Community

Buah Untuk Asam Lambung yang Bisa Membantu Proses Penyembuhan

Untuk kamu yang kerap merasakan nyeri pada ulu hati seperti ada rasa sensasi terbakar pada dada  karena naiknya asam lambung menuju kerongkongan itu berarti itu artinya kamu menderita Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau asam lambung.

Faktor utama naiknya asam lambung biasanya karena tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES), dimana LES tersebut merupakan lingkaran otot yang terdapat pada bagian bawah esofagus atau kerongkongan yang berperan sebagai pintu yang akan mengantarkan makanan atau minuman ke lambung.

Dalam mengatasi naiknya asam lambung, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Mulai dari mengonsumsi makanan atau buah-buahan segar, atau dengan menjaga gaya hidup yang baik seperti posisi tidur harus setengah duduk, memakai pakaian yang longgar, menjaga berat badan, serta berhenti merokok.

Namun sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi asam lambung, yuk kenali dahulu beberapa gejala asam lambung yang biasanya terjadi berikut ini:

  1. Lidah terasa asam dan pahit karena Refluks asam lambung atau regurgitasi
  2. Nyeri pada ulu hati dan dada sakit
  3. Saat menelan, kerongkongan terasa seakan ada yang mengganjal dan nyeri
  4. Laringitis, sehingga suara berubah parau dan tenggorokan sakit
  5. Batuk kering terus menerus pada malam hari
  6. Gigi rusak, jumlah air liur banyak dan bau nafas tidak sedap
  7. Sering sendawa dan kembung

Dan untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan makanan dan buah-buahan. Antara lain :

Makanan untuk Penderita Asam Lambung

Oatmeal

Oatmeal merupakan salah satu jenis olahan makanan yang sehat dari gandum. Makanan untuk penderita asam lambung ini memiliki serat yang tinggi dan tingkat asamnya rendah, sehingga mudah dicerna.

Susu Kambing

Selain oatmeal, susu kambing ternyata juga bisa menjadi obat asam lambung karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, susu kambing juga bersifat basa sehingga bisa menetralkan kembali asam lambung yang naik.

Sedangkan Buah Untuk Asam Lambung

Pisang

Dengan kandungan vitamin B, C, kalium, natrium, mineral, lemak, dan serat yang tinggi, menjadikan pisang salah satu buah untuk asam lambung yang baik. Karena kandungan kaliumnya mampu berperan sebagai antasida yang dapat menetralkan pH tubuh.

Kalium juga dapat mengurangi keasaman perut dan meningkatkan pH lambung. Buah pisang pun mengandung beberapa bahan kimia yang dapat merangsang produksi lendir pada lapisan perut.

Mangga

Buah untuk asam lambung berikutnya yaitu buah mangga. Buah yang manis dan enak ini mengandung vitamin dan nutrisi yang bersifat anti inflamasi dan anti oksidan yang dapat melindungi lapisan perut.

Melon

Buah melon juga merupakan buah untuk asam lambung yang ampuh karena kaya akan kandungan mineral dan magnesium. Buah melon juga memiliki pH yang rendah asam.

Semangka

Ternyata selain mengandung banyak air dan gula, buah yang segar ini juga padat akan gizi dengan jumlah mineral, vitamin dan anti oksidan yang tinggi. Kandungan mineral buah semangka dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Apel

Buah apel juga menjadi salah satu buah untuk asam lambung yang baik jika dikonsumsi sebelum tidur dan setelah makan. Dengan kandungan kalsium, kalium dan magnesium yang tinggi buah apel diyakini mampu menciptakan lingkungan basa pada perut sehingga dapat menetralkan asam lambung.

Pepaya

Buah yang dipercaya dapat membantu saluran pencernaan ini juga mengandung enzim yang dapat meringankan rasa nyeri pada penderita asam lambung. Selain itu, pepaya juga mengandung enzim papain yang dapat mengatasi penyakit lambung dan masalah pencernaan karena kaya akan vitamin A, C, E, dan mineral.

Nah, bagi kamu yang menderita asam lambung, kamu bisa melakukan diet sehat dengan beberapa buah untuk penyakit asam lambung seperti di atas dan beberapa obat alami lain seperti timun, kentang, jahe, brokoli dan masih banyak .

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Mau Pulang Kampung di Akhir Tahun, Nih 5 Minuman yang Bisa Cegah Mabuk Perjalanan!

Jalan-jalan tentu adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan bagi banyak orang. Namun sayangnya ada juga orang yang tak bisa melakukan perjalanan karena mabuk kendaraan. Pasti hal ini akan mengganggu rencana jalan-jalanmu yang seharusnya menyenangkan bukan? Untuk itu, saat mabuk perjalanan, kamu bisa coba atasi itu dengan 5 minuman ini.

1. Wedang Jahe

Dengan meminum wedang jahe, perutmu akan langsung terasa lebih hangat. Tak hanya itu, aroma jahe sendiri mampu menenangkanmu dan membuat mualmu teratasi. Selain wedang jahe, kamu juga bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk permen atau manisan kok.

2. Air Kelapa

Air kelapa memiliki manfaat sebagai pembunuh racun dalam tubuh dan mampu mengatasi alergi. Tak hanya itu, air kelapa juga bisa membantumu untuk meringankan rasa mual perjalanan dan membuat perutmu terasa lebih nyaman tentunya.

3. Jus Jeruk

Jeruk memiliki manfaat untuk meringankan rasa mual dan keinginan muntah saat tengah mabuk perjalanan. Tak hanya itu, ibu hamil juga disarankan meminum jus jeruk ini agar tak sering mual.

4. Teh Peppermint

Teh dengan tambahan peppermint di dalamnya juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mengatasi rasa mualmu. Aromanya yang segar mampu menenangkan dan membuat otot lambung menjadi lebih rileks sehingga rasa mual bisa sedikit teratasi.

5. Jus Lemon

Sama halnya dengan jus jeruk, jus lemon juga mampu menghilangkan rasa mual yang kamu alami. Bahkan jus lemon mampu mengembalikan energimu yang terkuras setelah muntah-muntah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kawan, Tidak Semudah Itu Menyematkan Cap ‘Gampangan’ Kepada Perempuan

Kebiasaan kita zaman sekarang, mudah sekali menilai orang hanya lewat tampilan luar atau kebiasaan. Lewat kebiasaan ini, tanpa sadar kita jadi menilai ada beberapa orang yang sepertinya tak kelihatan baik atau cenderung aneh karena tingkah laku mereka tak sesuai dengan nilai yang kita anut. Kita pun dengan mudah membenamkan citra diri tersendiri kepada orang tersebut.

Dari sekian banyak cerita, ada satu yang cukup menarik. Yaitu betapa mudahnya kita menyematkan cap ‘gampangan’ pada perempuan yang menurut kita kelewat centil, banyak bergaul dengan laki-laki, hingga menganggapnya banyak gaya. Hmm, apa iya, semudah itu menyematkan cap kepada perempuan yang ada di sekitar kita?

Dan untukmu yang kebetulan perempuan, apa iya tega menilai saudara satu gendermu sendiri demikian? Sementara untuk laki-laki, standar apa memangnya yang kamu pakai saat menilai seorang perempuan?

Perempuan yang Tidak Percaya Diri dan Selalu Terlihat Ragu Dinilai Kurang Menarik oleh Laki-laki dan Cenderung Mudah Mengiyakan Ajakan Orang, Menurutmu Gimana?

Sebelum membahas lebih lanjut soal cap ‘gampangan’, bagaimana kamu menilai seseorang yang tak punya rasa percaya diri yang kuat dan selalu terlihat ragu saat ia berada di lingkungan sosialnya? Untuk laki-laki, benarkah perempuan yang pemalu dan bersikap ragu selalu terlihat tak menarik di matamu?

Perlu kamu tahu, bagi sebagian orang, mengusir rasa malu itu tak semudah kelihatannya. Ada yang berjuang setiap waktu demi bisa tampil lebih percaya diri. Ada yang bergumul setiap waktu karena rasa tak enak menolak permintaan orang lain jauh lebih besar dibanding keinginannya untuk menolak permintaan tersebut.

Jika kamu mengenal orang dengan tipe seperti ini, apa iya pantas dia dicap ‘gampangan’ hanya karena mudah mengiyakan ajakan orang? Hindari menjadi sosok begitu subyektif dalam menilai karakter seseorang ya kawan.

Setiap Perempuan Punya Karakter Berbeda-beda, Kan? Dear Perempuan, Kalau Tiba-tiba Ada Lelaki yang Menilai Tingkah Lakumu Terlalu Over Alias Lebay, Apa Pendapatmu?

Standar untuk makna sikap ‘lebay’ tentu berbeda-beda bagi setiap orang. Mungkin menurutmu orang terlihat lebay jika mudah mengekspresikan sisi emosionalnya, misalnya rentan menangis atau kelihatan mudah rapuh. Ini seringkali dirasakan para perempuan. Saat ia rentan menangis, ada saja yang menilainya lebay.

Sementara bagi sebagian lainnya, makna lebay justru kalau kamu kelihatan begitu banyak tingkah saat mengerjakan sesuatu. Jadi intinya, tak ada standar pasti dalam menilai karakter seseorang. Kalau mau hidupmu tenang, maka belajarlah untuk menghargai. Dan menangis karena menunjukkan sisi emosional atau tak bisa diam saat sedang mengerjakan sesuatu, bukanlah hal yang berlebihan. Semua punya caranya masing-masing, bukan?

Tidak lebay akan membuatmu terlihat elegan. Sebaliknya, terlalu berlebihan akan membuatmu jadi sepele di mata orang lain. Begini, saat kamu menghormati dirimu dengan cara yang benar maka orang lain akan menghormatimu juga.

Urusan Volume Suara Setiap Perempuan Kan Juga Beda-beda, Apa Iya Lelaki Juga Menilai Perempuan yang Berbicara Lantang Sebagai Suatu Masalah?

Apa iya yang boleh berbicara lantang hanya kaum adam? Lho, perempuan juga punya energi untuk itu, kawan. Sebagai perempuan, kalau kamu selalu berkomunikasi dan tertawa dengan teriak, itu tak masalah. Tak usah takut dianggap remeh oleh lawan jenis dan dianggap lebay. Kamu patut menjadi dirimu sendiri yang bisa mengekspresikan dirimu apa adanya ya lewat kebiasaanmu.

Kalau Sering Kontak Fisik dengan Lawan Jenis, Akankah Ia Lantas Dibilang ‘Gampangan’?

Bagi laki-laki, melihat perempuan yang berada dalam lingkungan pertemanan dimana banyak laki-laki disitu, akankah jadi masalah tersendiri? Mungkin kamu pernah menyaksikan atau bahkan punya teman dekat yang seperti ini, tapi bukan berarti mereka ‘gampangan’, bukan? Toh pertemanan yang dilakoninya sehat-sehat saja. Selama kontak fisiknya masih dalam batasan yang sopan, bukankah berteman dengan siapa saja adalah hal yang wajar?

Untuk Laki-laki, Kira-kira Standar Apa yang Kamu Pakai Saat Menilai Seorang Perempuan Tergolong Kasar dan Tak Sopan?

Secantik apapun perempuan, katanya kalau perbuatannya atau tutur katanya kasar dan tidak bisa memperlakukan orang lain, akan jadi nilai minus tersendiri. Mungkin ini ada benarnya. Dan perempuan dengan perilaku seperti ini akhirnya tak mendapat respek dari orang-orang di sekitarnya. Tapi sebagai laki-laki, akankah kamu memiliki penilaian atau standar tersendiri dalam menilai kasar tidaknya seorang perempuan?

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Meski Hidup Kadang Menyebalkan, Belajarlah untuk Selalu Bersyukur lewat Cara Ini!

Tak ada satu pun kehidupan yang selalu berjalan sesuai dengan keinginan. Kamu pun tak bisa mengatur kehidupanmu agar sesuai dengan apa yang kamu mau. Yang bisa kamu lakukan hanyalah bersyukur. Berikut adalah 7 cara agar kamu tetap bersyukur meski terkadang hidupmu dipenuhi dengan hal yang menyebalkan.

1. Berpikiran Positif Bahwa Setiap Hal Buruk yang Datang Sangat Berguna untuk Proses Pendewasaanmu

Tak perlu menyalahkan siapapun atas apa yang menimpa hidupmu. Kamu harus paham bahwa apapun hal yang terjadi dalam hidupmu, itu adalah cara terbaik Tuhan untuk mendewasakanmu.

2. Tetap Bersyukur untuk Hal Kecil

Cobalah untuk selalu bersyukur untuk hal-hal kecil di sekelilingmu. Jadikan rasa syukur sebagai rasa yang harus kamu terapkan dalam otak dan juga hatimu. Dengan begitu kamu akan menjalani kehidupanmu dengan baik.

3. Menjadikan Rasa Syukur Sebagai Kebiasaan

Layaknya saat kamu melakukan sebuah aktivitas yang sudah biasa kamu lakukan, pasti kamu akan terbiasa dan akan dengan otomatis melakukannya. Cobalah menempatkan “bersyukur” sebagai salah satu kebiasaan dalam hidupmu.

4. Adakalanya Kamu Perlu Mengabaikan Masalah yang Datang

Meski masalah harus dicari solusinya, namun adakalanya kamu juga perlu mengabaikan masalah yang datang menghampirimu. Jangan membuat setiap masalah menjadikanmu mudah stress dan risau. Tersenyumlah, dan buatlah harimu tetap menyenangkan.

5. Jangan Fokuskan Pikiranmu pada Masalah yang Tak Ada Habisnya

Fokus saja pada hal yang bisa kamu atasi. Pandanglah sebuah masalah sebagai alasan untukmu tetap bersyukur. Adakalanya kamu tak perlu terlalu fokus pada masalah yang tak ada habisnya.

6. Tulis Keberkahan Apa yang Kamu Dapatkan dalam Seharian

Apapun kebaikan yang kamu dapatkan dalam sehari ini, coba tuliskan semuanya. Mulai dari masih bisa bangun tidur, bernapas dengan bebas, melihat matahari dan masih banyak hal lainnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan tahu kenapa kamu harus merasa bersyukur atas apapun yang menimpa hidupmu. Karena dibalik semua masalah, selalu ada berkah di dalamnya.

7. Buat Sendiri Definisi Bersyukur Menurutmu

Rasa syukur perlu dihaturkan saat kamu mendapatkan hal baik saja, itu adalah pandangan yangs alah. Kamu harus tetap bersyukur dalam kondisi seburuk apapun. Kamu akan menemukan alasannya jika kamu tahu apa definisi bersyukur itu sendiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top