Tips

Game dan Gammer di Pandang Sebelah Mata, Padahal ini 15 Pelajaran untuk Bekal Hidup dari Game

gamer

Kamu Gamer atau suka bermain game? Sebagain besar masyarakat memandang game dan gammer dengan sebelah mata. Mereka memandang gamer itu anti sosial, tidak memiliki masa depan karena malas belajar, dan lainnya.

Namun belum banyak yang menyadari bahwa game dapat mengajarkan kepada kita tentang pengalaman hidup. Ada banyak yang dapat Kamu pelajari untuk meraih kesuksesan dalam hidup.

1. Game tentang permainan, dalam permainan ada menang dan Kalah

Sumber: odt.co.nz

Sumber: odt.co.nz

Game tentu saja tentang permainan atau kompetisi. Dalam permainan atau kompetisi yang selalu menghadikan yang menang dan kalah.  Dalam hidup juga kadang kita harus siap berkomptisi. Harus siap menang dan kalah ketika berkompetisi.

2. Ada Game yang harus dimainkan berkelompok, Penting untuk Gammer Membangun Team dan Bekerja sama

Sumber: www.eoeventorganizer.com

Sumber: www.eoeventorganizer.com

Game ada yang bisa dimainkan sendiri ada juga yang team. Jika berkelompok, ya tentu saja Kamu harus membangun Team dan bekerjasama dengan anggota team lainnya.

Ini eranya Kolaborasi yang mnuntut Kamu berkolaborasi dan bekerjasama dengan orang lain. Lewat game tentu saja Kamu belajar tentang hal itu.

3. Bermain game tidak membuat otak Kamu passive, game membuat Otak Kamu berfikir

Sumber: health.kompas.com/shutterstock

Sumber: health.kompas.com/shutterstock

Menonton TV yang membuat otak passive karena Kamu hanya menerima tontonan yang di sajikan oleh TV. Berbeda dengan TV, Game membuat Otak Kamu Aktif untuk berfikir. Bagaimana  mengalahkan lawan, Focus menyelesaikan permasalah, bagaimana mencari solusi atau masalah dan lainnya.

4. Hal yang seru dari bermain Game Adalah Bagaimana mencari strategy untuk mengalahkan musuh

Sumber: http://article.wn.com

Sumber: http://article.wn.com

Dalam bermain game, ya Kamu harus membuat strategy untuk bisa mengalahkan musuh. Kamu harus mengetahui keunggulan dan kelemahan dari musuh, membuat strategy agar menang.

5. Lewat Game, Kamu Belajar memecahkan masalah

Sumber: http://priyonohadisaputra.blogspot.com

Sumber: http://priyonohadisaputra.blogspot.com

Ada game yang menuntuk Kamu harus memecahkan masalah yang dihadapi dalam game. Jika tidak bisa memecahkan satu masalah, maka level Kamu tidak akan naik.  Ketika Kamu stack dalam satu level dan agar bisa naik satu level kamu harus bisa menghadapi masalah. Kamu berfikir bagaimana memcahkan masalah. Melihat permasalah dari berbagai sudut pandang kemudian Kamu menyelesaikannya.

6. Mengajarkan untuk Persisten dan Tanpa Mengenal Lelah

Sumber: blog.djarumbeasiswaplus.org

Sumber: blog.djarumbeasiswaplus.org

Persisten adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan semangat yang tanpa pengenal lelah. Kamu harus terus berjuang secara persisten. Untuk sukses tentu dibutuhkan persistensi.

Dalam game, ada banyak game yang membutuhkan persistensi. Misalnya Kamu harus membuat benteng pertahanan dan dilakukan secara terus menerus.

7. Bekerja keras dalam membangun

Sumber: https://lingkunganhidup8blog.wordpress.com

Sumber: https://lingkunganhidup8blog.wordpress.com

Ada banyak game yang membuat kita harus membangun kerajaan misalnya, wilayah pertanian. Kamu membutuhkan kerja yang sangat keras untuk bisa menyelesaikan benteng, wilayah pertanian dan lainnya dalam game.

Sehingga Persistensi yang disebutkan diatas saja tidak cukup . Tentu Kamu juga harus bekerja keras ketika akan mewujudkan sesuatu. Begitu juga dalam hidup.

8. Mengajarkan Kamu untuk Target dan Focus pada target

Gamer8Banyak game yang memiliki target tertentu. Mengalahkan musuh, mendapatkan point tertentu untuk bisa jadi hero misalnya. Untuk mercapi target tersebut, tentu selain kerja keras dan persistensi Kamu membutuhkan  focus untuk mencapai target.

Dalam Hidup tentu kamu punya target tertentu. Untuk mencapainya Kamu perlu sekali focus untuk mencapainya.

9. Kamu berprestasi, ya tentu harus mendapatkan reward dan ketika melakukan kesalahan harus mendapat Punisment

Gamer9Banyak game yang memberikan Punisment dan rewards. Ketika kita melakukan sesuatu dan berhasil kemudian kita mendapatkan Reward jika gagal kita dihukum.

Dalam hidup itu juga penting pusnihment dan reward. Dalam bekerja misalnya ketika Kamu berprestasi, ya tentu harus mendapatkan reward dan ketika melakukan kesalahan harus mendapat Punisment.

10. Game Membuat Kamu Belajar Lebih Teliti

 Sumber: otomotifnet.com

Sumber: otomotifnet.com

Ada Banyak game yang menuntuk ketelitan. Kamu harus teliti dan berfikir cepat agar dapat menyelesaikan satu kasus, mengalahkan lawan dan lainnya.

Dalam dunia nyata, ketelitian itu sangat penting. Banyak dari kita gagal karena kurang teliti akan hal-hal kecil yang ternyata itu penting.

11 Mudah Mendapatkan pertemanan, utamanya sesama gammer

Sumber: http://nn-dedew.blogspot.com

Sumber: http://nn-dedew.blogspot.com

Kata siapa gamer tidak mudah bergaul? Tidak semuanya loh. Malah banyak pertemanan yang terjalin karena bermain game. Banyak pertemanan terjalin karena obrolan soal game.

Salah satu yang terpenting dalam kesuksesan itu networking yang luas. Punya banyak teman ya tentu penting. Banyak orang yang akhirnya membangun bisnis bersama karena kenal dari game.

12 Kadang bukan tentang KEMENANGAN, tapi bagaimana bisa tertawa

gamer12Ketika bermain game bersama-sama teman kamu, mungkin kalian kalah tetapi tetap bisa tertawa bersama. Kadang bukan tentang KEMENANGAN, tapi bagaimana bisa tertawa dan berkumpul bersama teman-teman Kamu.

Stress karena ingin menang atau tekanan akibat kegagalan bukan sesuatu yang sehat. Kadang tidak melulu tuk menjadi yag terbaik atau terhebat dalam hidup. Kadang Kamu perlu bersenang senang, menikmati kebahagian dan menikmati hari.

13. Tapi Jangan Terlalu Percaya sama Gammer yang baru Kamu kenal juga sih

Gamer13Bergabung dengan komunitas gamer dan saling membantu sama lain. Di saat itulah penjagaan diri kita terkadang menjadi lemah. Meskipun tahu tips aman saat online, terkadang Kamu jadi malas utk membuat Password yg rumit karena malas mengingatnya.

Kamu harus hati-hati dengan user dan Password  dari akun game online Kamu. Bisa saja teman gamer yang baru kamu kenal menghack password Kamu. Akun Game Online Kamu digunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

14 Semakin Jauh Kamu Melangkah, Hidup Kamu Bakalan Semakin Ditantang

Sumber: ajustabrata.wordpress.com

Sumber: ajustabrata.wordpress.com

Dalam game yang menggunakan level, tentu saja semakin tinggi lavelnya semakin susah game dimainkan.  Begitupula dalam hidup, semakin tinggi Kamu entah ilmu,jabatan dan lainnya tentu semakin banyak tantangan dan godaanya. Seperti kata pribahasa, semakin tinggi pohon maka semakin kencang anginnya

15 Tidak Meremehkan Meremehkan Sesuatu

Sumber: http://penulispro.net

Sumber: http://penulispro.net

Kamu mungkin pernah menemukan sebuah game yang terlihat sederhana. Tapi jangan salah, terkadang sesuatu yang terlihat sederhana belum tentu mudah dimainkan. Lihat saja game Flappy Bird yang terlihat sederhana, tapi sebenarnya sulit untuk dimainkan.

Dalam hidup  Mungkin kamu pernah meremehkan sesuatu. Tetapi sesuatu yang Kamu remehkan itu ternyata cukup sulit dan menyulitkan. Jadi tidak itu membuat kita tidak meremehkan sesuatu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Tiada Kisah Paling Indah, Kisah Kami di Pramuka

Hal yang mungkin paling kamu ingat, Pramuka atau Praja Muda Karana adalah bagian dari salah satu ekstrakulikuler di sekolah. Sering disebut-sebut sebagai momen yang menyebalkan. Tak semua orang suka akan kegiatan Pramuka yang konon membosankan. Yap, sejak tahun 1990-an, kamu yang masih duduk di bangku sekolah memang harus mengikuti upacara peringatan yang cukup panjang. Bahkan tak boleh pulang meski jam pelajaran sebenarnya dikosongkan.

Tapi tak sedikit pula yang justru merasa senang untuk ambil bagian. Tak sekedar ikut pelajaran tambahan, ada nilai lain yang diharapkan akan diperolah dari kegiatan yang identik dengan Persami ini. Nah, untuk memeriahkan perayaannya yang jatuh pada hari ini, 14 Agutus. Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 448 Tahun 1961, tentang penetapan Hari Peringatan Pramuka. Kami akan mengajakmu bernostalgia dengan masa-masa indah di Pramuka, yang sulit dilupa.

Belajar Tepuk Pramuka, Bingung Mengikuti Gerakan Sampai Jadi Bahan Tertawaan

Sumber : https://www.instagram.com/gerakanpramuka/

Ini bukan sekedar tepuk tangan biasa, ada irama dan nada yang harus disesuaikan dengan gerakan. Kamu yang baru saja belajar, mungkin akan sedikit kewalahan, mengikuti gerakan kawan lain yang sudah lebih dulu paham. Tapi, selain berusaha untuk menyeimbangkan gerakan, tepuk tangan yang keterusan justru jadi sesuatu yang paling menempel diingatan. Karena itu artinya kamu akan jadi bahan tertawaan banyak kawan, yang kelak jadi kenangan.

Simpul Pramuka, Bukan Sekedar Ikat Tali Biasa

Sumber : https://www.instagram.com/gerakanpramuka/

Masih ingat tidak, bagaimana dulu kita susah payah mengingat berbagai macam tekniknya. Hanya untuk bisa naik tingkat dari kelas sebelumnya. Sekilas sih kelihatannya, kemampuan ini hanyalah mengikat tali biasa. Padahal kenyataannya, setiap simpul dengan nama yang berbeda, punya teknik dan cara ikat yang berbeda. Nah, pertanyaannya, kamu masih ingat nggak caranya?

Bersemangat Setiap Kali Ada Persami, Mulai dari Menyiapkan Dasi Hingga Kaos Kaki

Sumber : https://www.instagram.com/gerakanpramuka/

Saat ini kamu mungkin bisa berkemah dimana saja, dan kapan saja. Tapi Perkemahann Sabtu Minggu di Pramuka selalu jadi momen yang tak akan pernah terlupa. Bagaimana kamu bersiap-siap untuk menyiapkan semua keperluan, dasi dan topi yang tak boleh ketinggalan, hingga kaos kaki hitam yang selalu sering tertukar dengan milik kawan. Ya maklum, kan sama-sama hitam.

Tak hanya jadi ajang untuk melatih kemandirian, kegiatan ini juga kita sukai karena merasa bebas dari aturan rumah. Tak ada orangtua yang selalu sibuk mengawasi kita, hingga kegiatan tebar pesona pada lawan jenis yang mungkin disuka. Dan kenangan yang paling manis adalah, perempuan yang akhirnya pacaran dengan kakak pembina, hingga laki-laki yang juga menyatakan cinta pada adik tingkatnya.

SKU Tak Boleh Dilupa, Begitupula dengan Berbagai Macam Upacara yang Selalu Terkenang di Kepala

Sumber : https://www.instagram.com/gerakanpramuka/

Buku kecil ini tak boleh terlupakan saat ujian naik tingkat dari Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, sampai Pandega. Disebut juga sebagai Syarat Kecakapan Umum, buku ini memuat hal-hal yang berisi syarat yang harus kita penuhi untuk bisa naik tingkat ke jenjang yang lebih tinggi.

Begitu juga dengan banyak momen yang tercipta setiap kali upacara. Gerakan yang salah dari Pemimpin Upacara, Pengucapan Dasa Dharma dan Try Satya yang tak sesuai urutannya, hingga momen lucu lain yang sering terjadi di luar kendali. Pada masa  itu, kita mungkin mersa kecewa, karena telah berbuat salah. Tapi kini, hal-hal semacam itu justru jadi sesuatu yang kita rindukan dari Pramuka.

Dan yang Paling Tak Boleh Dilupa, Kejadian-kejadian Aneh dan Lucu Selama Berkemah

Sumber : https://www.instagram.com/gerakanpramuka/

Kesurupan, mungkin jadi salah satu hal yang paling sering kita temukan setiap kali ada Persami dan Jambore di Pramuka. Mulai dari roh-roh halus yang sekedar menganggu dan usil, hingga kejadian lain yang mungkin juga mengerikan. Serupa dengan tersesatnya kita di kegiatan Penjelajahan, sampai makan bersama dalam satu wadah yang besar.

Dulu, hal-hal itu bisa jadi sesuatu yang terasa memalukan. Apalagi jika kamu sering jadi anggota yang terkena hukuman. Makan dengan waktu yang ditentukan, hingga menyanyi di depan regu sebagai hukuman. Tapi, kalau boleh berkata jujur. Saat ini, hal-hal semacam itu justru jadi sesuatu yang kamu rindukan.

Nah, kalau kamu. kira-kira dulu ikut Pramuka tidak? Kalau ikut apa nih hal yang paling berkesan dan terkenang sampai sekarang?

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Putri Marino Jenuh Mendapat Pertanyaan Seputar Kandungannya

Aktris sekaligus Istri Chicco Jerikho, Putri Marino memilih bungkam saat ditanya perihal apa pun menyangkut kandungannya. Terutama saat ditanya usia kandungan, Putri memilih merahasiakannya. Ia pun terlihat jenuh kala mendengar pertanyaan yang sama soal usia kandungan. Di lain sisi, Putri hanya meminta doa dan kesehatan bayi yang dikandungnya.

“Sudah berbulan-bulan. Aku enggak mengerti kenapa kalian selalu menanyakan hal yang sama gitu, ‘Sudah berapa bulan? Sudah berapa bulan?’,” kata Putri Marino di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (13/8/2018).

Kendati demikian, Putri Marino menolak disebut merahasiakan usia kandungannya itu. Menurut Putri Marino usia kandungannya itu cukup diketahui orang terdekatnya.

“Aku enggak bakal kasih tahu kalian berapa bulan, karena berapa bulan itu cuma aku dan keluarga aku yang tahu dan teman-teman. Sebenarnya tidak merahasiakan, cuma karena aku pengin keep this for family and friends saja sih,” ujar aktris berusia 25 tahun itu.

Putri mengaku, ia belum mempersiapkan segala sesuatu terkait persalinannya. Sebab yang lebih penting untuknya adalah kesiapan mental.

“Belum persiapan. (Kalau) mental sih sudah siap sih,” katanya mantap.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Sebelum Drama Korea, 10 Drama Jepang yang Pernah Jadi Primadona

Kamu generasi 90-an pasti nggak asing lagi dengan adanya animasi Jepang dan drama Jepang yang dulu sempat menjadi primadona. Ya meskipun kini sudah sedikit digeser oleh ketenaran drama Korea sih. Masih ingat nggak kamu dengan 10 drama Jepang yang sempat merajai televisimu di masa lampau ini?

1. Drama Oshin

Drama Oshin merupakan salah satu drama Jepang yang paling fenomenal dan ikonik. Drama ini sendiri terdiri dari 249 episode. Meski kisahnya sangat panjang, namun nyatanya drama ini tak hanya laris di Indonesia, namun juga di beberapa negara lainnya. Kisahnya menceritakan tentang kisah perjalanan hidup yang memiliki nuansa sejarah.

2. Drama Tokyo Love Story

Drama ini diperankan oleh Szuki Honami dan Oda Yuji. Drama ini memang termasuk sangat lawas, namun nyatanya banyak generasi 90-an yang jatuh cinta dengan kisahnya. Drama ini mengisahkan alergi percintaan Rika dan Kanji. Kehidupan keduanya dalam drama ini benar-benar bisa mengaduk-aduk hati penontonnya.

3. Drama Long Vacation

Siapa yang masih ingat dengan drama lawas yang satu ini? Masak sih dulunya kamu nggak jatuh cinta dengan drama ini? Kisah yang ada dalam drama ini termasuk anti mainstream sehingga membuat banyak orang tak mau ketinggalan kisahnya.

4. Drama 101 Marriage Proposals

Drama ini merupakan kisah Beauty and the Beast versi Jepang. Kisah dalam drama ini tak mudah ditebak sehingga kamu tak akan ingin ketinggalan untuk mengikuti kisahnya. Saking suksesnya, drama ini juga ada re-make nya versi Korea dan Tiongkok loh.

5. Drama Ordinary People

Drama ini menceritakan tentang persahabatan lima orang yang penuh dengan dilema dan romansa. Pasti kamu juga masih ingat kan dengan drama yang mampu membuat banyak orang terpana dengan kisahnya ini?

6. Drama Anchor Woman

Kisah dalam drama ini tentang dinamika kehidupan keluarga seorang presenter berita sukses yang berusaha beradaptasi dengan anak tirinya, begitu pula sebaliknya. Kisahnya sangat menarik hati dan nggak bakal bikin kamu bosan.

7. Drama Friends

Drama yang satu ini memang bukan drama yang murni dari Jepang. Karena pada kenyataannya drama ini lahir dari kerjasama antara Jepang dan Korea. Drama ini bukan drama yang receh loh. Artis yang memerankannya saja merupakan bintang paling bersinar pada masanya, yaitu Kyoko Fukada dan Won Bin.

8. Drama Great Teacher Onizuka

Drama ini mengisahkan petualangan seorang guru antimainstream dalam menakhlukkan kelas yang berisi anak-anak bermasalah. Karena kepopulerannya, Indonesia juga samai membuat sinetron yang kisahnya menyerupai drama ini.

9. Drama One Litre of Tears

Kamu pasti bakal dibuat nangis sesenggukan saat menonton drama ini. Drama yang satu ini memang cukup menguras emosi dan air mata. Wajar saja karena kisahnya adalah tentang perjuangan Aya Kito yang divonis nggak akan hidup lama.

10. Drama Forbidden Lovers

Drama ini mengisahkan tentang cinta terlarang yang terjadi antara murid dengan guru perempuannya. Kisah cinta keduanya dipenuhi dengan suka dan duka, namun untungnya tetap memiliki akhir yang bahagia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top