Feature

Kenapa Orang Pandai Akan Meremehkan Dirinya Sendiri, Sedangkan Orang Bodoh Akan Menganggap Dirinya Brilian, Fakta Psikologis Ini Mengatakannya

Psikologi bukan hanya ilmu yang membuat kita jadi tahu alasan mengapa seseorang bertindak tak biasa. Namun kamu juga bisa menggunakan ilmu psikologi untuk lebih memahami dirimu, dengan demikian tujuan hidupmu pun akan semakin mudah dicapai. Berikut adalah 10 fakta psikologis yang berhubungan langsung dengan kehidupanmu.

Musik Memiliki Dampak Pada Pembentukan Perspektifmu

Sebuah studi di University of Groningen menunjukkan bahwa musik memiliki dampak yang dramatis pada persepsimu. Kamu dapat dengan mudah masuk dalam suasana emosional yang ada dalam musik dan akhirnya kamu memiliki persepsi dari musik yang kamu dengarkan. Pengaruh musik memang begitu hebat sehingga perspektif orang pun dapat terbentuk atas pengaruh dari musik tersebut.

Praktik Keagamaan Tertentu Dapat Menurunkan Stres

Terdapat buku psikologi dari Amerika yang menyebutkan bahwa orang-orang yang terlibat dalam meditasi dan doa agama dapat mengurangi stres yang dimilikinya. Kamu akan merasa lebih tenang saat kamu melakukan beberapa praktik keagamaan tersebut. setiap agama memiliki kekuatan tersendiri. Mereka yang berserah kepada Tuhannya pasti akan mendapatkan sebuah ketenangan yang akhirnya mengurangi tingkat stres dalam hati dan pikirannya.

Uang Tidak Bisa Membeli Kebahagiaan Tapi Bahagia Tidak Bisa Didapatkan Tanpa Uang

Fakta bahwa uang tidak dapat membeli kebahagiaan memang benar adanya. Namun tanpa uang, kamu tidak akan dapat hidup bahagia di dunia ini. Alasannya karena kamu tidak akan hidup bahagia di tengah jeratan kemiskinan. Tidak perlu berlebih, asal kamu dapat hidup dengan baik, kamu akan memperoleh kebahagiaan tersebut.

Berada Di Sekitar Orang-orang Yang Selalu Bahagia Akan Membuatmu Ikut Merasakan Kebahagiaan

Ini masalah emosional dalam jiwa seseorang. Kamu akan merasa sedih merasa malas saat kondisi sekitarmu juga mengalami kesedihan atau kemalasan. Sama halnya saat kamu berada dalam lingkungan yang selalu bahagia, kamu pun secara otomatis akan merasakan energy positif tersebut. hasilnya, tentu kamu juga akan merasakan kebahagiaan tersebut dan ikut tertawa bersama mereka.

Usia 18-33 Adalah Usia Dimana Orang Merasa Dirinya Mengalami Stres Yang Luar Biasa

Kembali lagi pada skemata seseorang. Pada usia 18-33 kamu akan mengalami masa terberat dalam hidupmu. Dimulai saat kamu mencoba mencari jati diri dan mencoba untuk berpikir dewasa sampai akhirnya kamu sampai pada titik dimana kamu sibuk dengan karir dan keluarga.

Rencana masa depan yang begitu rumit akan kamu pikirkan pada rentan usia 18-33 ini. Bagaimana kamu akan hidup, apakah semua akan baik-baik saja nantinya, hal itu akan menjadi momok yang memaksamu untuk berpikir sangat keras.

Meyakinkan Dirimu Sendiri Bahwa Kamu Tidur Dengan Baik Akan Membuatmu Tidur Nyenyak

Keyakinan bahwa kamu telah tidur dengan baik atau tidak akan mempengaruhi aktivitasmu. Saat kamu yakin bahwa kamu telah tidur dengan baik, secara tidak langsung tubuhmu merespon dengan positif. Kamu akan lebih bersemangat dan menikmati kegiatan yang kamu lakukan seharian. Sebaliknya, saat kamu yakin bahwa kamu tidak mendapatkan tidur yang berkualitas sebelumnya, kamu akan menjalani harimu dengan wajah yang kusut dan lesu. Hal ini akhirnya juga akan mempengaruhi kinerja kamu dalam menjalankan aktivitas.

Orang Pandai Akan Meremehkan Dirinya Sendiri Sedangkan Orang Bodoh Akan Cenderung Menganggap Dirinya Brilian

Eksperimen pertama mengenai hal ini dilakukan oleh David Dunning dan Justin Kruger dari Cornell University pada tahun 1999. Mereka menyebutkan bahwa efek yang timbul adalah hasil dari ilusi internal dan salah persepsi eksternal dalam diri seseorang. Mereka yang pandai cenderung memiliki rasa kurang puas diri dan selalu mengangkat wajah ke atas melihat orang-orang yang lebih pandai darinya. Sedangkan orang yang bodoh cenderung menutup mata dan telinganya dari sekitar. Mereka menganggap bahwa dirinyalah yang terhebat.

Ketika Kamu Mengingat Masa Lalu, Maka Yang Akan Kamu Ingat Adalah Memori Dimana Kamu Terakhir Mengingatnya

Terdapat penelitian yang dilakukan oleh Northwestern Medicine dan diterbitkan dalam Journal of Neuroscience. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa terlalu sering mengingat memori dimasa lalu menyebabkan memori tersebut menjadi kurang akurat.

Pasalnya saat kamu mencoba mengambil ingatan yang ada di rak ingatan, kamu akan cenderung meletakkannya ke tempat dimana kamu berada. Sehingga saat kamu mencoba mengingatnya lagi di masa depan, kamu bukannya mengambil memori di tempat aslinya melainkan di tempat kedua yaitu waktu terakhir kamu mengingat memori tersebut.

Keputusanmu Akan Terlihat Lebih Rasional Saat Kamu Berpikir Dalam Bahasa Asing

Ini bukan hanya sebuah pernyataan tanpa sumber yang jelas. Hal ini sudah pernah diteliti sebelumnya pada lebih dari 300 orang dari Amerika Serikat dan Korea. Hasil dari penelitian tersebut adalah seseorang akan lebih dapat membuat keputusan yang rasional dengan menggunakan bahasa kedua atau bahasa asing.

Diluar dari masalah keputusan yang rasional atau tidak, pada kenyataannya hampir semua orang yang dteliti mengakui bahwa akan nada perbedaan yang cukup signifikan saat mereka berpikir dan mengungkapkan sesuatu dengan menggunakan bahasa kedua dengan bahasa ibu atau bahasa asli mereka.

Tujuan Yang Kamu Umumkan Diawal, Cenderung Memiliki Prosentase Lebih Tinggi Untuk Keberhasilan Tujuan Tersebut

Untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan dalam hidupmu, kamu tidak hanya membutuhkan motivasi dari dalam dirimu sendiri, melainkan morivasi dari orang-orang di sekitarmu. Dan hal itu akan terjadi jika kamu memberitahukan tujuan hidupmu kepada mereka.

Bukan hanya motivasi yang akan membuatmu bangkit dan terus berusaha dalam mewujudkan tujuan tersebut, tetapi juga orang yang sering meremehkan tujuanmu akan ikut mengambil peran dalam keberhasilanmu. Semakin orang lain meremehkanmu, semakin kuat keinginanmu untuk membuat tujuan hidup yang sudah kamu rancang sedemikian apiknya menjadi sebuah keberhasilan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Lagu yang Bisa Bikin Kamu Kangen Masa Kecil di Sekolah Dulu

Masa SD termasuk masa yang indah untuk anak-anak bukan? Kamu bisa bebas bermain dan tidak terlalu pusing dengan segala masalah yang dimiliki oleh orang dewasa. Biasanya mata pelajaran yang paling disukai saat SD adalah mata pelajaran kesenian. Di mata pelajaran itu pasti ada lagu-lagu daerah yang wajib kamu hafal.

Nah, 5 lagu berikut pasti bikin kamu rindu deh sama masa kecil kamu dulu.

1. Ampar-ampar Pisang

Sumber: www.boombastis.com

Lagu yang satu ini merupakan lagu yang berasal dari Kalimantan Selatan. Lagu ini dulu sempat hits loh dan biasanya juga dinyanyikan anak-anak saat sedang bermain. Lagu ini bercerita tentang proses pembuatan makanan tradisional Kalimantan yang terbuat dari pisang.

2. Si Patokan

Sumber: www.freedata.kolomedu.com

Apa kamu termasuk golongan yang masih ingat dengan lagu daerah yang satu ini? Lagu ini merupakan lagu daerah yang berasal dari Sulawesi. Lagu ini berisi rasa khawatir seorang ibu pada anaknya yang sudah mulai mencari nafkah sendiri.

3. Apuse

Sumber: www.dictio.id

Selanjutnya adalah lagu yang berasal dari Papua. Lagu ini sering dinyanyikan dan diplesetkan oleh anak-anak zaman dulu. Padahal sebenarnya lagu ini bercerita tentang cucu yang pamit pada kakek neneknya untuk merantau.

4. Cingcangkeling

Sumber: www.liriklaguplus.com

Lagu yang satu ini berasa dari Jawa Barat. Dulu lagu ini kerap dijadikan lagu untuk SKJ. Tak hanya itu, lagu ini juga dulu dipakai untuk bermain kucing-kucingan oleh anak-anak kecil.

5. Gemu Fa Mi Re

Sumber: www.kumpulanlagudaerah.web.id

Yang terakhir tak kalah hitsnya, lagu ini sempat viral di dunia internasional loh. Lagu ini merupakan lagu yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Timur. Selain itu lagu ini juga pernah dijadikan salah satu lagu yang dipakai untuk lagu pengisi di acara Indonesia Menari 2017.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Bupati Pandeglang Akan Perjuangkan Guru Tinggal di Toilet SD Jadi ASN

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengunjungi kediaman guru honorer Nining Suryati yang berlokasi di toilet SD Negeri Karyabuana 3, Kecamatan Cigeulis, Pandeglang, Banten. Tak henti air mata mengalir di pipi Nining Suryani (44), selama dua tahun terakhir tinggal di toilet tersebut.

Nining sudah 15 tahun mengabdikan diri sebagai guru honorer. Ibu dua anak yang berpenghasilan Rp 350 ribu per bulan itu, sempat putus asa ingin berhenti menjadi tenaga pengajar karena tak kunjung diangkat jadi PNS. Menaggapi kisah Nining, Irna berjanji akan memperjuangkan Nining untuk menjadi seorang aparatur sipil Negara (ASN) melalui jalur Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ia pun meminta nining untuk tidak patah semangat.

“Kalau honorer yang usianya sudah di atas 35 tahun, kami akan angkat menjadi PPPK. PPPK ini gajinya yang menanggung APBD kami, kami akan bagi semampunya, nasib honorer ini harus menjadi perhatian pemerintah pusat,” ujar Irna seperti dikutip dari Kumparan, Jumat (19/7).

Di lain sisi, Pemkab Pandeglang tahun ini rencananya merekrut sebanyak 180 PPPK untuk beberapa posisi termasuk guru dengan tahapan seleksi dari Kemenpan RB. Namun jumlah itu belum sebanding dengan jumlah guru honorer di Pandeglang yang mencapai 8.500 orang. Karenanya, Irna akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar turut memberikan perhatian untuk pengangkatan CPNS.

“Mudah-mudahan ada hikmahnya, berangkat dari bu Nining, nasib honorer di Indonesia mendapat perhatian dari Pak Presiden. Jadi, Bu Nining jangan putus asa, jangan berkecil hati, tetap mengajar, tularkan semua ilmunya untuk mencetak generasi bangsa,” kata Irna kepada Nining.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Poppy Sovia Mengaku Hidupnya Lebih Bermakna Sejak Jadi Ibu

Poppy Sovia kini resmi menyandang status sebagai seorang ibu. Ia merasa kini hidupnya sangat jauh berbeda usai memiliki buah hati. Bahkan ia pun menyebut bahwa kini memaknai hidupnya makin berharga ketika menyusui bayinya. Meski diakui Poppy, ia termasuk ibu yang produksi ASI-nya kurang.

“Ngerasa momen hidup lebih berharga ketika kayak dibutuhkan sama bayi. Kayak senang banget walaupun asi kita sedikit kayak gitu ya. Lihat dia tuh, hidup gue lebih bermakna ketika dia nyusu kayak merasa dibutuhin banget,” kata Poppy Sovia ditemui di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/7/2019).

“Sebelumnya biasa saja,” tambahnya.

Kendati ia fokus mengurus June, untungnya sang suami, Ahmad Gussaoki tak cemburu. Sebab, sang suami menanamkan istilah untuk memprioritaskan keluarga bukan cuma anak saja. Poppy dan Ahmad menikah sejak Maret 2018.

“Nggak sih nggak. Walaupun dia pernah bilang pernah kayak aku prioritas, kayak waktu itu salah ngomong lebih prioritas ke anak banget itu salah, kamu harus prioritasin ke kita jadi keluarga tuh ada tiga kamar, saya, anak saya, sama suami. Nggak bisa tuh saya cuma urus kamar bayi saja, maksudnya saya harus urus suami saya sendiri, jadi kita harus memprioritaskan keluarga sih,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top