Community

Buah Untuk Asam Lambung yang Bisa Membantu Proses Penyembuhan

Untuk kamu yang kerap merasakan nyeri pada ulu hati seperti ada rasa sensasi terbakar pada dada  karena naiknya asam lambung menuju kerongkongan itu berarti itu artinya kamu menderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung.

Faktor utama naiknya asam lambung biasanya karena tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES), dimana LES tersebut merupakan lingkaran otot yang terdapat pada bagian bawah esofagus atau kerongkongan yang berperan sebagai pintu yang akan mengantarkan makanan atau minuman ke lambung.

Dalam mengatasi naiknya asam lambung, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Mulai dari mengonsumsi makanan atau buah-buahan segar, atau dengan menjaga gaya hidup yang baik seperti posisi tidur harus setengah duduk, memakai pakaian yang longgar, menjaga berat badan, serta berhenti merokok.

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi asam lambung, yuk kenali dahulu beberapa gejala asam lambung yang biasanya terjadi berikut ini:

  1. Lidah terasa asam dan pahit karena Refluks asam lambung atau regurgitasi
  2. Nyeri pada ulu hati dan dada sakit
  3. Saat menelan, kerongkongan terasa seakan ada yang mengganjal dan nyeri
  4. Laringitis, sehingga suara berubah parau dan tenggorokan sakit
  5. Batuk kering terus menerus pada malam hari
  6. Gigi rusak, jumlah air liur banyak dan bau nafas tidak sedap
  7. Sering sendawa dan kembung

Dan untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan makanan dan buah-buahan. Antara lain :

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis olahan makanan yang sehat dari gandum. Makanan untuk penderita asam lambung ini memiliki serat yang tinggi dan tingkat asamnya rendah, sehingga mudah dicerna.

Susu Kambing

Selain oatmeal, susu kambing ternyata juga bisa menjadi obat asam lambung karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, susu kambing juga bersifat basa sehingga bisa menetralkan kembali asam lambung yang naik.

Sedangkan Buah Untuk Asam Lambung

Pisang

Dengan kandungan vitamin B, C, kalium, natrium, mineral, lemak, dan serat yang tinggi, menjadikan pisang salah satu buah untuk asam lambung yang baik. Karena kandungan kaliumnya mampu berperan sebagai antasida yang dapat menetralkan pH tubuh.

Kalium juga dapat mengurangi keasaman perut dan meningkatkan pH lambung. Buah pisang pun mengandung beberapa bahan kimia yang dapat merangsang produksi lendir pada lapisan perut.

Mangga

Buah untuk asam lambung berikutnya yaitu buah mangga. Buah yang manis dan enak ini mengandung vitamin dan nutrisi yang bersifat anti inflamasi dan anti oksidan yang dapat melindungi lapisan perut.

Melon

Buah melon juga merupakan buah untuk asam lambung yang ampuh karena kaya akan kandungan mineral dan magnesium. Buah melon juga memiliki pH yang rendah asam.

Semangka

Ternyata selain mengandung banyak air dan gula, buah yang segar ini juga padat akan gizi dengan jumlah mineral, vitamin dan anti oksidan yang tinggi. Kandungan mineral buah semangka dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Apel

Buah apel juga menjadi salah satu buah untuk asam lambung yang baik jika dikonsumsi sebelum tidur dan setelah makan. Dengan kandungan kalsium, kalium dan magnesium yang tinggi buah apel diyakini mampu menciptakan lingkungan basa pada perut sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Pepaya

Buah yang dipercaya dapat membantu saluran pencernaan ini juga mengandung enzim yang dapat meringankan rasa nyeri pada penderita asam lambung. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat mengatasi penyakit lambung dan masalah pencernaan karena kaya akan vitamin A, C, E, dan mineral.

Nah, bagi kamu yang menderita asam lambung, kamu bisa melakukan diet sehat dengan beberapa buah untuk penyakit asam lambung seperti di atas dan beberapa obat alami lain seperti timun, kentang, jahe, brokoli dan masih banyak .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kata Annisa Munaf : Sehat dan Langsing Itu Bukan Hanya Perkara Diet Makanan, Ini Alasannya!

Menjaga gaya hidup tetap sehat adalah salah satu investasi yang berharga untuk masa depan. Karenanya selagi masih muda, kamu harus membiasakan untuk hidup sehat. Terlebih untuk para cewek yang masih berpikir bahwa sehat dan langsing hanya soal diet makanan, lebih baik berpikirlah lebih jeli lagi. Coba baca dengan teliti cerita dari seorang instruktur zumba, Annisa Munaf, ini.

1. Awal Mula Annisa Memutuskan untuk Menjadi Instruktur Zumba

Annisa dulunya suka menari dan kakak sepupunya yang merupakan instruktur Zumba perempuan pertama di Indonesia mengajaknya untuk ambil sertifikasi agar punya teman. Saat itu usia Annisa masih 17 tahun dan mencoba memberanikan diri untuk ikut training dan ambil license jadi instruktur. Kebetulan setelah Annisa lulus, sepupunya buka studio, disitulah awal Annisa mulai full ngajar zumba.

2. Apakah dalam Zumba ada Level-levelnya?

Untuk zumba sebenarnya ngga ada levelnya sendiri, lebih condong pada varian saja. Seperti zumba toning, zumba kids, zumba gold dan sebagainya.

3. Olahraga Apa Saja yang Ditekuni oleh Annisa

Saat ini, Annisa tengah mengembangkan juga latihan U-Jam di Indonesia. Sebenarnya basicnya nggak jauh beda dengan zumba. Kalau Zumba lebih ke Latin, gerakannya fun dan easy to follow sedangkan U-Jam lebih ke hiphop. Dan sejauh ini Annisa adalah instruktur pertama U-Jam di Indonesia.

4. Yang Paling Efektif Membakar Kalori, Antara Zumba dan U-Jam

Zumba sangat efektif untuk membakar kalori. Sedangkan U-Jam termasuk efektif baik untuk membakar kalori ataupun membentuk tubuh.

5. Perubahan yang Paling Nampak Setelah Rutin Olahraga

Dulunya Annisa termasuk cewek yang cenderung kurus. Tapi sekarang setidaknya tubuh jadi lebih terbentuk karena sering workout.

6. Saran untuk Generasi Muda yang Ingin Memulai Olahraga

Pada salah satu wawancara, Annisa berpesan untuk “Always start from yourself. Jangan ikut-ikutan orang lain. Just follow your heart and intuition. If you think health is important, then tell yourself that you need to start to do it, with or without friends.” Pesan itu diungkapkan Annisa karena dia menganggap bahwa saat ini banyak orang yang mau olahraga kalau ada temannya, akhirnya cuma jadi wacana saja.

7. Olahraga yang Ideal

Untuk pemula, mungkin bisa dilakukan satu atau dua kali seminggu dengan durasi 30-45 menit. Olahraga bisa dilakukan dengan jenis olahraga apapun, seperti lari, berenang, yoga, atau olahraga lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Bersyukurlah kalau Kamu Termasuk Golongan Zodiak Ini, Tandanya Kamu Berbakat

Kita dibekali talenta yang berbeda-beda. Ada yang diberi kemampuan musikalitas tinggi sehingga bisa bernyanyi atau bermain musik. Ada juga yang dibekali tubuh tinggi nan atletis, kemudian jadi punya  talenta di bidang olahraga. Nah, soal bakat dan talenta sejatinya kalau dilihat dari ilmu astrologi, ada lho tanda-tandanya kalau kamu orang yang berbakat yang dilihat berdasarkan zodiakmu. Nah dari sekian zodiak, ini dia zodiak yang paling dianggap berbakat dan kreatif.

Gemini

Gemini adalah zodiak yang mudah beradaptasi dengan banyak hal. Soal bakat, Gemini punya kemampuan untuk bisa jadi unggulan dalam segala hal. Seperti bernyanyi, olahraga, akting, main alat musik, sampai bahasa asing dan bakat lainnya. Biasanya mereka awalnya hanya penasaran, lalu mencoba, lalu tanpa sadar jadi bisa dan jago.

Virgo

Zodiak ini dikenal punya tekad kuat dalam melakukan sesuatu. Mungkin pada percobaan pertama, mereka gagal atau harus kembali mencoba lagi. Tapi mereka tak akan menyerah. Kegagalan bukan akhir dari segalanya. Begitu prinsip mereka. Jadi, saat belajar ilmu baru, awalnya mereka senang-senang, tapi lama-kelamaan mereka akan serius dan hal itulah yang membuatnya ahli dalam hal tersebut.

Scorpio

Sementara Scorpio adalah zodiak yang lahir dengan bakat untuk jadi performer atau penampil sejati. Mereka dikaruniai aura untuk jadi pusat perhatian. Ya, kepribadian ini membuat Scorpio selalu berhasil membuat orang lain memerhatikannya ketika melakukan sesuatu hal. Di lain sisi, seorang Scorpio juga punya kemampuan untuk tetap mempelajari sesuatu dari awal sampai akhir, yang membuatnya jadi penuh bakat.

Aquarius

Lain halnya dengan Aquarius. Zodiak ini selalu berhasil menemukan bakatnya dan mampu melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Aquarius punya kepribadian yang unik dan dikenal sebagai sosok yang terbuka dalam mempelajari hal baru yang bisa memperluas minat dan menambah bakatnya. Ia juga selalu haus dan ingin selalu jadi yang pertama dalam segala hal. Dan inilah yang membuat Aquarius selalu totalitas dalam mengembangkan dan menjaga talentanya.

Pisces

Sementara bagi Pisces, yang namanya mempelajari sesuatu baru berarti harus suka dahulu terhadap hal tersebut. Zodiak ini tidak akan membuang-buang waktu mengembangkan bakat jika itu membuatnya bosan. Pisces mungkin berbakat di banyak bidang, tapi zodiak ini hanya akan berusaha keras pada hal yang dicintainya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Bagi yang Perlu Tambahan Dana, Yuk Manfaatkan Peluang Bisnis Jelang Hari Raya Idul Adha

Umat Muslim sebentar lagi siap menyambut Hari Raya Idul Adha. Segenap keluarga yang merayakan pasti akan mempersiapkan segala keperluan beberapa hari atau minimal H-7 sebelum Idul Adha tiba. Nah, bagimu yang mungkin sedang perlu pemasukan tambahan, jangan ragu memanfaatkan momen seperti ini demi mencari rezeki. Kamu bisa melakoni bisnis yang mungkin akan berpeluang mendatangkan untung yang lumayan di momen hari besar seperti ini. Sini, biar kubantu membuat ide bisnis apa saja yang bisa kamu lakukan sembari menanti Hari Raya Idul Adha.

Karena Ini Salah Satu Hari Besar Umat Islam, maka Penjualan Baju Muslim pun Pasti Laku Keras di Pasaran

Beberapa hari jelang Idul Adha, pasti akan ada banyak sekali orang yang memanfaatkan waktu untuk belanja baju muslim serta alat ibadah. Baik itu dipakai sendiri atau untuk didonasikan. Nah, melihat peluang ini, yakin kamu tak mau memanfaatkannya? Kamu bisa kita menjual baju muslim serta alat ibadah. Demi menggaet pasar, kamu bisa promosikan dalam bentuk paket atau pasangan. Terpenting, kamu harus rajin memantau fesyen atau gaya terbaru di Instagram yang kebetulan sedang diminati orang-orang.

Jangan Dianggap Sepele, Saat Idul Adha Hampir Setiap Keluarga Perlu Alat Bakaran Sate

Kamu sudah mahfum, ‘kan? Saat Idul Adha tiba, kurban berupa daging sapi atau kambing pasti banyak dibagikan. Nah, biasanya daging ini kemudian diolah jadi aneka masakan. Mungkin salah satu yang paling mudah dan disukai adalah sate.

Pasti keluargamu pun termasuk yang akan bakar sate ketika Idul Adha, untuk itu tak ada salahnya kamu memanfaatkan peluang ini dengan berjualan alat bakaran sate. Tak perlu modal banyak, asal kamu bisa membuat variasi produk yang kamu tawarkan. Misalnya, satu paket alat bakaran sate lengkap dengan arang, kipas, tusuk sate, bahkan bumbu pelengkap. Pasti banyak yang akan memesan.

Idul Adha Identik dengan Potong Hewan Qurban, Kenapa Tidak Menjual Varian Bumbu Masak?

Sekarang ini orang lebih suka pakai bumbu masak siap saji lantaran dianggap lebih praktis. Melihat kebiasaan ini, kenapa tidak kamu coba jadikan peluang bisnis saja? Kamu bisa memulainya dengan membuka bisnis bumbu yang menyediakan berbagai varian produk bumbu untuk sajian daging seperti bumbu sate, tongseng, rendang, gulai, rawon, dan sebagainya.

Bahkan Kalau Kamu Mau Membuka Jasa Masak atau Mengolah Daging Qurban, ya Sah-sah Saja Lho, Kawan!

Kita sering mendapatkan daging qurban yang melimpah, sayangnya tak semua orang bisa mengolah daging dengan benar dan jadi sajian yang lezat, lho. Nah, untukmu yang suka bahkan punya talenta memasak, kenapa tidak jadikan keahlianmu jadi peluang bisnis?

Cobalah promosikan diri dengan membuka jasa masak daging qurban. Pasti ada peminatnya, terlebih di zaman yang serba praktis ini. Orang akan cenderung mencari peluang agar tak perlu repot atau berlama-lama di dapur. Dengan membuka jasa ini, mereka meminta jasamu cukup menyerahkan daging dan ‘menjemputnya’ dalam kondisi siap disantap. Menarik, ‘kan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top