Trending

Sudahkah Kamu Mengerti Apa Itu HIV dan AIDS?

Setiap tanggal 1 Desember biasanya kamu akan menemukan sekelompok orang yang membagi-bagikan pita merah, terutama kamu yang melintas di jalan-jalan utama atau di dekat kantormu. Bukan tanpa tujuan, mereka membagikan pita berwarna merah sebagai bagian dari Hari AIDS Sedunia yang memang diperingati pada tanggal pertama bulan Desember. Tapi bagimu, tiap kali mendengar HIV/AIDS, kira-kira apa yang terlintas di benakmu?

Masihkah kamu mengira virus dan penyakit ini sebagai suatu momok yang menakutkan? Meski sudah banyak penyuluhan tentang HIV/AIDS, nyatanya stigma negatif masih saja melekat pada pola pikir masyarakat. Padahal menyikapi HIV/AIDS tidak bisa demikian. Apa lagi mereka yang mengidap AIDS atau kerap disebut ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), masih kerap menerima beragam penolakan. Sebagai masyarakat, seharusnya kita bisa mendampingi mereka yang memang butuh pendampingan, bukannya justru dijauhi. Agar tak salah kaprah, ada baiknya kamu perlu mengetahui beberapa hal seputar HIV dan AIDS.

Virus HIV Memang Berbahaya, Tapi Bukan Berarti Penyebarannya Merajalela

Kalau sampai hari ini kamu masih mengira HIV adalah nama penyakit, berarti kamu perlu banyak membaca literature. HIV atau Human Immunodeficiency Virus adalah nama virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Sampai hari ini, belum ada obat yang mampu membantu kesembuhan orang yang sudah terinfeksi virus ini.

Sejauh ini, obat yang ada hanyalah obat antiretroviral (ARV) yang berfungsi menekan dan menghambat replikasi virus HIV yang sudah ada di dalam tubuh. Penyebaran virus HIV pun bukan seperti virus flu yang mudah terbawa udara. Karena kurangnya pengetahuan soal virus ini, banyak yang mengira bisa tertular hanya dengan bersentuhan. Hal inilah yang membuat ODHA semakin dijauhi karena stigma yang sudah terlanjur salah kaprah.

Penderita HIV Positif Berbeda dengan Penderita AIDS. Meski Begitu, Dua-duanya Tetap Butuh Pendampingan dari Sekitarnya

Apa bedanya? Penderita HIV Positif atau yang lebih sering dikenal dengan istilah ODHA adalah mereka yang terinfeksi virus HIV namun masih ‘terlihat sehat’ sehingga  masih bisa beraktivitas seperti biasa.

Hanya saja, ODHA harus rutin mengonsumsi obat ARV agar sistem kekebalan tubuhnya baik. Sementara penderita AIDS adalah mereka yang antibodinya sudah mengalami penurunan, serta telah menunjukkan gejala sakit dengan beragam keluhan.

Kenali Tanda dan Gejala Sejak Dini Agar Ancaman AIDS Bisa Diperangi

HIV biasanya perlu waktu antara 5 sampai 10 tahun untuk bisa jadi berubah jadi AIDS. Atau bahkan bisa lebih cepat kalau tanda dan gejala yang sudah muncul dirasakan oleh penderita. Gejala yang muncul semisal batuk atau diare yang tak kunjung sembuh, sariawan berkepanjangan, atau munculnya warna keunguan di permukaan kulit patut diwaspadai sebagai ancaman AIDS. Kalau sudah demikian, pengobatan tak bisa ditunda lagi sebelum terlambat. Disamping itu, ada baiknya orang yang mendampingi pun memperbanyak literasi mengenai virus dan penyakit yang satu ini.

Meski Virusnya Berbahaya, Setiap Orang Punya Peluang Untuk Terhindar Darinya. Salah Satunya dengan Menerapkan Sistem ABCD

Sistem ABCD terdiri dari empat langkah yang terdiri dari A untuk abstinence yaitu komitmen untuk tidak melakukan hubungan seksual. Hal ini ditujukan bagi mereka yang belum menikah. Yang kedua, Be faithful atau setia pada pasangan. Hal ini mendorong agar mereka yang sudah punya pasangan tidak mudah ‘jajan’ di luar. Sementara C adalah Condom. Ini ditujukan bagi mereka yang berisiko tertular, disarankan menggunakan kondom untuk mengantisipasi. Terakhir, D atau Drugs yaitu anjuran untuk tidak memakai narkoba. Ya, narkoba suntik jadi faktor risiko terbesar dalam penularan HIV/AIDS lantaran jarum yang dipakai tidak steril dan digunakan secara bergantian.

Penderita HIV Jangan Dijauhi. Kamu Perlu Tanamkan Prinsip Musuhi Penyakitnya, Bukan Orangnya

Mereka yang mengidap HIV tidak boleh dijauhi melainkan harus dirangkul dan diajak bergaul sama seperti orang pada umumnya. Memberikan support agar ODHA tetap semangat menjalani hidupnya adalah cara terbaik yang bisa kamu lakukan sebagai kawan.

 

Pengidap HIV yang dikucilkan justru bisa stres dan depresi sehingga memicu percepatan kerusakan kekebalan tubuh dan rentan menjadi AIDS. Lebih buruknya, mereka yang dijauhi akan merasa tidak diterima di ranah pergaulan hingga memicu hal negatif, misalnya malah menjadi dendam dan berniat untuk menularkan penyakitnya pada yang lain.

Hages Budiman, pendiri LSM Kuldesak yang ditemui dalam acara kampanye #UbahHidupLo untuk Indonesia Sehat yang diadakan oleh DKT Indonesia mengungkapkan, bahwa seorang ODHA mempunyai hak yang sama dalam pekerjaan, pendidikan, lingkungan, dan juga pelayanan kesehatan.

“Jadi, jangan jauhi mereka yang hidup dengan HIV positif dan dukung semangat mereka untuk hidup” tutup Hages

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Alasan Kenapa Cewek Tak Pernah Ngechat Cowok Lebih Dulu

Kamu sebagai seorang cowok yang sedang menjalin pendekatan dengan cewek yang kamu suka pasti pernah kesal hanya karena chat. Ya, memang untuk urusan chat, cewek sangat jarang memulainya duluan.

Tapi semua itu pasti karena suatu alasan tertentu. Nah kalau kamu penasaran, berikut adalah 7 alasan cewek tidak mengirim chat padamu terlebih dulu.

1. Takut Dikira Cari Perhatian

Beberapa cewek memang memiliki sifat pemalu. Hal ini membuat mereka cenderung seperti menutup diri kepada orang lain. jangankan untuk bertemu, untuk sekedar mengirim chat duluan saja dia tak akan berani melakukannya.

2. Sibuk

Ini biasanya disebut sebagai alasan yang klasik. Namun pada kenyataannya ada juga yang mengalaminya. Mungkin dia memang sedang sibuk dengan aktivitasnya sendiri sehingga tak emmiliki waktu untuk sekedar mengirim chat kepadamu.

3. Tidak Lihai Mengobrol Lewat Chat

Setiap orang memiliki karakter yang berbeda. Ada beberapa orang yang sangat aktif saat sedang chat, namun pasif saat bertemu secara langsung. Ada juga beberapa orang yang tidak lihai mengobrol lewat chat, namun sangat asyik saat diajak mengobrol secara langsung.

4. Terbiasa Dichat Duluan

Kebiasaan memang sebuah hal yang sangat sulit untuk dirubah. Kalau cewek yang kamu dekati adalah orang yang terbiasa menerima chat duluan dibanding memulai mengirim chat kepada orang lain, maka dia pun tak akan mengirim chat kepadamu tanpa kamu mulai terlebih dulu.

5. Gengsi

Biasanya alasan ini adalah alasan yang paling banyak dimiliki oleh para cewek. Mereka tidak mau mengirim chat duluan kepadamu karena mereka gengsi untuk melakukannya.

6. Merasa Nggak Nyambung Bicara Denganmu

Jika dia tak pernah mengirim chat kepadamu duluan, bisa jadi itu merupakan suatu tanda bahwa dia malas denganmu. Baginya, tidak ada yang menarik denganmu. Jadi jangan berharap lebih yan bro, masih banyak kok cewek lainnya.

7. Nggak Suka Denganmu

Ini bisa jadi alasan paling menyakitkan, dia tidak mengirim chat padamu duluan karena memang dia ngga suka padamu. Jadi lebih baik mundur daripada kamu harus semakin sakit hati karenanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Tanda yang Dimiliki oleh Orang dengan IQ yang Tinggi

Kecerdasan yang dimiliki setiap orang memang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Biasanya, kecerdasan tersebut bisa terlihat dari IQ yang dimiliki. Nah, sebenarnya kamu bisa loh melihat apakah seseorang tersebut memiliki IQ yang tinggi atau tidak dengan 10 tanda yang dimiliki oleh mereka.

1. Mudah Tersenyum Sendiri

Meski sering tersenyum sendiri, bukan berarti mereka orang gila loh. Biasanya mereka tersenyum sendiri saat menemukan sebuah ide yang cemerlang. Orang cerdas biasanya memiliki dunia imajinasinya sendiri namun mereka tetap bisa kembali sadar akan realita yang ada di depannya.

2. Seringkali Mudah Bosan

Orang yang cerdas akan mudah merasa bosan saat menjumpai sebuah masalah yang mudah dan tidak menantang baginya. Hal ini terjadi karena semakin tinggi IQ seseorang, maka semakin mudah baginya untuk memecahkan sebuah masalah yang rumit. Jadi mereka akan mudah bosan saat tidak menemukan sebuah tantangan yang baru.

3. Cenderung Tidak Terkenal

Orang yang memiliki IQ tinggi memang sangat jarang ada di dunia ini. Kecerdasan yang mereka miliki membuat mereka sulit untuk bergaul dengan masyarakat pada umumnya. Hal inilah yang membuat mereka lebih suka menyendiri dan cenderung tidak terkenal.

4. Biasanya Gemar Tidur Larut Malam

Orang yang memiliki IQ tinggi biasanya mengalami kesulitan untuk tidur lebih awal. Semakin tinggi IQ yang dimiliki maka akan semakin banyak pula area di otaknya yang aktif. Saat mereka berusaha untuk tidur, akan selalu ada saja yang muncul dalam otaknya. Mereka bisa tidur saat otaknya sudah mengalami kelelahan.

5. Biasanya Berpenampilan Nyentrik dan Seringkali Dikira Aneh

Kecerdasan yang dimilikinya membuatnya memiliki kreasi sendiri dalam hal berpenampilan. Hal inilah yang terkadang membuat orang dengan IQ yang tinggi seringkali dianggap aneh dalam berpenampilan.

6. Memiliki Rasa Percaya yang Tinggi

Dengan IQ tinggi yang dimilikinya, mereka sadar bahwa mereka memiliki kelebihan dibanding orang pada umumnya. Hal inilah yang membuat kepercayaan diri mereka pun meningkat. Namun kepercayaan yang terlalu besar akan menjadi boomerang bagi diri mereka sendiri.

7. Biasanya Sukar Menghargai Orang Lain

Salah satu boomerang yang akan terjadi pada diri orang-orang dengan IQ tinggi adalah sukarnya mereka untuk menghargai orang lain. hal ini disebabkan mereka memiliki kepercayaan diri yang terlalu besar sehingga membuat mereka merasa menjadi orang yang paling pintar dibanding yang lainnya.

8. Seringkali Memiliki Keinginan yang Muthlak dan Sulit Dihentikan

Biasanya orang dengan IQ tinggi termasuk orang yang keras kepala. Saat mereka sudah menginginkan suatu hal, maka mereka akan berusaha semaksimal yang mereka bisa untuk meraihnya dan akan sangat sulit untuk bagi orang lain untuk menghentikannya.

9. Sering Bicara Sendiri

Orang dengan IQ yang tinggi memiliki kemampuan dalam menciptakan ruang diskusi di kepalanya. Hal inilah yang menyebabkan mereka seringkali berbicara sendiri.

10. Sadar akan Pentingnya Penggunaan Bahasa yang Baku

Kecerdasan yang dimiliki oleh mereka dengan IQ yang tinggi membuat mereka memiliki gagasan atau konsep yang rumit. Karena itulah mereka sadar bahwa mereka harus menggunakan bahasa yang baku agar orang lain bisa memahami apa yang mereka maksudkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Kado Spesial yang Cocok untuk Sang Ibunda Tercinta di Hari Bahagia

Biasanya nih kalau sudah dekat hari ulang tahun ibu, kamu sebagai anak akan bingung memilih kado apa yang cocok untuk kamu berikan kepada ibumu tercinta. Nah sekedar masukan nih, berikut adalah 7 kado spesial yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk ibundamu.

1. Gelang Simple yang Minimalis

jika kamu sudah memiliki penghasilan yang lumayan, kamu bisa saja memberikan ibumu sebuah gelang, entah itu berbahan emas atau bahan aksesoris lainnya. Pilihlah model gelang yang simple nan minimalis untuk mempercantik penampilan ibumu.

2. Rangkaian Bunga

Bakal jadi momen yang manis saat kamu tiba-tiba memberi ibumu rangkaian bunga yang cantik dan juga segar. Kamu bisa membelinya dan langsung memberikannya kepada ibumu. Dijamin ibumu pasti akan sangat senang menerimanya.

3. Robe

Kamu pasti sudah tahu kan apa itu robe? Robe adalah sejenis jubbah cantik. Kamu bisa memilih robe yang sesuai dengan kesukaan ibumu, baik dari warna maupun bentuknya.

4. Tanaman Herbal

Biasanya orang yang tak suka dengan obat-obatan lebih memilih menanam tanaman herbal untuk pengganti peran obat kimia. Nah, nggak ada salahnya kamu coba memberi ibumu kado berupa tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatannya.

5. Piyama

Kamu bisa carikan piyama dengan bahan yang halus dan berkualitas tinggi. sehingga ibumu bisa dengan nyaman memakainya saat tidur. Alhasil ibumu pun bisa lebih nyenyak saat tidur malam.

6. Jar untuk Menyimpan Peralatan Memasak

Agar dapur bisa lebih tertata, kamu bisa memberi kado kepada ibumu yang gemar memasak berupa jar yang simple dan kece. Selain berguna untuk menyimpan peralatan masak, jar ini juga bisa dimanfaatkan untuk mempercantik dapur loh.

7. Tas

Kalau ibumu gemar mengoleksi tas cantik, nggak ada salahnya kamu memberinya kado sebuah tas yang sesuai dengan kesukaan ibumu. Pasti ibumu akan senang menerimanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top