Feature

Bukan Hanya Makanan, Barang-barang Rumah Tangga Pun Punya Masa Kadaluarsa Lho Ya!

Siapa bilang peralatan di sekitar kita tak memiliki waktu kadaluarsa? Faktanya setiap benda yang ada pasti punya jangka waktunya tersendiri untuk akhirnya harus diganti. Nah, soal ini, kamu harus banyak baca dan cari tahu ya. Selain demi kebersihan, kamu pun juga ikut berkontribusi menjaga kesehatan dari potensi bakteri yang mungkin bersarang di peralatan yang sudah terlanjur sering digunakan.

1. Sponge (2 Minggu)

Alat mandi atau alat pencuci seperti sponge sejatinya tempat jamur berkembang biak dengan lebih pesat. Untuk itulah, tak disarankan untuk mempertahankan sponge sampai berbulan-bulan. Waktu kadaluarsa alat mandi yang satu ini justru hanya sekitar dua minggu. Setelahnya, demi kulit yang lebih sehat, gantilah jika sudah melewati batas kadaluarsa

2. Handuk Mandi (1-3 Tahun)

Satu lagi tempat yang cukup dimanfaatkan bakteri untuk berkembang biak adalah handuk. Apalagi kalau handuknya basah dan tak segera dijemur, potensi bakteri jahat untuk berkembang pun semakin besar lagi. Hanya saja, tak seperti sponge, handuk mandi biasanya bisa dicuci bersih dengan rutin. Dengan mencucinya secara benar dan rutin, tentu akan membantu menuntaskan bakteri yang menempel. Tapi kamu perlu tahu, lewat dari satu sampai tiga tahun, sebaiknya ganti handukmu, ya!

3. Sikat Gigi (3 Bulan)

Dalam sehari kira-kira berapa kali kamu menyikat gigi? Karena benda yang satu ini sangat sering dipakai dalam sehari, masa kadaluarsanya pun terbilang cepat yaitu tiga bulan. Artinya, setiap tiga bulan sekali kamu harus mengganti sikat gigimu ya. Anjuran ini pun sudah sering disuarakan oleh dokter gigi. Semua ini demi kesehatan mulut dan gusimu juga lho.

4. Sisir (1 Tahun)

Terutama perempuan, pasti jauh lebih sering memakai sisir demi menata rambut. Nah, kamu perlu tahu, kebersihan sisir pun perlu dijaga. Setidaknya pastikan kamu punya sisir sendiri yang tidak kamu pinjamkan ke orang-orang. Di lain sisi, cucilah sisirmu setiap seminggu sekali. Untuk masa kadaluarsanya pun sisir harus diganti setiap satu tahun sekali. Ingat ya…

5. Dot atau Empeng (2-5 Minggu)

Ibu muda wajib tahu soal ini. Memberikan dot pada anak atau empeng bukan berarti membiarkannya begitu saja sampai si anak merasa bosan. Justru, masa kadaluarsa dot atau empeng terbilang cepat yaitu dua sampai lima minggu setelah digunakan. Bahan yang digunakan pada dot maupun empeng bayi sejatinya tak baik untuk kesehatan buah hati kalau dibiarkan terlalu lama dan tak kunjung diganti.

6. Disinfektan (3 bulan)

Kandungan zat pada disinfektan biasanya tak bertahan lama. Untuk itulah, setelah tiga bulan, formula disinfektan tak akan berfungsi maksimal seperti saat baru dibeli. Karenanya, kalau sudah tiga bulan, sebaiknya ganti saja dengan yang baru. Tapi pastikan, kalau disinfektan dirumah masih tersisa, buanglah dengan cara yang tepat.

7. Rempah-rempah (1-3 tahun)

Setiap beli bumbu dapur pasti jarang sekali ada keterangan kadaluarsa. Apalagi kalau belinya di warung sayur atau pasar tradisional. Untuk itulah kamu yang harus mengakali. Pastikan rempah-rempah yang ada di rumahmu tak disimpan lebih dari satu tahun karena rasa dan aromanya pasti berubah. Kalau memang sudah terlihat lama, beli saja dengan rempah yang baru ya.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Belum Jadi Pecinta K-Drama Sejati Sebelum Nonton 7 Drama Korea Lawas Ini

Untuk kamu yang mengaku sebagai pecinta drama korea, pasti tontonannya tak hanya drama Descendent of The Sun kan? Rasanya kurang afdol jika kamu mengaku pecinta K-Drama sebelum kamu menonton 7 drama Korea lawas ini terlebih dahulu.

1. Full House

Sumber : Korea.net

Drama ini menceritakan tentang pernikahan kontrak. Cerita dalam drama ini dikemas dengan sangat manis dan juga lucu. Tak heran jika pecinta drama ini cukup banyak.

2. Memories In Bali

Sumber : PopScreen

Kalau kamu orang Indonesia yang mengaku suka bahkan cinta banget dengan drama Korea, pasti sudah nonton drama yang satu ini dong? Ya, sesuai dengan judulnya, drama Korea ini merupakan drama yang memiliki setting Bali.

3. Princess Hours

Sumber : IDN Times

Meski memiliki latar belakang kerajaan masa lalu, namun drama ini sangatlah memukau. Tokoh yang ada dalam drama ini juga diperankan oleh aktor dan aktris yang sangat bertalenta, salah satunya adalah Joo Ji Hoon yang berperan sebagai Lee Shin.

4. Jewel In The Palace

Sumber : variety.com

Drama ini memiliki latar belakang zaman kerajaan yang masih kental dengan sejarah, budaya sampai obat-obatan tradisional ala Korea. Jika kamu ingin tahu banyak tentang budaya, sejarah dan hal tradisional lainnya tentang Korea, kamu bisa coba tonton drama ini. Keren banget pokoknya.

5. Stairway to Heaven

Sumber : Kdramalove.com

Drama yang satu ini juga memiliki rona yang terpancar indah loh. Tak kalah dengan drama Korea lawas lainnya. Drama ini termasuk genre romance mellow. Dijamin kamu akan tersentuh oleh cerita dalam drama ini.

6. Sassy Girl Chun Hyang

Sumber : HanCinema

Sassy Girl Chun Hyang merupakan drama Korea lucu yang bercerita tentang perjodohan. Cerita dalam drama ini dikemas dengan sangat apik. Kamu yang menontonnya pasti akan terkesima dan terhibur oleh adegan lucu yang disuguhkan di dalamnya.

7. Endless Love

Sumber : Pinterest

Cerita dari drama ini sangatlah menyentuh. Jika kamu menontonnya, mungkin kamu bisa nangis bombay karena cerita yang sangat menyayat hatu. Bahkan sampai saat ini, drama ini masih memiliki banyak penggemar loh.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Dijamin, 6 Tips Ini akan Membuatmu Makin Kece dan Beda dari Yang Lain

Tidak bisa dipungkiri, tentu terkadang kamu ingin mendapatkan eksistensi dirimu sendiri diakui di lingkungan sosialmu. Untuk mendapatkan hal itu sebenarnya tak melulu dengan barang branded kok. Kamu bisa jadi dirimu sendiri dengan karakter yang kuat. Berikut adalah enam tips untukmu.

1. Berikan Sentuhan Seni pada Barang Pribadimu

Jika kamu memiliki barang yang sekiranya banyak orang memilikinya juga, kamu bisa mengakalinya dengan jiwa senimu kok. Cobalah untuk kreatif. Kamu bisa melukis barang pribadimu seperti sepatu, tas atau barang lainnya sesuai dengan imajinasimu sendiri.

2. Membuat Style-mu Sendiri

Cobalah bereksperimen dengan gayamu dalam berbusana. Salah satu caranya kamu bisa mendesain sendiri baju yang menurutmu menunjukkan karakter aslimu. Nah, dengan begini, tak akan ada orang yang memiliki style sama denganmu.

3. Memakai Aksesoris yang Menunjukkan Dirimu

Sebagai pelengkap, kamu bisa menambahkan aksesoris yang menggambarkan karaktermu. Aksesoris ini bisa berupa pin, gelang, atau aksesoris simple lainnya. Pasti penampilanmu akan lebih terlihat kece.

4. Memanfaatkan Objek Sekitar untuk Foto

Banyak orang menunjukkan eksistensi dirinya lewat unggahan foto di sosial medianya. Nah kamu juga bisa melakukan hal tersebut. Tak perlu menggunakan objek yang mahal. Kamu bisa memanfaatkan objek di sekitarmu untuk menghasilakan jepretan yang kece. Misalnya kamu bisa menggunakan kaca pembesar atau gelas yang berisi air.

5. Memaksimalkan Gadget

Sekali lagi, jika kamu ingin menghasilkan foto yang bagus untuk unggahanmu, kamu tak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Manfaatkanlah yang ada dengan semaksimal mungkin. Misalnya kamu bisa memodifikasi perangkat flash di kameramu. Kamu bisa menciptakan diffuser sederhana dari kantong plastik untuk menghasilkan foto dengan cahaya yang lebih mulus.

6. Memodifikasi Barang Kesukaanmu

Kamu juga bisa memodifikasi barang kesukaanmu sesuai dengan karaktermu. Misalnya kamu sangat suka musik terutama gitar, kamu bisa memodifikasi gitarmu dengan menempel sticker atau hal unik lainnya dalam proses modifikasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ingat, 5 Tipe Teman Ini Patut untuk Kamu Pertahankan

Sebagai makhluk sosial, kamu tak akan bisa hidup tanpa keberadaan orang lain. Terutama keluarga dan juga teman. Saat kamu sedang butuh teman bicara atau butuh apapun, tentu orang yang akan kamu cari adalah keluarga dan temanmu. Nah, dalam memilih teman, kamu pun harus selektif.

Hati-hati dalam berteman karena selama ini sudah banyak kasus yang melibatkan teman sebagai tersangka. Namun, disamping itu semua. Setidaknya ada beberapa jenis teman yang layak kamu pertahankan jika saat ini mereka sudah kamu temukan.

1. Pendengar yang Baik

Tak banyak orang yang bisa menjadi pendengar terbaik. Saat kamu sudah menemukan teman yang mau mendegarkan segala keluh kesahmu dan juga kabar bahagiamu, maka pertahankanlah. Kamu sangat butuh sosok teman pendengar yang baik dalam kehidupanmu.

2. Mampu Menjaga Rahasia

Jika kamu mencari teman yang suka membicarakan rahasiamu pada orang lain, mungkin akan sangat mudah. Namun untuk mendapatkan teman yang bisa menjaga rahasiamu sampai akhir hayatnya sangatlah sulit. Jika diumpamakan, mungkin hal itu layaknya mencari jarum di tumpukan jerami. Jadi saat kamu menemukannya, pertahankanlah selamanya.

3. Humoris

Saat kamu sedang sedih atau dalam mood yang kurang baik, tentu kamu membutuhkan sosok yang bisa menghiburmu. Salah satu teman yang harus kamu pertahankan dalam kehidupanmu adalah teman dengan selera humor tinggi. Karena kamu akan selalu bisa tertawa lepas saat bersamanya.

4. Setia dalam Kondisi Apapun

Kamu akan dengan mudah menemukan teman yang mau menemani di saat senangmu, namun belum tentu dia mau menemunimu di saat sulitmu. Pertahankanlah dia yang tetap mau menemanimu dalam kondisi apapun. Dia akan selalu ada untukmu saat kamu membutuhkannya.

5. Asyik Diajak Seru-seruan

Tipe teman yang satu ini akan selalu asyik untuk kamu ajak seru-seruan bersama. Dia tak selalu menjadi dirinya sendiri, begitu pun denganmu. Tak ada kata malu atau jaim dalam pertemanan kalian. Jika kamu menemukan teman seperti ini, kamu patut mempertahankan pertemananmu itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top