Trending

Dear Wakil Rakyat, Kapan Mau Merakyat?

Untukmu yang duduk sambil diskusi

Untukmu yang biasa bersafari

Disana di gedung DPR

Wakil rakyat kumpulan orang hebat

Bukan kumpulan teman teman dekat

Apalagi sanak famili

Dihati dan lidahmu kami berharap

Suara kami tolong dengar lalu sampaikan

Jangan ragu jangan takut karang menghadang

Bicaralah yang lantang jangan hanya diam

Pernah dengar lagu tersebut? Sepenggal lirik dari lagu milik Iwan Fals berjudul Surat Buat Wakil Rakyat itu cukup menggelitik dan sarat kritik bukan? Tak ubahnya seperti kita, Iwan Fals pun rakyat biasa yang juga menantikan agar suara kita didengar oleh mereka yang mengaku wakil rakyat.

Ada yang menarik, setiap tanggal 16 Oktober ternyata diperingati sebagai Hari Parlemen Nasional. Mungkin tak banyak yang tahu dan memilih acuh tak acuh dengan momen ini. Padahal mungkin ini saat paling tepat bagi kita untuk mengkritisi dan mempertanyakan kembali, sudah sejauh mana kinerjamu wahai wakil rakyat?

Jangan Mau Jadi Rakyat yang Terima Jadi, Ayo Kritisi Pencapaian Kinerja DPR Sejauh Ini!

Sepanjang tahun 2015, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) ternyata hanya mampu menghasilkan tiga UU dari total 39 RUU yang seharusnya diselesaikan.  Ketiga UU Tersebut meliputi UU tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3), UU No. 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Perppu No. 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, dan UU Pemerintahan Daerah.

Padahal, anggaran DPR untuk pelaksanaan fungsi legislasi dalam rincian APBN 2015 mencapai angka Rp 246 miliar. Wow… Belum selesai disitu, DPR punya program yang dinamai Program Legislasi Nasional (Prolegnas). Dalam periode jangka menengah 2014-2019, Prolegnas punya target 183 RUU. Namun berdasarkan catatan Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), tahun ini DPR baru mengesahkan empat UU dari target Prolegnas 2017 sebanyak 40 RUU.

Dengan demikian, para anggota dewan ini masih punya sederet pekerjaan rumah berupa pengesahan RUU yang perlu diselesaikan dari 2017 hingga 2019 mendatang. Optimis saja, DPR pasti bisa menyelesaikannya.

Masih Lekat di Ingatan Bagaimana DPR ‘Menodong’ Kenaikan Anggaran untuk Tahun 2018

Pertengahan Agustus lalu, rakyat kembali dibuat mangkel oleh keinginan para anggota dewan. Ya, DPR kembali jadi sorotan lantaran mengusulkan kenaikan anggaran untuk tahun 2018 sebesar Rp 5,7 triliun. Angka tersebut naik Rp 1,5 triliun dibanding dengan anggaran tahun ini yaitu Rp 4,2 triliun.

Ketua Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR Anton Sihombing mengatakan, kenaikan anggaran mencapai sebesar itu dialokasikan untuk Satuan Kerja Dewan sebesar Rp 4 triliun sementara Rp 1,7 triliun untuk Sekretariat Jenderal DPR. Angka sebesar itu menurutmu apakah telah sebanding dengan apa yang dikerjakan DPR selama ini? Apakah sudah bisa dikatakan sebagai wakil rakyat yang merakyat? Jawab sendiri ya…

Rapat Paripurna Justru Jadi Ajang Para Anggota DPR Untuk Kian Menunjukkan Rapor Merahnya

Kamu wajib tahu, tingkat kehadiran anggota DPR di Rapat Paripurna itu terbilang buruk. Berdasarkan data yang dihimpun Tim WikiDPR dari sembilan kali rapat paripurna, rata-rata kehadiran anggota DPR seluruhnya adalah 227 dari 560 anggota, atau hanya sekitar 40,58 persen anggota yang hadir dalam berbagai rapat paripurna yang diselenggarakan DPR.

Maka Jangan Heran Kalau Semua Itu Berdampak Pada Rendahnya Kepercayaan Publik Terhadap Parlemen

Dalam survei Global Corruption Barometer (GCB) yang dirilis Transparency International Indonesia (TII) pada 7 Maret lalu, DPR ternyata menempati tempat teratas sebagai lembaga yang paling korup dengan total persentase mencapai  54 persen. Dengan jumlah sebesar itu, maka logis saja jika kepercayaan publik terhadap lembaga yang satu ini perlahan menyurut.

Namun sebagai rakyat yang cerdas dan kritis, kita tak boleh putus asa begitu saja. Apalagi jelang Pemilu 2019, peluang untuk memiliki wakil rakyat yang benar-benar merakyat tetap masih ada. Untukmu yang bisa jadi sudah gerah dengan tindak-tanduk anggota DPR yang terkesan minim prestasi, mungkin ini waktunya kita semakin jeli dalam menentukan pilihan. Barangkali ini juga saatnya orang-orang muda diberi jalan melenggang ke parlemen demi membuat perubahan.

Meski momennya masih agak lama, kamu yang dari sekarang memilih tak acuh dengan pesta demokrasi lima tahunan, coba pikirkan kembali. Karena itulah salah satu caramu peduli dengan perubahan situasi parlemen negeri ini untuk masa lima tahun ke depan. Ya, dengan tidak melakukan golput saat pemilu, maka kamu telah mendukung perubahan besar di negeri ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Hal Ini Menggambarkan Betapa Kompaknya Pasutri Muda

Kehidupan rumah tangga mungkin akan berbeda jauh dengan kehidupanmu sebelum menikah. Kini kamu sudah memiliki pasangan hidup yang tinggal satu atap denganmu. Kamu akan tahu segalanya tentangnya. Dan kamu akan selalu membututuhkannya untuk diajak berkompromi setiap harinya. Bak sebuah tim yang solid, ini 7 gambaran yang menunjukkan kekompakan bersama pasangan sebagai pasutri muda.

1. Posisi Tidur yang Tak Karu-karuan

Kamu dan pasanganmu sering tidur dengan beragam posisi yang ajaib. Posisi tubuhmu dan pasanganmu bisa saling menimpa dan meninggalkan air liur dimana-mana. Anehnya kamu dan pasangan tak pernah jijik akan hal itu.

2. Saling Membantu di Segala Situasi

Seringkali kamu dan pasanganmu kompak untuk membantu satu sama lain saat mengalami kesulitan kecil maupun besar. Misalnya dengan mencukurkan kumis, membersihkan komedo maupun mencabut uban.

3. Berbelanja Kebutuhan Bulanan Bersama

Hal yang satu ini akan sangat membantumu untuk memupuk kekompakan bersama pasanganmu. Kamu bisa berkompromi tentang barang apa yang harus kalian beli dan menyesuaikannya dengan budget yang kalian sediakan.

4. Masak dan Mengatur Tatanan Rumah Bersama

Kamu dan pasangan seringkali melakukan kegiatan kecil bersama. Misalnya dengan masak masakan kesukaan kalian bersama dan juga mendesain rumah sesuai dengan keinginan kalian berdua.

5. Melakukan Hal Konyol di Tempat Tidur

Selain curhat dan bercanda bersama, kamu pun sering melakukan hal konyol saat bersama pasanganmu di tempat tidur. Seperti mencoba melakukan atraksi akrobat misalnya. Kemudian saat kalian gagal, kalian akan tertawa bersama.

6. Menghabiskan Waktu Luang Bersama

Saat ada waktu luang yang tersedia, kamu pun biasa menghabiskannya dengan menonton televisi atau melakuakn hal sederhana lainnya. Yang penting kamu melakukannya dengan pasanganmu, itu sudah cukup membahagiakan.

7. Menyimpan Banyak Mainan untuk Mengusir Rasa Bosan

Saat kamu dan pasanganmu merasa bosan, kamu pun akan mengajaknya untuk melakukan permainan sederhana. Misalnya bermain kartu, domino, catur, ular tangga atau mainan sederhana lainnya yang cukup mengasyikkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ayahmu Pasti Sangat Senang Menerima 5 Kejutan Sederhana Ini Darimu

Meski terlihat biasa saja, namun sebenarnya kasih sayang seorang ayah kepada anaknya sangatlah luar biasa loh. Ayah memiliki tanggung jawab yang sangta berat sebagai seorang pemimpin keluarga. Meski banyak pengorbanan yang dia lakukan, dia tak akan pernah meminta apapun dari anaknya. Jika kamu ingin mencoba membuatnya bahagia, 5 kejutan sederhana ini pasti akan sangat membuatnya senang.

1. Mengajaknya Makan Malam Bersama

Setelah seharian bekerja tentu ayahmu akan merasa lelah. Cobalah untuk memasakkan sesuatu untuknya dan ajaklah dia makan malam bersama, pasti hal sederhana ini akan membuat ayahmu bahagia menerimanya.

2. Mengajaknya Liburan

Kesibukan setiap hari membuat waktumu bersama ayahmu pun tersita. Karenanya kamu bisa membuat momen yang indah di akhir pekan atau saat hari libur tiba. Ajaklah ayahmu jalan-jalan, momen seperti ini pasti menjadi momen yang juga diinginkan oleh ayahmu.

3. Membuat Masakan Spesial untuk Ayahmu

Meski kamu tak jago-jago amat dalam hal memasak, tapi ayahmu pasti akan sangat senang menerima kejutan makanan spesial yang kamu masak sendiri untuknya. Tak perlu memasak menu yang susah, kamu bisa membuat masakan yang setidaknya kamu merasa mampu membuatnya.

4. Ucapan Terimakasih Melalui Sebuah Tulisan

Kamu bisa mengucapkan terima kasihmu dalam sebuah tulisan yang mungkin bisa kamu lakukan di sebuah kertas. Kemudian taruhlah di tempat yang selalu dilihat oleh ayahmu. Saat dia menerima dan membacanya, pasti dia akan terharu akan kejutanmu itu.

5. Memberikan Kado Istimewa

Coba kamu perhatikan ayahmu beberapa hari ini. Kira-kira apa sih yang sangat dia butuhkan. Jika kamu sudah tahu, kamu bisa memberikan hadiah pada ayahmu berupa barang yang dibutuhkannya. Meski kecil, tapi ayahmu pasti akan bahagia menerima kado itu darimu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Wisata Hits di Bandung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Ada Karpet Aladdin Juga di Sana

Bandung merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah ada yang baru nih di Bandung. Kamu harus coba datang ke destinasi wisata Bandung yang satu ini. Nama tempatnya adalah Dago Dream Park. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang hits saat ini di Bandung.

Wisata Ini Dikemas dengan Berbagai Wahana Permainan Menarik dan Juga Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan tujuan wisata, baik bersama keluarga, teman maupun pacar. Udaranya yang sejuk dan alamnya yang asri menjadi nilai lebih dari tempat wisata ini. Wisata ini terletak di tengah hutan pinus. Konsep alamnya sangat kece, ditambah dengan wahana permainan dan spot foto yang instagramable banget.

Ada Banyak Wahana Permainan yang Patut Kamu Coba di Dago Dream Park Ini

Wisata Dago Dream Park ini menyediakan banyak wahana yang pastinya menarik hati. Misalnya ada sepeda angkasa, perahu dayung, sky gliding, taman labirin, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memilih tempat ini untuk menghabiskan libur akhir pekanmu.

Tak Hanya Wahana Permaian Saja, di Sini Juga Tersedia Banyak Spot Foto yang Keren Abis

Sesuai dengan namanya, yaitu “dream park”, wisata yang satu ini juga menawarkan banyak spot foto yang kece. Hasil fotonya bisa seolah kamu sedang ada di negeri dongeng loh. Misalnya ada spot foto di permadani Aladdin. Kamu bisa mendapatkan foto seolah kamu sedang terbang di atas karpet. keren kan.

Tiket Masuknya Terjangkau Banget, Hanya 20 Ribu Rupiah Saja

Tak perlu takut kantongmu akan bolong. Harga tiket masuk wahana wisata ini sangatlah murah, yaitu hanya 20 ribu rupiah saja. Gimana? menarik kan? Jadi kapan nih kamu mau main-main ke Bandung dan mampir ke destinasi wisata yang satu ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top