Trending

Instagram Jadi Sosial Media Perusak Mental, Penelitian Ini Membuktikannya

Media sosial telah menjadi salah satu alat interaksi yang tak bisa lepas dari kehidupan era digital. Hadir dengan berbagai jenis yang beragam membuat kita lebih leluasa untuk menyampaikan gagasan. Dari banyaknya sosial media yang ditawarkan, Instagram jadi salah satu media sosial yang banyak digunakan. Platform yang tadinya hanya diperuntukan untuk berbagi foto dan video kini meluaskan sayapnya dengan berbagai fitur baru yang lebih menarik, sehingga membuat seseorang lebih leluasa untuk mengutarakan rasa. Bahkan hal-hal kecil yang sebenarnya tidak penting bagi orang lain. Dinilai sebagai aktivitas interaksi yang baik, justru kegiatan ini telah merusak kesehatan mental penggunanya.

Hal ini juga dibenarkan oleh survey bertajuk Status of Mind yang dilakukan oleh The Royal Society for Public Health. dengan melibatkan 1.479 orang remaja usia 14 hingga 24 tahun, yang berasal dari Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia. Mereka diminta untuk menilai media sosial apa saja yang mempengaruhi kehidupan mereka. Hasilnya instagram jadi media sosial pertama yang paling berdampak buruk untuk kesehatan mental seseorang. Tanpa bermaksud untuk menerka-nerka, beberapa hal ini mungkin bisa menjadi gambaran.

Platform Yang Tadinya Ditujukan Untuk Berbagi Foto, Berubah Jadi Sumber Depresi Hingga Intimidasi

Berada pada urutan pertama media sosial yang berpotensi merusak kesehatan mental, bukan hanya dugaan belaka. Instagram tercacat sebagai wadah yang memberi dampak negatif berbahaya. Dimulai dari membahayakan persepsi citra tubuh, meningkatkan rasa takut kehilangan dan menyita waktu tidur yang dimiliki. Hadir dengan lebih menonjol pada sisi gambar, memang membuat instagram lebih digandrungi orang.

Namun siapa sangka justru dari sanalah pengaruh buruk itu berasal. Sisi visual yang dihadirkan pada instagram membentuk citra baru akan bentuk tubuh indah dan wajah tampan yang dijadikan patokan. Belum lagi berbagai macam iklan produk kecantikan, fashion style, berbagai foto barang mewah hingga gaya hidup para selebgram yang ingin diaplikasikan kemudian berubah jadi bumerang yang menyakitkan baik secara fisik maupun mental karena kenyataan hidup yang dipunya tak sebanding dengan apa yang ditonton pada instagram. Kemampuan yang tak mencukupi pun akhirnya melahirkan depresi pagi jiwa, hingga intimidasi pada diri sendiri.

Seakan Tak Mau Ketinggalan, Berusaha Untuk Sempurna Di Mata Orang Meski Tak Seperti Kenyataan

Media sosial memang bisa jadi sihir yang mematikan. Membuat orang berubah hingga menjadi sosok yang bahkan dirinya sendiri saja tak mengenalinya. Segala yang dilihat di instagram seakan memaksanya untuk menjadi serupa. Berusaha untuk tampil sempurna dimata orang lain yang akan memandang feed instagram miliknya. Hingga tak lagi berani untuk menunjukkan sisi nyata dari hidup yang sebenarnya. Semua hal yang ia ingin tunjukkan selalu melewati beberapa proses kekhawatiran yang menyiksa. Mempertanyakan apakah suatu foto sudah layak dikatakan sempurna, atau memusingkan pendapat orang lain pada kolom komentar.

Dampak yang lebih buruk lagi, sikap tersebut sering menyeret seseorang pada kebohongan besar dalam hal penampilannya. Segala hal yang dia tunjukkan pada instagram bukanlah kenyataan hidup yang dia jalankan. Jelas hal itu adalah penyakit yang merusak mental.

Hingga Pada Rasa Putus Asa Yang Menilai Hidupnya Tak Semenarik Hidup Yang Orang Lain Punya

Jika kamu masih belum lupa, kontroversi dari salah seorang selebram yang cukup menghebohkan dunia maya. Kehidupannya dianggap sebagai patokan, mulai dari bagaimana ia menikmati liburan, menghabiskan waktu di klub malam hingga gaya berpacaran yang dianggap panutan. Meski banyak yang mencela tak sedikit pula yang justru membela. Imbasnya banyak orang terlebih para remaja yang masih dibawah usia berlomba-lomba untuk melakukan hal serupa, memamerkan foto yang tak seharusnya agar dinilai sama.

Tanpa berniat menyalahkan pihak yang dijadikan contoh, dari fenomena ini kita bisa melihat bahwa pengaruh instagram terhadap perkembangan mental dan cara pandang seseorang. Hingga kemudian merasa putus asa, karena menilai hidup sendiri tak semenyenangkan kehidupan orang lain yang dilihat di Instagram.

Selain Itu Ketakutan Akan Ketinggalan Tren Atau Berita Hangat Yang Sedang Diperbincangkan Juga Jadi Pengaruh Buruk Instagram

Dalam sebuah hasil studi dari beberapa ahli, disebutkan bahwa seseorang akan menghabiskan lebih dari dua jam perhari untuk online di media sosial. Bukannya untuk membuat mereka saling berinteraksi dengan teman atau kerabat jauh, sebagian besar dari mereka justru dilaporkan cenderung memiliki kesehatan mental yang buruk termasuk tekanan psikologis karena terlalu lama online. Rentan waktu yang lama justru digunakan untuk selalu up to date akan tren baru yang sedang diperbincangkan banyak orang. Hal ini dikenal dengan sebutan FOMO atau fear of missing out.
Merasa bahwa ada bagian dari hidup yang terasa tertinggal, jika barang sehari saja tak buka instagram. Berubah jadi kebutuhan, media sosial memang jadi sesuatu yang sulit dipisahkan dari kehidupan seseorang. Namun sisi buruknya justru bisa membahayakan,

Dan Fungsi Instagram Yang Harus Dipertanyakan, Jadi Alat Untuk Interaksi Atau Penjara Baru Untuk Berekspresi

Sejak awal kemunculannya, media sosial memang jadi ruang interaksi baru bagi banyak orang. Individu yang tadinya hanya bisa menyimpan segala gagasan dalam kepala, kini lebih leluasa untuk menyampaikan saran. Tak tangung-tanggung, kini siapa saja berhak untuk menyurakan pendapat lewat media sosial. Cakupannya yang cukup luas membuat siapa saja bebas untuk menujukkannya pendapat di era digital. Diciptakan untuk ruang ekspresi dan wadah interaksi, namun sepertinya media sosial justru hadir dengan fungsi lain yang patut untuk dipertanyakan.

Masih hangat dalam ingatan beberapa kasus perkusi yang beberapa waktu lalu ramai diperbincangkan. Beberapa orang justru mendapatkan intimidasi atas apa yang ia tuangkan pada media sosial. Media yang katanya jadi ruang untuk menyuarakan pendapat, justru berubah jadi penjara baru yang mengawasi gerakmu. Seakan tak ingin melanggar aturan dan undang-undang, justru ini jadi masalah baru yang akan dihadapkan. Mereka yang tadinya ingin menyuarakan banyak hal, jadi diam karena merasa tak lagi memiliki ruang. Hasilnya semua hal akan disimpan dalam kepala seorang diri.

Alih-alih memandang instagram sebagai ruang untuk menyuarakan kebebesan. Justru ia hadir merusak mental. Bagi kamu yang mungkin merasa sama, sebaiknya hati-hati. Karena bisa saja mentalmu juga telah rusak hanya karena kecanduan instagram.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Jembatan Terindah di Dunia, Dua Diantaranya Ada di Indonesia!

Fungsi utama jembatan adalah untuk menghubungankan dua jalan yang terpisah. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, kini jembatan dibangun dengan seni dan model yang cukup menakjubkan. Nah, berkenaan dengan hal ini, ternyata ada tujuh jembatan yang terkenal paling indah di dunia loh. Langsung saja cek daftarnya berikut.

1. Jembatan Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat

Sumber: www.pexels.com

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 2.727 meter dimana difungsikan sebagai penghubung antara San Fransisco dengan Kabupaten Marin. Namun dibalik keindahannya yang menakjubkan, ternyata jembatan ini juga kerap dijadikan tempat untuk bunuh diri.

2. Jembatan Surabaya, Surabaya, Indonesia

Sumber: www.instagram.com/@dwisetijotjahjono

Jembatan ini merupakan landmark dari Kota Surabaya. Jembatan ini  dihiasi oleh air mancur warna-warni yang akan ada setiap malam Minggu. Selain itu biasanya keluarnya air mancur diiringi dengan tarian air mancur pada pukul 20.00 – 21.00 WIB.

3. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon, Portugal

Sumber: www.sp-reinforcement.ch

Jembatan ini memiliki panjang 17, 2 ribu meter. Jembatan ini termasuk jembatan paling panjang di Eropa loh. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Tagus. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah untuk memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada tahun 1998 silam.

4. Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan

Sumber: www.worldfortravel.com

Jembatan Banpo merupakan jembatan air mancur terpanjang di dunia. Air mancur di jembatan ini biasanya akan dioperasikan pada bulan April sampai Oktober. Pertunjukan air mancur ini akan dilakukan selama empat sampai enam kali sehari dengan durasi waktu 20 menit di setiap pertunjukannya.

5. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu, Tiongkok

Sumber: www.traveltriangle.com

Jembatan ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan Shanghai dengan Nanjing. Jembatan ini mulai resmi dioperasikan sejak tahun 2011 silam dimana pada proses pembangunannya ada 10 ribu orang yang dipekerjakan.

6. Tower Bridge, London, Inggris

Sumber: www.pixabay.com

Jembatan ini merupakan jembatan yang terdiri dari dua bangunan menara dimana di tingkat atas terdapat jalan untuk para pejalan kaki. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Thames dan memiliki panjang sekitar 61 meter.

7. Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia

Sumber: www.ksmtour.com

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang terletak di Indonesia. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung antara daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Panjang jembatan ini yaitu 1.117 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Luna Maya Akui Jadi Salah Satu Fans BTS

Kepopuleran boyband fenomenal asal Korea Selatan, BTS tak perlu diragukan lagi. Bahkan di Indonesia sendiri, penggemar BTS pun berasal dari berbagai kalangan. termasuk fans dari kalangan artis, khususnya artis Indonesia. Banyak artis Tanah Air yang secara terang-terangan mengaku menyukai boyband yang mempopulerkan lagu Fake Love ini.

Artis yang menyukai BTS satunya adalah Luna Maya. Luna tak mau kalah dari penggemar BTS lainnya. Ia juga terpikat dengan pesona leader BTS, RM. Hal tersebut diketahui lewat unggahan Luna Maya di media sosial Instagram Story miliknya

Luna Maya mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan pertanyaan dari warganet tentang BTS, lalu Luna Maya menjawabnya dengan lengkap sembari memberikan emoticon BTS-Army. Army sendiri merupakan sebutan untuk penggemar BTS.

“Kenapa suka RM BTS ?,” tulis pertanyaan dari warganet.

Lalu Luna Maya menjawab, “Menurut aku dia pintar dan cool gayanya santai, bahasa Inggrisnya bagus banget, keren enggak aneh-aneh. Dan suka dia setelah dengar dia speach di UN. Dan dia tinggi ya kayanya ha ha ha, #BTSARMY,” jawab Luna Maya.

Tak hanya itu, bahkan Luna secara mengakui keinginannya untuk menonton konser BTS di Bangkok, Thailand April 2019 mendatang.

“Gimana ini konser BTS ?” tanya warganet.

Luna pun menjawab, “Di bkk yuk,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Followers Jutaan, Tatjana Saphira Justru Mulai Batasi Diri Pakai Media Sosial

Aktris Tatjana Saphira mulai membatasi diri dalam menggunakan media sosial. Hal itu sudah Tatjana lakukan sejak lama.

“Sekarang aku menjalankan rutinitas detoks media sosial, 3 hari aku matiin, 4 hari aku nyalain atau aku buka paling ada postingan yang aku wajib post, kalau enggak aku delete dulu atau uninstall aja. Sebenarnya udah dari lama tapi enggak dijalani secara konsisten sih. baru-baru ini ya sudah sekitar dua bulan lalu jadi lebih rajin,” katanya seperti dikutip kompas.com, Selasa (19/2).

Tatjana mengaku, dia merasa lebih tenang ketika tidak bermain media sosial. Kekasih aktor Herjunot Ali itu juga merasa kesal ketika ada orang yang sibuk dengan gawainya saat berkumpul.

“Menurut aku dia enggak respect sama waktu yang kita punya berkumpul satu sama lain,” ucapnya. Baginya, terlalu fokus dengan media sosial justru membuatnya tak merasakan sebuah momen secara menyeluruh.

“Menurut aku kadang-kadang kita terlalu fokus sama medsos sampe kadang suka lupa sama kegiatan kita sehari-hari. Kita lebih sibuk mengabadikan di medsos dibanding kita merasakan momen itu secara utuh,” ujar Tatjana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top