Feature

Bagi yang Belum Tahu, Ini Gejala-gejala Seseorang yang Terkena Diabetes

Tahukah kamu kalau diabetes merupakan salah satu penyakit yang paling banyak berkontribusi terhadap jumlah kematian di seluruh dunia? Ini dikarenakan diabetes berpotensi menimbulkan banyak komplikasi sehingga banyak dokter yang menyebutnya sebagai silent killer.

Berbagai penyakit komplikasi yang bisa disebabkan oleh diabetes di antaranya: stroke, sakit jantung, hipertensi, sakit paru-paru, TBC dan kecacatan yang berujung pada amputasi. Sayangnya, banyak orang yang menganggap remeh gejala-gejala diabetes.

Padahal diabetes merupakan penyakit metabolik yang artinya tidak bisa disembuhkan, tapi bisa dikontrol dengan pengobatan yang tepat. Bagi kamu yang belum tahu seperti apa gejala-gejala diabetes, ini pemaparan selengkapnya:

Gejala yang paling khas, sering pipis di malam hari

wc-1033443_640

Kamu sering terbangun di malam hari karena kebelet pipis? Bukan hanya sekali tapi bisa berkali-kali? Waspada, poliuri atau sering pipis merupakan salah satu gejala klasik penderita diabetes. Biasanya penderita diabetes lebih sering pipis dan volumenya banyak pada malam hari. Bisa setiap 2 – 3 jam sekali.

 

Sering atau cepat merasa haus, sekali minum dalam jumlah banyak

glass-1206584_640

Jika kadar gula dalam darah seseorang tinggi, maka glukosa yang tidak bisa dicerna akan ikut terbuang dalam urine. Akibatnya, urine jadi lebih kental dan untuk mengencerkannya perlu air. Nah, cadangan air dalam tubuh lah yang diambil.

Ini yang menyebabkan dehidrasi sehingga penderita diabetes ingin banyak minum. Dikarenakan banyak air yang masuk, maka jadi sering pipis juga. Gejala ini disebut polidipsi.

 

Nafsu makan meningkat, rasanya lapar terus padahal baru makan beberapa jam yang lalu

women-1192737_640

Rasa lapar muncul karena sel-sel dalam tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Asupan makanan tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh sehingga proses metabolisme tubuh pun terganggu. Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan berlebih dibanding biasanya.

 

Makan banyak dan sering tapi berat badan malah turun

horizontal-162952_640

Nafsu makan meningkat, tapi anehnya berat badanmu berkurang terus? Ini dikarenakan saat gula darah ada di level yang tinggi, sumber energi tubuh berupa glukosa tidak dapat diserap dengan baik. Hal ini yang memicu penurunan berat badan meskipun kamu banyak makan.

 

Badan sering gemetar padahal tidak kedinginan

cracks-1287495_640

Ini adalah respon yang diberikan tubuh akibat buang air kecil yang terlalu sering dan kurangnya asupan karbohidrat dalam tubuh. Proses metabolisme terganggu menjadi penyebab tubuh sering gemetar tanpa alasan yang jelas.

 

Cepat merasa lelah saat beraktivitas atau ngantuk di siang hari

tiger-695332_640

Rasa lelah atau ngantuk ini timbul akibat kurang berkualitasnya waktu tidur di malam hari. Apa lagi kalau bukan karena setiap malam penderita diabetes merasa sering ingin kencing berkali-kali. Tidur yang seharusnya nyenyak menjadi terganggu.

 

Kalau sudah terluka, susah sembuh atau lama keringnya

accident-743032_640

Sistem imun dan kekebalan tubuh akan terganggu saat gula darah seseorang tinggi. Hal ini menyebabkan penyembuhan luka menjadi lebih lambat dari biasanya. Luka susah kering atau menutup meskipun sudah diberi berbagai macam obat. Ini yang harus kamu waspadai.

 

Sulit mengontrol emosi, jadi lebih sensitif dan mudah marah

man-390339_640

Emosi ini muncul karena kelelahan yang dialami oleh pasien diabetes. Semua gejala diabetes saling bersangkutan. Penyebab utamanya tetap sama yaitu adanya gangguan fungsi tubuh dikarenakan kadar gula darah yang tinggi.

 

Jika kamu merasa sering mengalami beberapa gejala seperti yang disebutkan di atas, sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter terdekat. Jangan ragu untuk cek gula darah minimal setahun sekali. Jangan lupa juga untuk menjaga berat badan dan banyak gerak ya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Dorce Gamalama Sudah Nyaman Tinggal Amerika Serikat

Belum lama ini Dorce Gamalama menceritakan pengalaman ketika tinggal di Amerika Serikat. Dorce menjelaskan bahwa ia tinggal di Amerika Serikat selama enam bulan dan di Indonesia selama enam bulan. Ia pun mengungkapkan alasan kenapa tidak bisa menetap di Amerika lebih dari enam bulan.

“Iya saya memang di Amerika sekarang, jadi 6 bulan di sana, 6 bulan pulang. Kita kan enggak boleh stay di sana, harus balik dulu. Nanti sudah berapa tahun kita baru punya green card, saya dua tahun lagi baru punya green card jadi mesti bolak-balik,” ucap Dorce seperti dikutip viva.co.id, Kamis (21/3).

Aktris berusia 55 tahun itu juga mengungkapkan alasannya kenapa memilih tinggal di Amerika Serikat. Bagi Dorce, tinggal di Amerika sangat memberinya ketenangan.

“Enggak ada alasan pokoknya enak saja, pokoknya lebih di sana tidak ada istilah nanya lu apa, bangsa apa, agama apa, enggak ada, kita menjalankan tanggung jawab kita masing-masing sebagai manusia,” tuturnya.

Pemain film Hantu Biang Kerok itu juga mengatakan bahwa ia sudah tinggal bolak-balik Indonesia Amerika sejak tahun 2014 lalu. Alasannya memilih Amerika juga karena Dorce sangat kagum dan menyukai kota New York.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Aura Kasih Tak Ragu Memegang Ular Sekalipun Sedang Hamil

Penyanyi Aura Kasih kini tengah mengandung buah cintanya dengan sang suami, Eryck Amaral. Dalam beberapa unggahannya di akun Instagram, Aura Kasih tampak berfoto dengan ular. Warganet mengira bahwa Aura tengah mengidam memegang ular. Namun, Aura membantahnya.

“Wah gila, enggak (ngidam ular), kalau ular itu memang sudah punya dari dulu, tapi karena hamil dia aku titipin ke teman aku. Kebetulan, bawain lagi dong ularnya ke sini, mau liat lagi, seperti apa, gitu aja,” kata Aura seperti dikutip dari kompas.com, Kamis (21/3). Kebiasaan Aura yang akrab dengan ular saat hamil juga sempat mendapat protes dari pengikutnya di Instagram.

“Banyak yang DM, ‘Mbak lagi hamil, jangan, istighfar, karena itu binatang jelek’. No, menurut aku semua binatang lucu, kata aku. Enggak boleh bilang jelek,” ujar Aura lagi. Ia menganggap hal ini sebagai latihan untuk anaknya saat lahir agar jadi penyuka binatang. Bagi Aura, ia sangat menyukai ular terutama jenis piton.

“Aku memang suka ular dan aku suka pitonku. Yang kecil itu punyaku, kalau yang gede, yang difoto punya temanku,” paparnya. Selama hamil, Aura mengaku selalu ingin melihat hewan-hewan yang menurutnya lucu dan menggemaskan.

“Enggak ada ngidam. Jujur, kalau ngidam lebih ke pengin liat binatang-binatang lucu. Kalau aku lagi lihat di Instagram pasti lihatnya kucing, anjing, binatang lucu aja,” jelas Aura.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Trending

Punya Tiga Anak, Ririn Dwi Ariyanti Bersyukur Tetap Diberi Kebebasan untuk Bekerja oleh Sang Suami

Aktris Ririn Dwi Ariyanti mendapat kebebasan untuk bekerja dari sang suami, Aldi Bragi. Ia pun bersyukur karena itu.

“Apa pun aktivitas saya, saya selalu dapat dukungan. Untungnya didukung terus sama suami,” kata Ririn seperti dikutip kompas.com, Kamis (21/3). Kendati aktif bekerja, Ririn tetap menyadari tugasnya sebagai sebagai seorang istri dan ibu untuk tiga anaknya. Ia tidak mau kesibukannya dalam bekerja malah membuat keluarganya terabaikan. Soal membatasi pekerjaan, Ririn mengakui bahwa suaminya juga memberikan nasihat mana yang harus diambil atau tidak.

“Kalau (suami) membatasi kalau di luar dari pekerjaan ya. Aku dibatasi. Tapi, kalau pekerjaan ini (kegiatan shooting) sudah dari bagian aktivitas aku. Itu tetap terus konsisten sih. Shooting menyesuaikan dengan kebutuhan,” ujar Ririn.

Ia menikah dengan Aldi Bragi pada 11 Juli 2010. Dari pernikahan itu mereka dikaruniai tiga anak. Putri pertama mereka, Siti Alana Kalyani lahir pada 13 Oktober 2011. Dua tahun kemudian, tepatnya 12 Januari 2013, Ririn melahirkan anak kedua. Anak ketiga pasangan tersebut, Rami Alfie Utomo, lahir pada 15 April 2018.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top