Sponsored Content

Ambil Langkah Tepat, Agar Kendaraamu Tak Pindah Tangan Karena Pencurian

Arus kejahatan sangat sulit untuk dihentikan sehingga membuat masyrakat resah. Terutama di jalan, karena menjadi arena untuk para pencuri beraksi menjalankan motifnya untuk eksekusi. Salah satu kejahatan yang kerap jadi perhatian dari tahun ke tahun adalah pencurian kendaraan bermotor. Roda dua bisa dibilang menjadi kendaraan mayoritas warga ibukota dalam beraktivitas, tetapi dibalik membantunya moda transportasi tersebut ternyata menjadi bahan utama bagi pencuri.

Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Hengki Haryadi mengatakan di tahun 2017 terhitung sebanyak 1511 kasus di Jakarta Barat soal tidak keajahtan. Aksi kejahatan tertinggi persentasenya adalah pencurian sepeda motor yang saat ini mencapai 71 persen. Dibanding tahun 2016 hanya 25 persen. Tak menutup kemungkinan kalau menyebar ke daerah lainnya, Polda Metro Jaya pun merespon dengan menggelar operasi cipta kondusif menyusul kejadian begal dan jambret yang terjadi beberapa waktu lalu di Cempaka Putih dan Tanggerang. Sebanyak 1000 personel pun dikerahkan dan hasilnya, 387 orang berhasil diamankan di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Berkaca dari kerawanan itu, sebagai pengendara kita pun harus membekali diri dengan mengambil langkah guna mengantisipasi terjadi pembegalan. Apalagi beberapa kejadian, pembegal tanpa pikir panjang untuk menghabisi korbannya. Lantas apa saja yang bung dapat lakukan guna menghindari roda dua pindah tangan ke pihak pencuri?

Tingkatkan Keamanan Dengan Pasang Gembok Tambahan

Secara umum motor di jaman sekarang sudah dilengkapi dengan Secure Key Shutter, guna mempersulit maling untuk membobol motor anda. Pelaku kriminal nampaknya selalu memiliki akal dan dua langkah lebih maju untuk urusan merusak “keamanan”.

Nyatanya terdapat sebuah cairan yang dikenal dengan nama cairan setan yang dapat merusak Secure Key Shutter kurang dari 5 menit sehingga motor bung dapat di bawa kabur dengan leluasa.

Salah satu solusinya adalah menggunakan gembok tambahan yang bisa disematkan pada bagian roda, stang/handle kopling, rantai aau pun roda cakram. Meskipun cairan tersebut juga dapat diakali dengan cairan tertentu, tetapi ini bakal mempersulit pelaku kriminal dalam melakukan aksi jahatnya.

Buat Maling Kebingungan Karena Motor Bung Terdapat Kunci Rahasia

Kunci satu ini memanfaatkan aliran listrik yang terdapat pada sebuah motor. Biasanya pemutus arus kelistrikan disembunyikan di bagian dalam motor di dekat jok motor, sehingga untuk menyalakan motor harus dibuka terlebih dahulu untuk mengaktifkan kunci rahasia.

Apabila maling berhasil membobol rumah kunci tanpa menyalakan kunci rahasia, motor tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga keamanan motor pun kian terjaga.

Manfaatkan Teknologi Dengan Memasang GPS

Diantara yang lain mungkin pemasangan GPS dapat dikatakan paling canggih di antara pengaman lainnya yang telah disebutkan. GPS terkoneksi sistem online untuk mengamankan kendaraan apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Apabila terdapat indikasi motor dicuri maka alat yang ditempel khusus pada motor akan mengirimkan notifikasi ke gawai pemilik motor bung. Bisa berupa alarm, SMS atau telpon. Pemlik motor pun dapat melancar keberadaan motor yang dicuri dengan menggunakan website penedia GPS sehingga pemilik dapat memantau atau mengambil kembali motor yang dicuri.

Atau Miliki Kendaraan yang Memang Sudah Dirancang Untuk Aman Dari Tindak Kejahatan

Kalau bung merasa kendaraan yang dipasang sistem keamanan tambahan belum tentu menghindari dari bentuk kejahatan. Langkah tepat adalah dengan bung memiliki kendaraan dengan sistem keamanan hi-tech seperti All New Satria F150 Predator dari Suzuki. Motor yang didesain dengan tampilan sporty dan masa kini, memiliki fitur kunci yang dilengkapi dengan security Alarm, penjagaan esktra untuk tunggangan andalan.

Dari fitur alarm yang tersemat beberapa sistem seperti Engine killer, apabila kunci kontak dibuka paksa ke posisi on oleh seseorang maka tunggangan akan memberikan tanda lampu sign yang berkedip dan sirene yang berbunyi. Pada kondisi ini motor tak bisa dihidupkan sebelum sistem alarm dinonaktifkan. Kemudian terdapat sensor getar yang menjaga ketika ada seseorang yang berniat mencuri motor andalan bung, yang direspon dengan lampu sein dan sirene yang berbunyi selama 3 detik, dan 15 detik apabila ada percobaan kedua.

Tak sampai di situ sisi keamanan yang ditawarkan Suzuki sangat berguna, seperti Remote Engine Stop yang membuat mesin motor dalam mati selam 10 detik dari kondisi mesin menyala dengan menggunakan remote control dari jarak 80 meter. Ada pula Anti Hijack yang memungkinkan pengguna untuk mematikan mesin motor secara total dari kondisi mesin menyala dari jarak jauh. Selain kemanan yang canggih motor ini dibekali mesin berteknologi fuel injection dan DOHC (Double Over Head Camshaft) yang memberikan akselerasi spontan dan padat saat kapanpun diinginkan pengendaranya. Penggunaan radiator berukuran besar sebagai sistem pendingin suhu mesin, memastikan kondisi terbaik untuk konsistensi performa dan keawetan komponen mesin.

Untuk itu, apalagi yang bung cari kalau kecepatan, keamanan dan elegan sudah terangkum menjadi satu lewat All New Suzuki Satria F150.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top