Community

Buat Kamu yang Gak Pernah Liburan, Ini 8 Alasan Kenapa Liburan Bikin Kamu Lebih Bahagia

Setiap hari kamu harus bangun jam 5 pagi, mandi, menyiapkan sarapan, pergi ke kantor, menghadapi kemacetan, bekerja, lalu pulang kerja, kemudian tidur, dan esok harinya melakukan hal yang sama lagi secara terus menerus sampai usiamu tua.

Terjebak dalam rutinitas yang sama setiap hari dapat membuat hidup jadi kurang menari. Tidak ada tantangan yang membuat kamu termotivasi untuk melakukan sesuatu yang berbeda, kamu terus melakukan hal yang sama setiap hari karena sudah terjebak dalam zona nyaman tersebut yang artinya kamu butuh liburan!

Banyak sekali manfaat liburan yang bisa kamu rasakan untuk membuat hidup kamu lebih bahagia dan lebih sehat, manfaatnya bahkan lebih baik daripada hanya memiliki harta semata.

Kebahagiaan Gak Hanya Kamu Dapatkan Dari Uang Yang Banyak Pergi Berlibur Bersama Temanmu Kebahagiaan Sejati Akan Muncul

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University menemukan sebuah cara yang dapat membuat kamu terlepas dari rutinitas sehari-hari yang membosankan. Profesor Thomas Gilovich menunjukan persamaan kebahagiaan yang didapat ketika seseorang membeli sebuah benda yang sudah lama diinginkannya dengan ketika pergi berlibur ke suatu tempat.

Memori yang didapat pada saat liburan mampu meningkatkan hormon kebahagiaan lebih banyak. Setiap kenangan baru yang didapatkan pada saat liburan bisa menjadi sumber kebahagiaan yang baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Liburan Bikin Antibodi Kamu Kuat Jadi Kamu Gak Gampang Sakit

Antibodi merupakan sedikit protein yang dapat melindungi sistem imun dari ancaman bakteri pathogen. Faktanya, sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli bernama Mary Ruebush Phd menyebutkan bahwa tak ada salahnya kalau kita sedikit bermain dengan lingkungan yang kotor untuk membuat antibodi lebih kebal melawan berbagai ancaman bagi kesehatan. Kamu pasti pernah dengar slogan iklan “Berani Kotor Itu Baik!”, itu benar adanya lho!

Liburan Bisa Meningkatkan Hubungan Kamu Dengan Orang Terkasih

Sebuah penelitian dari Universitas Arizona Departemen Kesehatan dan Manusia menemukan bahwa wanita yang melakukan liburan akan mendapatkan pernikahan yang memuaskan. Hubungan yang lebih erat dengan pasangan dapat menciptakan kebahagiaan tersendiri.

 Otak Kamu Lebih Pintar Setelah Liburan

Siapa yang gak ingin lebih pintar dan otaknya lebih sehat? Semua itu bisa kamu dapatkan jika kamu liburan ke tempat yang baru dan jauh dari rutinitas sehari-hari. Liburan membuat pikiran lebih terbuka. Kamu ketemu dengan orang-orang baru, beradaptasi dengan situasi baru menjadikanmu lebih aware dengan kebudayaan dan lingkungan orang-orang lokal di tempat yang kamu datangi.

Profesor Adam Galinsky, dari Columbia Bussiness School dan seorang yang telah menulis beberapa penelitian ilmiah menemukan seseorang yang telah melakukan perjalanan ke negara yang berebda adalah orang yang kreatif.

Liburan Bikin Kamu Lebih Bahagia Dan Peka Terhadap Kehidupan Sosial Di Sekitar Kamu Ini Akan Membuat Kamu Lebih Peduli Dengan Orang Lain

Liburan akan membawamu mengenal orang-orang baru yang belum pernah kamu temui. Kondisi ini memaksa kamu mempelajari latar belakang dan kebudayaan orang-orang tersebut, mengetahui kebiasaan dan kesukana mereka. Membuat kamu lebih peka akan kehidupan sosial yang ada di sekitar kamu.

Mary Helen Immordino-Yang, seorang profesor pendidikan dan psikologi Universitas of Souther California mengatakan, pengalaman merasakan berbagai budaya orang lain dapat meningkatkan kepekaan seseorang. Mereka akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan orang dari latar belakang yang berbeda-beda dan kemampuan keluar dari zona nyaman.

Seseorang Yang Pernah Menjalani Liburan Di Negeri Orang Dalam Waktu Yang Lama Dapat Memiliki Rasa Kemanusiaan Yang Tinggi

Masih terkait penelitian yang dilakukan Gallinsky, seseorang yang telah berpengalaman pergi ke negeri orang dapat meningkatkan rasa percaynyaa terhadap orang lain lebih tinggi dibanding dengan orang yang memilih berada di tempat yang sama terus menerus. Semakin banyak kamu memahami orang-orang di sekitar kamu dapat membuat kamu menyadari indahnya perbedaan.

Ingin Bebas Sakit Jantung? Kuncinya Adalah Liburan!

Penelitian yang dilakukan Framingham Heart Study yang meeliti wanita berusia 45 hingga 65 tahun. para peneliti menemukan wanita yang kurang liburan lebih tinggi berisiko terkena serangan jantung dibandingkan dengan wanita yang sering liburan setidaknya dua kali dalam setahun. Jadi, gak Cuma baik untuk kesehatan mental kamu tapi liburan juga bikin jantung kamu lebih sehat.

Hidup Kamu Akan Lebih Panjang Kalau Sering-Sering Liburan

Ya, manfaat lain dari liburan ialah kamu bisa hidup lebih lama. Hal ini disampaikan oleh Dr. David Lipschitz seorang director di pusat penuaan Universitas Arkansas Departemen Ilmu Pengobatan, liburan menjaga tubuh kamu tetap sehat luar dan dalam, dan meningkatkan kesehatan otak. Dampak dari merasakan kehidupan di alam yang baru membuat hidup kamu lebih sehat dan bahagia.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top