Trending

Despacito, Kontroversi Senilai 478 Miliar

Kamu tahu lagu Despacito? Kemungkinan besar jawabnya sudah tahu. Karena kalau belum, bisa jadi kamu hidup di bawah batu. Lagu yang di besut Luis Fonsi dan Daddy Yankee ini memang bisa dikatakan sedang meledak di pasaran.

Secara prestasi, lagu ini berhasil menduduki Hot 100 Billboard dalam sebelas minggu terakhir. Tak hanya di tanah air, beberapa radio lokal di berbagai negara pun masih memutar lagu ini hampir setiap hari.

Tapi sesungguhnya sebesar apa Despacito? Dan kenapa bisa demikian sukses?

Ketika Dunia Mulai Bosan Dengan Musik Elektronik, Despacito Datang Dengan Bunyi-Bunyian Tradisional

Lima tahun ke belakang memang boleh dikata eranya musik-musik elektronik. Bunyi-bunyian dari mesin dan komputer menjamur di berbagai aliran musik. Tak heran jika kemudian banyak DJ yang meroket dan dihargai setingkat musisi tradisional lain. Mereka yang tadinya dari genre berbeda pun latah ikut-ikutan terjun di arena elektronik ini.

Tapi 5 tahun bukan waktu yang singkat. Dan orang mulai memasuki titik jenuhnya. Di sinilah Despacito masuk dengan membawa bunyi-bunyian tradisonal. Mulai dari ketukan gendang hingga suara gitar akustik. Penggemar musik pun seolah mendapat guyuran suara baru di tengah gencarnya gempuran musik eletronik.

Meski Berasal Dari Puerto Riko, Namun Despacito Bernyawa Sangat Global Hingga Terasa Milik Semua Orang

Luis Fonsi sang penyanyi memang berasal dari Puerto Riko, liriknya pun dengan bahasa lokal. Namun sesungguhnya Despacito punya ramuan yang sangat global.

Luis fonsi sendiri merupakan penyanyi latin yang sudah diakui kehebatannya dalam membuat musik yang hits. Kemampuan ala Puerto Riko ini kemudian dipadu dengan bunyi petikan gitar tradisional ala spanyol. Sementara nada-nada yang dikeluarkan sejatinya adalah ketukan alias beat reggae asal jamaika, yang sudah sangat familiar di seluruh dunia.

Unsur tradisional ini kemudian dibenturkan dengan kehadiran Daddy Yankee yang mengisi nuansa rap hard core di tengah lagu. Ketika memasuki Reff, nada yang dipilih adalah mainstream pop.

Sifat globalnya makin menjadi ketika Justin Biebber mengeluarkan versi remix dengan dirinya menyanyikan sebagian lirik berbahasa inggris dengan nada yang lebih pelan. Melalui perpaduan global tersebut, jadilah bunyi-bunyian Despacito mudah akrab di telinga siapa pun.

Despacito Yang Tadinya Global, Kemudian Merambah Ke Tingkat Lokal Hingga Penetrasinya Makin Masif

Karena bunyi-bunyiannya yang bersifat global dan umum, banyak orang bisa dengan mudah membuat versi cover versionnya. Jadilah Despacito makin dikenal karena dinyanyikan oleh artis-artis lokal di banyak negara yang kemudian diunggah ke sosial media.

Tak cuma versi bahasa aslinya, karena banyak pihak juga yang menggubah sesuai keadaan mereka. Coba tengok di youtube, di Indonesia sendiri ada beberapa cover, ada pula yang berisi parodi, seperti versi “Dek Lastri” yang berbahasa jawa. Bahkan hingga yang mengundang kontroversi Despacito versi Sholawat Nabi di acara pengantin.

Liriknya Yang Vulgar Memang Menimbulkan Kontroversi, Tapi Justru Jadi Bumbu Kepopulerannya

Terlepas dari kepopulerannya di 45 negara, lagu ini memang mendapat beberapa pertentangan loh. Salah satunya adalah pemerintah negeri jiran malaysia yang melarang lagu ini diputar di negara mereka. Dianggap sebagai masalah yang cukup serius karena banyak kaum muda disana menyanyikan lagu ini tanpa tahu arti yang sebenarnya.

Memang jika dilihat dari lirik lagu dan arti yang sesungguhnya, lagu ini memang cukup intim dan vulgar. Despacito yang berarti “perlahan”, adalah lagu dengan cerita soal cinta. Dimana inti dari lagu ini adalah menceritakan tentang hubungan seksual yang dilakukan secara romantis dan perlahan. Lagu itu menggambarkan bagaimana cara seorang laki-laki memuja kekasihnya.

Dan tak hanya itu video klip aslinya juga menampilkan beberapa adegan dewasa. Yang belakangan dianggap sebagai sesuatu yang tak sepantasnya untuk dipertontonkan. Menampilan sosok perempuan cantik sebagai model dalam video klipnya. Dan ternyata wanita berkulit eksotis yang berprofesi sebagai model ini, adalah Miss Universe 2006 dari Puerta Rico.

Beberapa pihak mengecam karena tak hanya populer di kalangan orang dewasa, tapi lagu ini juga disenangi oleh anak-anak yang bahkan masih di bawah usia. Inilah salah satu hal yang jadi kontroversi di berbagai pihak yang merasa tak suka. Tapi apa ayal, pelarangan demi pelarangan ini justru membuat banyak orang makin penasaran dan malah menontonnya.

Dan Despacito Pun Jadi Video Paling Banyak Dicari

Ya, untuk yang versi remix dengan Justin Bieber, hanya butuh waktu 24 jam saja, video klip ini dilihat lebih dari 20 juta kali di seluruh dunia. Versi aslinya yang ada miss universenya lebih gila lagi karena hingga hari ini, Despacito telah di putar sebanyak 2,808,017,586 kali di youtube. Yup itu 2 miliar kali lebih.

Secara total secara online, sesuai dengan data yang tercacat dari Universal Music tempat Fonsi bernaung, lagu ini telah diputar lebih dari 4,6 miliar kali di berbagai platform seperti YouTube, Apple Music dan Spotify. Angka ini gabungan dari beberapa versi. Seperti di Spotify ada empat jenis lagu Despacito yaitu Despacito – Remix diputar 629.538.464 kali, Despacito yang dinyanyikan bersama Daddy Yankee diputar 567.658.138 kali, Despacito remix oleh Major Lazer diputar 8.071.889 kali, Despacito – Versi Salsa diputar 7.105.283

Lusi Fonsi Pun Ketiban Rejeki Nomplok

Mungkin kamu tak begitu tertarik kalau melihat pembagian keuntungan per lagu yang diputar di layanan streaming. Spotify misalnya hanya memberi si penyanyi 104 rupiah saja kalau lagunya didengarkan orang lain. Angka yang kecil bukan?

Tapi coba kalikan jumlahnya dengan pendengar lagu Despacito yang saat ini sudah mencapai miliaran. Untuk spotify saja misalnya, Luis Fonsi ditenggarai mendapatkan sedikitnya 36,8 juta dollar. Alias, setara dengan 478 miliar rupiah. Belum lagi dari pendapatan platform lain macam iklan youtube, apple music dan lainnya. Ini keuntungan yang gila-gilaan mengingat Despacito hanyalah sebuah single dan bukan album.

Tak Cuma Fonsi, Puerto Riko Juga Terselamatkan Dari Kebangkrutan Karena Despacito

Sekitar bulan Mei 2017 lalu pemimpin pemerintahan Puerto Riko, Ricardo Rossello menyatakan bahwa Puerto Riko mengalami permasalahan ekonomi yaitu hutang yang mencapai 70 Miliar. Siapa sangka penolong mereka justru datang dari Luis Fonsi dan Dandee Yankee.

Yup berdasarkan data dari Global Smash, lantunan lagu Despacito mereka membangkitkan minat wisatawan asing untuk tahu lebih banyak tentang tempat asal penyanyi lagu tersebut.

Video klipnya memang menampilkan beberapa tempat yang berada di Puerto Rico. Mulai dari klub La Factoria di sektor Old San Juan dan La Perla. Dimana San juan adalah sebuah pelabuhan terbesar kapal pesiar kedua di belahan dunia barat.

Apalagi kalimat Kedua frasa lagu Despacito yang bermakna “Ini yang kami lakuan di Puerto Rico” seakan jadi alat, bagi Fonsi dan Yankee memperkenalkan negara mereka yang indah nan eksotis, karena letaknya berada di pinggir pantai sepanjang 270 mil.

Hasilnya jumlah wisatawan yang datang kesana meningkat sebanyak 45 persen sejak Despacito booming di berbagai negara. Beberapa situs travel juga mencatat kenaikan booking penerbangan ke Puerto Riko hingga 25 persen banyaknya.

Dan Ketika Musisi Indonesia Sebagian Masih Gagap Digital, Fonsi Justru Hadir Untuk Memanfaatkannya

Menjadi negara yang juga merasakan kepopuleran lagu ini membuat kita seakan ingin berkaca. Bukan berniat untuk membandingkan kegeniusan dari Fonsi dan Yankee dalam melahirkan karya dengan musisi tanah air. Tapi fenomena ini memang pantas kita pelajari

Karena Despacito hadir sebagai lagu daerah yang mampu mendunia. Meski hanya merilis satu single Fonsi mampu meraup keungtungan dari berbagai platform musik online. Seakan ingin menyesuaikan kebutuhan akan era digital yang sudah tak dapat dihindari. Mereka mampu memanfaatkan peluang.

Seolah berbanding terbalik dari hal yang selama ini kita lihat dari musisi tanah air, yang beberapa masih tergagap dengan dunia digital. Sebagian bahkan memusuhi dengan alasan banyaknya pembajakan. Belum lagi masih banyak yang pesimis melihat pembagian keuntungan per tayang lagu yang hanyaa 100 rupiah tadi.

Padahal seiring dengan berkembangnya zaman, dunia digital justru jadi hal yang paling menawan. Yang jika cukup bijak dalam memanfaatkan kesempatan bukan tak mungkin, akan mendapatkan keuntungan besar. Bahkan melebihi penjualan CD asli yang masih di agungkan. Padahal banyak portal musik online yang cukup menjanjikan, mulai dari Apple Music milik Apple, Spotify, Deezer, Joox hingga Guvera yang menyediakan musik secara gratis dan berbayar.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Jembatan Terindah di Dunia, Dua Diantaranya Ada di Indonesia!

Fungsi utama jembatan adalah untuk menghubungankan dua jalan yang terpisah. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, kini jembatan dibangun dengan seni dan model yang cukup menakjubkan. Nah, berkenaan dengan hal ini, ternyata ada tujuh jembatan yang terkenal paling indah di dunia loh. Langsung saja cek daftarnya berikut.

1. Jembatan Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat

Sumber: www.pexels.com

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 2.727 meter dimana difungsikan sebagai penghubung antara San Fransisco dengan Kabupaten Marin. Namun dibalik keindahannya yang menakjubkan, ternyata jembatan ini juga kerap dijadikan tempat untuk bunuh diri.

2. Jembatan Surabaya, Surabaya, Indonesia

Sumber: www.instagram.com/@dwisetijotjahjono

Jembatan ini merupakan landmark dari Kota Surabaya. Jembatan ini  dihiasi oleh air mancur warna-warni yang akan ada setiap malam Minggu. Selain itu biasanya keluarnya air mancur diiringi dengan tarian air mancur pada pukul 20.00 – 21.00 WIB.

3. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon, Portugal

Sumber: www.sp-reinforcement.ch

Jembatan ini memiliki panjang 17, 2 ribu meter. Jembatan ini termasuk jembatan paling panjang di Eropa loh. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Tagus. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah untuk memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada tahun 1998 silam.

4. Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan

Sumber: www.worldfortravel.com

Jembatan Banpo merupakan jembatan air mancur terpanjang di dunia. Air mancur di jembatan ini biasanya akan dioperasikan pada bulan April sampai Oktober. Pertunjukan air mancur ini akan dilakukan selama empat sampai enam kali sehari dengan durasi waktu 20 menit di setiap pertunjukannya.

5. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu, Tiongkok

Sumber: www.traveltriangle.com

Jembatan ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan Shanghai dengan Nanjing. Jembatan ini mulai resmi dioperasikan sejak tahun 2011 silam dimana pada proses pembangunannya ada 10 ribu orang yang dipekerjakan.

6. Tower Bridge, London, Inggris

Sumber: www.pixabay.com

Jembatan ini merupakan jembatan yang terdiri dari dua bangunan menara dimana di tingkat atas terdapat jalan untuk para pejalan kaki. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Thames dan memiliki panjang sekitar 61 meter.

7. Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia

Sumber: www.ksmtour.com

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang terletak di Indonesia. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung antara daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Panjang jembatan ini yaitu 1.117 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Luna Maya Akui Jadi Salah Satu Fans BTS

Kepopuleran boyband fenomenal asal Korea Selatan, BTS tak perlu diragukan lagi. Bahkan di Indonesia sendiri, penggemar BTS pun berasal dari berbagai kalangan. termasuk fans dari kalangan artis, khususnya artis Indonesia. Banyak artis Tanah Air yang secara terang-terangan mengaku menyukai boyband yang mempopulerkan lagu Fake Love ini.

Artis yang menyukai BTS satunya adalah Luna Maya. Luna tak mau kalah dari penggemar BTS lainnya. Ia juga terpikat dengan pesona leader BTS, RM. Hal tersebut diketahui lewat unggahan Luna Maya di media sosial Instagram Story miliknya

Luna Maya mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan pertanyaan dari warganet tentang BTS, lalu Luna Maya menjawabnya dengan lengkap sembari memberikan emoticon BTS-Army. Army sendiri merupakan sebutan untuk penggemar BTS.

“Kenapa suka RM BTS ?,” tulis pertanyaan dari warganet.

Lalu Luna Maya menjawab, “Menurut aku dia pintar dan cool gayanya santai, bahasa Inggrisnya bagus banget, keren enggak aneh-aneh. Dan suka dia setelah dengar dia speach di UN. Dan dia tinggi ya kayanya ha ha ha, #BTSARMY,” jawab Luna Maya.

Tak hanya itu, bahkan Luna secara mengakui keinginannya untuk menonton konser BTS di Bangkok, Thailand April 2019 mendatang.

“Gimana ini konser BTS ?” tanya warganet.

Luna pun menjawab, “Di bkk yuk,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Followers Jutaan, Tatjana Saphira Justru Mulai Batasi Diri Pakai Media Sosial

Aktris Tatjana Saphira mulai membatasi diri dalam menggunakan media sosial. Hal itu sudah Tatjana lakukan sejak lama.

“Sekarang aku menjalankan rutinitas detoks media sosial, 3 hari aku matiin, 4 hari aku nyalain atau aku buka paling ada postingan yang aku wajib post, kalau enggak aku delete dulu atau uninstall aja. Sebenarnya udah dari lama tapi enggak dijalani secara konsisten sih. baru-baru ini ya sudah sekitar dua bulan lalu jadi lebih rajin,” katanya seperti dikutip kompas.com, Selasa (19/2).

Tatjana mengaku, dia merasa lebih tenang ketika tidak bermain media sosial. Kekasih aktor Herjunot Ali itu juga merasa kesal ketika ada orang yang sibuk dengan gawainya saat berkumpul.

“Menurut aku dia enggak respect sama waktu yang kita punya berkumpul satu sama lain,” ucapnya. Baginya, terlalu fokus dengan media sosial justru membuatnya tak merasakan sebuah momen secara menyeluruh.

“Menurut aku kadang-kadang kita terlalu fokus sama medsos sampe kadang suka lupa sama kegiatan kita sehari-hari. Kita lebih sibuk mengabadikan di medsos dibanding kita merasakan momen itu secara utuh,” ujar Tatjana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top