Feature

Demi Tabungan Cepat Terkumpul, Bukan Cuma Hemat Sesaat yang Jadi Modal Utamanya

Baru nabung sebentar, ada saja keperluan yang harus dibeli sehingga lagi-lagi uang tabungan pun terpakai. Sekian lama kita menabung, tapi justru berkurang dengan cepat karena keperluan tadi. Sejatinya  tak ada yang salah kok kalau kamu hendak memakai uang  tabunganmu. Hanya saja, kalau kamu berpikiran uangmu jadi cepat habisnya, mungkin yang salah  bukan dari caramu menabung. Tapi coba tilik lagi gaya hidupmu. Sudahkah kamu mencoba berhemat setiap harinya?

Kalau sudah, ternyata bukan hanya hemat dan rajin menabung lho  yang bisa membuat saldo tabunganmu bertambah. Melainkan belajarlah menerapkan gaya hidup yang sederhana juga perlu dilakukan. Selain membuat keuangan lebih tertata, kamu jadi tak kelimpungan saat ada keperluan yang tiba-tiba habis. Karena sebelumnya memang kamu sudah tahu saatnya untuk membeli keperluan yang baru.

Kalau Mau Jajan di Kantor, Buatlah Hitung-hitungan yang Tepat Supaya Anggaranmu Tak Habis di Tengah Bulan

Ini yang mungkin sering kamu lupakan setiap hari. Padahal dari rumah memang niatnya mau hemat, tapi sampai kantor justru keinginan untuk jajan saat makan siang jadi semakin besar. Kalau dilakukan setiap hari, bukan tak mungkin anggaran makanmu jadi cepat habis di tengah bulan. Untuk itu, siasati saja dengan membawa bekal setiap hari, kuncinya: jangan malas!

Selanjutnya, kalau mau lebih hemat lagi, mulai susun menu apa saja yang sekiranya variatif tapi tak terlalu mahal. Misalnya, tak perlu bawa bekal daging setiap hari. Gantilah dengan ayam atau ikan. Kemudian kalau malam harinya kamu lembur tapi masih di kantor, cobalah ajak teman-temanmu patungan untuk membeli makan malam. Hal ini akan lebih membuat kantongmu aman lho, Kawan!

Kalau Mau Hemat, Jangan Setengah-setengah. Hemat Juga Harus Kamu Terapkan Dalam Urusan Transportasi Lho, Kawan!

Kalau dari kost atau kontrakanmu memungkinkan untuk jalan kaki atau pakai kendaraan umum, kenapa harus pakai motor? Lagi pula kendaraan umum seperti TransJakarta atau KRL sekarang ini sudah jauh lebih nyaman, bukan? Kalau terburu-buru dan sedang mengejar waktu demi meeting, kamu juga bisa menyiasatinya dengan menggunakan jasa ojek online.

Nah, tapi untukmu yang mungkin sudah terbiasa bawa kendaraan roda dua, coba pertimbangkan juga urusan bensin. Jangan boros-boros, ya! Bahkan kalau bisa, pergilah ke SPBU yang jauh lebih murah sekalipun selisihnya hanya beberapa rupiah.

Selama Ini kalau Belanja Bulanan, Sudahkah Kamu Memiliki Perhitungan yang Rapi?

Kamu pasti ingin beli ini itu setiap bulannya. Entah belanja keperluanmu, beli baju, sepatu, atau yang lainnya. Nah, untung saja kamu semakin dimudahkan dengan yang namanya belanja online. Dibanding beli di toko, pegiat hidup hemat lebih disarankan untuk belanja lewat platform online, lho. Selain mungkin ada voucher diskon, promosi cashback, dan semacamnya, dengan cara ini kamu jadi bisa hidup jauh lebih hemat.

Dilain sisi, kalau barang-barangmu masih ada yang bagus tapi kamu enggan memakainya lagi, jangan ragu untuk menjual barang tersebut. Uangnya lumayan lho bisa ditabung. Sementara untuk kebutuhan obat-obatan, percayakan saja pada obat generik. Kalau kamu biasanya tak enak badan dan suhu badan meningkat, hal semacam ini bisa lho dihalau oleh paracetamol. Sementara untuk urusan menghalau aroma badan yang tak sedap, rajin-rajin mandi, ya! Dan alokasikan anggaran parfum untuk beli deodorant saja.

Coba untuk Memangkas Anggaran Kebutuhan yang Sebenarnya Tak Terlalu Diperlukan

Banyak orang yang sebenarnya terlalu menghamburkan uang untuk hal-hal yang sifatnya tak terlalu diperlukan. Seperti boros kuota internet, beli TV tapi jarang ditonton, berlangganan TV kabel padahal jarang menonton TV, dan sebagainya. Untuk itu, coba pertimbangkan lagi pengeluaran semacam ini.

Untuk anak kost misalnya, anggaran membeli TV lebih baik dialokasikan ke tabunganmu. Jangan boros untuk urusan listrik dan semacamnya. Serta untuk urusan asuransi, tak usah memilih jenis premi asuransi yang hanya membuat kantongmu berat.

Jangan Gelontorkan Semua Tabunganmu Hanya demi Jalan-jalan dan Sosialisasi

Ini yang sering terjadi. Karena dorongan teman, kamu jadi ikut main kesana kemari. Pengeluaran pun membengkak. Biaya gaya hidup jadi jauh lebih mahal, padahal kalau kamu tak melakukannya pun juga tak masalah. Untuk itu, coba carilah teman atau bertahanlah dalam lingkup pertemanan yang memang menyehatkan mental dan keuanganmu. Bukan justru yang membuatmu bahagia sesaat tapi tertekan kemudian. Kemudian, buatlah rencana jalan-jalan cukup setahun sekali atau setahun dua kali. Hal itu akan menolongmu dari krisis keuangan dan hidupmu jauh lebih tertata.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top