Tips

Berbagi Manfaat Itu Sederhana, Tak Harus Rumit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kesempatan untuk berbagi dengan orang lain akan memberikan makna hidup yang lebih dalam, dan akhirnya berpengaruh pada kondisi mental yang sehat. Riset yang digagas oleh Roy F. Baumeistera, Kathleen D. Vohsb, Jennifer L. Aakerc dan Emily N. Garbinskyc menemukan bahwa seseorang akan merasa hidupnya lebih bermakna ketika ia mampu memberikan sesuatu bagi orang lain.

Ketika kebahagian sering dikaitkan dengan pemenuhan kebutuhan diri sendiri, penelitian ini justru membahas bahwa seseorang akan merasa “lebih hidup” ketika ia berbagi dengan orang lain. Bukan ketika ia berhasil mendapatkan sesuatu sebanyak-banyaknya untuk orang lain.

Masalahnya kita selalu terkungkung dengan pemikiran bahwa berbagi itu hanya bisa dilakukan ketika kita sudah punya materi macam uang dan kekayaan. Padahal sesungguhnya kita punya banyak hal yang bisa dibagi meski bukan dalam bentuk materi. Hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita bisa bermakna lebih ketika diberikan kepada orang lain. Apa saja itu?

Percayalah Kamu Akan Lebih Bahagia Ketika Berbagi Informasi Positif di Laman Sosial Mediamu

man-1191845_640

Dunia maya memang terkadang sudah terlalu riuh. Banyak informasi sesat nan negatif yang membanjiri lini masa kamu. Pilihannya dua, ikut dalam arus emosi itu atau kamu justru ingin menjadi secercah bahagia untuk orang lain dengan berbagi informasi yang lebih positif.

Itu memang linimasa kamu, bebas untuk mengisinya dengan apa saja. Tapi bukankah ada orang lain yang membacanya. Coba ingat dan resapi kembali, rasa bahagia yang kamu rasakan ketika membagikan informasi positif di akun sosial mediamu. Terlalu banyak hal baik yang masih perlu untuk dikabarkan. Kenapa tidak kita menjadi salah satu pembawa pesan tersebut bukan?

Meski Kamu Bukan Profesor Tak Ada Salahnya Membagikan Ilmu yang Kamu Punya

memasak

Tak semua orang butuh ilmu tentang cara membuat roket. Tidak juga semua orang perlu rumus jitu matematika. Terkadang solusi sederhana terhadap masalah sehari-hari justru sangat bermanfaat buat orang lain.

Karena itu, kenapa tidak kamu membagikan resep sarapan yang kamu kuasai. Kenapa juga tidak kamu bagikan tips menghilangkan bau mulut yang kamu tau. Sesungguhnya pengetahuan yang kamu miliki itu banyak. Dan kamu bisa menjadi lebih bahagia karena membagikannya dengan orang lain. Semua orang pasti punya ilmu tanpa terkecuali. Jadi kenapa kamu harus menunggu.

Walaupun Cuma Tempat Duduk di Kendaraan Umum, Tapi Maknanya Besar untuk Orang Lain

bangku bus

Kamu pernah dengar kampanye gantian duduk yang dikampanyekan Tegar Mardhika? Ia adalah salah satu pengguna commuter line daerah Jabodetabek dan juga penggagas gerakan gantian duduk. Konsepnya sederhana, mengajak para pengguna kereta Jabodetabek untuk memberikan tempat duduknya secara bergantian.

Yup, berbagi memang bisa sesederhana itu. Tapi manfaatnya bisa jadi sangat besar buat orang lain. Kita pasti paham situasi kendaraan umum di Indonesia, umumnya belum senyaman di luar negeri. Karena itu memberikan tempat duduk kita agar bisa digunakan orang yang lebih membutuhkan adalah hal yang istimewa. Tak cuma di kereta, kamu yang di bus umum juga bisa melakukan hal ini bukan?

Tegur Sapa Tak Sekedar Basa-Basi, Ia Punya Makna yang Lebih Dalam

orangtua foto

Mungkin mengucapkan salam, menanyakan kabar menurutmu sesuatu yang penuh basa-basi. Tapi sesungguhnya hal itu bisa berarti banyak untuk orang lain. Sapaanmu bisa kamu bagikan untuk mencerahkan hari mereka.

Apalagi untuk kamu yang tak lagi tinggal serumah dengan orang tua. Kapan terakhir kali kamu menyapa mereka? Sudahkan menanyakan kabarnya, sehatnya, bahagianya? Sisihkan sedikit saja waktumu untuk diberikan kepada mereka. Sapalah orang tuamu.

Menyediakan Telinga Dan Hatimu untuk Mendengarkan, Pengaruhnya Besar Untuk Orang Lain

pasangan

Cobalah belajar untuk menjadi pendengar yang baik. Mungkin ini terkesan sebagai sebuah tindakan pasif, padahal sebenarnya tidak. Ketika kita memilih mendengarkan orang lain, pada saat itu kita telah memberikan dan membagikan perhatian kepadanya.

Banyak sahabat-sahabat di luar sana yang merasa sendirian dan sepi hanya karena merasa dirinya tidak pernah didengarkan. Karena itu, sediakanlah waktumu untuk mendengarkan cerita mereka. Tak perlu untuk segera memberikan solusi atau tanggapan, karena terkadang yang mereka butuhkan hanyalah didengar.

Segurat Senyum Kamu, Bisa Berarti Dunia dan Seisinya untuk Orang Lain

senyum listerine

Kadang kala kamu tersenyum karena bahagia, tapi tak jarang kamu bahagia karena tersenyum. Ya, tahukah kamu kalau senyum itu menular? Hal ini terjadi karena bagian cortex otak manusia yang berpengaruh terhadap senyuman, bersifat otomatis ketika merespon senyuman orang lain yang tulus.

Seburuk apapun hari seseorang, sulit baginya untuk tidak ikut tersenyum ketika ia melihat orang lain tersenyum. Bisa kamu bayangkan apa yang terjadi ketika kamu memilih membagikan senyuman kepada orang lain. Seketika itu pula secara tanpa bisa ditolak, orang tersebut akan membalas senyumanmu. Secara berantai kamu akan melihat senyum balasannya, dan akan mempengaruhi kebahagianmu lagi dan secara tak sadar membuatmu makin tersenyum.

Tak cuma berhenti sampai di situ. Ternyata senyum kamu juga bisa membantu saudara kita yang membutuhkan bantuan loh. Karena di bulan Ramadan, LISTERINE® mempunyai aktivitas bernama #BerbagiSenyum. Aktivitas apa itu?

Ada beberapa dari kita yang tidak bisa tersenyum dengan baik, seperti anak-anak dengan bibir sumbing. Untuk mengembalikan senyuman mereka, LISTERINE® mengajak kamu untuk ikut dalam kampanye #BerbagiSenyum di sini. Hanya dengan senyuman kamu, anak-anak dengan bibir sumbing di Indonesia bisa menjalani operasi. Sehingga mereka bisa tersenyum seperti kamu.

Yuk, sekarang adalah saatnya kamu untuk membagi senyuman untuk anak-anak dengan bibir sumbing. Senyum kamu akan sangat berarti untuk mereka!


Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Kondisi Terbaru Butet Kertaradjasa Pasca ‘Ambruk’ Saat Sedang Pentas

Kondisi kesehatan seninman Butet Kertaradjasa kian membaik pasca dirinya ambruk saat sedang melakoni pentas teater berjudul Kanjeng Sepuh di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jumat lalu. Sutradara Agus Noor mengungkapkan bahwa seusai pementasan, Butet langsung dibawa ke Rumah Sakit Saint Carolus, Jakarta Pusat.

“Ya, Butet Kartaredjasa baru saja diwisuda dengan cara operasi pasang empat ring di pembuluh jantungnya. Selamat, Jenderal Butet. Senang kowe wis iso ngguyu neh,” katanya seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (25/3/2019).

Sebelumnya, Agus melalui akun Instagram Agus Noor menuturkan bahwa Butet ambruk saat pementasan berjalan di menit 60-an. Tubuh Butet lemas, dingin, dan pucat. Dia mengalami serangan jantung ketika itu. Sejumlah kru medis kemudian turun untuk menangani Butet yang mengalami serangan jantung. Tatkala di atas panggung pementasan masih berjalan, kondisi Butet berangsur membaik dan ia bersikukuh tampil kembali. Namun Agus mencoba menahannya.

“Butet bersikeras muncul ke panggung. Saya tak yakin. ‘Biarlah saya menuntaskan kewajiban saya dengan terhormat malam ini.’ Begitu ia berkata. Tapi kowe jangan mati di panggung, nanti malah ngrepoti,’ kata saya. Dia tertawa. Maka, saya pun membiarkannya muncul menutup adegan terakhir, saat Semar mengungkap rahasia kebenaran,” tulis Agus lagi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Enggan Lakukan USG, Sarwendah dan Ruben Onsu Dambakan Bayi Laki-laki

Keluarga kecil Ruben Onsu dan Sarwendah akan bertambah anggota dalam waktu dekat. Pasangan yang menikah pada 2013 ini akan menyambut kelahiran anak kedua. Sarwendah yang sekarang mengandung tujuh bulan ternyata belum mengetahui jenis kelamin anak keduanya.

“Memang sampai sekarang saya, Wendah, enggak USG 4D karena mau surprise dan kita maunya dua anak aja gitu,” ucap Ruben seperti dikutip dari viva.co.id.

Pernah ketika mengecek kandungan, Ruben mengaku calon buah hati dalam keadaan tengkurap sehingga tidak bisa dilihat jenis kelaminnya. Namun yang penting calon anak kedua mereka dalam kondisi sempurna di kandungan.

“Tujuan kita kan mau lihat jumlah mata, jari-jari, tangan, kaki, tulang-tulangnya bagus. Ya memang dia tahu juga kita mau surprise,” kata Ruben.

Meski belum tahu pasti jenis kelamin calon buah hatinya, Ruben mengaku jujur ingin mendapat anak kedua laki-laki.

“Saya kepenginnya laki-laki biar sepasang, tapi saya takutnya gini bayi ngerasa. Saya selalu bisikin perutnya Wendah yang penting kamu sehat berguna untuk semua orang,” ungkapnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Rossa Akui Sepelekan Pola Makan Sampai Membuatnya Terserang Maag

Rossa akhirnya angkat bicara mengenai penyakit yang membuatnya harus dirawat beberapa hari di Singapura. Rasa sakitnya pun cukup mengganggu kondisinya.

“Sakit, ininya tuh bisa sampai tembus ke punggung jadi banyak kan yang pada sakit magh jangan dianggap remeh juga. Mungkin aku juga sekarang mulai belajar menjaga pola makan dan sebagainya,” kata Rossa seperti dikutip dari detik.com.

Awalnya, Rossa memang tidak merasakan apa-apa. Akan tetapi, lama kelamaan justru menyerang tenggorokannya.

“Awalnya sih aku nggak ngerasa apa-apa, terus tapi lama-lama bisa bikin serak tenggorokan, sesak napas. Pantang minum kopi, duren, yang asem-asem,” tegas Rossa.

Walaupun suaranya jadi serak, Rossa tetap harus menyanyi mengingat sudah terlanjur banyak kontrak yang dia tanda tangani.

“Wah gimana caranya, udah kontrak semua. Jadi ya nggak apa-apa yang paling penting jaga aja makan, obat,” pungkas Rossa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top