Community

Fakta Dibalik Tidur Siang yang Membuat Otakmu Jadi Lebih Kreatif

Ketika memasuki waktu siang hari, sekitar pukul 12.00 hingga 01.00 siang, seseorang akan merasa mudah mengantuk dan bawaannya pengen nempel sejenak di kasur yang empuk. Hal tersebut bukan sesuatu yang aneh atau menandakan kamu mudah ngantuk, hal ini umum dialami banyak orang karena penanda otak butuh istirahat sejenak.

Tidur siang dapat  membuat otakmu lebih kreatif. Faktanya ada sejumlah manfaat yang bisa didapatkan dari tidur siang.

Tidur siang itu ibarat fitur boost atau clean memory yang ada di smartphone kamu, kegiatan yang satu ini bisa membuat otak bersih dari segala macam kepenatan atau hal-hal yang membuat otak menjadi letih hingga bisa menjadi fresh kembali. Otak yang lelah akan membuat tubuh juga mudah mengalami kelelahan.

Para ahli mengatakan, tidur siang itu dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, sel tubuh yang rusak dapat diperbaiki, dan mempertahankan fungsi jantung yang sehat. Jadi, jika kamu tidur siang pada jam istirahat kantor, itu artinya kamu membantu hidup kamu menjadi lebih sehat dan lebih lama.

Kemudian yang menjadi pertanyaan, apa hubungan tidur siang dengan kreativitas?

Ide Kreatif Muncul Karena Pengaruh Gelombang Di Dalam Otak, Gelombang Ini Akan Muncul Jika Kamu Tidur Siang Selama Beberapa Menit

Inspirasi biasanya akan muncul ketika tubuh dan pikian berada dalam keadaan yang rileks dan tidak tegang. Kreativitas berhubungan langsung dengan gelombang-gelombang yang ada di dalam otak, yakni gelombang gamma, alfa, delta, dan tetha.

Saat kamu ingin tidur, kamu akan memasuki fase rileks yang menuju gelombang alfa sebelum akhirnya benar-benar terlelap. Pada fase ini depresi dan rasa cemas akan menurun, bagian otak yang bertugas untuk memunculkan ide kreatif pun akan bekerja sehingga munculah sebuah inspirasi.

Maka jangan heran, jika kamu selalu mendapat inspirasi atau sebuah ide ketika menuju proses tidur. Tinggal kamu yang tentukan, apakah akan lanjut tidur atau bangun untuk mencatat ide yang mungkin tidak akan terulang tersebut.

Tidur Siang Sejenak Saat Lelah Dengan Pekerjaan Kantor Dapat Membuatmu Lebih Fokus Dan Produktif

Sebuah penelitian yang dipimpin oleh Matthew Walker, seorang asisten profesor psikologi dari Universitas California di Amerika Serikat menemukan, otak akan kembali segar ketika seseorang melakukan tidur siang minimal selama satu jam. Selain itu, tidur siang juga dapat mengembalikan kekuatan otak sehingga pekerjaan dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

Matthew menambahkan, tak hanya me-refresh otak, tidur siang juga membuat pikiran jadi lebih baik. Kamu akan merasakan diri siap untuk menghadapi apapun setelah tidur siang selama beberapa saat.

Kamu Yang Tidur Siang Dapat Dengan Mudah Menerima Dan Mencerna Informasi Baru Dengan Lebih Cepat

Masih dari penelitian yang sama, nyatanya dengan tidur siang, kapasitas memori jangka pendek yang ada di dalam otak akan kosong atau refresh kembali. Sehingga, ketika ada informasi baru yang kita terima, akan mudah masuk. Otak akan mampu menampung informasi tersebut lebih banyak.

Pada otak, ada bagian yang disebut dengan hippocampus yang merupakan tempat dimana otak menyimpan secara sementara memori yang baru saja diterima atau dipelajari , sebelum nantinya ditransfer ke bagian prefrontal cortex (bagian penting dari otak yang berfungsi untuk berpikir, membuat keputusan, hingga mengontrol emosi).

Jika otak sudah penuh dan kemudian ditambah terus dengan informasi yang bertubi-tubi, otak akan kesulitan menerima informasi tersebut hingga akhirnya kita tidak mengerti maksud dari informasi yang telah disampaikan.

Tidur siang dapat membuat otak lebih sehat, dan membuat kita jadi lebih pintar karena kita menampung banyak informasi untuk kemudian menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tidur Siang Meningkatkan Kemampuan Otak Kanan Yang Berhubungan Dengan Kreativitas

Otak manusia terbagi menjadi dua bagian, yakni kiri dan kanan. Bagian otak yang terhubung dengan seni, kreatif, dan visualisasi ada di bagian kanan. Penelitian, yang dilakukan oleh Andrei Medvedev, Ph.D., dari Georgetown University Center of Functional and Molecular Imaging dWashington, Amerika Serikat,  menemukan, saat tidur siang otak kanan bekerja memproses informasi visual dan kreatif yang telah didapatkan sebelumnya. Maka jangan heran, ketika bangun tidur kita akan merasa bersemangat dan menjadi lebih pintar.

Mood Kembali Positif Jika Menyempatkan 15-30 Menit Saja Untuk Tidur Siang

Pernah gak kamu merasa sumpek dengan beratnya pekerjaan, dan rasanya ingin marah sekaligus mengeluh. Jika seperti itu tandanya kamu butuh tidur siang. Kenapa? Tidur siag dapat mengembalikan mood positif. Rasa marah dan sumpek terjaid karena otakmu terlalu penuh mengerjakan dan memikirkan banyaknya pekerjaan.

Kamu akan kesulitan dalam berpikir jika perasaan dan suasana hatmu buruk bukan? Maka dari itu sempatkanlah istirahat dengan tidur siang walaupun hanya 15-30 menit, akan lebi baik bila bisa sampai selama satu jam.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top