahwa suaminya juga memberikan nasihat mana yang harus diambil atau tidak.

“Kalau (suami) membatasi kalau di luar dari pekerjaan ya. Aku dibatasi. Tapi, kalau pekerjaan ini (kegiatan shooting) sudah dari bagian aktivitas aku. Itu tetap terus konsisten sih. Shooting menyesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Ririn.

Ia menikah dengan Aldi Bragi pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai tiga anak. Putri pertama mereka, Siti Alana Kalyani lahir pada 13 Oktober 2011. Dua tahun kemudian, tepatnya 12 Januari 2013, Ririn melahirkan anak kedua. Anak ketiga pasangan tersebut, Rami Alfie Utomo, lahir pada 15 April 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top