Feature

Ini Loh Norma Baru Dalam Komunikasi, Etika Ngobrol Di Grup Chat

Harus diakui kehadiran smartphone memang sangat banyak membantu aktivitas kita sehari-hari. Benda ini perlahan jadi salah satu kebutuhan pokok yang harus dimiliki oleh setiap individu. Perannya sebagai media komunikasi pun semakin meluas, karena tak hanya untuk telepon dan sekedar sms. Kini smartphone hadir dengan berbagai macam aplikasi chatting yang bisa diunduh dengan mudahnya. Hal ini tentu menggeser posisi sms yang dulu sebagai komunikasi tertulis yang bisa kita kirim melalui handphone. Dan sisi baiknya berkirim pesan dari aplikasi chatting hanya bermodalkan peket data, berbeda dengan sms yang mengharuskan kita membayar. Meski sama-sama berbayar namun nyatanya, kita lebih menggandrungi chat diaplikasi chatting daripada kirim pesan disms.

Berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh GfK Asia bersama dengan Indonesian Digital Association (IDA) dan Baidu ke beberapa wilayah di Indonesia. Setidaknya orang Indonesia rela menghabiskan waktu untuk memakai aplikasi chatting sebanyak 19 jam dalam sebulan. Hal ini menunjukkan betapa banyaknya interaksi yang kita lakukan dari apalikasi chatting tersebut. Untuk itu tidak perlu heran juga, jika diantara kita tentu memiliki satu atau dua bahkan lebih group chat pada salah satu apalikasi chatting. Entah itu grup kelas, kantor, komunitas hingga grup alumni sekolah. Dan secara tidak sadar kegiatan ini telah membawa norma baru yang mau tidak mau harus kita jaga. Maka sebelum jauh dalam kekeliruan yang salah, kita perlu tahu apa yang harus kita taati dalam grup chat.

Untuk Bisa Mengenali Member Lain, Perkenalkan Diri Saat Menjadi Member Baru. Dengan Begitu Member Grup Yang Lama Juga Akan Tahu Siapa Kamu

Tak hanya didalam sebuah lingkungan sosial yang nyata, kamu juga perlu memperkenalkan diri di tempat baru. Salah satunya dalam grup chat. Memperkenalkan diri adalah topik pertama yang rasanya wajib untuk dibahas. Kamu bisa memulainya dengan menyebutkan nama dengan beberapa informasi diri yang lain. Jangan lupa memberi salam pada mereka para anggota yang telah lebih dulu bergabung. Kemudian lihat respon yang akan diberikan oleh anggota group, selanjutnya kamu bisa menimpali respon yang mereka berikan. Bukan ingin terlihat untuk cari perhatian, ini adalah bentuk dari kesopanan. Lalu untuk bisa memahami karakter setiap anggota yang ada di grup, kamu bisa jadi anggota grup yang pasif dulu. Hal ini bisa kita ketahui dari cara mereka melempar jawaban atas pertanyaan yang mungkin ada digroup. Dari situ kamu bisa mendekripsikan bagaimana karakter asli dari orang tersebut. Meski ini tidak tentu valid, tapi setidaknya ini akan membantumu mengenali angota group yang lain.

Jangan Pernah Memanfaatkan Fitur Grup Untuk Kepentingan Pribadi Yang Justru Menganggu Orang Lain

Mungkin kita pernah kesal, karena sedang asik bermain pada handphone tiba-tiba ada banyak chat masuk di grup. Ketika di cek ternyata semuanya adalah postingan dari online shop salah seorang teman. Huuh… Kita harus bisa paham bahwa tidak semua orang menyukai dengan apa yang ingin kita bagikan. Ada waktu-waktu tertentu yang ingin mereka nikmati tanpa gangguan notifikasi yang tak berguna. Apalagi jika itu ternyata hanyalah postingan promosi dari online shop. Jika memang ingin tetap membagikan barang dagangan di grup mungkin kamu bisa meminta izin terlebih dahulu pada admin grup atau tanyakan di grup langsung. Akan lebih baik jika memang mereka mengizinkan, namun jika tidak ya kamu juga harus memahami hal tesebut. Jangan sampai orang lain kesal hanya karena kamu sibuk berjualan di grup.

Usahakan Memberi Jawaban Bermanfaat Untuk Pertanyaan Yang Sedang Dibahas Sesuai Dengan Topik Yang Dibicarakan

Beberapa grup chat dibuat untuk kepentingan tertentu, mulai dari grup kantor yang per divisi, grup alumni, hingga grup komunitas dan grup yang lain. Jika sewaktu-waktu ada topik pembahasan yang sedang dibicarakan cobalah untuk memberikan jawaban yang sesuai. Jika memang ada beberapa candaan yang akan kamu selipkan itu sah-sah saja. Asal jangan sampai menghilangkan esensi obrolan group pada saat itu. Selain sebagai bentuk untuk menghargai mereka yang bertanya, menjawab pertanyaan di grup memang jadi bagian dari tugas kita sebagai anggota. Karena pada dasarnya grup dibuat memang untuk memudahkan para anggotanya.

Cobalah Menjawab Dengan Bahasa Yang Lebih Spesifik Dari Sekedar Kata Yang Itupun Masih Kamu Singkat Menjadi Satu Huruf Saja

Percaya atau tidak gaya bahasa yang kita gunakan dalam chatting sebenarnya menunjukkan jati dirimu yang sebenarnya. Jika kita kerap membalas pertanyaan dengan bahasa yang terkesan cuek dan tak bersahabat, jangan heran jika besok tidak ada yang akan ada yang coba bertanya pada kamu lagi. Memang tidak ada aturan khusus yang mngatur berapa banyak huruf yang dipakai untuk chat. Tapi jika kebiasaan untuk membalas dengan satu atau dua huruf saja masih kita pelihara, sebaiknya berhenti dari sekarang. Hal ini bukanlah cerminan sikap yang baik dalam berkomunikasi. Orang yang menunggu balasanmu tidak akan bisa langsung begitu paham apa yang kamu maksud jika hanya dibalas dengan kata “O” atau “Y” saja. Cobalah untuk meninggalkan kebiasaan jelek ini sesegera mungkin.

Hindari Untuk Menyebarkan Postingan Yang Berlebihan Apalagi Jika Isinya Hanya Sekedar Curhatan Galau Yang Tak Penting

Berbagi memang jadi sesuatu yang menyenangkan selama hal yang dibagikan bermanfaat, namun jika tidak? Tentu akan menyebalkan bukan. Siasati hal ini dengan memikirkan kembali apa yang ingin kamu posting. Apalagi jika anggota grup tersebut katakanlah lebih dari 20 orang, yang tentu akan memiliki pandangan berbeda akan sesuatu yang ingin kamu sampaikan.

Coba posisikan diri sebagai orang yang akan menerima chat tersebut. Apakah itu menjadi sesuatu yang penting untuk mereka atau justru sebaliknya. Belum lagi jika ternyata yang ingin kamu bagikan hanyalah curhatan galau yang sungguh tidak sepantasnya orang lain tahu. Ini patut untuk dipikirkan dua kali sebelum diposting. Tapi jika anggota grup ternyata hanyalah beberapa orang yang semuanya adalah teman dekat, ini sah-sah saja. Untuk menhindari kesan berlebihan, cobalah cari alternatif lain jika ingin sekedar curhat, chat personal misalnya.

Meski Tak Ingin Terlalu Sering Posting, Kamu Juga Tidak Boleh Jadi Orang Yang  Kelewat Pasif Tanpa Berbuat Apa-Apa Di Group Chat

Coba ingat apa hal yang mendasari kita masuk pada sebuah grup chat? Tentu untuk memudahkan komunikasi. Disamping itu grup chat juga dibuat untuk interaksi dua arah antara anggota grup yang satu dengan yang lain. Jika sewaktu-waktu kamu mendapatkan informasi ada saatnya kamu juga harus memberi informasi.

Mulailah berkontribusi untuk sesuatu yang sedang dibutuhkan di grup. Karena ketika kamu memilih untuk diam, itu berarti kamu tak peduli dengan yang terjadi di group chat. Maka jangan pernah merasa diperlakukan tidak adil ketika ada keputusan yang tidak sepaham denganmu. Jika memang kamu tidak terlalu suka untuk ikut membahas semua hal dalam grup, cobalah hadir saat membicarakan topik yang mungkin menarik perhatianmu atau sesuai dengan apa yang memang ketahui.

Mungkin belum ada norma tertulis yang mengatur semua hal tersebut. Namun sebagai pribadi yang memiliki akal budi dan menjunjung sopan santun sudah seharusnya kamu memahami dan menjaga hal tersebut. Dengan begitu percakapan dan interaksi yang ada dalam grup akan terasa lebih baik dan nyaman.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Jembatan Terindah di Dunia, Dua Diantaranya Ada di Indonesia!

Fungsi utama jembatan adalah untuk menghubungankan dua jalan yang terpisah. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, kini jembatan dibangun dengan seni dan model yang cukup menakjubkan. Nah, berkenaan dengan hal ini, ternyata ada tujuh jembatan yang terkenal paling indah di dunia loh. Langsung saja cek daftarnya berikut.

1. Jembatan Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat

Sumber: www.pexels.com

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 2.727 meter dimana difungsikan sebagai penghubung antara San Fransisco dengan Kabupaten Marin. Namun dibalik keindahannya yang menakjubkan, ternyata jembatan ini juga kerap dijadikan tempat untuk bunuh diri.

2. Jembatan Surabaya, Surabaya, Indonesia

Sumber: www.instagram.com/@dwisetijotjahjono

Jembatan ini merupakan landmark dari Kota Surabaya. Jembatan ini  dihiasi oleh air mancur warna-warni yang akan ada setiap malam Minggu. Selain itu biasanya keluarnya air mancur diiringi dengan tarian air mancur pada pukul 20.00 – 21.00 WIB.

3. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon, Portugal

Sumber: www.sp-reinforcement.ch

Jembatan ini memiliki panjang 17, 2 ribu meter. Jembatan ini termasuk jembatan paling panjang di Eropa loh. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Tagus. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah untuk memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada tahun 1998 silam.

4. Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan

Sumber: www.worldfortravel.com

Jembatan Banpo merupakan jembatan air mancur terpanjang di dunia. Air mancur di jembatan ini biasanya akan dioperasikan pada bulan April sampai Oktober. Pertunjukan air mancur ini akan dilakukan selama empat sampai enam kali sehari dengan durasi waktu 20 menit di setiap pertunjukannya.

5. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu, Tiongkok

Sumber: www.traveltriangle.com

Jembatan ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan Shanghai dengan Nanjing. Jembatan ini mulai resmi dioperasikan sejak tahun 2011 silam dimana pada proses pembangunannya ada 10 ribu orang yang dipekerjakan.

6. Tower Bridge, London, Inggris

Sumber: www.pixabay.com

Jembatan ini merupakan jembatan yang terdiri dari dua bangunan menara dimana di tingkat atas terdapat jalan untuk para pejalan kaki. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Thames dan memiliki panjang sekitar 61 meter.

7. Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia

Sumber: www.ksmtour.com

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang terletak di Indonesia. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung antara daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Panjang jembatan ini yaitu 1.117 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Luna Maya Akui Jadi Salah Satu Fans BTS

Kepopuleran boyband fenomenal asal Korea Selatan, BTS tak perlu diragukan lagi. Bahkan di Indonesia sendiri, penggemar BTS pun berasal dari berbagai kalangan. termasuk fans dari kalangan artis, khususnya artis Indonesia. Banyak artis Tanah Air yang secara terang-terangan mengaku menyukai boyband yang mempopulerkan lagu Fake Love ini.

Artis yang menyukai BTS satunya adalah Luna Maya. Luna tak mau kalah dari penggemar BTS lainnya. Ia juga terpikat dengan pesona leader BTS, RM. Hal tersebut diketahui lewat unggahan Luna Maya di media sosial Instagram Story miliknya

Luna Maya mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan pertanyaan dari warganet tentang BTS, lalu Luna Maya menjawabnya dengan lengkap sembari memberikan emoticon BTS-Army. Army sendiri merupakan sebutan untuk penggemar BTS.

“Kenapa suka RM BTS ?,” tulis pertanyaan dari warganet.

Lalu Luna Maya menjawab, “Menurut aku dia pintar dan cool gayanya santai, bahasa Inggrisnya bagus banget, keren enggak aneh-aneh. Dan suka dia setelah dengar dia speach di UN. Dan dia tinggi ya kayanya ha ha ha, #BTSARMY,” jawab Luna Maya.

Tak hanya itu, bahkan Luna secara mengakui keinginannya untuk menonton konser BTS di Bangkok, Thailand April 2019 mendatang.

“Gimana ini konser BTS ?” tanya warganet.

Luna pun menjawab, “Di bkk yuk,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Followers Jutaan, Tatjana Saphira Justru Mulai Batasi Diri Pakai Media Sosial

Aktris Tatjana Saphira mulai membatasi diri dalam menggunakan media sosial. Hal itu sudah Tatjana lakukan sejak lama.

“Sekarang aku menjalankan rutinitas detoks media sosial, 3 hari aku matiin, 4 hari aku nyalain atau aku buka paling ada postingan yang aku wajib post, kalau enggak aku delete dulu atau uninstall aja. Sebenarnya udah dari lama tapi enggak dijalani secara konsisten sih. baru-baru ini ya sudah sekitar dua bulan lalu jadi lebih rajin,” katanya seperti dikutip kompas.com, Selasa (19/2).

Tatjana mengaku, dia merasa lebih tenang ketika tidak bermain media sosial. Kekasih aktor Herjunot Ali itu juga merasa kesal ketika ada orang yang sibuk dengan gawainya saat berkumpul.

“Menurut aku dia enggak respect sama waktu yang kita punya berkumpul satu sama lain,” ucapnya. Baginya, terlalu fokus dengan media sosial justru membuatnya tak merasakan sebuah momen secara menyeluruh.

“Menurut aku kadang-kadang kita terlalu fokus sama medsos sampe kadang suka lupa sama kegiatan kita sehari-hari. Kita lebih sibuk mengabadikan di medsos dibanding kita merasakan momen itu secara utuh,” ujar Tatjana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top