Feature

Jangan Main Campur Makanan, Bukannya Gizi yang Didapat, Justru Mengundang Bakteri Jahat

Dalam membuat variasi menu makanan, ternyata kamu tak bisa asal mengombinasikannya. Kalau tak hati-hati, justru tubuhmu dan kesehatanmu yang jadi ancamannya. Tanpa kamu sadari, ada lho makanan seperti sayur atau buah-buahan yang sejatinya memang tak boleh dicampur dengan makanan lain. Sebab kalau dipaksakan, akan ada reaksi kimia yang justru berbahaya bagi proses pencernaanmu.

Di lain sisi, kenapa kamu tak boleh asal mencampurkan menu makanan? Karena tingkat kebersihan makanan ‘kan berbeda-beda, siapa tahu salah satu makanan ada yang tercemar dan justru mengundang bakteri jahat untuk masuk ke tubuhmu. Bahaya, ‘kan? Karenanya, daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan, lebih baik jaga diri dari sekarang ya, Kawan. Mengutip dari Bright Side, ini dia mana yang sebaiknya jangan dicampurkan dengan makanan lainnya.

Tomat dan Timun

Bukan, ini bukan soal tebak-tebakan tomat dan timun itu golongan sayuran atau buah-buahan. Tapi kalau kamu membuat racikan yang terdiri dari tomat dan timun, justru akan membahayakan tubuhmu. Dua menu ini sejatinya memang mengandung vitamin yang baik untuk tubuh, tapi bila dicampurkan, justru tak baik untuk sistem pencernaanmu.

Berdasarkan penelitian, mengombinasikan tomat dan timun akan mengganggu proses biokimia di dalam tubuh dan memicu munculnya perasaan nyeri. Kamu bisa menyiasati konsumsi dua sayuran ini dengan melahap tomat terlebih dahulu, baru di kemudian hari mengonsumsi timun demi mencegah terjadinya hal buruk pada pencernaanmu.

Kentang dan Daging

Kendati seporsi kentang sering jadi teman makan steak favoritmu, ternyata kandungan karbohidrat yang ada pada kentang kalau digabungkan dengan protein yang ada pada daging justru tak baik untuk tubuh. Terutama bagi pencernaanmu.

Kalau terlalu sering mencampurkan kentang dengan seporsi daging, tubuhmu akan memproduksi banyak gas sehingga membuat perut rentan mulas. Padahal sebagai pengganti kentang, kamu bisa memanfaatkan asparagus, kacang-kacangan hijau, bahkan zucchini.

Susu dengan Nanas

Buah dengan rasa asam seperti nanas membuat kinerja pencernaanmu semakin lambat. Apalagi kalau kamu memakannya di pagi hari. Di lain sisi, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang bisa berubah jadi racun berbahaya kalau dikombinasikan dengan susu atau produk olahan susu. Sebagai pengganti, kamu bisa mengonsumsi aprikot kering yang lebih kaya manfaat.

Susu dan Pisang

Bagi mereka yang gemar dengan menu makanan sehat, suka terpikirkan mencampurkan susu dengan pisang. Mungkin banyak yang mengira protein pada susu akan sangat baik kalau dikombinasikan dengan pisang yang tinggi potasium. Padahal berdasarkan anjuran ahli gizi, buah yang satu ini tak boleh dicampurkan dengan menu makanan apa pun.

Yup! Makan pisang harus terpisah. Pisang termasuk golongan makanan yang butuh waktu lama untuk dicerna, sistem pencernaan bekerja pelan-pelan agar serat pada buah pisang terlumat dengan sempurna. Di lain sisi, susu merupakan golongan minuman yang memang dianjurkan dikonsumsi terpisah tanpa menambah menu makanan lainnya.

Sandwich dan Kopi

Saat sedang buru-buru, biasanya kita akan melahap apa pun yang ada di meja makan asal mengenyangkan. Atau lebih instan lagi, kita tinggal melahap sandwich dibarengi segelas kopi. Padahal, dua menu sarapan ini kalau dikonsumsi secara bersamaan malah tak akan mendatangkan gizi yang baik untuk tubuhmu.

Karbohidrat yang ada pada roti justru menghalangi kalsium yang masuk dari keju atau daging yang ada pada isian sandwich. Di lain sisi, mengonsumsi kopi di pagi hari memang tak mendatangkan manfaat apa-apa, untuk itu ganti saja secangkir kopimu dengan teh hangat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dorce Gamalama Sudah Nyaman Tinggal Amerika Serikat

Belum lama ini Dorce Gamalama menceritakan pengalaman ketika tinggal di Amerika Serikat. Dorce menjelaskan bahwa ia tinggal di Amerika Serikat selama enam bulan dan di Indonesia selama enam bulan. Ia pun mengungkapkan alasan kenapa tidak bisa menetap di Amerika lebih dari enam bulan.

“Iya saya memang di Amerika sekarang, jadi 6 bulan di sana, 6 bulan pulang. Kita kan enggak boleh stay di sana, harus balik dulu. Nanti sudah berapa tahun kita baru punya green card, saya dua tahun lagi baru punya green card jadi mesti bolak-balik,” ucap Dorce seperti dikutip viva.co.id, Kamis (21/3).

Aktris berusia 55 tahun itu juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih tinggal di Amerika Serikat. Bagi Dorce, tinggal di Amerika sangat memberinya ketenangan.

“Enggak ada alasan pokoknya enak saja, pokoknya lebih di sana tidak ada istilah nanya lu apa, bangsa apa, agama apa, enggak ada, kita menjalankan tanggung jawab kita masing-masing sebagai manusia,” tuturnya.

Pemain film Hantu Biang Kerok itu juga mengatakan bahwa ia sudah tinggal bolak-balik Indonesia Amerika sejak tahun 2014 lalu. Alasannya memilih Amerika juga karena Dorce sangat kagum dan menyukai kota New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Aura Kasih Tak Ragu Memegang Ular Sekalipun Sedang Hamil

Penyanyi Aura Kasih kini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral. Dalam beberapa unggahannya di akun Instagram, Aura Kasih tampak berfoto dengan ular. Warganet mengira bahwa Aura tengah mengidam memegang ular. Namun, Aura membantahnya.

“Wah gila, enggak (ngidam ular), kalau ular itu memang sudah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke teman aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja,” kata Aura seperti dikutip dari kompas.com, Kamis (21/3). Kebiasaan Aura yang akrab dengan ular saat hamil juga sempat mendapat protes dari pengikutnya di Instagram.

“Banyak yang DM, ‘Mbak lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek’. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek,” ujar Aura lagi. Ia menganggap hal ini sebagai latihan untuk anaknya saat lahir agar jadi penyuka binatang. Bagi Aura, ia sangat menyukai ular terutama jenis piton.

“Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede, yang difoto punya temanku,” paparnya. Selama hamil, Aura mengaku selalu ingin melihat hewan-hewan yang menurutnya lucu dan menggemaskan.

“Enggak ada ngidam. Jujur, kalau ngidam lebih ke pengin liat binatang-binatang lucu. Kalau aku lagi lihat di Instagram pasti lihatnya kucing, anjing, binatang lucu aja,” jelas Aura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Tiga Anak, Ririn Dwi Ariyanti Bersyukur Tetap Diberi Kebebasan untuk Bekerja oleh Sang Suami

Aktris Ririn Dwi Ariyanti mendapat kebebasan untuk bekerja dari sang suami, Aldi Bragi. Ia pun bersyukur karena itu.

“Apa pun aktivitas saya, saya selalu dapat dukungan. Untungnya didukung terus sama suami,” kata Ririn seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/3). Kendati aktif bekerja, Ririn tetap menyadari tugasnya sebagai sebagai seorang istri dan ibu untuk tiga anaknya. Ia tidak mau kesibukannya dalam bekerja malah membuat keluarganya terabaikan. Soal membatasi pekerjaan, Ririn mengakui bahwa suaminya juga memberikan nasihat mana yang harus diambil atau tidak.

“Kalau (suami) membatasi kalau di luar dari pekerjaan ya. Aku dibatasi. Tapi, kalau pekerjaan ini (kegiatan shooting) sudah dari bagian aktivitas aku. Itu tetap terus konsisten sih. Shooting menyesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Ririn.

Ia menikah dengan Aldi Bragi pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai tiga anak. Putri pertama mereka, Siti Alana Kalyani lahir pada 13 Oktober 2011. Dua tahun kemudian, tepatnya 12 Januari 2013, Ririn melahirkan anak kedua. Anak ketiga pasangan tersebut, Rami Alfie Utomo, lahir pada 15 April 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top