Community

Hidupmu Terlihat Cukup Namun Masih Terasa Hampa? Mungkin Ini Penyebabnya

Apakah kamu merasa sudah berjuang cukup keras, semua hasilnya sempurna tapi hatimu nyatanya terasa hampa? Kamu selalu merasa khawatir dan depresi padahal keadaan di sekitar baik-baik saja? Kenapa ya?

Kamu merasa hidupmu salah dan mulai kehilangan arah dalam melakukan sesuatu. Sebenarnya apa penyebabnya? Apa memang benar ada yang salah dengan hidup yang kamu jalankan selama ini?

Bisa Jadi Kehampaan yang Kamu Rasakan Saat Ini Karena Kamu Kurang Tidur

Tanpa sadar tubuhmu terlalu banyak dipaksa untuk bekerja sehingga mengakibatkan rasa lelah yang teramat sangat. Belum lagi kebiasaan sering begadang setiap hari, makin lama bukan saja tubuhmu yang semakin hancur tapi juga sasana hati. Seperti yang dikutip dari situs kesehatan rasa lelah yang dialami seseorang akan berpengaruh pada suasana hatinya.

Tak hanya itu, tubuh yang lelah juga berdampak buruk pada fungsi kognitif dan tingkat energi. Ketika seseorang mudah lelah rentan baginya untuk mengalami perasaan yang tidak menentu. Ini jadi penyebab kenapa kamu terus merasa hampa dalam hidup padahal sudah melakukan semua hal dengan benar.

Kalau kamu mudah lelah dan stres, itu artinya kamu butuh liburan! Liburan dapat membantumu untuk lebih relaks dan menentramkan suasana hati. Mengisi kekosongan pada hati yang hampa. Liburan tak hanya sekedar bersenang-senang tapi juga mengajarkan makna kehidupan.

Terlalu Lama Menyendiri dan Tidak Mau Bersosialisasi Membuatmu Tidak Tahu Cara Mengembangkan Diri

Hatimu hampa dan pikiranmu depresi, kenapa? Penyebabnya mungkin bisa jadi kamu terlalu lama mengisolasi diri dalam kesendirian. Walau nyatanya kamu menghindari orang-orang untuk menghindari kesalahan yang bisa terjadi dalam hidupmu, tetapi alangkah baiknya kamu bisa bersosialisasi dengan orang-orang yang ada di sekitar. Bila perlu, kegiatan bersosialisasi ini terus dilakukan seumur hidup.

Kenapa bersosialisasi itu penting? Banyak penelitian yang dilakukan menemukan bahwa hubungan sosial adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan depresi. Mengisolasi diri kita dari dunia hanya akan membuat dirimu lebih hampa dan depresi.

Membuat hubungan dengan mencari teman, dapat membuat hidupmu lebih bermakna. Bersama teman, kamu bisa menuangkan isi hati dan pikiranmu agar bebas dari keterpurukan. Menjalin hubungan dengan seseorang juga akan membuatmu tidak terus-terusan merasa hampa.

Tidak Pernah Lagi Melakukan Aktivitas Luar Ruang yang Sebenarnya Dapat Membantumu Melihat Hidup dari Sudut Pandang Lain

Tanpa kamu sadari, rutinitasmu di kantor membuatmu jadi tidak pernah melakukan aktivitas di luar ruangan. Waktu kerja kamu banyak menghabiskan waktu di dalam gedung perkantoran, pada hari libur kamu menghabiskan waktu dengan berdiam diri di rumah. Alhasil, kamu jadi tidak pernah melihat indahnya lingkungan di luar gedung atau rumah.

Padahal, sejumlah studi memperlihatkan adanya manfaat dari kegiatan bernama “ecotheraphy” atau “green theraphy” untuk menyembuhkan depresi yang dialami seseorang. Terapi di alam terbuka memberikan efek rasa segar dan menenangkan hati dan pikiran. Untuk itu, sempatkanlah diri untuk bisa beraktivitas di luar ruangan.

Nah, mumpung lagi musim liburan. Kamu bisa menggunakan cutimu yang tersisa untuk lebih banyak pergi ke alam terbuka yang punya pemandangan yang menakjubkan. Dunia tidak sebatas pandanganmu saja! Rasakan sendiri pengalaman berbeda ketika kamu berani berpetualang di alam terbuka. Indonesia ini indah!

Kamu Menguras Banyak Energi Terlalu Banyak Untuk Bekerja, Tidak Pernah Ada Waktu Untuk Bisa Membuat Diri Jadi Relaks

Kerja keras itu penting, tapi akan sia-sia kalau kerja kerasmu hanya membuat tubuhmu sakit pada akhirnya. Buat apa kerja keras kalau kita tidak bisa memetik hasilnya? Pantas saja hatimu terasa hampa, karena kamu terlalu memaksakan diri untuk jadi yang terbaik bagi orang lain bukan untuk diri sendiri.

Izinkanlah dirimu untuk santai sejenak dan menjadi relaks. Jika kamu tidak punya banyak waktu luang untuk pergi ke tempat yang jauh seperti gunung atau pantai, kamu bisa pergi ke tempat-tempat seperti spa atau tempat pijat reflexy untuk membuat tubuh jadi sedikit lebih santai dan tidak tegang.

Kesimbangan dalam hidup antara pekerjaan dan hidup sehari-hari sangat penting agar kebutuhan lahir dan batin dapat terpenuhi dengan baik.

Pernahkah Kamu Berpikir Hidup yang Kamu Jalani Sekarang Adalah Apa yang Kamu Sukai?

Terakhir yang bisa membuat hatimu terasa hampa adalah melakukan pekerjaan atau aktivitas yang tidak kita sukai namun tetap dilakukan karena tuntutan hidup. Saat melakukan ini, mungkin semua kebutuhan secara materi terpenuhi, tetapi jauh di dalam hatimu kamu sangat membenci kehidupanmu yang sekarang. Itu sebabnya, kamu selalu merasa kosong, depresi, dan tidak benar-benar bahagia.

Ya, memang sebagian orang melakukan suatu pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi sebagian lagi adalah orang-orang yang mengetahui dengan pasti apa yang dilakukannya sehingga dalam hidupnya selalu merasa bahagia. Bahagia dalam arti yang sesungguhnya. Inilah perbedaan kamu dan mereka. Kamu tidak menjalani hidup yang benar-benar kamu sukai dan hingga kini masih terjebak di dalamnya.

Apakah kalian sudah menemukan jawaban atas kehampaan yang dirasakan selama ini? Adakah salah satu penyebabnya telah disebutkan di atas?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top