Feature

Harus Lebih Peka, Cari Tahu Penyebab Mengapa Kamu Sering Marah-marah

Selain hal menyebalkan yang datang dari luar diri, emosi yang tak bisa dikontrol sendiri pun bisa jadi masalah. Bukannya sadar pada apa yang terjadi, kita justru lebih sering menyalahkan orang lain. Nah, daripada terjebak dalam kesalahpahaman atas apa yang kita alami. Ada baiknya kita belajar untuk lebih peka pada diri sendiri.

Karena suka marah-marah nggak jelas, hasilnya bisa merusak mood diri dan orang-orang di sekitar. Padahal nih, yang namanya asap tentu pastilah ada sumber api. Untuk itu, cobalah kenali berbagai hal yang mungkin jadi penyebab kenapa belakangan ini kamu mudah tersulut amarah untuk berbagai hal yang sebenarnya bukanlah masalah.

Gangguan Cemas yang Berlebihan

Secara tak sadar, beberapa kali kita pasti merasakan cemas yang tak tahu entah datang dari mana. Semacam rasa takut, ngeri, atau tak siap melangkahkan kaki untuk menemui kenyataan setiap hari. Sialnya, ketika kita sedang mengalami situasi seperti ini. Pikiran kita akan bergerak ke hal-hal yang cenderung negatif, padahal bisa jadi hal tersebut adalah sesuatu yang positif.

Alhasil, ketika ada sesuatu yang terlihat tak menyenangkan, kita sering meresponnya dalam bentuk kemarahan besar. Sejalan dengan itu, Julie de Azevedo Hanks, Ph.D, LCSW, seorang terapis keluarga di Amerika, mengatakan bahwa gangguan kecemasan atau cemas berlebihan bisa membuat seseorang kesulitan mengatur emosinya.Itulah sebabnya, ketika kita sedang cemas, kita cenderung sulit untuk mengendalikan perasaan dan pikiran negatif, yang kemudian tertuang dalam bentuk emosi dan kemarahan.

Jam Tidur yang Berantakan, Hingga Durasi yang Tak Sesuai Kebutuhan

Lydia DonCarlos, PhD, dari Loyola University Chicago Stritch School of Medicine adalah salah satu ahli yang membuat rekomendasi berapa banyak waktu tidur yang dibutuhkan seseorang. Panel tersebut, membuat rekomendasi untuk orang dewasa sampai yang berusia 65 tahun ke atas setidaknya butuh jam tidur sebanyak 7-8 jam per hari.

Nah untuk itu, coba cek lagi sudahkah kebutuhan waktu tidur kita sudah terpenuhi? Karena seseorang yang tak mendapatkan jam tidur yang baik, diyakini akan mengalami gangguan stress yang juga berpengaruh pada tingkat emosi.

Merasa Nelangsa dan Putus Asa, Mendatangkan Depresi Kapan Saja

Urusan depresi tak bisa dipandang sebelah mata. Pekerjaan mungkin sedang terasa berat, jadi beban pikiran yang mau tak mau harus diemban. Pelan-pelan kita mulai kehilangan minat untuk melakukan apa-apa. Bahkan untuk bekerja saja, sering malas meski tak tahu alasannya kenapa.

Ya, depresi memang bisa merusak suasana hati dan segalanya. Jika tak segera disadari dan ditanggulangi bisa berdampak buruk pada diri sendiri. Sebab, bukan tak mungkin jika nanti secara tiba-tiba kamu marah pada sesuatu yang tak seharusnya dijadikan masalah. Mengumpat pada orang yang tak sengaja membuatmu jengkel dengan kata-kata kasar, bahkan juga bisa mengantarkan dirimu sendiri pada bahaya.

Untuk itu, jika belakangan kamu merasa sering marah-marah. Ada baiknya jika kamu berkonsultasi pada ahli segera.

Kekesalan Berat atas Kenyataan yang Tak Sesuai Harapan

Untuk segala harapan dan keinginan yang kerap tak sesuai dengan kenyataan yang kita dapatkan. Entah itu hal sepele sampai pada hal-hal penting yang lainnya. Kamu mungkin berharap jika project terakhir yang kamu kerjakan akan segera di setujui oleh atasan. Tapi sialnya, kamu justru diminta untuk membuat ulang semuanya dari awal.

Perasaan seperti kecewa, marah, merasa kesal, atau tak dihargai. Kemudian jadi jembatan yan justru membuat kita mudah emosi. Jangan-jangan ini alasan mengapa kamu selalu marah-marah dalam beberapa waktu belakangan?

Maka untuk Hidup yang Lebih Damai dan Tenang, Cobalah Kendalikan Diri dengan Benar

Karena sudah tahu kemungkinan yang jadi alasan mengapa kamu akhir-akhir ini emosian. Sebenarnya masih banyak alasan yang bisa jadi peyebab, kenapa kamu suka marah-marah. Untuk itu, perlu untuk mencari tahu sekiranya ada alasan lain yang membuatmu emosi sepanjang hari.

Selain menemukan penyebabnya, kamu juga perlu untuk selalu mengingatkan diri sendiri untuk bisa mengontrol emosi. Berusahalah untuk berpikir lebih jernih, tentang apa hal yang seharusnya kamu lakukan. Karena marah adalah emosi negatif, maka coba lakukan rileksasi sederhana macam menarik nafas dalam-dalam untuk kemudian hembuskan. Setidaknya ini akan membuatmu jauh lebih baik, dari emosi yang sedang tinggi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dorce Gamalama Sudah Nyaman Tinggal Amerika Serikat

Belum lama ini Dorce Gamalama menceritakan pengalaman ketika tinggal di Amerika Serikat. Dorce menjelaskan bahwa ia tinggal di Amerika Serikat selama enam bulan dan di Indonesia selama enam bulan. Ia pun mengungkapkan alasan kenapa tidak bisa menetap di Amerika lebih dari enam bulan.

“Iya saya memang di Amerika sekarang, jadi 6 bulan di sana, 6 bulan pulang. Kita kan enggak boleh stay di sana, harus balik dulu. Nanti sudah berapa tahun kita baru punya green card, saya dua tahun lagi baru punya green card jadi mesti bolak-balik,” ucap Dorce seperti dikutip viva.co.id, Kamis (21/3).

Aktris berusia 55 tahun itu juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih tinggal di Amerika Serikat. Bagi Dorce, tinggal di Amerika sangat memberinya ketenangan.

“Enggak ada alasan pokoknya enak saja, pokoknya lebih di sana tidak ada istilah nanya lu apa, bangsa apa, agama apa, enggak ada, kita menjalankan tanggung jawab kita masing-masing sebagai manusia,” tuturnya.

Pemain film Hantu Biang Kerok itu juga mengatakan bahwa ia sudah tinggal bolak-balik Indonesia Amerika sejak tahun 2014 lalu. Alasannya memilih Amerika juga karena Dorce sangat kagum dan menyukai kota New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Aura Kasih Tak Ragu Memegang Ular Sekalipun Sedang Hamil

Penyanyi Aura Kasih kini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral. Dalam beberapa unggahannya di akun Instagram, Aura Kasih tampak berfoto dengan ular. Warganet mengira bahwa Aura tengah mengidam memegang ular. Namun, Aura membantahnya.

“Wah gila, enggak (ngidam ular), kalau ular itu memang sudah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke teman aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja,” kata Aura seperti dikutip dari kompas.com, Kamis (21/3). Kebiasaan Aura yang akrab dengan ular saat hamil juga sempat mendapat protes dari pengikutnya di Instagram.

“Banyak yang DM, ‘Mbak lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek’. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek,” ujar Aura lagi. Ia menganggap hal ini sebagai latihan untuk anaknya saat lahir agar jadi penyuka binatang. Bagi Aura, ia sangat menyukai ular terutama jenis piton.

“Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede, yang difoto punya temanku,” paparnya. Selama hamil, Aura mengaku selalu ingin melihat hewan-hewan yang menurutnya lucu dan menggemaskan.

“Enggak ada ngidam. Jujur, kalau ngidam lebih ke pengin liat binatang-binatang lucu. Kalau aku lagi lihat di Instagram pasti lihatnya kucing, anjing, binatang lucu aja,” jelas Aura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Tiga Anak, Ririn Dwi Ariyanti Bersyukur Tetap Diberi Kebebasan untuk Bekerja oleh Sang Suami

Aktris Ririn Dwi Ariyanti mendapat kebebasan untuk bekerja dari sang suami, Aldi Bragi. Ia pun bersyukur karena itu.

“Apa pun aktivitas saya, saya selalu dapat dukungan. Untungnya didukung terus sama suami,” kata Ririn seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/3). Kendati aktif bekerja, Ririn tetap menyadari tugasnya sebagai sebagai seorang istri dan ibu untuk tiga anaknya. Ia tidak mau kesibukannya dalam bekerja malah membuat keluarganya terabaikan. Soal membatasi pekerjaan, Ririn mengakui bahwa suaminya juga memberikan nasihat mana yang harus diambil atau tidak.

“Kalau (suami) membatasi kalau di luar dari pekerjaan ya. Aku dibatasi. Tapi, kalau pekerjaan ini (kegiatan shooting) sudah dari bagian aktivitas aku. Itu tetap terus konsisten sih. Shooting menyesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Ririn.

Ia menikah dengan Aldi Bragi pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai tiga anak. Putri pertama mereka, Siti Alana Kalyani lahir pada 13 Oktober 2011. Dua tahun kemudian, tepatnya 12 Januari 2013, Ririn melahirkan anak kedua. Anak ketiga pasangan tersebut, Rami Alfie Utomo, lahir pada 15 April 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top