Trending

Hewan Dan Hak Asasi-nya Yang Sering Kita Abaikan

Sebagaimana manusia yang punya hak asasi, hewan juga memiliki hak untuk dilindungi. Akan tetapi mereka tentu tak bisa berdemo sebagaimana manusia yang ingin menuntut haknya. Maka untuk itu kita sebagai manusialah yang harusnya pasang badan untuk memperjuangkan hak mereka.

Dideklarasikan oleh OIE, sebuah organisasi kesahatan hewan dunia, tanggal 15 Oktober memang telah ditetapkan sebagai hari hak asasi hewan. Bahkan di Indonesia sendiri, telah ada beberapa undang-undang seperti Pasal 302 KUHP Tentang Perlindungan Hewan, Undang-Undang (UU) Nomor 18 Tahun 2009 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan, UU Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, dan beberapa lainnya, yang telah mengatur hak asasi hewan.

Dengan kata lain, mereka jadi mahkluk hidup yang perlu dilindungi. Karena keberadaannya telah diakui oleh negara. Dan bertepatan pada Hari Hak Asasi Hewan yang jatuh pada hari ini. Mari sejanak kita kilas balik, bagaimana hari ini ditetapkan dan bandingkan dengan kejadian yang selama ini banyak kita saksikan.

 

Gencar Dideklarasikan Pada Tahun 1965 Hingga Awal 1970-an

Hari Hak Asasi Hewan memang tidak tertera pada kalender dan nampaknya memang masih kurang populer. Memang jika dipikirkan terasa sedikit aneh.

Hal itu terwujud berkat upaya yang disuarakan oleh beberapa pihak yang memang berkompeten pada bidang tersebut pada tahun 1965 hingga awal tahun 1970-an. Salah satunya dilakukan oleh Richard Ryder, seorang penulis Inggris yang gencar untuk menyuarakan pemberhentian objektifitas pada hewan. Menurutnya hewan atau binatang bukanlah makhluk yang dapat diperalat sebagai alat pemuas kebutuhan manusia. Mulai dari dijadikan makanan, pakaian, kelinci percobaan untuk kosmetik dan penelitian hingga properti hiburan.

Ryder juga berkata bahwa manusia sebagai mahkluk yang punya akal sempurna, harusnya bertanggung jawab untuk membela hak-hak dasar hewan sebagaimana kita. Karena biar bagaimana pun secara alamiah hewan dan manusia saling membutuhkan untuk menjaga keseimbangan alam.

 

Bertujuan Untuk Melindungi Mereka Dari Perbuatan Semena-mena Manusia

Pada akhir september lalu, ada sebuah video yang cukup ramai dipenbincangkan oleh para pengguna Facebook. Video tersebut berisi cuplikan aksi dari seorang laki-laki yang melakukan satu tindakan keji untuk membunuh seekor kucing dan anjing.

Ternyata hal itu adalah aktivitas yang selama ini memang sudah jadi kebiasaan, di salah satu pasar tradisional di kota Manado. Kucing tersebut di tusuk dengan menggunakan sebuah benda yang menyerupai tombak dari dalam kurungan besi. Kemudian kepalanya dipukul lagi dengan menggunakan kayu hingga akhirnya mati lalu dibakar. Ini jadi salah satu gambaran dari banyaknya tindakan sadis yang sering diterima oleh hewan mulai dijadikan alat untuk mencari keuntungan, hingga diolah menjadi makanan.

Tak hanya itu saja, perbuatan tak manusia dari kita sebagai manusia terhadap hewan yang harusnya dijaga, ternyata juga jadi keresahan seorang Nadine Chandrawinata. Masih di bulan yang sama, yakni tepatnya pada tanggal 13 September 2017. Nadine menggunggah sebuah video di akun Youtube yang ia beri nama Ruang Nadine. Pada video tersebut ia bercerita bagaimana ia menyamar sebagai pengunjung biasa yang menonton pertunjukkan sirkus lumba-lumba di bilangan timur jakarta. Sebagaimana yang Nadine bilang, seekor lumba-lumba yang harusnya bisa hidup 10 tahun hanya akan bertambah 7 tahun ketika ia dijadikan alat untuk sebuah sirkus.

 

Karena Memang Ada Hak Asasi Yang Harus Mereka Dapatkan Untuk Kelangsungan Spesiesnya

Sama halnya dengan kita sebagai manusia yang memerlukan beberapa kebutuhan untuk kelangsungan hidup, hewan juga sama. Setidaknya mereka memerlukan 5 kebebasan yang harusnya dipenuhi oleh manusia sebagai pihak yang akan menjaga hak asasinya. Pertama adalah bebas rasa haus dan lapar, kedua, bebas dari rasa tidak nyaman, ketiga yaitu bebas untuk berekspresi sesuai tingkah laku alami mereka, yang keempat adalah bebas dari rasa takut dan tertekan, serta yang terakhir adalah bebas dari sakit atau dilukai.

Lalu mari kita bayangkan apa yang sedang mereka rasakan ketika dipaksa untuk menjadi topeng monyet, dijadikan alat sebuah sirkus hingga dibunuh secara sadis untuk dikonsumsi. Padahal menjaga hak asasi hewan, tak hanya ditujukan untuk mereka saja. Hal ini juga bertujuan untuk menjaga kelangsungan spesies mereka yang juga tentu berhubungan erat dengan hidup manusia.

 

Meski Sebenarnya Mereka Sendiri Tak Tahu Jika Sedang Dilindungi, Tapi Ini Adalah Kewajiban Bagi Kita Yang Mengetahuinya

Pertanyaan yang mungkin akan memenuhi kepala kita adalah, apa arti dari sebuah hak asasi hewan bagi mereka? Ini memang jadi pertanyaan yang sangat wajar, bagaimana pun mereka tentu tak tahu apa yang dimaksud sebagai hak asasi tersebut.

Namun sebagai makhluk ciptaan yang berada pada derajat tertinggi, sudah seharusnya manusia bergerak untuk melindungi mereka.

Mirisnya sesuatu yang seharusnya jadi tanggung jawab kita justru diabaikan begitu saja. Jadi tidak heran jika saat ini populasi hewan di Indonesia, perlahan punah dikarenakan banyaknya perburuan liar yang semakin merajalela. Meskipun perbuatan ini telah di atur dalam undang-undang, tapi selama jual beli hewan tak mendapat perhatian, semua ini akan terus berjalan.

 

Hanya Manusia Ber-IQ Rendahlah Yang Tak Bisa Menunjukkan Perilaku Baik Pada Hewan

Tak perlu tersingung untuk kalimat yang kamu baca barusan, bukan tanpa alasan hal tersebut juga telah dibenarkan oleh para peneliti bernama Mark Griffiths dalam tulisannya The Psychology of Animal Torturer, Bahwa perilaku buruk yang kita lakukan pada hewan atau zoosadism, jadi gambaran dari seseorang yang memiliki tingkat IQ rendah. Dan memiliki kecenderungan jadi seorang pemerkosa dan pembunuh.

Harusnya kita sadar, bahwa sebagai makhluk yang sama-sama ciptaan Tuhan kita tentu tak bisa hidup sendiri. Ada makhluk lain yang memang patut kita jaga dan perjuangkan haknya, dan salah satunya adalah hewan. Cobalah bandingkan berapa besar tingkat presentasi atas kematian yang mungkin diakibatkan oleh hewan kepada manusia dan sebaliknya. Faktanya nilai dari kekejaman manusia yang mengakibatkan kematian bagi hewan adalah yang paling tinggi.

Lalu apa yang bisa kita lakukan untuk mendukung hak asasi hewan yang masih banyak diabaikan? Mulailah dari hal-hal bisa kita lakukan, untuk yang memang memiliki hewan peliharaan. Bisa ditunjukkan lewat perawatan dan hidup yang layak untuknya. Mulai dari kesehatannya, makanannya hingga tempat ia tinggal.

Selamat Hari Hak Asasi Hewan !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Jembatan Terindah di Dunia, Dua Diantaranya Ada di Indonesia!

Fungsi utama jembatan adalah untuk menghubungankan dua jalan yang terpisah. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, kini jembatan dibangun dengan seni dan model yang cukup menakjubkan. Nah, berkenaan dengan hal ini, ternyata ada tujuh jembatan yang terkenal paling indah di dunia loh. Langsung saja cek daftarnya berikut.

1. Jembatan Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat

Sumber: www.pexels.com

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 2.727 meter dimana difungsikan sebagai penghubung antara San Fransisco dengan Kabupaten Marin. Namun dibalik keindahannya yang menakjubkan, ternyata jembatan ini juga kerap dijadikan tempat untuk bunuh diri.

2. Jembatan Surabaya, Surabaya, Indonesia

Sumber: www.instagram.com/@dwisetijotjahjono

Jembatan ini merupakan landmark dari Kota Surabaya. Jembatan ini  dihiasi oleh air mancur warna-warni yang akan ada setiap malam Minggu. Selain itu biasanya keluarnya air mancur diiringi dengan tarian air mancur pada pukul 20.00 – 21.00 WIB.

3. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon, Portugal

Sumber: www.sp-reinforcement.ch

Jembatan ini memiliki panjang 17, 2 ribu meter. Jembatan ini termasuk jembatan paling panjang di Eropa loh. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Tagus. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah untuk memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada tahun 1998 silam.

4. Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan

Sumber: www.worldfortravel.com

Jembatan Banpo merupakan jembatan air mancur terpanjang di dunia. Air mancur di jembatan ini biasanya akan dioperasikan pada bulan April sampai Oktober. Pertunjukan air mancur ini akan dilakukan selama empat sampai enam kali sehari dengan durasi waktu 20 menit di setiap pertunjukannya.

5. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu, Tiongkok

Sumber: www.traveltriangle.com

Jembatan ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan Shanghai dengan Nanjing. Jembatan ini mulai resmi dioperasikan sejak tahun 2011 silam dimana pada proses pembangunannya ada 10 ribu orang yang dipekerjakan.

6. Tower Bridge, London, Inggris

Sumber: www.pixabay.com

Jembatan ini merupakan jembatan yang terdiri dari dua bangunan menara dimana di tingkat atas terdapat jalan untuk para pejalan kaki. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Thames dan memiliki panjang sekitar 61 meter.

7. Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia

Sumber: www.ksmtour.com

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang terletak di Indonesia. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung antara daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Panjang jembatan ini yaitu 1.117 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Luna Maya Akui Jadi Salah Satu Fans BTS

Kepopuleran boyband fenomenal asal Korea Selatan, BTS tak perlu diragukan lagi. Bahkan di Indonesia sendiri, penggemar BTS pun berasal dari berbagai kalangan. termasuk fans dari kalangan artis, khususnya artis Indonesia. Banyak artis Tanah Air yang secara terang-terangan mengaku menyukai boyband yang mempopulerkan lagu Fake Love ini.

Artis yang menyukai BTS satunya adalah Luna Maya. Luna tak mau kalah dari penggemar BTS lainnya. Ia juga terpikat dengan pesona leader BTS, RM. Hal tersebut diketahui lewat unggahan Luna Maya di media sosial Instagram Story miliknya

Luna Maya mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan pertanyaan dari warganet tentang BTS, lalu Luna Maya menjawabnya dengan lengkap sembari memberikan emoticon BTS-Army. Army sendiri merupakan sebutan untuk penggemar BTS.

“Kenapa suka RM BTS ?,” tulis pertanyaan dari warganet.

Lalu Luna Maya menjawab, “Menurut aku dia pintar dan cool gayanya santai, bahasa Inggrisnya bagus banget, keren enggak aneh-aneh. Dan suka dia setelah dengar dia speach di UN. Dan dia tinggi ya kayanya ha ha ha, #BTSARMY,” jawab Luna Maya.

Tak hanya itu, bahkan Luna secara mengakui keinginannya untuk menonton konser BTS di Bangkok, Thailand April 2019 mendatang.

“Gimana ini konser BTS ?” tanya warganet.

Luna pun menjawab, “Di bkk yuk,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Followers Jutaan, Tatjana Saphira Justru Mulai Batasi Diri Pakai Media Sosial

Aktris Tatjana Saphira mulai membatasi diri dalam menggunakan media sosial. Hal itu sudah Tatjana lakukan sejak lama.

“Sekarang aku menjalankan rutinitas detoks media sosial, 3 hari aku matiin, 4 hari aku nyalain atau aku buka paling ada postingan yang aku wajib post, kalau enggak aku delete dulu atau uninstall aja. Sebenarnya udah dari lama tapi enggak dijalani secara konsisten sih. baru-baru ini ya sudah sekitar dua bulan lalu jadi lebih rajin,” katanya seperti dikutip kompas.com, Selasa (19/2).

Tatjana mengaku, dia merasa lebih tenang ketika tidak bermain media sosial. Kekasih aktor Herjunot Ali itu juga merasa kesal ketika ada orang yang sibuk dengan gawainya saat berkumpul.

“Menurut aku dia enggak respect sama waktu yang kita punya berkumpul satu sama lain,” ucapnya. Baginya, terlalu fokus dengan media sosial justru membuatnya tak merasakan sebuah momen secara menyeluruh.

“Menurut aku kadang-kadang kita terlalu fokus sama medsos sampe kadang suka lupa sama kegiatan kita sehari-hari. Kita lebih sibuk mengabadikan di medsos dibanding kita merasakan momen itu secara utuh,” ujar Tatjana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top