Tips

Agar Mudik Tak Terusik

Lebaran sebentar lagi. Ritual paling khas Indonesia sudah menanti. Apalagi kalau bukan mudik alias pulang ke kampung halaman.

Mudik sendiri berasal dari serapan bahasa Arab. Arti aslinya adalah “orang-orang yang menghilangkan”. Apa yang dihilangkan? Perasaan kerinduan, kesedihan karena jauh dari saudara dan kampung halaman. Akar katanya juga berasal dari adzaa-qo yang bisa diterjemahkan sebagai “merasakan atau mencicipi”. Apa yang dicicipi? perasaan bahagia ketika berada di kampung halaman.

Nah mudik sepatutnyalah membawa kebahagiaan. Karena itu, supaya silaturahmi bertemu saudara di daerah berjalan lancar tanpa gangguan, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal berikut.

Jangan Lupa Nyalakan Auto Responder Email

sosmed kepo

Ini penting. Mudik butuh konsentrasi sekaligus relaksasi. Jangan sampai asik khusyuk perjalanan terganggu oleh masuknya email pekerjaan dari klien atau dari bos. Pastikan auto responder menyala dengan notifikasi kalau kamu sedang cuti dan tidak bisa diganggu.

Kamu Yang Naik Kendaraan Umum, Pastikan Tiket Sudah Ditangan Ya!

kapal laut

Coba check dan richeck lagi apakah tiket perjalanan sudah siap ditangan. Kalau belinya tidak lewat jalur resmi, pastikan dulu itu tiket asli. Jangan sampai sudah di hari H malah baru dapat info kalau kamu kena tiket palsu. Sebisa mungkin juga tiket pulang sudah kamu siapkan. Pikiran bisa tak tenang kalau di kampung halaman masih memikirkan untuk tiket kembali.

Kamu Yang Naik Kendaraan Pribadi, Pastikan Kendaraan Sudah Diservis Ya!

servis mobil

Nah, buat yang memilih naik kendaraan sendiri baik mobil maupun motor, prioritas pertama adalah memastikan kendaraan dalam keadaan fit. Lakukan servis terlebih dahulu untuk memeriksa bagian mana saja yang perlu diperbaiki dan perbaharui. Urusannya bisa repot kalau diperjalanan terkendala radiator bocor, ac tak dingin, stater tak menyala dan sejenisnya.

Perjalananmu Jauh Dan Lama, Bisa Jadi Bosan! Siapkan Hiburan Ya!

macet

Bayangkan berapa lama yang harus dihabiskan diperjalanan untuk pengguna kendaraan pribadi, kereta, kapal laut. Dengan kemacetan, antrian, kadang bisa sampai satu-dua hari dihabiskan bahkan pengguna armada laut bisa sampai seminggu.

Jadi ada baiknya, mempersiapkan hiburan. Lagu-lagu kesayangan jangan lupa untuk disiapkan. Yang suka membaca juga jangan lupa buku kesayangan atau justru yang baru di bawa. Yang doyan makan? Siapkan cemilan untuk mengganjal perut.

Si Manis Baiknya Dititipkan Saja

macan

Punya binatang perliharaan tersayang? Dari pada kamu pusing memikirkannya, mempersiapkan segala makanannya. Ada baiknya dititipkan saja. Banyak kok tempat penitipan peliharaan dengan fasilitas yang bisa membuat si manis nyaman. Beberapa pet shop juga suka membuka “hotel” binatang dadakan di masa peak season seperti ini. Cari alternatif terbaik untuk peliharaanmu.

Hitung Cermat Keseimbangan Uang Tunai Kamu

simpan uang

Ini sedikit tricky! Tidak baik membawa uang cash alias tunai berlebihan ketika dalam perjalanan. Jelas hal ini mengundang niatan jahat orang lain. Namun perlu diingat, selama perjalanan kita tentunya membutuhkan uang tunai untuk bertransaksi.

Apalagi jika daerah yang kita tuju, bukanlah kota besar urban. Coba ditimbang-timbang berapa uang cash yang harus kita bawa. PErhitungkan juga apakah ATM tempat kita menaruh uang tersedia di lokasi tujuan. Jika punya beberapa akun bank, ada baiknya menyebar jumlah uang dibeberapa akun tersebut. Fungsinya jika salah satu ATM tidak tersedia, kita selalu bisa menggunakan yang lainnya.

Pulsa sudah?

pulsa handphone

Lalu lintas penggunaan koneksi seluler meningkat tajam di masa-masa seperti ini. Demikian juga dengan aktivitas isi ulang. Jangan sampai pulsa atau paket datamu habis ketika hendak mudik. Karena bukan tak mungkin kamu kesulitan mengisi ulang di tengah trafik operator yang melonjak tajam.

Ini penting mulai dari sekedar update status narsis diperjalanan, sampai ke urusan mencari informasi alternatif jalan. So, jangan lupa ya!

Titip Rumah Kamu Ke Pihak Yang Berwenang

rumah

Hati tenang bukan cuma karena perjelanan mudah, tapi juga karena hati tentram pada yang ditinggalkan. Pastikan semua sudah terkunci dengan baik, jangan sampai di tengah jalan hati gundah gulana karena ragu-ragu apakah pintu belakang sudah dikunci atau belum. Untuk menambah ketenangan, lapor kepada pihak berwenang, seperti keamanan lingkungan, RT, RW kalau perlu sampai kepolisian.

Kalau begini, pergi dengan hati senang, pulang pun disambut kebahagian!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

5 Bandara Ini Memang Keren Abis, Sayang Kalau Nggak Nyempetin Waktu Buat Foto Dulu

Apakah kamu tahu bahwa Bandara merupakan salah satu indikator dari kemajuan suatu Negara? Semakin canggih dan modern suatu bandara, biasanya semakin maju juga negaranya. Nah, berikut adalah 5 bandara yang super keren.

1. Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta adalah salah satu bandara yang paling sibuk di Indonesia. Bandara ini pun didesain dengan sangat istimewa karena merupakan pintu masuk utama Indonesia.

2. Bandara Kuala Namu

Sumber : Blog Surya Hardhiyana

Bandara keren ini terletak di Medan. Bandara ini adalah bandara yang terbilang cuku baru, namun untuk fasilitasnya, jangan diragukan lagi. Bandara ini merupakan bandara pertama yang menyediakan fasilitas stasiun kereta api untuk membawa penumpang ke pusat kota.

3. Bandara Kertajati

Sumber : pepnews.com

Bandara Kertajati merupakan salah satu bandara yang digadang-gadang mampu menjadi salah satu bandara terbaik di Indonesia. Makhlum jika kamu belum familiar dengan bandara yang satu ini. Karena kenyataannya bandara yang satu ini masih ada dalam tahap pembangunan. Bandara ini juga akan dilengkapi dengan jalur kereta bandara layaknya Bandara Kuala Namu.

4. Bandara I Gusti Ngurah Rai

Sumber : Indonesia Expat

Banyak orang setuju kalau bandara yang satu ini merupakan salah satu bandara yang keren abis di Indonesia. Bahkan kemewahan bandara ini diakui secara internasional. Pada tahun 2015 bandara I Gusti Ngurah Rai dianugerahi top3 bandara dengan pelayanan terbaik di dunia, dan juga menempati posisi ke 7 sebagai The Biggest Airport in the World oleh Airport Council International.

5. Bandara Sepinggan

Sumber : Balikpapan Premio

Bandara keren ini terletak di Kalimantan Timur. Bandara ini dilengkapi dengan mini bioskop yang bisa memenuhi kebutuhan penumpang akan sarana hiburan saat menunggu jadwal penerbangan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Kamu Harus Tahu, Ini 7 Masjid Paling Indah di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu Negara dengan mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Jadi bukan hal yang aneh jika terdapat banyak tempat ibadah bagi umat Muslim di Indonesia. Bahkan adapula beberapa masjid yang terkenal dengan arsitekturnya yang sangat indah. Berikut adalah 7 masjid paling indah yang ada di Indonesia.

1. Masjid Raya Baiturrahman, Aceh

Gaya arsitektur Masjid Raya Baiturrahman ini memiliki kemiripan dengan Taj Mahal di India. Masjid ini dibangun di lahan seluas 4.760 m2 dan bisa menampung sampai 9000 orang.

2. Masjid Ramlie Musofa, Jakarta

Masjid Ramlie Musofa adalah salah satu masjid yang patut diacungi jempol. Masjid ini dibangun sekitar tahun 2011 dengan gaya yang mewah dan klasik. Masjid ini terletak di pinggir danau di daerah Sunter, Jakarta Utara.

3. Masjid Agung, Semarang

Masjid Agung merupakan masjid yang dibangun dengan gaya futuristik. Kabarnya, konsep bangunan ini menggabungkan konsep bangunan Jawa dan Yunani. Uniknya lagi, di masjid ini terdapat paying hidrolik raksasa yang dapat membuka dan menutup secara otomatis.

4. Masjid Al-Irsyad, Bandung

Masjid Al-Irsyad merupakan masjid dengan konsep yang minimalis. Masjid ini dibangun pada tahun 2009 dan terletak di daerah Kota Baru Parahyangan, Bandung. Arsitek dibalik bangunan masjid indah ini adalah Bapak Ridwan Kamil.

5. Masjid Sultan Suriansyah, Banjarmasin

Masjid indah selanjutnya berasal dari Banjarmasin. Masjid ini dibangun antara tahun 1526-1550. Masjid ini memiliki keunikan tersendiri yaitu desain bangunannya yang menyerupai rumah panggung. Tak hanya itu, di dalamnya juga terdapat ukiran khas Kalimantan yang membuatnya semakin menawan dan beda dari yang lainnya.

6. Masjid Jami, Malang

Masjid Jami merupakan masjid yang berlokasi di Malang. Masjid ini mulai dibangun pada tahun 1890 dan selesai pada tahun 1903. Yang unik dari masjid ini adalah adanya air mancur di tengah bangunannya.

7. Masjid Agung, Tuban Jawa Timur

Masjid Agung Tuban memiliki desain bangunan yang sangat keren. Desain bangunannya menyerupai Disneyland. Masjid ini dibangun pada tahun 1894 dengan mengambil konsep bangunan 1001 malam

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Jalan-jalan ke Singapura Bersama Pasangan, Tak Perlu Biaya Besar Untuk Sewa Penginapan

Singapura adalah salah satu Negara yang dekat dengan Indonesia. Karenanya bukan hal yang sulit untuk orang Indonesia bepergian ke Singapura. Nah tak perlu bingung jika kamu hanya memiliki budget yang rendah. Kamu tetap bisa kok jalan-jalan ke sana bersama pasangan.

Caranya yaitu dengan memanfaatkan promo tiket pesawat dan carilah hotel yang low budget. Ini beberapa hotel yang mungkin bisa kamu jadikan pilihan saat berlibur nanti.

1. The Pod @Beach Rod Boutique Capsule Hotel

Penginapan The Pod sangat cocok buat kamu yang ingin beristirahat dengan nyaman. Fasilitas yang ditawarkan pun cukup lengkap. Penginapan ini terletak di daerah Bugis dan cukup strategis karena dekat dengan berbagai akses transportasi mulai dari bus sampai MRT. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu mulai 300 ribuan saja.

2. Beary Nice! By A Beary Good

Penginapan yang satu ini memiliki interior yang cukup unik. Interior di dalamnya bertemakan boneka beruang. Nah buat kamu yang mencari penginapan yang instagramable, kayaknya penginapan yang satu ini sangat coock untukmu.

3. Vintage Inn

Vintage Inn merupakan salah satu penginapan murah yang sangat cocok untuk para muda-mudi. Fasilitas yang disediakan pun tergolong komplit. Fasilitas yang bisa kamu dapatkan di antaranya TV, WiFi, ruang komputer, dan ruang baca yang sangat nyaman untuk para pengunjung. Interiornya juga sangat unik, bernuansa kekayuan yang bisa bikin ruangan terasa hangat.

4. 5footway Inn Project

Jika kamu memilih untuk menginap di hotel ini, kamu bisa memilih kamar dengan harga mulai 400 ribuan. Hotel ini memiliki staf yang terkenal sangat ramah dan kebersihan hotel ini pun sangat terjaga. Sehingga sangat nyaman untuk ditinggali. Di sini juga tersedia common area yang nyaman baik di dalam ataupun di luar hostel.

5. River City Inn

Para backpacker biasanya sangat suka menginap di penginapan murah yang satu ini. Kamu bisa memilih untuk menginap asrama campuran atau privat. Untuk para cewek, nggak perlu khawatir. Di sini juga menawarkan asrama khusus untuk cewek kok.

6. Five Stones Hostel

Penginapan yang satu ini termasuk penginapan yang sangat murah, yaitu dengan harga mulai 200 ribu saja. Dijamin kamu juga akan rajin banget selfie di dalamnya karena interior di dalamnya sangat cocok untuk dijadikan background fotomu.

7. Moni Gallery

Kalau kamu adalah orang yang menyukai seni, sepertinya hotel ini cocok untuk kamu jadikan pilihan. Moni Gallery bukanlah sebuah hotel biasa. Tempat ini memiliki fungsi lain sebagai galeri seni juga loh. Jadi kamu nggak perlu heran kalau interior di dalamnya dipenuhi oleh karya seni yang indah. Nah, ternyata karya seni yang dipajang itu juga bisa kamu beli. Menarik bukan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top