Trending

Dear Wakil Rakyat, Kapan Mau Merakyat?

Untukmu yang duduk sambil diskusi

Untukmu yang biasa bersafari

Disana di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat

Bukan kumpulan teman teman dekat

Apalagi sanak famili

Dihati dan lidahmu kami berharap

Suara kami tolong dengar lalu sampaikan

Jangan ragu jangan takut karang menghadang

Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Pernah dengar lagu tersebut? Sepenggal lirik dari lagu milik Iwan Fals berjudul Surat Buat Wakil Rakyat itu cukup menggelitik dan sarat kritik bukan? Tak ubahnya seperti kita, Iwan Fals pun rakyat biasa yang juga menantikan agar suara kita didengar oleh mereka yang mengaku wakil rakyat.

Ada yang menarik, setiap tanggal 16 Oktober ternyata diperingati sebagai Hari Parlemen Nasional. Mungkin tak banyak yang tahu dan memilih acuh tak acuh dengan momen ini. Padahal mungkin ini saat paling tepat bagi kita untuk mengkritisi dan mempertanyakan kembali, sudah sejauh mana kinerjamu wahai wakil rakyat?

Jangan Mau Jadi Rakyat yang Terima Jadi, Ayo Kritisi Pencapaian Kinerja DPR Sejauh Ini!

Sepanjang tahun 2015, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ternyata hanya mampu menghasilkan tiga UU dari total 39 RUU yang seharusnya diselesaikan.  Ketiga UU Tersebut meliputi UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, dan UU Pemerintahan Daerah.

Padahal, anggaran DPR untuk pelaksanaan fungsi legislasi dalam rincian APBN 2015 mencapai angka Rp 246 miliar. Wow… Belum selesai disitu, DPR punya program yang dinamai Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Dalam periode jangka menengah 2014-2019, Prolegnas punya target 183 RUU. Namun berdasarkan catatan Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), tahun ini DPR baru mengesahkan empat UU dari target Prolegnas 2017 sebanyak 40 RUU.

Dengan demikian, para anggota dewan ini masih punya sederet pekerjaan rumah berupa pengesahan RUU yang perlu diselesaikan dari 2017 hingga 2019 mendatang. Optimis saja, DPR pasti bisa menyelesaikannya.

Masih Lekat di Ingatan Bagaimana DPR ‘Menodong’ Kenaikan Anggaran untuk Tahun 2018

Pertengahan Agustus lalu, rakyat kembali dibuat mangkel oleh keinginan para anggota dewan. Ya, DPR kembali jadi sorotan lantaran mengusulkan kenaikan anggaran untuk tahun 2018 sebesar Rp 5,7 triliun. Angka tersebut naik Rp 1,5 triliun dibanding dengan anggaran tahun ini yaitu Rp 4,2 triliun.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan, kenaikan anggaran mencapai sebesar itu dialokasikan untuk Satuan Kerja Dewan sebesar Rp 4 triliun sementara Rp 1,7 triliun untuk Sekretariat Jenderal DPR. Angka sebesar itu menurutmu apakah telah sebanding dengan apa yang dikerjakan DPR selama ini? Apakah sudah bisa dikatakan sebagai wakil rakyat yang merakyat? Jawab sendiri ya…

Rapat Paripurna Justru Jadi Ajang Para Anggota DPR Untuk Kian Menunjukkan Rapor Merahnya

Kamu wajib tahu, tingkat kehadiran anggota DPR di Rapat Paripurna itu terbilang buruk. Berdasarkan data yang dihimpun Tim WikiDPR dari sembilan kali rapat paripurna, rata-rata kehadiran anggota DPR seluruhnya adalah 227 dari 560 anggota, atau hanya sekitar 40,58 persen anggota yang hadir dalam berbagai rapat paripurna yang diselenggarakan DPR.

Maka Jangan Heran Kalau Semua Itu Berdampak Pada Rendahnya Kepercayaan Publik Terhadap Parlemen

Dalam survei Global Corruption Barometer (GCB) yang dirilis Transparency International Indonesia (TII) pada 7 Maret lalu, DPR ternyata menempati tempat teratas sebagai lembaga yang paling korup dengan total persentase mencapai  54 persen. Dengan jumlah sebesar itu, maka logis saja jika kepercayaan publik terhadap lembaga yang satu ini perlahan menyurut.

Namun sebagai rakyat yang cerdas dan kritis, kita tak boleh putus asa begitu saja. Apalagi jelang Pemilu 2019, peluang untuk memiliki wakil rakyat yang benar-benar merakyat tetap masih ada. Untukmu yang bisa jadi sudah gerah dengan tindak-tanduk anggota DPR yang terkesan minim prestasi, mungkin ini waktunya kita semakin jeli dalam menentukan pilihan. Barangkali ini juga saatnya orang-orang muda diberi jalan melenggang ke parlemen demi membuat perubahan.

Meski momennya masih agak lama, kamu yang dari sekarang memilih tak acuh dengan pesta demokrasi lima tahunan, coba pikirkan kembali. Karena itulah salah satu caramu peduli dengan perubahan situasi parlemen negeri ini untuk masa lima tahun ke depan. Ya, dengan tidak melakukan golput saat pemilu, maka kamu telah mendukung perubahan besar di negeri ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Jembatan Terindah di Dunia, Dua Diantaranya Ada di Indonesia!

Fungsi utama jembatan adalah untuk menghubungankan dua jalan yang terpisah. Namun dengan semakin berkembangnya zaman, kini jembatan dibangun dengan seni dan model yang cukup menakjubkan. Nah, berkenaan dengan hal ini, ternyata ada tujuh jembatan yang terkenal paling indah di dunia loh. Langsung saja cek daftarnya berikut.

1. Jembatan Golden Gate, San Fransisco, Amerika Serikat

Sumber: www.pexels.com

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan yang paling terkenal di dunia. Jembatan ini memiliki panjang 2.727 meter dimana difungsikan sebagai penghubung antara San Fransisco dengan Kabupaten Marin. Namun dibalik keindahannya yang menakjubkan, ternyata jembatan ini juga kerap dijadikan tempat untuk bunuh diri.

2. Jembatan Surabaya, Surabaya, Indonesia

Sumber: www.instagram.com/@dwisetijotjahjono

Jembatan ini merupakan landmark dari Kota Surabaya. Jembatan ini  dihiasi oleh air mancur warna-warni yang akan ada setiap malam Minggu. Selain itu biasanya keluarnya air mancur diiringi dengan tarian air mancur pada pukul 20.00 – 21.00 WIB.

3. Jembatan Vasco da Gama, Lisbon, Portugal

Sumber: www.sp-reinforcement.ch

Jembatan ini memiliki panjang 17, 2 ribu meter. Jembatan ini termasuk jembatan paling panjang di Eropa loh. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Tagus. Tujuan pembangunan jembatan ini adalah untuk memperlancar mobilitas pembukaan World Fair pada tahun 1998 silam.

4. Jembatan Banpo, Seoul, Korea Selatan

Sumber: www.worldfortravel.com

Jembatan Banpo merupakan jembatan air mancur terpanjang di dunia. Air mancur di jembatan ini biasanya akan dioperasikan pada bulan April sampai Oktober. Pertunjukan air mancur ini akan dilakukan selama empat sampai enam kali sehari dengan durasi waktu 20 menit di setiap pertunjukannya.

5. Jembatan Danyang Kunshan, Jiangsu, Tiongkok

Sumber: www.traveltriangle.com

Jembatan ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Jembatan ini dibuat untuk menghubungkan Shanghai dengan Nanjing. Jembatan ini mulai resmi dioperasikan sejak tahun 2011 silam dimana pada proses pembangunannya ada 10 ribu orang yang dipekerjakan.

6. Tower Bridge, London, Inggris

Sumber: www.pixabay.com

Jembatan ini merupakan jembatan yang terdiri dari dua bangunan menara dimana di tingkat atas terdapat jalan untuk para pejalan kaki. Jembatan ini dibangun di atas Sungai Thames dan memiliki panjang sekitar 61 meter.

7. Jembatan Ampera, Palembang, Indonesia

Sumber: www.ksmtour.com

Jembatan Ampera merupakan jembatan yang terletak di Indonesia. Jembatan ini dibangun sebagai penghubung antara daerah Seberang Ulu dengan Seberang Ilir yang dipisahkan oleh Sungai Musi. Panjang jembatan ini yaitu 1.117 meter.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Luna Maya Akui Jadi Salah Satu Fans BTS

Kepopuleran boyband fenomenal asal Korea Selatan, BTS tak perlu diragukan lagi. Bahkan di Indonesia sendiri, penggemar BTS pun berasal dari berbagai kalangan. termasuk fans dari kalangan artis, khususnya artis Indonesia. Banyak artis Tanah Air yang secara terang-terangan mengaku menyukai boyband yang mempopulerkan lagu Fake Love ini.

Artis yang menyukai BTS satunya adalah Luna Maya. Luna tak mau kalah dari penggemar BTS lainnya. Ia juga terpikat dengan pesona leader BTS, RM. Hal tersebut diketahui lewat unggahan Luna Maya di media sosial Instagram Story miliknya

Luna Maya mengunggah sebuah foto yang memperlihatkan pertanyaan dari warganet tentang BTS, lalu Luna Maya menjawabnya dengan lengkap sembari memberikan emoticon BTS-Army. Army sendiri merupakan sebutan untuk penggemar BTS.

“Kenapa suka RM BTS ?,” tulis pertanyaan dari warganet.

Lalu Luna Maya menjawab, “Menurut aku dia pintar dan cool gayanya santai, bahasa Inggrisnya bagus banget, keren enggak aneh-aneh. Dan suka dia setelah dengar dia speach di UN. Dan dia tinggi ya kayanya ha ha ha, #BTSARMY,” jawab Luna Maya.

Tak hanya itu, bahkan Luna secara mengakui keinginannya untuk menonton konser BTS di Bangkok, Thailand April 2019 mendatang.

“Gimana ini konser BTS ?” tanya warganet.

Luna pun menjawab, “Di bkk yuk,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Followers Jutaan, Tatjana Saphira Justru Mulai Batasi Diri Pakai Media Sosial

Aktris Tatjana Saphira mulai membatasi diri dalam menggunakan media sosial. Hal itu sudah Tatjana lakukan sejak lama.

“Sekarang aku menjalankan rutinitas detoks media sosial, 3 hari aku matiin, 4 hari aku nyalain atau aku buka paling ada postingan yang aku wajib post, kalau enggak aku delete dulu atau uninstall aja. Sebenarnya udah dari lama tapi enggak dijalani secara konsisten sih. baru-baru ini ya sudah sekitar dua bulan lalu jadi lebih rajin,” katanya seperti dikutip kompas.com, Selasa (19/2).

Tatjana mengaku, dia merasa lebih tenang ketika tidak bermain media sosial. Kekasih aktor Herjunot Ali itu juga merasa kesal ketika ada orang yang sibuk dengan gawainya saat berkumpul.

“Menurut aku dia enggak respect sama waktu yang kita punya berkumpul satu sama lain,” ucapnya. Baginya, terlalu fokus dengan media sosial justru membuatnya tak merasakan sebuah momen secara menyeluruh.

“Menurut aku kadang-kadang kita terlalu fokus sama medsos sampe kadang suka lupa sama kegiatan kita sehari-hari. Kita lebih sibuk mengabadikan di medsos dibanding kita merasakan momen itu secara utuh,” ujar Tatjana.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top