Sponsored Content

Bijak Mengatur Keuangan Saat Sendirian, Jadi Penentu Finansial di Masa Depan

Perkara menghemat pengeluaran memang gampang-gampang susah untuk dijalankan. Satu kali kita bisa menahan diri untuk tak jajan kopi, tapi esoknya bisa saja tiba-tiba pulang dengan dua kantong belanja berisi baju jutaan rupiah. Tak bisa patuh pada aturan yang mungkin sudah kita buat memang jadi tantangan tersendiri.

Tapi hidup terus berjalan, kamu jelas tak mau kan jika uang yang dimiliki tak mengalami peningkatan yang signifikan? Benar memang, Ini akan terasa sulit, namun demi finansial yang baik di masa depan, harus tetap dijalankan. Nah untuk itu, ada beberapa tips sederhana yang bisa berguna dalam hal mengelola keuangan.

Beli Sesuatu Sesuai Penghasilan, Jangan Memaksa Jika Nilainya Diatas Pendapatan

Sah-sah saja memang, kalau kamu ingin makan di tempat-tempat mewah. Pakai baju atau sepatu branded yang menarik perhatian orang. Dengan catatan penghasil yang kamu miliki memang bisa memenuhi kebutuhan akan hal-hal tersebut.

Tapi ingat ya, jangan sampai ‘Lebih besar pasak daripada tiang’. Jika memang mau finansial yang sehat di masa depan, kamu harus banyak-banyak sadar diri. Jangan asal dalam membeli. Alternatif lain yang bisa dijadikan pilihan, ketika kamu memang ingin sekali punya barang-barang mahal. Kamu bisa menabung terlebih dahulu untuk bisa membelinya.

Pembelian dengan Nominal Kecil Juga Bisa Bernilai Besar

Nilai kecil keerap jadi jebakan. Merasa tak jadi pengeluaran yang perlu diperhatikan, diam-diam tindakan ini justru merugikan. Kalau tak percaya coba ingat-ingat lagi, beberapa kali kamu pasti sungkan untuk mengeluarkan uang ratusan ribu. Tapi uang puluhan ribu terus dibelanjakan hingga tak karuan. Ya, kalau begitu sama saja, boros-boros juga.

Pengeluaran-pengeluaran semacam ini biasanya meliputi jajan atau kebutuhan yang kecil-kecil. Beli kopi sore-sore di kantor, jajan cilok di stasiun, order makanan ketika ingin tidur, dan beberapa pengeluaran remeh lain yang justru jadi sumber pengeluaran tak beraturan.

Tunda Keinginan Pada Hal-hal yang Tak Mendesak

Ini penting untuk diperhatikan. Meski sesulit apapun itu, kamu perlu membedakan mana yang menjadi kebutuhan dengan sesuatu yang hanya sebatas keinginan. Jaga kewarasan untuk tak tergiur dengan banyaknya diskon di pusat perbelanjaan. Dan tentukan lagi, manakah yan memang sedang kamu perlukan.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari keinginan semu yang sebenarnya hanyalah sesaat. Untuk menyadarkanmu tentang hal ini, coba lihat berapa banyak benda yang kamu beli tapi hanya tergeletak begitu saja tanpa ada gunanya. Sudah tak bermanfaat, buang-buang uang pula.

Lunasi Tagihan dan Pindahkan Tabungan Setiap Kali Gajian

Jika tadi kamu diminta untuk menunda keinginan, sekarang kamu perlu untuk melakukan hal sebaliknya dalam hal tagihan. Karena ini sifatnya wajib dan terus berjalan. Setiap kali tanggal gajian, sebisa mungkin untuk segera membayar semua tagihian bulanan. Entah itu kartu kredit, listrik, air, dan yang lain-lain.

Selepas itu, coba lihat lagi. Berapa rupiah yang bisa kamu pindahkan ke saldo tabungan untuk kebutuhan dadakan yang sering mendesak. Jangan sampai tidak ya, karena kamu tak pernah tahu apa yang bisa terjadi atas dirimu.

Jangan Gegabah, Bijaklah dalam Memilih Layanan Bulanan

Dari banyak kasus, orang-orang yang mendaftar dan bayar biaya keanggotan di gym. Nyatanya terbiilang jarang untuk datang nge-gym. Walau belum ada angka yang pasti, tapi bisa jadi kamu adalah salah satu dari mereka kan? Tak hanya untuk urusan Gym saja, hal serupa juga berlaku pada kebutuhan gaya hidup lainnya. Entah itu langganan streaming musik, film, aplikasi dan hal-hal lain yang sifatnya rutin setiap bulan.

Nilainya mungkin remeh, tapi jika ditotal pada semua keanggotaan yang kamu ikuti. Bukan tak mungkin jika nominal tersebut sudah bisa bayar biaya makan untuk sebulan. Untuk itu, coba pikirkan lagi. Cari dan pahami lagi, manakan kebutuhan tersebut yang memang bisa kamu pakai tanpa merasa rugi.

Dan Sebisa Mungkin Pangkas Pengeluaran dari Aktivitas Harian

Nah, aktivitas harian jadi salah satu pemicu yang menentukan pengeluaran. Maka penting untuk mulai mengatur strategi pengeluaran mana saja yang perlu diakali. Dan biaya transportasi untuk bekerja, boleh jadi sesuatu yang paling berpengaruh pada pengeluaran harian kita. Tapi demi memangkas biaya, baiknya kamu mulai berangkat kerja sendiri saja dengan Suzuki Adress Playful  yang cukup irit dengan mesinnya yang unggul.

Hadir dengan mesin berteknologi SOHC dengan kapasitas diangka 113 cc. Roda dua besutan perusahaan otomotif asal Jepang ini. Bisa membantu kita dalam hal mengatur keuangan karena memiliki kemampuan irit bahan bakar untuk aktivitas harian. Karena mengadopsi teknologi full injectionnya mampu menekan konsumsi bahan bakar dengan perbandingan kompresi yang mencapai 9.4:1.

Bukan kamu yang sudah tak sabaran, ada beberapa varian yang bisa kamu pilih dan bawa pulang untuk jadi teman beraktivitas harian. Mulai dari Aura Yellow, Stronger Red, Fresh Green, Macho Bright Blue, Dark Grey, Brilliant White, Luminous Orange, Ice Silver, Majestic Gold hingga Hyper Pink.

Karena apa yang kita lakukan pada pengaturan keuangan kita saekarang, akan jadi penentu seperti apa situasi finansial kita di masa depan. Maka kalau ada yang irit, kenapa harus pilih yang boros?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top