Sponsored Content

Bikepacking, Cara Baru Traveling Dengan Motor

Kamu tipikal traveler yang gemar menggunakan metode backpacking? Jalan-jalan dengan dana yang dimanage dengan ketat dan baik sambil menggendong tas carrier ukuran besar. Nuansanya jelas menjanjikan kebebasan sambil menimba pengalaman baru diperjalanan.

Tapi kini ada alternatif baru yang serupa backpacking, namun memungkinkan kamu lebih mobile dibandingkan backpacking yang jalan kaki. Bikepacking, begitu sebutannya! Melakukan traveling jarak jauh dengan menggunakan sepeda motor. Sebuah pengalaman yang unik sekaligus menantang.

Yang namanya jalan-jalan naik motor, tentu persiapannya harus lebih ekstra. Tak hanya menyiapkan perlengkapan yang harus dibawa, tapi Kamu juga harus memikirkan kuda besi Kamu agar ketika diajak melaju, dia akan tetap baik-baik saja bahkan sampai Kamu tiba kembali di rumah. Untuk itu, simak dahulu tips-tips bikepacking supaya bagi yang tertarik melakukan kegiatan ini, persiapannya bisa semakin lebih mantap.

Pastikan Motormu Siap, Karena Ini Bukan Sekedar Perjalanan Singkat Ke Minimarket

Ini yang paling utama, pastikan sepeda motor Kamu dalam keadaan siap tempur ya. Nah Kamu wajib tahu, ada dua poin penting dalam memeriksa performa motor.

Wajib lakukan servis tune up serta ganti oli. Ya, hal-hal seperti memeriksa kopling, rem, busi, serta membersihkan karburator adalah hal  mutlak yang wajib Kamu lakukan. Selanjutnya, perhatikan juga soal setelan rantai serta uji kelayakan dan tekanan angin dalam ban. Ini penting agar kendaraan Kamu tetap aman meski diajak jalan-jalan. Kalau semua aspek ini sudah beres, kedua baru silahkan ganti oli.

Utamakan Selamat, Karena Itu Perlu Belajar Dahulu Safety Riding

Sebab sesehat dan setangguh apapun motornya, kalau Kamu menyepelekan soal keselamatan ya percuma saja. Karenanya, lengkapilah pelindung keselamatan Kamu dalam berkendara. Seperti helm, pakailah yang fullface.

Sementara untuk menghalau angin malam yang jahat dari badan Kamu, gunakanlah jaket tebal/kulit atau didobel dengan rompi. Sepatu boot setinggi mata kaki juga penting buat kaki Kamu.

Hindari Bawa Barang yang Terlalu Banyak, Kamu Bukan Mau Pindahan

Berbeda dengan backpacker, bikebacker tak perlu bawa ransel atau carrier yang menggunung hingga di atas kepala. Kamu cukup bawa tas yang seperlunya saja demi perjalanan yang lebih nyaman.

Sementara kalau Kamu memang butuh bawa barang banyak, bisa Kamu akali dengan memasang box di motor Kamu. Sebisa  mungkin pilihlah box dengan kualitas  mumpuni ya. Demi mencegah box melayang pas sedang berkendara, kan bahaya.

Untuk mempermudah dan memastikan motor mumpuni untuk jarak jauh, Kamu bisa memilih GSX-S150. Salah satu keunggulannya, body motor varian yang satu ini tegolong ringan. Tentunya kita tak akan mudah lelah menahan motor satu ini.

Jika melihat dari spesifikasi yang ditawarkan oleh suzuki GSX-S150 ini, untuk beratnya hanya berbobot 126 kilogram. Coba bandingkan dengan motorsport 150cc merk sebelah, rata-rata berat motor berkisar antara 130-136 kg.

Untuk dimensi, tampilan dari motor garapan Suzuki ini yang menggunakan rangka Single Cradle yang memang terlihat kekar. Namun tak perlu khawatir, tinggi jok yang 785mm sangat pas untuk ukuran rata-rata orang Indonesia tanpa harus berjinjit.

Selain itu karena motor ini bertipe street bike posisi berkendaranya lebih nyaman. Ya, tipe GSX-S150 ini memang mengadopsi tampilan yang cocok untuk digunakan perjalanan dengan durasi lama dan perjalanan jauh. Karena itu posisi berkendaranya tak terlalu menunduk. Handle barnya dibuat lebar dengan posisi yang berada tinggi di atas tangki dan tempat duduk. Posisi kaki juga jadi tidak terlalu menekuk ke belakang.

Nah, untuk menempuh perjalanan jarak jauh GSX-S150 mengeluarkan tipe Touring edition. Berbasis sama dengan GSX-S150 namun terdapat penambahan fitur penunjang perjalanan jarak jauh. Penambahan ini berupa komponen aksesoris Windshield smoke + bracket black, Hand guard color dan Bracket & Side bag soft yang siap memacu perjalanan untuk menyusuri beberapa tempat indah di Indonesia.

Dengan kombinasi macam itu tentunya motor satu ini nyaman untuk dikendarai dalam kota dan untuk penggunaan jarak jauh. Apalagi konsumsi BBMnya termasuk irit. Dengan menggunakan indikator konsumsi bahan bakar yang ada di speedometer, kami mendapatkan rata-rata konsumsi 1 liter BBM untuk jarak di atas 50KM.

Pelajari Jalur Perjalanan Sebelum Berangkat

Menguasai Medan yang Siap Kamu Lewati Itu Juga Perlu. Jangan tiru para traveler yang sembrono asal jalan tanpa memperdalam soal trek yang akan mereka lalui ya. Jangan malas intinya. Apalagi Kamu tak bisa selalu mengandalkan Google Maps. Bagaimana kalau yang terjadi justru medan yang Kamu tempuh tak bisa menangkap sinyal internet? Mau tak mau harus tahu rute dari jauh-jauh hari, bukan? Karenanya, penting sekali memahami rute yang akan Kamu lewati.

Pelajari juga posisi-posisi penting seperti pom bensin, tempat peristirahatan, rumah sakit dan lokasi-lokasi bengkel yang dilalui sepanjang perjalanan. Hal ini untuk meminimalisir risiko yang terjadi diperjalanan.

Kendati sudah memetakan bengkel terdekat, Kamu pun harus bawa beberapa kunci penting pada bagasi motor Kamu. Meski Kamu tak terlalu jago dalam perbengkelan, setidaknya pahamilah beberapa teknik seperti membongkar ban depan dan belakang. Bawa juga obeng, tang, serta kunci busi. Sebagai antisipasi jauh lebih baik daripada panik sendiri kalau ada apa-apa.

Jangan Dipaksakan Kalau Tubuh Tidak Bugar

Perbanyak Minum Air Putih Agar Badan Senantiasa Segar. Setelah teknis kendaraan beres dan siap untuk jalan, kesehatan Kamu juga perlu diperhatikan. Penting diingat, Kamu jangan nekat melakukan perjalanan dengan motor ketika stamina Kamu tak begitu sehat.

Pastikan fisik Kamu kuat dan siap untuk menjelalah ke beberapa tempat yang sudah Kamu agendakan. Kemudian saat Kamu sudah  mulai berkendara dan tetiba rasa lelah menyergap, jangan ragu untuk beristirahat sejenak untuk memulihkan stamina Kamu. Minum air putih akan lebih baik bagi kesehatan dan kekuatan tubuh Kamu, daripada minuman-minuman berenergi lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top