Tips

Lelah Sekali Berulang Kali Dibohongi, Ini Caranya Agar Tak Ditipu Lagi

berbohong

Kenapa kita sulit sekali mendeteksi kebohongan? Itu terjadi karena kita sudah terlalu terbiasa untuk berbohong dan dibohongi. Sebuah studi di toronto Canada menemukan bahwa 90 persen anak, sudah belajar berbohong semenjak usia 4 tahun.

Kemudian studi lain menyebutkan 60 persen orang dewasa minimal melakukan satu kebohongan setelah 10 menit melakukan pembicaraan. Sementara sisanya alias 40 persen, berbohong sedikitnya 10 kali dalam satu minggu.

Kebohongannya mungkin bukan sesuatu yang serius. Misalnya ditanya kabar, kita menjawab baik padahal tidak. Atau memuji penampilan seseorang ketika diminta pendapat padahal kita tidak menyukainya.

Coba bayangkan sejak usia 4 tahun kita sudah berbohong dan tentunya sudah dibohongi. Sekurangnya seminggu sekali kita berbohong dan dibohongi. Nah, karena sudah terlatih sejak kecil kita jadi tidak peka terhadap kebohongan. Secara tak sadar kita jadi permisif dengan perilaku bohong.

Permasalahannya, bisa jadi kita dihadapkan pada bentuk kebohongan yang membahayakan diri kita. Mulai dari dibohongi pasangan, rekan bisnis, dan lainnya dengan bentuk bohong yang melukai hati bahkan mencederai sebuah hubungan. Sayangnya, kita sering tak bisa merasakan kebohongan itu sesegera mungkin.

Untuk itu, kita perlu menajamkan lagi intuisi terhadap kebohongan. Supaya kita bisa membuat diri kita yang terbiasa tadi untuk lebih awas. Coba perhatikan, hal-hal ini!

Kok Tiba-Tiba Suaramu Jadi Lebih Tinggi?

Seseorang punya pola intonasi suara yang tetap. Coba perhatikan dimana tinggi rendah lawan bicara kita. Buat garis imajinasi kewajaran. Kemudian, perhatikan ketika mereka mulai bercerita. Jika pada satu titik, suaranya tiba-tiba menjadi tinggi atau justru menjadi rendah tanpa ada faktor luar yang mempengaruhi (marah, sedih atau sebagainya), itu sebuah tanda untuk kita waspada. Bisa jadi saat itu dia sedang berbohong

Kenapa Bicaramu Jadi Lebih Cepat Dari Biasanya?

Sama dengan intonasi, kecepatan bicara seseorang juga sudah ada standarnya masing-masing. Amati dan buat rata-rata jumlah kata yang biasa digunakan lawan bicara kita dalam satu menit. Pancing mereka untuk bicara hal-hal yang sudah kita ketahui. Misalnya, fakta diri seperti usia, informasi berita terbaru, dll.

Ketika kita sudah dapat standarnya, perhatikan ketika mereka membicarakan hal lain. Jika jumlah kata yang digunakan lebih sedikit atau lebih banyak, ini tanda bahwa mereka sedang berbohong. Mudahnya, orang yang berbohong cenderung bicara lebih cepat atau justru lebih lambat dibanding ketika sedang jujur.

Garuk-garuk hidung terus? Hidungmu gatal?

hidung gatal bohong

Penelitian menemukan bahwa sensor otak akan menerima informasi bahwa hidung terasa sedikit gatal atau ada yang mengganggu di hidung jika kita sedang berbohong. Sewaktu Bill Clinton ditanya disidang dan berbohong tentang selingkuhnya dengan Monica Lewensky, disebut bahwa Presidan Amerika Serikat itu menyentuh hidungnya sebanyak 88 kali! Jadi perhatikan apakah lawan bicara kita menyentuh hidungnya berulang-ulang ketika sedang menceritakan sesuatu.

Apa iya orang yang berbohong itu tidak bisa melihat mata lawan bicaranya?

Ini kesalahan yang sering diungkapkan tentang kebohongan. Banyak orang percaya bahwa ketika berbohong, orang tidak akan berani menatap lawan bicaranya. Hal ini salah besar! Karena justru orang yang berbohong akan cenderung menatap lawan bicaranya.

Semua itu dilakukan karena secara tak sadar orang yang sedang berbohong itu ingin mengetahui apakah kebohongannya berhasil atau tidak. Normalnya orang akan menatap lawan bicaranya 50 persen dari lama total kalimat yang dikeluarkannya. Jika ia memandang lebih dari 70 persen selama pembicaraan, kita harus hati-hati karena sepertinya ia sedang berbohong.

Kenapa melirik ke kiri terus?

Orang yang sedang berbohong akan cenderung melirik ke arah kiri. Jika ia sedang berbohong yang berkaitan dengan visual, misalnya “aku lihat, aku tidak melihat, sejauh yang aku tahu, tadi aku pergi ke..” maka ia akan melihat ke kiri atas. Sementara jika kebohongannya berkaitan dengan perkataan, “Aku gak bilang begitu, maksud aku bilang begitu…” maka ia akan melihat ke kiri secara mendatar.

mata berbohong

Jadi kamu jatuh cinta dengannya? Ya nggak sih!

Orang yang berbohong sering kali menggunakan kata-kata yang kontradiksi alias saling berlawanan dalam satu kalimat utuh. Kerena itu berhati-hatilah dengan kalimat “iya bukan begitu juga” atau “ya nggak sih” dan sejenisnya. Dalam kalimat panjang hal ini juga bisa terjadi.

Misalnya ada perbicangan seperti ini:

“Menurutmu si Anita cantik gak?”

“Banyak yang bilang dia cantik sih, tapi menurutku biasa saja”

Atau situasi lain misalnya:

“Bagaimana menurutmu dengan strategi marketing kita yang baru?”

“Dalam situasi normal bisa jadi itu gak berhasil, tapi dengan tim yang kita punya saya yakin bisa!”

Cerita Yang Dipanjang-panjangkan cenderung banyak bohongnya

Mereka yang berbohong cenderung lebih banyak menambahkan detail dan bumbu-bumbu cerita. Hal ini dilakukan secara tak sadar untuk menutupi kebohongan yang dilakukan.

Misalnya, kita ambil contoh sebuah situasi seseorang baru pulang dari kantor dan menemui istrinya:

“Halo sayang!” ucap si pria ketika baru pulang

“Hei, tumben baru pulang, macet ya?” tanya pasangannya

“Iya, wow jalanan tadi luar biasa macet. Di tol ada truk yang terbalik. Truk yang panjang itu loh, yang 18 roda kamu tahu khan? Dia melintang di tengah jalan, dan sepertinya sedang membawa container berisi buah-buahan. Banyak pisang, rambutan yang tumpah di jalanan. Mobil-mobil jadi tidak lewat. Kamu sendiri tahu tol dalam kota di jam pulang kantor begini, biasanya bisa 10-20 mobil tiap setengah menit. Kejadianlah panjang macetnya. Dan polisi baru tiba satu jam kemudian, itu pun menggunakan motor. Motor biasa, bukan motor gede…dst”

Detail yang keterlaluan seperti ini biasanya dikeluarkan jika seseorang sedang berbohong.

Oh begitu, coba kamu ceritakan terbalik?

Ini salah satu trick untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak. Seorang pembohong akan mempersiapkan ceritanya secara tak sadar di kepalanya. Semua detail sudah diperhitungkan. Masalahnya ketika kita berbohong, otak kita hanya melatih memanggil memori secara berurutan dari depan ke belakang.

Hal ini tidak bisa dilakukan sebaliknya. Kebohongan tidak bisa dilakukan secara terbalik. Biasanya ceritanya tidak akan selancar ketika bercerita dari depan ke belakang. Dan terutama jadi akan banyak detail cerita yang tidak konsisten.

Misalnya dicerita yang tadi, setelah selesai diceritakan, kita bisa bertanya secara mundur

“Tadi motor polisnya bukan yang besar jadi ya? Motor apa tadi?”

Kemudian disusul

“Iya tadi di tol jadi berapa mobil tiap setengah menitnya?”

“Kenapa mobilnya tidak bisa lewat?”

“Truknya bawa pisang, rambutan sama duku ya?”

Perhatikan bagaimana kita menambahkan detail buah duku. Jika lawan bicara mengiyakan dan tak mengkoreksi bisa dipastikan ia berbohong karena ia melewatkan detail tidak adanya duku yang jatuh dari truk itu.

Jadi lain kali, jangan mau dibohongi ya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Sering Dilirik Perusahaan, Gunakan 5 Jenis Font Ini untuk CV Lamaranmu

Biasanya kalau kamu hendak melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, tentu aka nada persyaratan CV dan surat lamaran pekerjaan. Tidak sedikit pelamar yang tidak tahu tentang tata aturan membuat sebuah CV dan surat lamaran yang menarik perhatian perusahaan yang dituju.

Nah berikut adalah 5 jenis font yang paling banyak dilirik oleh perusahaan. Siapa tahu kamu salah satu orang yang beruntung, tidak ada salahnya mencoba.

1. Garamond

Kamu bisa menggunakan jenis font ini untuk membuat tulisanmu menjadi lebih elegan. model jenis font ini juga sangat mudah dibaca, namun kamu juga perlu berhati-hati. Karena jenis font ini bisa menunjukkan kesan kuno.

2. Arial

Jenis font Arial merupakan jenis font yang paling banyak digunakan dalam beragam tulisan. Hal ini dikarenakan jenis fontnya yang sangat sederhana dan bisa digunakan untuk semua jenis desain tulisan.

3. Georgia

Jenis font lain yang bisa kamu gunakan adalah jenis font Georgia. Jenis font ini bisa kamu gunakan untuk membuat tulisanmu nampak elegan. bedanya jenis font ini dengan jenis font Garamond adalah jenis font ini tidak menunjukkan kesan kuno dalam tulisannya.

4. Halvetica

Di kalangan desainer terkenal, jenis font ini cukup popular. Ini merupakan salah satu jenis font yang cocok untuk digunakan kapanpun. Tak hanya itu, font ini juga salah satu jenis font yang paling sering dipakai untuk pembuatan CV dan surat lamaran pekerjaan.

5. Calibri

Jenis font Calibri merupakan font dasar Microsoft Office 2007 sebagai pengganti font Times New Roman sebagai jenis huruf paten yang digunakan dalam Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Jenis font ini adalah jenis font yang sangat jelas dibaca dan memiliki kesan tersendiri. Jenis font ini juga sangat sesuai untuk digunakan dalam berbagai jenis situasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Menguak Rahasia Kematian, Ini 5 Penjelasan Perihal Mati Suri yang Jarang Kamu Dengarkan!

Kamu pasti pernah mendengar bukan perihal mati suri? Lalu pernah nggak sih kamu merasa penasaran tentang mati suri itu sendiri. Mati suri memang kerap dihubungankan dengan unsur magic atau gaib. Fenomena ini pun ternyata tak hanya pernah dialami oleh orang dalam negeri, tetapi orang luar negeri pun juga pernah mengalaminya.

Ternyata ini penjelasan dari apa yang dirasakan oleh mereka yang mengalami mati suri!

Merasa Seperti Benar-benar Meninggal

Secara ilmiah mati suri yang kerap dialami oleh beberapa orang merupakan fenomena yang disebabkan oleh gangguan otak di bagian korteks pariental dan prefrontal. Hal inilah yang menjadi penyebab orang yang mati suri merasakan seolah benar-benar sudah meninggal.

Merasa Seakan Jiwa Kita Keluar dari Raga

Perasaan seakan jiwa melayang keluar dari raga atau out of body experience memang kerap dirasakan oleh orang-orang yang mengalami mati suri. Hal ini disebabkan oleh tubuh yang berada pada fase tidur yang sangat nyenyak, seperti memang telihat benar-benar mati.

Berinteraksi dengan Orang Mati

Untuk hal yang satu ini, ilmuwan mempercayai bahwa gangguan dopamin serta nilai agama yang ditanam seseorang sejak kecil memiliki peran dalam fenomena ini.

Melihat Terowongan Cahaya

Saat mati suri, orang tersebut kekurangan pasokan darah dan oksigen di retina yang membuat penglihatan di daerah tepi mata mengalami gangguan. Jika seseorang yang mengalami mati suri merasa seperti melihat terowongan cahaya, hal inilah penyebabnya.

Kadangkala Memunculkan Sebuah Keahlian Baru

Ada beberapa orang yang mengaku bahwa pasca dia mengalami mati suri, seakan mata batinnya terbuka dan lebih sensitif terhadap suatu hal. Fenomena ini pernah diangkat dalam sebuah film Flatliners yang menceritakan pengalaman mati suri yang dialami oleh sekelompok mahasiswa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Fakta Aneh Tentang Vagina yang Perlu Perempuan Tahu

Selama ini mungkin kamu hanya mengetahui hal umum saja tentang vaginamu. Namun pada kenyataannya ada beberapa fakta aneh yang bisa terjadi pada vagina seorang wanita. Jika kamu sudah mengetahui 5 fakta ini, mungkin kamu akan berpikir itu tidak mungkin dan terheran-heran karenanya. Berikut adalah ulasannya.

1. Seseorang Bisa Saja Terlahir dengan Dua Vagina

Kondisi ini memang jarang terjadi. Kondisi ini pernah terjadi pada seorang wanita bernama Hazel Jones dimana dia terlahir dengan kondisi memiliki dua vagina dan dua Rahim. Meski sempat ditawari untuk melakukan operasi, dia lebih memilih hidup apa adanya dengan dua vagina dan dua Rahim yang dimilikinya.

2. Setiap Vagina Berbeda, Walau Terlihat Sama

Meski pada umumnya vagina yang dimiliki oleh satu wanita dengan wanita lainnya terlihat sama, nyatanya vagina setiap orang memiliki perbedaan. Perbedaan itu terletak pada kedalaman vagina dan panjang vagina.

3. Vagina Mampu Membersihkan Dirinya Sendiri Lebih Baik dari Area Tubuh yang Lain

Membersihkan vagina menggunakan produk yang terlalu wangi memang sebaiknya dihindari. Nyatanya vaginamu bisa membersihkan areanya sendiri lebih baik dibanding dengan area tubuh lainnya. Keputihan pada vagina adalah tanda adanya proses pembersihan yang dilakukan sendiri oleh vagina.

4. Rambut Vagina Memiliki Peranan Penting dalam Hubungan Intim

Rambut vagina memiliki fungsi untuk menahan gesekan yang terjadi antara vagina dan penis saat berhubungan intim agar vagina tidak mengalami iritasi akibat gesekan yang terjadi terus-menerus. Karena alasan inilah kamu tidak boleh mencukur rambut vagina sampai habis.

5. Bahkan Seseorang Bisa Saja Terlahir Tanpa Vagina

Nyatanya di dunia ini juga ada seseorang yang terlahir tanpa vagina. Salah satunya adalah Jacqui Beck. Dia terlahir tanoa lubang vagina, tanpa Rahim dan tanpa serviks. Hal ini akhirnya menyebabkan dia tidak bisa berhubungan seksual dan tidak bisa melahirkan anaknya sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top