Trending

Dear Wakil Rakyat, Kapan Mau Merakyat?

Untukmu yang duduk sambil diskusi

Untukmu yang biasa bersafari

Disana di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat

Bukan kumpulan teman teman dekat

Apalagi sanak famili

Dihati dan lidahmu kami berharap

Suara kami tolong dengar lalu sampaikan

Jangan ragu jangan takut karang menghadang

Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Pernah dengar lagu tersebut? Sepenggal lirik dari lagu milik Iwan Fals berjudul Surat Buat Wakil Rakyat itu cukup menggelitik dan sarat kritik bukan? Tak ubahnya seperti kita, Iwan Fals pun rakyat biasa yang juga menantikan agar suara kita didengar oleh mereka yang mengaku wakil rakyat.

Ada yang menarik, setiap tanggal 16 Oktober ternyata diperingati sebagai Hari Parlemen Nasional. Mungkin tak banyak yang tahu dan memilih acuh tak acuh dengan momen ini. Padahal mungkin ini saat paling tepat bagi kita untuk mengkritisi dan mempertanyakan kembali, sudah sejauh mana kinerjamu wahai wakil rakyat?

Jangan Mau Jadi Rakyat yang Terima Jadi, Ayo Kritisi Pencapaian Kinerja DPR Sejauh Ini!

Sepanjang tahun 2015, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ternyata hanya mampu menghasilkan tiga UU dari total 39 RUU yang seharusnya diselesaikan.  Ketiga UU Tersebut meliputi UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, dan UU Pemerintahan Daerah.

Padahal, anggaran DPR untuk pelaksanaan fungsi legislasi dalam rincian APBN 2015 mencapai angka Rp 246 miliar. Wow… Belum selesai disitu, DPR punya program yang dinamai Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Dalam periode jangka menengah 2014-2019, Prolegnas punya target 183 RUU. Namun berdasarkan catatan Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), tahun ini DPR baru mengesahkan empat UU dari target Prolegnas 2017 sebanyak 40 RUU.

Dengan demikian, para anggota dewan ini masih punya sederet pekerjaan rumah berupa pengesahan RUU yang perlu diselesaikan dari 2017 hingga 2019 mendatang. Optimis saja, DPR pasti bisa menyelesaikannya.

Masih Lekat di Ingatan Bagaimana DPR ‘Menodong’ Kenaikan Anggaran untuk Tahun 2018

Pertengahan Agustus lalu, rakyat kembali dibuat mangkel oleh keinginan para anggota dewan. Ya, DPR kembali jadi sorotan lantaran mengusulkan kenaikan anggaran untuk tahun 2018 sebesar Rp 5,7 triliun. Angka tersebut naik Rp 1,5 triliun dibanding dengan anggaran tahun ini yaitu Rp 4,2 triliun.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan, kenaikan anggaran mencapai sebesar itu dialokasikan untuk Satuan Kerja Dewan sebesar Rp 4 triliun sementara Rp 1,7 triliun untuk Sekretariat Jenderal DPR. Angka sebesar itu menurutmu apakah telah sebanding dengan apa yang dikerjakan DPR selama ini? Apakah sudah bisa dikatakan sebagai wakil rakyat yang merakyat? Jawab sendiri ya…

Rapat Paripurna Justru Jadi Ajang Para Anggota DPR Untuk Kian Menunjukkan Rapor Merahnya

Kamu wajib tahu, tingkat kehadiran anggota DPR di Rapat Paripurna itu terbilang buruk. Berdasarkan data yang dihimpun Tim WikiDPR dari sembilan kali rapat paripurna, rata-rata kehadiran anggota DPR seluruhnya adalah 227 dari 560 anggota, atau hanya sekitar 40,58 persen anggota yang hadir dalam berbagai rapat paripurna yang diselenggarakan DPR.

Maka Jangan Heran Kalau Semua Itu Berdampak Pada Rendahnya Kepercayaan Publik Terhadap Parlemen

Dalam survei Global Corruption Barometer (GCB) yang dirilis Transparency International Indonesia (TII) pada 7 Maret lalu, DPR ternyata menempati tempat teratas sebagai lembaga yang paling korup dengan total persentase mencapai  54 persen. Dengan jumlah sebesar itu, maka logis saja jika kepercayaan publik terhadap lembaga yang satu ini perlahan menyurut.

Namun sebagai rakyat yang cerdas dan kritis, kita tak boleh putus asa begitu saja. Apalagi jelang Pemilu 2019, peluang untuk memiliki wakil rakyat yang benar-benar merakyat tetap masih ada. Untukmu yang bisa jadi sudah gerah dengan tindak-tanduk anggota DPR yang terkesan minim prestasi, mungkin ini waktunya kita semakin jeli dalam menentukan pilihan. Barangkali ini juga saatnya orang-orang muda diberi jalan melenggang ke parlemen demi membuat perubahan.

Meski momennya masih agak lama, kamu yang dari sekarang memilih tak acuh dengan pesta demokrasi lima tahunan, coba pikirkan kembali. Karena itulah salah satu caramu peduli dengan perubahan situasi parlemen negeri ini untuk masa lima tahun ke depan. Ya, dengan tidak melakukan golput saat pemilu, maka kamu telah mendukung perubahan besar di negeri ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

4 Hal yang Harus Kamu Tahu Sebelum Liburan ke New York, Biar Kamu Nggak Kaget

New York merupakan salah satu kota terbesar di dunia. Kota ini juga sangat layak dijuluki sebagai kota yang tak pernah mati. Ya, hal itu karena memang kota ini sangat ramai dengan segala hiruk-pikuk orang-orang di sana.

Nah kalau kamu hendak berlibur ke sana, ada baiknya kamu mengetahui 5 hal ini terlebih dulu agar kamu tak kaget nantinya.

1. Surga Bagi Para Pecinta Kuliner

Kamu tak perlu takut kesulitan dalam mencari makanan saat berada di New York. Di sana kamu bisa menemukan banyak makanan. Bahkan kalau dihitung, kamu bisa saja makan dalam jangka waktu satu tahun di tempat makan yang berbeda.

2. Jalannya Bisa Bersambung Kemana Saja

Kalau kamu berada di New York, kamu tak perlu takut terkena macet. Karena di sana ternyata jalannya bersambung antara satu jalan dengan jalan lainnya. Hal ini membuat semua tujuan bisa dicapai dengan banyak opsi rute yang berbeda.

3. Banyak Gedung Pencakar Langit

Bisa dibilang New York adalah “hutannya” gedung pencakar langit. Makhlum saja, New York sangat giat dalam melakukan peremajaan dan pembangunan kotanya. Gedung megah yang sudah dibangun di sana misalnya Empire State Building yang tingginya mencapai 381 meter, 432 Park Avenue yang mencapai tinggi 426 meter, dan One World Trade Center yang tingginya mencapai 541 meter.

4. Terdapat Taman Kota yang Paling Terkenal

Taman kota yang terletak di Manhattan adalah salah satu taman yang sering dipakai untuk syuting film. Area taman ini sendiri seluas 341 hektar. Di sana kamu bisa duduk santai, tur keliling taman sambil naik kuda, lari pagi, hingga berkunjung ke kebun binatang yang juga ada di taman kota ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Nabilah Ex-JKT48 Tetap Ingin Ditemani Ibunda Sepanjang Kariernya di Dunia Hiburan

Nama Nabilah Ratna Ayu Azalia semula dikenal seiring kariernya yang tergabung dalam idol group bernama JKT48. Bersama teman-temannya dalam idol group tersebut, Nabilah—sapaannya berkesempatan untuk bisa berkarya di dunia entertainment lewat jalur musik.

Karier yang semakin menanjak ia dapatkan semasa bergabung di JKT48. Namun sejak 2017, ia memilih keluar dari idol group yang sudah membesarkan namanya itu. Bukan tanpa alasan dirinya pergi, namun satu hal yang pasti, Nabilah semakin dewasa, ia berhak menentukan keputusan perihal masa depannya. Dara kelahiran 11 November 1999 ini baru saja menamatkan studinya di jenjang SMA pada Mei lalu. Terbaru, ia tengah melakukan persiapan diri  sebelum masuk ke perguruan tinggi.

Kepada Gobagi.com, Nabilah menceritakan soal persiapannya sebelum resmi menyandang status sebagai mahasiswa.

“Aku daftar dua jurusan yaitu kedokteran dan hukum. Tapi akhirnya diterima di (jurusan) hukum. Mungkin memang Allah punya jalan terbaik, dan memang ada keinginan untuk jadi notaris atau pengacara,” kata Nabilah saat ditemui beberapa waktu lalu.

Dibalik sosoknya, tak banyak orang yang tahu kalau Nabilah memang sudah memendam cita-cita di bidang hukum sejak lama. Profesi impiannya yaitu menjadi pengacara. Alasannya masuk akal, ia mengaku senang kalau bisa mengerti hukum lantaran setiap pekerjaan pasti ada sangkut pautnya dengan hukum. Ia tak ingin dibodohi orang untuk urusan yang satu ini. Karenanya, ia pun senang lantaran kedepannya akan mendalami soal ilmu hukum.

Saat masih duduk di bangku sekolah, Nabilah mengaku tak terlalu suka hitung-hitungan dan lebih suka hapalan. Harapannya, ini bisa menjadi modal awal saat nanti ia akan menjajaki status barunya sebagai mahasiswa hukum. Urusan kampus, Nabilah memilih untuk tidak mempublikasikan nama universitas atau tempatnya nanti menimba ilmu. Kalau sudah waktunya, baru ia siap memberitahu.

Peralihan dari bangku sekolah ke mahasiswa baru akan dijajaki oleh bintang Sunshine Becomes You ini. Keputusannya untuk berkuliah bukan berarti ia harus meninggalkan dunia hiburan yang sudah menjadi ladang profesinya. Kedepannya, Nabilah mengaku akan lebih selektif saat memilih tawaran pekerjaan. Sebab tentu saja, ia ingin memprioritaskan dahulu kuliah dan masa depannya. Apalagi soal tawaran pasti akan selalu berdatangan. Disinilah tantangan baru Nabilah untuk lebih profesional lagi dalam pekerjaannya.

“Alhamdulillah soal rezeki, ada saja (rezeki) yang datang. Entah apa itu pekerjaannya, dari film, catwalk, atau undangan bintang tamu di acara tv. Ya senang tentunya. Semoga terus dilancarkan. Amin,” kata Nabilah.

Ke depannya, ia tetap akan memprioritaskan kuliahnya. Sebisa mungkin kalaupun ada tawaran pekerjaan, ia mengaku akan menyesuaikan dengan jadwal kuliah. Kalau memang bentrok, Nabilah memilih enggan mengambilnya. Prinsip ini sejatinya sudah dijalankan Nabilah sejak lama. Apalagi, manajernya adalah ibunya sendiri, sehingga ia pun mengaku lebih dimudahkan dalam hal mengatur waktu.

Lantaran sudah dimanajeri oleh sang Ibu, Nabilah mengaku akan tetap bekerja didampingi ibunya sampai kedepannya nanti. Selain lebih nyaman, ia bersyukur karena diberi kesempatan untuk bisa tetap dekat bahkan semakin dekat dengan sang ibu.

“Karena bekerja didampingi Ibu, jadinya juga ibadah. Dan soal rezeki pun jadi lebih enak karena pada akhirnya bisa buat keluarga sendiri,” lanjutnya.

Bicara soal karier, Nabilah mengungkapkan ada satu lagi tawaran film yang datang pada dirinya. Menariknya, untuk genre film kali ini justru datang dari genre film horor. Nabilah mengaku tak merasa keberatan namun justru tertantang.

“Kenapa film horor, karena menurut aku kalau ada satu pekerjaan yang bisa kujalani, aku akan baik-baik saja. Selama itu rezekinya masih baik, kenapa ngga diterima?” ujarnya.

Film ini sendiri akan menjadi film keduanya setelah Sunshine Becomes You yang dibintanginya pada 2015 lalu. Kendati nama Nabilah sejatinya lebih dikenal sebagai penyanyi, untuk tawaran di bidang musik dirasa masih harus dipertimbangkan lagi.

“Waktu itu ada juga yang memberi tawaran masuk ke manajemen musik. Tapi kalau di musik, aku takut belum bisa bagi waktunya antara syuting film, kuliah, acara lainnya juga. Karenanya untuk musik ya nanti dulu,” lanjutnya.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

EXO Akan Tampil Sebagai Duta Pariwisata Korea Selatan

EXO ditunjuk sebagai duta kehormatan pariwisata Korea Selatan. Seiring kabar ini, mereka pun akan berpartisipasi sebagai model dari video promosi pariwisata yang dibuat oleh organisasi pariwisata resmi pemerintah Korea, Korea Tourism Organization.

Tahun ini, KTO berencana membuat video promosi pariwisata bertajuk ‘Korea Asks You, Have you ever?’ dengan tema yang dipilih yaitu membahas mengenai berbagai pengalaman unik di Korea Selatan dari sudut pandang turis mancanegara.

Mengutip dari Soompi, Minggu (24/6), akan ada enam kategori video yang digunakan anggota EXO untuk menjelaskan tema tersebut. Di antaranya adalah kategori sejarah dan tradisi, kehidupan sehari-hari, petualangan, tren, healing, serta hallyu.

EXO yang terdiri dari sembilan anggota akan berpartisipasi dalam setiap kategori yang ada demi mengiklankan berbagai pengalaman dan aktivitas yang bisa dinikmati oleh para turis di Korea Selatan.

Pihak KTO juga menyatakan, partisipasi boyband yang digawangi Kai cs ini diyakini akan mempengaruhi minat turis mancanegara terhadap Korea Selatan.

“EXO adalah salah satu bintang yang paling mewakili K-Pop, seperti yang bisa dilihat dari fakta bahwa mereka tampil dalam ajang Olimpiade Musim Dingin PyeongChang,” sebut KTO.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top