Tips

Agar Mudik Tak Terusik

Lebaran sebentar lagi. Ritual paling khas Indonesia sudah menanti. Apalagi kalau bukan mudik alias pulang ke kampung halaman.

Mudik sendiri berasal dari serapan bahasa Arab. Arti aslinya adalah “orang-orang yang menghilangkan”. Apa yang dihilangkan? Perasaan kerinduan, kesedihan karena jauh dari saudara dan kampung halaman. Akar katanya juga berasal dari adzaa-qo yang bisa diterjemahkan sebagai “merasakan atau mencicipi”. Apa yang dicicipi? perasaan bahagia ketika berada di kampung halaman.

Nah mudik sepatutnyalah membawa kebahagiaan. Karena itu, supaya silaturahmi bertemu saudara di daerah berjalan lancar tanpa gangguan, ada baiknya kita mempersiapkan beberapa hal berikut.

Jangan Lupa Nyalakan Auto Responder Email

sosmed kepo

Ini penting. Mudik butuh konsentrasi sekaligus relaksasi. Jangan sampai asik khusyuk perjalanan terganggu oleh masuknya email pekerjaan dari klien atau dari bos. Pastikan auto responder menyala dengan notifikasi kalau kamu sedang cuti dan tidak bisa diganggu.

Kamu Yang Naik Kendaraan Umum, Pastikan Tiket Sudah Ditangan Ya!

kapal laut

Coba check dan richeck lagi apakah tiket perjalanan sudah siap ditangan. Kalau belinya tidak lewat jalur resmi, pastikan dulu itu tiket asli. Jangan sampai sudah di hari H malah baru dapat info kalau kamu kena tiket palsu. Sebisa mungkin juga tiket pulang sudah kamu siapkan. Pikiran bisa tak tenang kalau di kampung halaman masih memikirkan untuk tiket kembali.

Kamu Yang Naik Kendaraan Pribadi, Pastikan Kendaraan Sudah Diservis Ya!

servis mobil

Nah, buat yang memilih naik kendaraan sendiri baik mobil maupun motor, prioritas pertama adalah memastikan kendaraan dalam keadaan fit. Lakukan servis terlebih dahulu untuk memeriksa bagian mana saja yang perlu diperbaiki dan perbaharui. Urusannya bisa repot kalau diperjalanan terkendala radiator bocor, ac tak dingin, stater tak menyala dan sejenisnya.

Perjalananmu Jauh Dan Lama, Bisa Jadi Bosan! Siapkan Hiburan Ya!

macet

Bayangkan berapa lama yang harus dihabiskan diperjalanan untuk pengguna kendaraan pribadi, kereta, kapal laut. Dengan kemacetan, antrian, kadang bisa sampai satu-dua hari dihabiskan bahkan pengguna armada laut bisa sampai seminggu.

Jadi ada baiknya, mempersiapkan hiburan. Lagu-lagu kesayangan jangan lupa untuk disiapkan. Yang suka membaca juga jangan lupa buku kesayangan atau justru yang baru di bawa. Yang doyan makan? Siapkan cemilan untuk mengganjal perut.

Si Manis Baiknya Dititipkan Saja

macan

Punya binatang perliharaan tersayang? Dari pada kamu pusing memikirkannya, mempersiapkan segala makanannya. Ada baiknya dititipkan saja. Banyak kok tempat penitipan peliharaan dengan fasilitas yang bisa membuat si manis nyaman. Beberapa pet shop juga suka membuka “hotel” binatang dadakan di masa peak season seperti ini. Cari alternatif terbaik untuk peliharaanmu.

Hitung Cermat Keseimbangan Uang Tunai Kamu

simpan uang

Ini sedikit tricky! Tidak baik membawa uang cash alias tunai berlebihan ketika dalam perjalanan. Jelas hal ini mengundang niatan jahat orang lain. Namun perlu diingat, selama perjalanan kita tentunya membutuhkan uang tunai untuk bertransaksi.

Apalagi jika daerah yang kita tuju, bukanlah kota besar urban. Coba ditimbang-timbang berapa uang cash yang harus kita bawa. PErhitungkan juga apakah ATM tempat kita menaruh uang tersedia di lokasi tujuan. Jika punya beberapa akun bank, ada baiknya menyebar jumlah uang dibeberapa akun tersebut. Fungsinya jika salah satu ATM tidak tersedia, kita selalu bisa menggunakan yang lainnya.

Pulsa sudah?

pulsa handphone

Lalu lintas penggunaan koneksi seluler meningkat tajam di masa-masa seperti ini. Demikian juga dengan aktivitas isi ulang. Jangan sampai pulsa atau paket datamu habis ketika hendak mudik. Karena bukan tak mungkin kamu kesulitan mengisi ulang di tengah trafik operator yang melonjak tajam.

Ini penting mulai dari sekedar update status narsis diperjalanan, sampai ke urusan mencari informasi alternatif jalan. So, jangan lupa ya!

Titip Rumah Kamu Ke Pihak Yang Berwenang

rumah

Hati tenang bukan cuma karena perjelanan mudah, tapi juga karena hati tentram pada yang ditinggalkan. Pastikan semua sudah terkunci dengan baik, jangan sampai di tengah jalan hati gundah gulana karena ragu-ragu apakah pintu belakang sudah dikunci atau belum. Untuk menambah ketenangan, lapor kepada pihak berwenang, seperti keamanan lingkungan, RT, RW kalau perlu sampai kepolisian.

Kalau begini, pergi dengan hati senang, pulang pun disambut kebahagian!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

5 Taman di Bandung yang Patut Dikunjungi untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Gelar Bandung sebagai Kota Kembang bukanlah sesuatu yang tanpa makna, sebab kota yang masih dikenal dengan suhunya yang dingin ini memang punya banyak memiliki sekali taman-taman indah yang pastinya juga berisi bunga. Jadi tak perlu heran, jika warga Bandung bisa merasakan berbagai suasana berbeda dari taman-taman tersebut setiap akhir pekan.

Hadir dengan keunikan dan namanya masing-masing, taman-taman di Kota Bandung bisa dijadikan referensi tempat untuk bersantai di akhir pekan. Entah itu bersama keluarga, sahabat, pacar atau siapa saja yang kamu kenal. Tak perlu jauh-jauh, karena kamu bisa menemukan banyak taman yang berada di pusat Ibu Kota dari Jawa Barat ini.

Untuk Para Pecinta Binatang, Kamu Bisa Mengunjungi Taman Pet Park

Sumber : infobdg.com

Jadi tempat berkumpulnya para pecinta hewan yang ada di Bandung. Di taman ini kamu bisa menyaksikan aktivitas para pemilik dan hewan peliharaannya yang tengah menghabiskan waktu berbarangan. Beberapa fasilitas yang ada di sini, memang ditujukan untuk para pemilik hewan dan hewan itu sendiri. Tapi tak hanya itu saja, taman ini juga disertai dengan beberapa sarana trek joging, fasilitas bersantai seperti meja dan kursi, hingga beberapa tempat sampah untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan di sana. Oh iya, ada koneksi internet gratis juga, loh. 

Kalau Kamu Lebih Suka Seni Musik, Kamu Dapat Menyambangi Taman Musik Centrum

Sumber : Klikhotel.com

Berlokasi di Jalan Belitung, Kecamatan Sumur Bandung, tepatnya di samping SMA Negeri 5. Awalnya taman ini sering digunakan oleh siswa SMAN 5 untuk berkumpul, bermain musik, olahraga basket, serta beberapa kegiatan lainnya. Memiliki luas sekitar 4.200 meter persegi, konon taman ini dibuat untuk mereka yang memang memiliki kegemaran bermain musik, terutama anak band. Sebab mereka bisa melakukan kegiatan secara gratis di sini.

Rimbunnya pepohonan serta tatanan taman yang diatur dengan baik, jadi daya tarik tersendiri yang dimiliki oleh Taman Musik ini. Jadi wajar saja, jika setiap kali ke sini, kamu akan merasa betah dan ingin berlama-lama untuk menikmati suasananya. Kamu juga bisa mendapatkan fasilitas mulai dari wifi, lampu, stage, hingga colokan listrik

Pun Kamu Bisa Menikmati Labirin di Taman Balai Kota

Sumber : lokawisatabandung.com

Nah, jika kamu sedang mencari tempat asyik yang bisa dinikmati setiap kalangan, kamu disarankan untuk mengunjungi Taman Balai Kota saja. Dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti wifi, tempat duduk, musala, toilet, tempat bermain anak, serta kolam dan tempat untuk berkumur-kumur. Di taman ini kamu akan menemukan deretan bunga serta kolam ikan dan beberapa patung yang jadi ciri khas dari Taman Balai Kota.

Diakhir pekan, beberapa warga kerap terlihat memanfaatkan taman ini sebagai wadah untuk berolahraga. Khususnya naik sepeda. Selain itu, kamu bisa menemukan labirin yang dibentuk dengan unik. Di dalam taman labirin tersebut, terdapat jalur berliku berlantai granit selebar setengah meter. Jalur itu melingkari dua buah pohon trembesi yang konon telah berusia 100 tahun. Selain udara yang segar, tempat ini juga disebut-sebut sebagai salah satu spot foto yang Instagramable banget, deh. 

Ada pula Teras Cikupundung yang Telah Dikenal Banyak Orang

Sumber : https://www.instagram.com/dudisugandi/

Perpaduan konsep urban dan ekologi yang berada tepat di sekitar aliran Sungai Cikapundung, jadi sesuatu yang menggambarkan situasi di taman ini. Berada di sekitar aliran Sungai Cikapundung, atau lebih tepatnya di kawasan hutan kota Babakan Siliwangi. Taman Teras Cikapundung ini dibangun oleh Pemerintah Kota Bandung dengan harapan akan menjadi ruang terbuka hijauh di tengah kota yang akan menampung siapa saja yang datang ke sana.

Sekarang ini, Teras Cikapundung tak hanya banyak dikunjungi oleh warga Bandung saja, tapi juga wisatawan dari luar daerah Bandung. Kamu hanya perlu membayar, 10 ribu rupiah untuk orang dewasa serta 5 ribu rupiah untuk anak-anak. Wah, cukup murah, ya!

Dan yang Terakhir, Terdapat Alun-alun Bandung yang Juga Jadi Ikon Paling Dikenal di Bandung

Sumber : InfoBandung

Taman ini jadi salah satu yang paling banyak dikunjungi dan dijadikan alternatif tujuan berlibur saat menghabiskan akhir pekan di Bandung. Walau katanya terlihat mainstream karena terlalu sering dikunjungi orang, tak lantas mematahkan semangat kok. Toh, masih banyak hal yang bisa kita lakukan di sini. Mulai dari bermain bersama kawan, membaca buku, hingga mencicpi beberapa kuliner yang ada di sana.

Desainnya yang begitu keren, serta kawasan yang bersih jadi nilai tambah yang akan diselalu terkenang setelah kamu pergi ke sana. Maka, jika memang kamu tinggal atau berkunjung ke Bandung, tempat ini adalah salah satu spot wajib yang patut untuk dikunjungi.

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Bagi Kamu yang Mau Menikah, Ini Ada 7 Destinasi Menarik untuk Bulan Madu Untukmu

Kabar baik nih untuk kamu yang sudah merencanakan sebuah pernikahan. Tentunya kamu tak lupa perihal bulan madu bukan? Sekedar informasi saja nih, berikut adalah 7 destinasi menarik yang Gobagi rekomendasiin buat kamu yang masih bingung memilih tempat mana yang cocok untuk bulan madumu sebagai pasangan baru. Berikut ulasannya!

1. Pulo Cinta, Gorontalo

Sumber : Instagram / @pulocinta

Di Pulau Sulawesi, tepatnya di Gorontalo, kini ada resort yang sedang hits loh. Resort ini terletak di tengah lautan. Tapi untuk bisa menginap dan menikmati keindahan lautan dari resort ini, kamu butuh menyiapkan budget yang lumayan. Mengingat tempatnya memang cukup jauh, yaitu berada di bagian utara Sulawesi.

2. Kepulauan Labengki, Sulawesi Tenggara

Sumber : Instagram/@labengki_official 222

Pulau Labengki ini termasuk pulau yang masih belum dikenal banyak orang. Namun berbicara tentang keindahan alamnya, jangan kamu pertanyakan lagi. Pulau yang satu ini seringkali disebut sebagai miniatur dari Raja Ampat.

3. Kepulauan Anambas, Riau

Sumber : Instagram/ @gunungpancar

Kepulauan Anambas ini terletak tak jauh dari perbatasan dengan beberapa negara seperti Singapura dan Malaysia. Namun pulau ini sendiri masih dalam wilayah naungan Provinsi Kepulauan Riau. Jika kamu ingin berkunjung ke pulau ini, kamu tak perlu bingung, di sana sudah mulai dibangun resort-resort yang pastinya kece abis.

4. Tanjung Beloam, Lombok

Sumber : Instagram/ @pecandusepii

Lokasinya sendiri terletak di kepungan hutan belantara. Tanjung Beloam merupakan salah satu tempat indah yang tersembunyi di Lombok. Lokasinya cukup terpencil, sekitar 60 km dari Kota Mataram dengan akses jalan yang tak semulus di perkotaan tentunya. Tapi jangan salah, di sana kamu bisa merasakan suasana yang sangat nyaman dan bernuansa privat.

5. Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur

Sumber : Instagram/@andresmoratayacooks

Kamu bisa menghabiskan masa bulan madumu dengan menginap di Nihiwatu. Nihiwatu sendiri adalah tempat indah yang jika diumpamakan mungkin setara dengan permata tersembunyi yang ada di Nusa Tenggara Timur. Yang jadi pemandangan berbeda, Pantai Nihiwatu seringkali dilewati oleh gerombolan kerbau. Di dekat pantai juga terdapat resort yang menyediakan kuda juga peralatan surfing yang akan melengkapi momen bulan madumu.

6. Labuan Bajo

Sumber : Instagram/ @exploredolan.id

Laboan Bajo seolah menjadi paket lengkap wisata yang wajib kamu ambil. Mau pulaunya, pantainya, maupun komodonya, semua mampu menarik hati setiap orang. Kamu bisa banget bekunjung berkunjung ke tempat-tempat indah di Laboan Bajo seperti Pulau Padar, Pink Beach, Gili Laba, Pulau Kenawa atau ke Pulau Rinca atau Pulau Komodo.

7. Pedalaman Magelang, Jawa Tengah

Sumber : Instagram/@mesastila

Pedalaman Magelang bisa jadi salah satu opsi untuk destinasi bulan madumu. Kamu bisa menginap di Resort Mesastila. Letaknya tak jauh dari kota Jogja. Resort ini dikelilingi oleh perkebunan kopi di sekitarnya. Suasananya sangat asri karena memang terletak di pedalaman. Pemandangan deretan pegunungan juga menambah nilai plus untuk tempat yang satu ini. Kamu bisa melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi atau Gunung Andong dari resort ini.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

10 Makanan Khas Indonesia yang Dianggap Mewah di Belanda

Belanda merupakan negara yang mengagumi kekayaan rempah-rempah yang dihasilkan oleh Indonesia. Kekaguman dan kecintaan negara ini kepada rempah-rempah dan makanan Indonesia nampaknya masih ada sampai saat ini. Hal ini dibuktikan dengan masakan sederhana khas Indonesia yang dijadikan menu mewah di Belanda.

1. Rendang

Makanan yang satu ini memang merupakan khas Indonesia yang sudah mendunia. Tak hanya warga dunia saja yang menyukai makanan ini, warga lokal pun banyak yang menyukai makanan ini.

2. Perkedel

Perkedel merupakan makanan khas Indonesia yang cukup sederhana namun banyak disukai. Makanan yang berbahan dasar kentang ini ternyata juga menjadi salah satu menu yang dianggap mewah loh di negara Belanda.

3. Bakwan Jagung

Siapa yang menyangka bahwa makanan sederhana khas Indonesia ini ternyata dianggap sebagai menu mewah oleh orang Belanda? Tampilan yang sederhana dan bahan serta cara pembuatannya yang mudah ternyata terlihat spesial di negera Belanda.

4. Ayam Opor

Makanan ini sangat familiar bagi masyarakat Indonesia, terlebih saat ada perayaan Hari Raya warga muslim. Menu ini seolah menjadi menu wajib yang selalu ada. Ternyata makanan ini juga menjadi makanan favorit di negara lain, salah satunya Belanda.

5. Ayam Goreng dengan Sambal Terasi

Bumbu rempah yang meresap ke dalam daging ayam ditambah dengan cocolan sambal yang menggiurkan menjadi daya tarik dari makanan yang satu ini. Tak heran jika makanan ini jadi menu yang dianggap mewah di Belanda.

6. Sate

Sate merupakan makanan khas Indonesia yang cukup populer di kalangan Internasional. Rasanya yang khas dengan rempah-rempah Indonesia menjadi daya tarik tersendiri dari makanan yang satu ini.

7. Lontong Cap Gomeh

Makanan ini diberi nama “Lontong Tjampoer” di Belanda. Makanan yang satu ini termasuk sebagai makanan sederhana khas Indonesia yang dianggap sebagai makanan mewah di Belanda.

8. Sambal Goreng Tempe

Tempe merupakan salah satu makanan yang ada di Indonesia. Kelezatan tempe yang ditambah dengan bumbu rempah Indonesia membuat banyak orang Belanda menganggap makanan ini sebagai makanan yang mewah untuk dikonsumsi.

9. Sayur Lodeh

Sayur yang kental dengan santan ini memang memiliki cita rasa yang sangat unik. Rempah yang digunakan pun sangat terasa. Pantas saja jika banyak dari orang Belanda menyukai makanan yang satu ini.

10. Kerupuk

Mungkin makanan yang satu ini lebih tepat disebut sebagai cemilan pelengkap makanan ya. Tapi tahukah kamu, ternyata kerupuk dianggap sebagai menu mewah loh di Belanda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top