Feature

Bahkan Orang Perfeksionis pun Sebenarnya Suka Menunda Pekerjaan, Lho

“Masih pagi, nanti siangan aja dikerjainnya,”

Siapa yang pernah bergumam demikian? Melihat setumpuk pekerjaan bukannya langsung dikerjakan, tapi ditunda dulu dengan alasan ‘mengumpulkan niat’. Tak jarang, karena sering sekali menunda, kamu pun dapat cap malas dari sekitarmu. Padahal maksudmu tidak begitu, toh pada akhirnya kamu akan tetap mengerjakan dan menyelesaikannya.

Begini, setiap orang memang punya potensi untuk menunda sesuatu lho, Kawan. Sekalipun orang yang katanya perfeksionis! Yup, para perfeksionis memilih menunda sesuatu karena takut hasilnya jadi tak sempurna kalau diburu-buru oleh waktu. Untuk itu, mereka akan menunda dan memikirkan kembali segala hal yang diperlukan sebelum akhirnya melanjutkan pekerjaannya yang tertunda itu.

Bagi mereka, tak ada yang lebih menyenangkan selain bekerja dengan totalitas dan hasilnya sempurna versi mereka. Menunda sebentar itu bukan masalah besar. Tapi bicara soal tunda menunda, kira-kira kenapa ya orang cenderung suka menunda pekerjaan?

Karena Sebenarnya Dalam Diri Setiap Orang Ada Keinginan untuk Berusaha Mengontrol Semuanya

Rasanya ingin sekali menyelesaikan setiap pekerjaan yang ada di depan mata, bukan? Tapi kuantitasnya yang begitu banyak, selain menguras energimu, juga tentunya waktumu. Kamu tak akan sanggup menyelesaikan setiap tugasmu dalam sekali waktu.

Pada akhirnya, kamu pun memilih menunda menyelesaikan pekerjaan  tersebut sembari mencari cara untuk bisa menyelesaikannya dengan cepat. Untuk itu, kalau kamu melihat teman yang suka menunda, atau kamu sendiri tipikal yang sering menunda sesuatu, tak selamanya menunda itu buruk.

Orang yang Takut Gagal, Biasanya Lebih Suka Menunda Sampai Tiba Saatnya Ia Siap Melanjutkan Pekerjaan Tersebut

Hampir serupa dengan mereka yang perfeksionis, ada lho tipikal orang yang takut gagal atau melakukan kesalahan. Mereka sejatinya bukanlah tipe yang perfeksionis, hanya saja, kalau pekerjaan yang dilakukannya gagal, itu akan mempengaruhi mental dan psikisnya. Untuk itu, kalau menurutnya menunda adalah pilihan yang tepat dibanding membuat pekerjaannya gagal, maka ia akan memilih untuk menundanya sejenak.

Kendati demikian, jangan dibiasakan untuk melakukan hal ini ya, jangan jadikan  ketakutan sebagai alasan. Yang namanya hidup ‘kan kamu sejatinya sedang belajar, untuk itu tak perlu takut gagal, tapi belajarlah pelan-pelan. Sesekali menunda itu perlu, tapi jangan sering-sering karena efeknya akan membuatmu jadi tidak produktif.

Mereka yang Suka Menunda Sebagian Besar Tak Punya Pengendalian Diri yang Kuat

Setiap orang memang diciptakan berbeda. Termasuk dalam cara mengendalikan diri masing-masing terutama dalam menumbuhkan produktivitas. Nah, mereka yang suka menunda sebenarnya masih perlu memahami lagi apa itu pengendalian diri dan bagaimana harus disiplin dan tanggung jawab terhadap sesuatu. Sebab kalau menunda ini cenderung dibiasakan sementara ada tenggat waktu yang harus dipenuhi untuk sebuah tugas atau pekerjaan, jadinya akan dicap jadi orang yang tidak profesional, ‘kan?

Orang yang Suka Menunda Perlu Belajar Lagi Membuat Agenda Perencanaan Harian Supaya Bisa Lebih Produktif

Nyatanya membuat agenda itu sangat membantu seseorang agar semakin produktif lagi lho. Kamu sendiri pernah mencobanya? Terutama untuk kamu yang tahu kalau kamu sering lupa melakukan sesuatu, cobalah buat jadwal harian atau mingguan yang bisa menolongmu agar kamu tak lupa mengeksekusi kegiatan itu dibandingkan terus menundanya kemudian lupa. Dengan membuat perencanaan ini, kamu akan tahu sejauh mana produktivitasmu selama sepekan. Selamat mencoba!

Belajarlah Menghargai Waktu, Sekalipun Kamu Merasa Menunda Itu Perlu

Waktu adalah kesempatan. Kalau kamu menyia-nyiakan waktu, berarti sama saja kamu membuang kesempatan yang ada di depan mata. Mungkin menurutmu menunda itu perlu, tapi jangan biarkan dirimu diam saja tak melakukan apa pun.

Selagi kamu sedang menunda melakukan kegiatan A, gunakan waktumu untuk memaksimalkan kegiatan lainnya. Selain kamu jadi lebih produktif, kamu pun akan mengerti kalau menyia-nyiakan waktu itu tak ada manfaatnya, jadi lebih baik dimaksimalkan sebaik mungkin.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Melanie Putria dan Angga ‘Maliq & D’Essentials’, Resmi Bercerai!

Berbeda dengan Angga yang tak tampak dalam persidangan, Melanie Putria terlihat hadir dengan didampingi oleh kuasa hukumnya, pada sidang perceraiannya, yang digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat, kemarin Senin (21/1).

Dan atas kesepakatan bersama, keduanya akhirnya resmi bercerai sebagaimana hasil putusan yang dibacakan oleh hakim.

“Hari ini dikarenakan bukti sudah cukup, keterangan saksi juga sudah menguatkan alhamdulillah hari ini juga sekalian putusan. Sudah resmi bercerai,” ujar Indah Dewi Yani, kuasa hukum Melanie saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, dikutip dari laman detik.com.

Ternyata proses perceraian keduanya sudah sejak lama dilangsungkan dan sepakat berpisah dengan baik-baik. 

Sebelumnya, keduanya menikah pada 7 Maret 2010 lalu. Dari pernikahannya itu, mereka dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Sheemar Rahman Purariredja. Jarang terlihat dalam gosip miring, keduanya tampak mesra di sosial media. Namun, mendadak harus berpisah setelah 8 tahun berumah tangga.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dihargai Rp. 1.500/Kg, Petani di Banyuwangi Buang Buah Naga ke Sungai

Dinilai tak mendapat harga yang cukup mempuni, beberapa petani buah Naga di Bayuwangi terlihat membuang hasil panen ke sungai. Hanya dihargai sekitar Rp 1.500 hingga Rp 2.000 per kilogram (kg). Tindakan para petani yang membuang buah naga ke sungai ini jadi salah satu bentuk protes atas merosotnya harga buah tersebut.

Dikutip dari laman Detik.com, Hari candra setyawan (29), warga Dusun Silirbaru Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran Banyuwangi mengaku, anjloknya buah naga di Banyuwangi membuat dirinya merugi.

“Terpaksa saya buang ke sungai karena memang tidak laku. Dijual pun juga tidak nutut dengan ongkos petani,” ujarnya kepada wartawan, Senin (21/1/2019).

Dan dari foto dan video yang beredar luas di dunia maya, konon kegiatan membuang buah naga tersebut adalah kali kedua. “Ini bentuk protes kami karena buah naga dari Banyuwangi tidak laku dipasarkan. Kemarin kita buang 100 kilo. Ini lebih banyak lagi. Hampir 200 kilogram,” tambahnya.

Dianggap tak bisa mengembalikan modal, beberapa petani buah naga di wilayah sekitaran Banyuwangi, yakni di Dusun Resomulyo, Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng, akhirnya mempersilahkan masyarakat untuk memetik sendiri buah naga di kebunnya.

“Silakan kalau mau ambil sendiri di kebun. Gratis. Harga tidak nutup dengan ongkos petik,” ujar Ukri, dikutip masih dari laman yang sama.

Situasi ini sudah berjalan sekitar 2 minggu lebih, padahal menurut Ukri para petani baru bisa dikatakan mendapat untung jika harga buah naga diatas Rp. 6.500/kg.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Brad Pitt dan Charlize Theron Dikabarkan Menjalin Hubungan

Dua tahun pasca, prahara rumah tangganya usai dengan Angelina Jolie. Aktor Brad Pitt dikabarkan tengan berkencan dengan aktris peraih Piala Oscar, Charlize Theron. Konon, keduanya bertemu karena dikenalkan oleh mantan tunangan Theron, yakni Sean Penn.

Dilansir dari The Sun, keduanya mulai terlihat menjalin hubungan usai Natal tahun lalu. Dengan kata lain, ini akan jadi hubungan serius pertama yang Pitt jalani usai berpisah dengan Jolie pada tahun 2016 lalu.

Masih dari laman yang sama, seorang sumber mengatakan jika  “Mereka sudah saling ketemu hampir sebulan ini. Mereka awalnya berteman biasa, ironisnya dikenalkan oleh Sean, tapi kemudian hubungan keduanya mulai semakin dekat.”

Maka tak heran, jika akhir pekan minggu lalu, keduanya tampak bersama usai pemutaran film yang berbeda pada Sabtu malam. Dimana Brad Pitt pergi menonton “If Beale Street Could Talk” di sebuah rumah pribadi di Hollywood Hills. Karena dirinya menjadi eksekutif produser. Sedangkan Theron menjadi salah tamu istimewa di pemutaran film “Roma” di Chateau Marmont, LA.

Selepas menghadiri acara masing-maing, Brad terlihat datang untuk menemui Chateu. Berganti baju dan bergabung duduk di salah satu sudut bar bersama dengan Charlize. Terlihat jika Charlize minum vodka sementara Brad minum air putih.”

Namun hingga saat ini, perwakilan Brad Pitt masih enggan untuk berkomentar tentang kabar ini.

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top