Feature

Hei Kamu, Hati-hati, Terlalu Benci Bisa Jadi Cinta, Terlalu Cinta Bisa Jadi Benci

Man with (fake) Love and Hate tattoos on his hands.

Buat kamu yang tak pernah mengalami, pastinya sulit membayangkan hal itu. Kamu mungkin menempatkan benci dan cinta seperti dua kutub yang saling bertolak belakang. Jadi rasanya tidak mungkin ketika kita sangat benci pada seseorang, kemudian bisa berbalik menjadi cinta padanya. Pun sebaliknya, ketika kita saat ini begitu menyukai dan mengagumi seseorang, kita mungkin tak bisa membayangkan bisa jadi membencinya suatu saat nanti.

Padahal kalau kita mau sedikit teliti, banyak sekali contoh di sekitar kita yang menggambarkan hal ini. Coba lihat misalnya Kemesraan Presiden RI ke 3 BJ. Habibie dengan istrinya Ainun. Banyak orang yang sampai meneteskan air mata ketika mendengar kisah-kisah keduanya yang begitu saling menyayangi hingga akhir hayat.

Bagaimana Habibie hingga saat ini, nyaris setiap hari selalu menyempatkan membawa bunga ke makam istrinya. Ia pun menolak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan kelak kalau istri yang telah mendahuluinya itu tidak dimakamkan di sana. Karena Habibie ingin tidur selamanya di sebelah Ainun.

Tapi toh tidak demikian awalnya. Habibie remaja kerap memanggil Ainun dengan sebutan “Gula Jawa” untuk “mengejek” kulitnya yang coklat gelap. Ainun kadang sering dibuat bingung dengan tingkah Habibie yang selalu memusuhinya. Dahulu membenci kini jadi cinta bukan?

Sementara sebaliknya. Tak sekali dua kali kita dipertontonkan di layar kaca, bagaimana figur publik yang semula kerap mengumbar kemesraan berbalik menjadi musuh bebuyutan ketika sudah tak lagi bersama. Menyebutkan contoh-contoh kasus ini mungkin hanya akan menghabiskan waktu.

Jadi ketika kita berpikir bahwa Cinta dan Benci adalah dua hal yang saling bertolak belakang, sesungguhnya ada garis tipis yang menggandeng keduanya.

Tak cuma asal bicara, namun penelitian membuktikan hal ini.

lovehate

Adalah Semir Zaki dari University College London yang telah menghabiskan lebih dari satu dekade untuk meneliti ekspresi cinta dan benci. Dengan menggunakan teknik pemindaian otak yang kita kenal dengan Magnetic Resonance Imaging (MRI), Zaki mengamati apa yang terjadi di otak manusia saat merasakan beragam cinta serta benci.

Kepada sukarelawan yang menjadi obyek studi, Zaki menunjukkan potret orang yang dicintai atau dibenci. Lalu ia memindai otak sukarelawan untuk mengetahui bagian-bagian dari otak yang bereaksi. Dari hasil pemeriksaan tersebut Zaki menunjukkan bahwa cinta dan benci jelas memiliki perbedaan. Tapi yang mengejutkan, cinta dan benci juga punya persamaan.

Dari hasil studi yang dipublikasikan dalam 3 makalah terpisah di Neuro Report pada tahun 2000, Neuro Image pada tahun 2004 dan PLOS ONE pada tahun 2008, Zaki mengungkapkan bahwa cinta dan benci sama-sama mengaktifkan dua bagian otak yang sama, yaitu insula dan pitamen. Kesamaan inilah yang menjadi batas antara Cinta dan benci.

Bagian otak yang satu ini tak bisa membedakan mana cinta dan benci

takut

Insula biasanya aktif saat ada stimulus yang menyusahkan atau memicu kegelisahan. Stimulus tersebut bisa berupa cinta atau benci. Sayangnya, insula tidak bisa membedakan keduanya. Insula menganggap cinta dan benci sebagai stimulus yang sama. Itulah kenapa, saat rindu karena cinta, atau iri karena benci gelisahnya sama.

Perilaku seseorang yang cinta dan yang benci pun cenderung serupa lho. Suka stalking, misalnya. oops!

internet-stalking

Selain Insula, bagian lain yang punya andil yang sama saat seseorang merasa cinta atau benci adalah pitamen. Pitamen berperan merancang tindakan agresif akibat cinta ataupun benci. Perilaku seseorang yang sedang merasakan cinta dengan perilaku seseorang yang sedang merasa benci nyaris serupa, bahkan sulit membedakannya.

Misalnya, ketika kamu sedang merasa cinta atau benci, kamu jadi kepikiran terus sama si “dia”. Sedang apa, dimana dan sama siapa. Ujungnya, jadi stalking akun medsosnya buat cari tau tentang aktivitasnya. Ya kan?

Inilah kondisi dimana seseorang sedang berada di wilayah abu-abu (grey area) yang menjadi batas atau titik temu antara cinta dan benci. Persamaan tersebut menunjukkan bahwa cinta dan benci itu dekat. Semakin kuat perasaan cinta yang kamu rasakan maka semakin dekat pula kamu pada garis batas yang memisahkan cinta dan benci. Sedikit saja terpeleset, rasa cinta dapat berubah menjadi benci dalam sekejap. Begitu juga sebaliknya. Semakin benci kamu terhadap seseorang, semakin dekat pula pada kemungkinan kamu jadi jatuh cinta.

Kamu mungkin masih ingat film bollywood yang populer di tahun 1998. Dibintangi oleh aktor rupawan shahrukh Khan dan aktris jelita Kajol, Kuch Kuch Hota Hai mengisahkan tentang persahabatan yang tidak biasa antara Rahul dan Anjali karena sering diwarnai dengan pertengkaran dan saling ejek. Tak ada hari yang dilewati tanpa berselisih di antara keduanya.

Hingga sampai pada satu hari, Rani hadir di tengah-tengah mereka. Bagi Rahul dan Anjali, persaingan dan kehilangan telah merangsang insula dan memaksa pitamen bertindak. Garis batas itupun terlewati. Tanpa disadari mereka sebenarnya telah jatuh hati.

Faktanya, yang serba terlalu memang cenderung tidak baik. Kuncinya? Seimbang. Kita harus bisa mengontrol cinta dan benci.hands-1283076_640

Pakar neurosains Indonesia, Taruna Ikrar, mengatakan bahwa manusia selalu memiliki dua sisi. Ada harapan, ada kecemasan. Ada keberanian, ada ketakutan. Ada cinta, ada pula benci. Kedua sisi harus seimbang. “Tubuh dan otak kita punya mekanisme kompensasi yang senantiasa memposisikan manusia dalam kondisi seimbang, berupa rasionalitas. Kalau mekanisme ini tidak seimbang, outputnya adalah penyakit berbahaya” katanya.

Cinta yang berlebihan membuat manusia menjadi tidak rasional, kurang perhitungan. Cinta yang seperti itu tidak memberdayakan tetapi malah merugikan. Begitu pula dengan benci. Akibat peningkatan serotonin dan kyuronic dalam jumlah besar, kebencian akan membuat kita menjadi depresi, selalu cemas, dan muncul pembelaan ego yang menyebabkan rasa kebencian semakin meningkat. Dalam keadaan seperti ini level dopamin dan endorfin yang berefek melegakan dan membahagiakan jadi menurun.

Tampaknya petuah nenek moyang memang bukan sembarang petuah. Supaya hubungan tetap langgeng, kalau cinta jangan terlalu cinta, Kalau benci jangan terlalu benci. Supaya nggak terjebak di area abu-abu antara cinta dan benci, kita harus bisa mengontrol cinta dan benci.

Mari kita coba analisa sejenak perasaan yang kita rasakan. Kenali perbedaan diantara keduanya dengan melibatkan rasionalitas. Berikut perbedaan mendasar antara Cinta dan Benci:

  • Meski sama-sama bikin jantung berpacu kencang, cinta merupakan emosi yang positif (positive emotion) sedangan benci adalah emosi negatif (negative emotion)
  • Cinta bisa menerima hal-hal dengan pikiran terbuka (open-mindedness). Benci hanya mementingkan pendapatnya sendiri (myside bias)
  • Cinta memiliki hubungan sosial yang baik (social connection). Benci sebaliknya, menjadikan seseorang cenderung mengasingkan diri (alienation
  • Cinta menumbuhkan toleransi (tolerance) sementara benci menumbuhkan prasangka (prejudice)
  • Cinta membangun kepercayaan (trust), benci menyebar ketakutan (fear)
  • Cinta penuh pengertian (understanding), sementara benci cenderung tidak peduli (ignorance)
  • Cinta memberi penghargaan dan pemaknaan terhadap perkembangan diri (self-esteem, self compassion).
  • Benci cenderung merasa nggak nyaman dengan diri sendiri (personal insecurities)
  • Cinta mampu memaafkan (forgiveness). Benci mendorong keinginan untuk balas dendam (vindictiveness).

Tak mudah memang mencoba menyeimbangkan antara cinta dan benci. Sebagian dari kita mungkin masih terjebak diantaranya. Michael Kiwanuka bahkan mempertanyakan tentang cinta dan benci dalam lagunya berjudul Love and Hate.

Love and hate
How much more are we supposed to tolerate
Can’t you see there’s more to me than my mistakes
Sometimes I get this feeling – makes me hesitate

Jadi, Kamu Cinta atau Benci?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

5 Bantahan Terhadap Argumentasi Konyol Penolak Vaksin MR

Kamu termasuk yang mana, pendukung vaksin MR atau mereka yang menolak? Yup, dalam satu bulan terakhir dunia maya dibuat berisik soal urusan Vaksin MR ini. Tak percaya? Google bahkan menangkap kenaikan hingga lebih 1000 persen perbicangan soal ini. Penyebabnya apa? Tak lain karena menguatnya debat antara para pendukung vaksin dan mereka yang anti vaksin tadi.

Masing-masing punya argumen. Tapi ini soal kesehatan yang sudah selayaknya tak dijadikan bahan debat apalagi cuma jadi penghias gadget dan linimasa semata. Karena Vaksin MR itu diperlukan untuk menghindari penyakit Rubella yang bisa menyebabkan cacat bisu, tuli, kebutaan, kelainan jantung dan komplikasi lainnya.

Sementara Campak pada anak-anak gejalanya kesannya ringan tapi komplikasinya yang berbahaya bisa diare berat, menyerang sistem syaraf, kejang-kejang dan mungkin kebutaan dan kematian.

Mengerikan bukan? Lantas kenapa masih saja ada yang menolak vaksin MR ini? Karena mereka punya alasan yang sesungguhnya sudah bantahannya.

Rubella Dibilang Bisa Disembuhkan Menggunakan Obat Alami Dan Herbal, Faktanya?

Sebetulnya mereka yang anti vaksin itu bukan berarti gagah berani dan merasa tak mungkin anaknya terkena penyakit rubella dan campak. Tapi mereka berani tidak ikut vaksin karena merasa bahwa anaknya tidak akan terkena penyakit itu selama kesehatannya dijaga. Dan kalaupun terkena bisa disembuhkan dengan menggunakan obat-obatan herbal macam madu atau jintan hitam

Padahal faktanya penyakit Rubella itu disebabkan oleh virus yang bisa menular jika korban dalam kondisi seperti apa pun. Dan fatalnya mereka yang sudah terkena penyakit ini tidak ada obatnya. Pernyataan ini bukan asal comot karena dokter dan mereka yang fokus dibidang medislah yang menyatakan ini.

Bahkan Menteri Kesehatan Nila Djuwita Moeloek juga menegaskan hal ini bahwa penyakit campak (measels) dan rubella bila sudah terkena anak-anak akan mematikan. Menggunakan vaksin adalah satu-satunya cara untuk menghindari kedua penyakit tersebut. Kalau sekelas Menteri kesehatan saja sudah menyatakan seperti ini lantas kenapa kita yang tak punya pendidikan kesehatan masih berani mengambil kesimpulan sendiri?

“Saya mengingatkan kalau terkena penyakit ini tidak ada pengobatannya. Kita hanya mencoba meningkatkan supaya gejala berkurang,” ujar Nila.

Belum Bersertifikat Halal, Bukan Berarti Lantas Haram

Nah ini yang bikin ramai kemarin. Vaksin MR dikabarkan haram dan tidak boleh digunakan oleh mereka yang muslim. Padahal informasi tepatnya, vaksin MR ini sertifikasinya sedang dalam proses pengurusan.

Analogi sederhananya begini. Ketika kita membeli mie ayam atau ketoprak yang lewat di depan rumah, pernahkah kita mencap makanan tersebut haram karena tidak ada sertifikat halalnya? Kenapa kita bisa tenang saja dan tak mempermasalahkan makanan tersebut? Kalau untuk perkara yang lebih ringan saja kita bisa melihatnya secara jernih, kenapa pulak untuk urusan mendesak macam vaksin MR kita begitu ngotot?

Apalagi urusan vaksin MR ini sebetulnya sudah tertuang dalam Fatwa MUI Nomor 33 Tahun 2018 yang memutuskan bahwa Vaksin MR produksi Serum Institute of India (SII) diperbolehkan untuk imunisasi. Kalau sudah ada fatwa berhukum Mubah dari para ulama macam ini, kenapa masih harus ragu lagi?

Paling Konyol Adalah Tuduhan Vaksin MR Dibuat Dari Darah Pelacur

Mungkin ini tuduhan paling gila dan brutal. Disebarkan isu bahwa vaksin MR ini dibuat dari campuran darah pelacur dan darah para penjahat. Jelas ini tuduhan yang begitu sesat. Karena vaksin MR ini merupakan produk kesehatan yang harus melalui uji yang ketat. Proses berisiko seperti menggunakan darah apalagi darah pelacur dan penjahat jelas tidak mungkin dilakukan.

Vaksin MR yang digunakan di Indonesia sudah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM. Jadi, vaksinasi MR aman dilakukan. Vaksin ini pun nyatanya telah digunakan di lebih dari 141 negara dunia. Apa iya 141 negara itu akan diam saja kalau vaksin MR dibuat asal-asalan seperti tuduhan itu?

Efek Samping Vaksin MR Hanya Minor Dan Nyaris Tidak Dirasakan

Salah satu alasan orang tua menolak anaknya di vaksin MR adalah karena adanya isu bahwa vaksin ini bisa menyebabkan autisme pada anak. Padahal hingga saat ini tidak ada studi yang membenarkan isu tersebut.

Sementara yang benar, umumnya vaksin MR tidak memiliki efek samping yang berarti. Sekalipun ada, efek samping yang ditimbulkan cenderung umum dan ringan, seperti demam, ruam kulit, atau nyeri di bagian kulit bekas suntikan. Ini merupakan reaksi yang normal dan akan menghilang dalam waktu 2-3 hari.

Tak Bisa Egois Soal Vaksin MR, Karena Mereka Yang Tak Divaksin Bisa Menularkan

Seringnya mereka yang menolak vaksin beralasan bahwa ikut tidaknya vaksinasi adalah urusan ranah pribadi. Masalahnya untuk urusan penyakit macam campak dan rubella ini, pencegahannya hanya bisa dilakukan secara bersamaan.

Ambil contoh misalnya jika anak kita sudah divaksin, maka dia tidak akan terkena penyakit tersebut. Masalahnya jika sekelilingnya tidak divaksin, jika nanti anak kita memiliki keturunan bisa jadi tertular di dalam kandungan oleh orang lain yang tidak divaksin.

Jadi kalau masih ngotot tak mau ikut vaksinasi rasanya tepat idiom yang tersebar selama ini. Tak masalah kamu tidak mau ikut vaksin, tapi silahkan mengasingkan diri jauh-jauh dan jangan tinggal dekat kami yang memilih untuk ikut vaksinasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Kata dalam Bahasa Inggris yang Memiliki Dua Makna Berbeda

Dalam belajar bahasa Inggris, terkadang kita mengalami kesulitan dalam memaknai sebuah kata. Terlebih jika kata tersebut memiliki dua makna atau lebih yang berbeda. Nah, untuk itu kami ingin membantumu lebih memahami tiap kata yang memiliki makna ganda. Coba baca lebih lanjut ya…

1. Back

Sebagian besar orang memaknai kata back dengan arti “belakang”. Namun ternyata, selain arti tersebut, kata back juga memiliki makna lain, yaitu “punggung”.

2. Second

Kata second nyatanya tak hanya berarti “detik”. Kata ini memiliki makna lain, yaitu “kedua”. Jadi selalu perhatikan konteks kalimatnya sebelum memaknainya ya.

3. Well

Saat kamu mendengar kata well, apa yang kamu pikirkan mengenai arti kata tersebut? Kata ini sering diartikan “baik”. Namun selain itu, kata well juga memiliki makna lain, yaitu “sumur”.

4. Mine

Jangan sampai tertukar dalam memaknai kata ini ya? Kata mine memang pada umumnya diartikan “milikku”. Namun selain makna tersebut, kata mine juga bermakna “ranjau”.

5. Bolt

Kata bolt memiliki dua makna berbeda loh. Jadi mana yang kamu maksud? Makna “baut” atau makna “gemuruh petir”.

6. Bat

Kedua makna kata bat sangat berbeda jauh, jadi jangan lupa untuk selalu teliti dalam melihat konteks kalimatnya. Yang satu bermakna “kelelawar”, yang satu bermakna “kayu pemukul”.

7. Jam

Hati-hati memaknai kata yang satu ini, kata jam memiliki dua makna yang jauh berbeda. Makna jam adalah “selai” dan “macet”.

8. Watch

Makna dari kata watch di antaranya adalah sebagai verb dan juga noun. Yang satu artinya “melihat” dan yang satunya lagi “jam tangan”.

9. Bark

Kata bark memiliki dua makna yang berbeda. Sama halnya dengan kata watch, kata bark juga memiliki makna sebagai verb dan noun. Makna kata kerjanya adalah “menggonggong” dan kata bendanya adalah “kulit pohon”.

10. Can

Kata can ternyata juga memiliki dua makna yang berbeda loh. Jangan sampai salah ya. Ada makna yang berarti “bisa” dan juga makna “kontainer”. Usahakan untuk memaknai sebuah kata dari konteks kalimatnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Bisnis Makanan Indonesia di Luar Negeri yang Bisa Bikin Kaya Raya

Indonesia merupakan negara yang kaya akan wisata kulinernya. Tak heran jika banyak orang asing yang terpikat dengan kelezatan beberapa makanan khas Indonesia. Terlebih dengan kekayaan rempah-rempah Indonesia yang mampu membuat cita rasa makanan Indonesia terasa lebih mantap. Kamu harus tahu nih, bisnis makanan Indonesia ini bisa bikin kamu jadi orang kaya raya di Luar Negeri loh.

Sumber : Travellingyuk

1. Bakso

Bakso merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang banyak digemari orang luar negeri. Keistimewaan bakso ini terletak pada rempah yang ada dalam bakso itu sendiri juga pada kuahnya. Kamu bisa mendapat banyak keuntungan loh dengan membuka bisnis kuliner bakso di negara lain.

2. Penyetan

Kamu harus tahu, di negara Eropa, seperti Belanda dan Swiss ada banyak orang yang sangat suka makan tempe atau pecel lele. Bahkan satu iris tempe kecil saja bisa dijual 2 euro dan satu porsi pecel lele bisa mencapai 15 euro atau senilai Rp 225 ribu.

3. Sate

Kamu tentu sudah tahu bukan kalau orang luar negeri sangat suka barbeque-an saat ada acara maupun pesta. Nah kamu bisa banget nih menawarkan alternatif yang baru dengan membuka bisnis kuliner sate. Keistimewaannya tentu ada di bumbu satenya yang beda dari yang lain.

4. Gado-gado

Kamu bisa meraih banyak keuntungan dengan menjual gado-gado di luar negeri, terlebih di Eropa atau Amerika. Hal ini karena gado-gado mirip dengan salad yang biasa dikonsumsi di negara tersebut. Gado-gado akan memiliki keistimewaan yang berbeda dari segi saus kacang dan taburan bawang goreng juga kerupuk renyah di atasnya.

5. Mie Instan

Indomie memang menjadi salah satu makanan Indonesia yang sudah diekspor sampai ke beberapa negara. Tentu saja hal ini karena cita rasa Indomie memiliki keistimewaan dibanding produksi mie instan di negeri yang lain. Kamu bisa kok memanfaatkan hal ini dengan membuka bisnis mie instan di luar negeri dengan sedikit kreativitas dalam penyajiannya.

6. Nasi Padang

Banyak orang sudah mengakui kelezatan nasi padang terlebih rendangnya. Rendang bahkan masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia. Jadi, kamu memiliki potensi keuntungan yang cukup besar dengan membuka bisnis kuliner nasi padang di luar negeri.

7. Soto

Orang luar negeri memiliki kegemaran dalam hal makanan. Biasanya mereka sangat suka mengonsumsi sup. Nah kamu bisa coba penawaran baru nih dengan menyuguhkan soto sebagai menu makanan di sana.

8. Nasi Goreng

Nasi goreng juga merupakan makanan yang kaya akan rempah Indonesia. Makanan yang satu ini bahkan masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia. Jadi bisa dijamin kalau kamu coba bisnis kuliner ini di luar negeri, kamu bisa mengantongi keuntungan yang cukup besar.

9. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Banyak orang suka mengonsumsinya sebagai camilan. Meski di Indonesia gorengan terkenal sebagai makanan yang murah dan tak terlalu sehat, ternyata di Belanda, harga satu buah pisang goreng bisa dijual dengan hampir Rp 80 ribu loh.

10. Martabak

Biasanya kalau di luar negeri, mereka kebanyakan suka makan junkfood seperti pizza atau burger. Namun di Indonesia ada hal yang menarik untuk disantap dan tentunya lebih sehat, yaitu martabak, baik itu martabak telur maupun martabak manis.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Yusaku Maezewa : Konglomerat dari Jepang yang Akan Jadi Turis Pertama Ke Bulan

Liburan keliling dunia mungkin sudah biasa, tapi bagaimana jika tujuan liburannya adalah bulan? Yap, kamu tak salah baca. Pada Senin, 17 September lalu, Elon Musk selaku CEO SpaceX, mengumumkan jika ada seseorang yang akan jadi orang pertama yang akan melakukan perjalanan menuju bulan.

Dan lelaki beruntung itu adalah Seorang konglomerat dari Jepang, bernama Yusuka Maezewa. Konon Yusaku juga akan mengajak 8 orang lain, yang identitasnya masih belum dibagikan. Mereka akan menaiki Big Falcon Rocker atau BFR, yang saat ini masih dalam tahap pembuatan. Tapi, meski demikian katanya roket ini akan jadi yang terbesar yang pernah dibuat. Dengan perkiraan tinggi sepanjang 118 meter yang setara dengan gedung 35 lantai, dan diameter sepanjang 9 meter.

Rencana ini diagendakan akan selesai dibangun dan siap meluncur pada tahun 2023 mendatang. Dengan kata lain, Yusaku juga akan jadi orang pertama dengan kewarganegaraan non-AS yang dapat terbang ke bulan. Meski tak akan mendarat, dan hanya berkeliling mengitari orbit bulan dari roket yang membawannya terbang. Yusaku tetap jadi manusia perdana yang melakukan perjalanan liburan menuju bulan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top