Community

Dear Ibu Baru, Begini Cara Menghitung Usia Kehamilan yang Benar

Bagi pasangan yang sudah menikah, kehadiran buah hati adalah sebuah kebahagiaan yang tidak terkira nilainya. Begitu banyak hal dilakukan dan dipersiapkan untuk sang ibu dan bayinya. Nah, sering kali orang-orang sekitar menanyakan berapa usia kehamilan? Atau sudah umur berapa bulankah?

Jika kamu dan pasangan termasuk orang yang rutin ke dokter tentu tidak akan kebingungan menjawab segudang pertanyaan tersebut. Namun bagi yang jarang datang ke dokter sudah pasti akan memberikan jawaban kira-kira saja. Nah maka dari itu, terlepas rutin atau tidak datang ke dokter kandungannya, kamu perlu tahu bagaimana cara menghitung usia kehamilan sendiri.

Yuk simak bagaimana cara menghitung usia kehamilan dengan beberapa cara sebagai berikut

Menghitung Usia Kehamilan Bisa dengan Menggunakan Kalkulator Online

Di zaman modern sekarang ini, tak ayal jika dunia pun mengalami perkembangan. Salah satunya dengan adanya kalkulator kehamilan online yang bisa dimanfaatkan untuk menghitung usia kehamilan Anda. Cara menghitung usia kehamilan dengan cara ini tergolong mudah, yakni kita hanya perlu mengetik kata kalkulator online kehamilan pada smartphone.

Adapun langkah-langkahna yakni sebagai berikut:

  • Masukkan bulan, tanggal dan juga hari pertama ketika kamu terakhir haid atau (HPHT) dan siklus haidnya.
  • Kemudian secara otomatis, kalkulator tersebut akan memberitahukan dan menghitung langsung usia kehamilanmu. Bagaimana mudah sekali bukan?

Menggunakan Sistem Fundus Uteri

Nah pasti kebanyakan wanita bingung nih dengan sistem fundus uteri ini. Fundus uteri merupakan puncak rahim. Dimana puncak rahim akan semakin meninggi dengan seiring perkembangan sang janin. Cara menghitung usia kehamilan ini termasuk cara perhitungan manual yang bisa kamu coba.

Caranya yaitu dengan meraba pada puncak rahim, pada puncak rahim akan terasa menonjol di bagian perut. Setelah itu, hitung jarak antara tulang kemaluan dengan puncak rahim. Jika jarak keduanya sekitar 17 cm, maka bisa dikatakan usia kehamilan Anda sekitar 17 minggu.

Deteksi dengan Gerakan Janin

Selain dengan cara manual di atas, kita juga bisa menghitung usia kehamilan dengan cara mendeteksi gerakan janin yang ada dalam perut. Cara ini juga bisa dibilang cara manual, sehingga cara ini tidak bisa dijamin 100 persen akurat. Caranya sendiri yaitu rasakan gerakan janin yang ada dalam kandungan.

Jika janin yang ada di dalam sudah mulai bergerak, bisa diperkirakan usia kehamilanmu sekitar 18 hingga 20 minggu. Namun perlu diingat cara manual ini hanya untuk dicoba pada wanita yang baru pertama hamil. Berbeda dengan wanita yang pernah hamil, gerakan janin yang dirasakan biasanya menunjukkan usia sekitar 16 hingga 18 minggu.

Nah bagi yang tengah hamil bisa langsung melakukan beberapa cara menghitung usia kehamilan di atas sendiri tanpa harus datang ke dokter. Namun bagi kamu yang belum juga dikaruniai buah hati, sebaiknya lakukan beberapa cara agar cepat hamil seperti rutin melakukan hubungan seks, menghindari kebiasaan-kebiasaan tertentu yang buruk, dan lain sebagainya.

Siapa tahu, setelah melakukan beberapa cara cepat hamil tersebut Tuhan memberikan tanda-tanda kehamilan padamu.Tapi bagaimana tanda-tanda kehamilan tersebut? Biasanya para wanita yang tengah hamil akan sering merasakan lelah berlebih tanpa alasan jelas, atau sering kencing, dan tanda-tanda kehamilan yang paling utama dan umum terjadi adalah terlambat datang bulan.

Jika sudah mengalami beberapa tanda-tanda tersebut, segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui apa saja makanan sehat dan yang dilarang untuk ibu hamil. Namun jika tak memiliki banyak waktu atau karena masalah biaya, untuk usia kehamilan kamu bisa menghitungnya sendiri dengan cara menghitung usia kehamilan seperti cara yang sudah dibahas di atas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Julie Estelle Bersiap Go International Setelah Dapat Pinangan dari Agency Hollywood

Setelah sukses menarik perhatian lewat aksinya di film arahan sutradara Timo Tjahjanto, The Night Comes for Us, aktris Julie Estelle kini bersiap merambah Hollywood lantaran dirinya mendapat tawaran untuk bergabung dengan ICM Partners atau International Creative Management Partners yang bermarkas di Los Angeles, AS.

ICM Partners merupakan agensi internasional yang menaungi talenta-talenta dalam bidang seni dan literasi, termasuk di antaranya sejumlah artis besar dunia dan Hollywood. Di antaranya, Al Pacino, Michael Keaton, Chris Rock, dan presenter Ellen DeGeneres.

Mengutip kompas.com, tim manajemen Julie di Indonesia, Senin (10/12/2018), ICM Partners akan menjadi representasi atau perwakilan Julie Estelle di Hollywood dan dunia. Ketertarikan ICM Partners muncul ketika seorang agennya melihat akting Julie Estelle sebagai The Operator dalam film The Night Comes for Us.

“Mohon doa dari masyarakat Indonesia agar saya bisa berkiprah di industri film Hollywood dan membawa harum nama Indonesia juga,” kata Julie dalam keterangan tertulis itu.

Sebelumnya, sutradara film The Night Comes for Us, Timo Tjahjanto, pernah mengisyaratkan bahwa Julie Estelle kemungkinan segera merambah Hollywood.

“Might happen sooner than you think (Mungkin akan terealisasi lebih cepat dari yang kau pikirkan),” tulis Timo dalam akun Instagram-nya, @Timobros.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Marion Jola Raih Trofi di Panggung MAMA 2018

Penyanyi Marion Jola dinobatkan sebagai Best New Asian Artist atau penyanyi pendatang baru terbaik di ajang Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2018. Marion menerima trofi kemenangannya di panggung MAMA 2018 yang dihelat di Dongdaemun Design Plaza, Seoul, Korea Selatan.

“Here’s for dream hardwork and love I love you all!!! Been MAMA fans since 2013 and now being able to hold the trophy, Best New Asian Artist Indonesia, super happy and greatfull’,” tulis Marion di akun Instagram-nya, @lalamarionmj, Senin (10/12) malam.

Tak hanya meraih penghargaan, Marion juga berkesempatan tampil di panggung MAMA. Finalis Indonesian Idol 2018 itu membawakan lagu “Jangan”, singel duetnya bersama Rayi Putra.

Ini menjadi fenomena menarik mengingat kiprah Marion Jola terbilang baru di blantika musik Tanah Air. Terlebih sebelumnya ajang sekelas MAMA selalu diwakili musisi papan atas seperti Agnez Mo serta Raisa dan Isyana.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika Dikaruniai Anak Pertama

Pasangan artis Ardina Rasti dan Arie Dwi Andika sedang berbahagia. Ardina baru saja melahirkan anak pertamanya. Kabar tersebut diunggah Arie lewat fitur Story di Instagram miliknya.

“MORNING,” tulis Arie, yang menampilkan foto seorang bayi yang baru saja lahir.

Sementara itu, Mila selaku manajer dari Ardina membenarkan kabar tersebut. Namun ia enggan menjelaskan tanggal pasti Ardina melahirkan.

“Nanti aku konfirmasi lagi ya. Udah kemarin-kemarin. Anaknya cowok,” kata Mila saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Sedangkan melalui akun Instagramnya, Arie juga mengunggah foto sang istri yang siap menghadapi proses persalinan. Dalam keterangan foto, Arie mengucapkan rasa syukur dan bangganya terhadap Ardina.

“Kamu sungguh membuat aku terpana, terpaku dan takjub dengan apa yang kamu lakukan. Kamu menerima rasa sakit itu dengan ikhlas dan tersenyum. Yang hanya kamu bilang saat itu ‘aku ridho dan ikhlas menerima sakit ini untuk menerima amanahmu,” tulis Arie.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top