Community

Tak Perlu Marah Saat Kamu Diremehkan, Cukup Balas Dengan Kepala Tegak Dan Senyum Terbaik

Kehidupan akan selalu memberikan banyak hal pada diri kita. Sepuhan warnanya membuat batin manusia kian kaya. Pun termasuk tentang keberadaan individu-individu dengan karakter dan sifatnya yang berbeda. Maka sebenarnya bukanlah hal yang aneh, bila saja kamu tiba-tiba menjumpai mereka yang meremehkanmu.

Menjadi hal yang wajar bila suatu saat kamu ingin membalaskan sikap yang tak mengenakkan itu. Namun bukankah membalas perbuatan buruk dengan tindakan yang sama jeleknya tidaklah bijak? Tentu kamu lebih baik darinya bukan?

Akan menjadi sangat berbeda, jika kita bisa menghadapinya dengan lebih elegan. Hal itu juga merupakan bukti bahwa kamu telah setingkat lebih tinggi darinya. Bukan bararti kamu harus diam dan pasrah saat mendapatkan perlakuan buruk itu, melakukan hal-hal ini akan jauh lebih baik ketimbang kamu bersikap emosional padanya.

Tetaplah Tenang dan Kuasai Diri! Kontrol Emosimu Juga!

Ketika berkomunikasi dengan mereka yang selalu bersikap seakan ingin merendahkan kita, usahakan untuk tetap tenang dan tidak terpancing emosi karena itu dapat memperburuk keadaan. Sebelum merespon perkataannya kembali tetap tanamkan di dalam hati bahwa kita hanya ingin membahas masalah tapi harus tetap tenang dan sopan. Kita bisa menyampaikan ketidaksukaan kita terhadap kata-kata yang diucapkan yang kesannya meremehkan kita, cobalah bertanya apa hal yang menjadi alasan dia melakukan itu.

Akan tetapi jika dia masih terus meremehkanmu bahkan saat ditengah-tengah orang ramai sekalipun, cobalah untuk mengatakan yang sebenarnya. Jika hal ini terasa sulit untuk dihadapi cobalah untuk menghindar untuk menenangkan diri dan menghindari sesuatu yang tidak inginkan terjadi.

Tidak Perlu Jadi Orang Lain Hanya Untuk Menghadapinya, Cobalah Jujur dan Tegas!

Merasa tidak memiliki salah tapi kita justru masih sering mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari oranglain, cobalah untuk tegas. Jangan pernah takut untuk langsung membicarakannya katakan padanya bahwa kita merasa direndahkan dengan sikapnya yang sesungguhnya tidak beralasan atau bisa jadi juga salah paham.

Kita perlu jujur dan tegas untuk membicarakannya secara langsung agar dia mengerti dan menyadari bahwa kita tidak suka dengan perbuatannya tersebut. Jangan lupa juga untuk menunjukkan kepadanya bahwa kita memang benar-benar serius dengan sikap yang kita telah sampaikan kepadanya.

Namun Jika Orang Tersebut Memang Susah Diajak Untuk Bicara Baik-baik, Cobalah Untuk Mengabaikan Perilakunya Itu!

Jika sekiranya ada orang yang tiba-tiba memberimu komentar berisi kata-kata yang merendahkan namun hal tersebut bukanlah perilaku yang biasa ia lakukan, cobalah untuk mengabaikannya saja dengan melupakan semua ungakapan yang dia telah katakan.

Setiap orang memang bisa saja mengucapkan kalimat yang tidak enak didengar oleh orang lain sesekali, mengalami hari yang tidak menyenangkan, atau mengkritik orang lain tanpa maksud buruk.

Jika komentar merendahkan itu tidak biasa dilontarkan, cobalah memaafkan dan melupakannya. Di sisi lain kita juga patut tahu bahwa orang yang sering meremhkan kita akan mencari berbagai cara untuk membuat kita terlihat lebih rendah dibandingkan dirinya, tak hanya memprovokasi, kadang mereka juga menyebar perkatan buruk tentang kita kepada orang banyak dengan tujuan yang sama untuk menjatuhkkan kita.

Jika sudah seperti ini baiknya kita harus meluruskan semuanya baik kepadanya juga kepada orang-orang yang sudah terprovokasi.

Akan Tetapi Jika Sekiranya Ada Beberapa Ucapannya Yang Memang Benar, Tindakannya Yang Meremehkan Juga Bisa Kita Jadikan Ajang Untuk Intropeksi Diri

Dalam hidup kita juga pasti akan melakukan kesalahan, yang kadang memicu orang lain untuk membenci kita. Cobalah untuk intropeksi diri dengan mengevaluasi semua tindakan yang selama ini mungkin kita lakukan secara berlebihan dan kurang baik. Hingga tanpa disadari sudah membuat orang lain tersinggung. Selain untuk mengubah pandangan orang lain, hal ini juga memiliki dampak yang bagi dirimu pribadi.

Kamu pun jadi memiliki kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan akan merubah cara pandang orang lain terhadapmu, bahwa ternyata kamu bisa merubah diri untuk jadi pribadi yang lebih baik lagi. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih padanya, karena sikapnya yang tadinya ingin merendahkanmu, kamu jadi belajar untuk memperbaiki diri bahwa memang ada sesuatu yang harus dirubah.

Paling Penting, Jadikan Itu Semua Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Dirimu

Mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan memang pasti akan membuat kita down, bahkan sering menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan. Hal itu jelas-jelas akan sangat merugikan diri sendiri, untuk bisa tetap tenang dalam menghadapinya yang perlu kita lakukan adalah tetap menunjukkan rasa percaya diri yang tinggi dihadapan mereka.

Tetap percaya diri dan tak terpengaruh merupakan cara terbaik untuk menghadapi mereka yang sering meremehkanmu, karena kamu sadar bahwa semua yang di ucapkannya adalah bohong untuk itu kenapa harus diambil pusing. Tetaplah terseyum dan jalani hidup seperti biasnya, atau buatlah sesuatu hal yang akan membuat kamu jauh lebih baik dengan begitu ia akan merasa bahwa usahanya untuk menjatuhkanmu telah sia-sia dan tidak berhasil. Karena sesuatu yang memang tidak benar tidak akan pernah menang.

Pada akhirnya kamau sendirilah hanya dapat mengendalikan perasaan dan pikiranmu sendiri, karena kenyataannya setiap individu memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda termasuk untuk caranya berinteraksi dengan orang lain. Berusahalah untuk tetap tenang dan fokuskan diri pada hal-hal yang positif, namun jika sekiranya ada perasaan dan emosi yang sudah tidak bisa ditahan lagi sebisa mungkin kita harus menghindar untuk mencegah segala sesuatu yang tidak diinginkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top