Community

7 Sikap yang Seharusnya Tak Dilakukan Orangtua Kepada Anaknya

Setiap orangtua memiliki cara yang berbeda dalam mendidik anaknya. Mungkin ada yang mengatakan bahwa semua orangtua pasti sayang pada anaknya, namun pernyataan itu bisa terbantahkan oleh kenyataan bahwa tak semua orangtua benar- benar saying dan ingin anaknya mendapatkan yang terbaik. Sebagai orangtua, ada sikap yang sebenarnya tak boleh dilakukan kepada anak. Berikut penjelasannya!

1. Tidak Memberikan Pendidikan yang Benar dalam Hal Kemandirian

Orangtua boleh bersikap tegas kepada anak dan orangtua juga boleh bersikap membuat anak nyaman saat berada di dekat mereka. Namun sebagai orangtua, kamu harus bisa mendidik anak untuk tumbuh menjadi pribadi yang mandiri.

Mandiri dalam hal ini bukan lantas melepaskan mereka untuk hidup seorang diri. Kamu juga harus tetap mengawasi perkembangan anak. Jika anak melakukan kesalahan, orangtua wajib untuk meluruskan kembali apa yang salah.

2. Mengkritisi Segala Hal yang Dilakukan Anak

Orangtua boleh saja memberitahu dan menasehati saat anak melakukan kesalahan. Namun orangtua juga harus paham, kalau segala sesuatu yang berlebihan tak akan berdampak baik. Apalagi jika cara memberitahu orangtua adalah dengan cara mengeluarkan kata-kata kasar atau sampai pada kekerasan, hal ini sangat tidak dianjurkan.

3. Membuat Candaan yang Keterlaluan

Adakalanya orangtua melontarkan candaan-candaan lucu tentang anak di depan anak itu sendiri. Jika candaannya masih tergolong normal, hal itu tak akan terlalu membawa efek negative bagi psikologi anak. Namun bercandaan yang keterlaluan dimana lebih cenderung disebut sebagai bully-an terhadap anak, sebaiknya tidak kamu lakukan sebagai orangtua.

4. Menyalahkan Anak atas Hal Buruk yang Terjadi

Dalam kehidupan pasti ada yang namanya pasang surut dan pasang naik. Bisa jadi saat ini perekonomianmu sedang bagus-bagusnya, namun tidak menjamin untuk masa depannya. Saat ada hal buruk yang menimpa kondisi keluarga, lebih baik tidak mengucapkan perkataan yang menunjuk bahwa penyebab kesialan dalam keluarga adalah anak.

5. Melarang Anak untuk Mengelurkan Emosinya

Sebenarnya melarang anak untuk marah dan menangis adalah hal yang tidak baik untuk dilakukan. Jika terus menerus melarang anak untuk mengeluarkan emosi negatifnya, mungkin saja anak akan lebih mudah mengalami depresi. Karena setiap orang pasti butuh untuk mengeluarkan apa yang mengganjal di hatinya. Jika tidak, psikologi seseorang tentu tak akan berada dalam kondisi yang aman.

6. Menuntut Anak Menghormati atas Dasar Rasa Takut

Tak perlu membuat anak merasa takut untuk membuatnya menghormati orangtua. Sikap ini tidaklah benar. Dengan dicintai, anak pun bisa menghormati orangtuanya. Jika sikap ini dilakukan terus-menerus, yang ada hubungan antara anak dan orangtua akan merenggang dan semakin jauh seiring berjalannya waktu.

7. Mengungkit-ungkit Perihal Balas Budi

Yang namanya orangtua tentu akan melakukan segalanya untuk kebahagiaan orangtua. Melakukan apapun tanpa mengharapkan balasan. Jika ada orangtua yang selalu mengungkit-ungkit perihal balas budi, yang ada anak akan merasa bahwa mereka tidak benar-benar disayangi oleh orangtuanya. Dan bisa jadi anak akan berpikir bahwa dia hanya perlu memberikan kemewahan materi untuk membalas budi orangtuanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

7 Hal Ini Menggambarkan Betapa Kompaknya Pasutri Muda

Kehidupan rumah tangga mungkin akan berbeda jauh dengan kehidupanmu sebelum menikah. Kini kamu sudah memiliki pasangan hidup yang tinggal satu atap denganmu. Kamu akan tahu segalanya tentangnya. Dan kamu akan selalu membututuhkannya untuk diajak berkompromi setiap harinya. Bak sebuah tim yang solid, ini 7 gambaran yang menunjukkan kekompakan bersama pasangan sebagai pasutri muda.

1. Posisi Tidur yang Tak Karu-karuan

Kamu dan pasanganmu sering tidur dengan beragam posisi yang ajaib. Posisi tubuhmu dan pasanganmu bisa saling menimpa dan meninggalkan air liur dimana-mana. Anehnya kamu dan pasangan tak pernah jijik akan hal itu.

2. Saling Membantu di Segala Situasi

Seringkali kamu dan pasanganmu kompak untuk membantu satu sama lain saat mengalami kesulitan kecil maupun besar. Misalnya dengan mencukurkan kumis, membersihkan komedo maupun mencabut uban.

3. Berbelanja Kebutuhan Bulanan Bersama

Hal yang satu ini akan sangat membantumu untuk memupuk kekompakan bersama pasanganmu. Kamu bisa berkompromi tentang barang apa yang harus kalian beli dan menyesuaikannya dengan budget yang kalian sediakan.

4. Masak dan Mengatur Tatanan Rumah Bersama

Kamu dan pasangan seringkali melakukan kegiatan kecil bersama. Misalnya dengan masak masakan kesukaan kalian bersama dan juga mendesain rumah sesuai dengan keinginan kalian berdua.

5. Melakukan Hal Konyol di Tempat Tidur

Selain curhat dan bercanda bersama, kamu pun sering melakukan hal konyol saat bersama pasanganmu di tempat tidur. Seperti mencoba melakukan atraksi akrobat misalnya. Kemudian saat kalian gagal, kalian akan tertawa bersama.

6. Menghabiskan Waktu Luang Bersama

Saat ada waktu luang yang tersedia, kamu pun biasa menghabiskannya dengan menonton televisi atau melakuakn hal sederhana lainnya. Yang penting kamu melakukannya dengan pasanganmu, itu sudah cukup membahagiakan.

7. Menyimpan Banyak Mainan untuk Mengusir Rasa Bosan

Saat kamu dan pasanganmu merasa bosan, kamu pun akan mengajaknya untuk melakukan permainan sederhana. Misalnya bermain kartu, domino, catur, ular tangga atau mainan sederhana lainnya yang cukup mengasyikkan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Ayahmu Pasti Sangat Senang Menerima 5 Kejutan Sederhana Ini Darimu

Meski terlihat biasa saja, namun sebenarnya kasih sayang seorang ayah kepada anaknya sangatlah luar biasa loh. Ayah memiliki tanggung jawab yang sangta berat sebagai seorang pemimpin keluarga. Meski banyak pengorbanan yang dia lakukan, dia tak akan pernah meminta apapun dari anaknya. Jika kamu ingin mencoba membuatnya bahagia, 5 kejutan sederhana ini pasti akan sangat membuatnya senang.

1. Mengajaknya Makan Malam Bersama

Setelah seharian bekerja tentu ayahmu akan merasa lelah. Cobalah untuk memasakkan sesuatu untuknya dan ajaklah dia makan malam bersama, pasti hal sederhana ini akan membuat ayahmu bahagia menerimanya.

2. Mengajaknya Liburan

Kesibukan setiap hari membuat waktumu bersama ayahmu pun tersita. Karenanya kamu bisa membuat momen yang indah di akhir pekan atau saat hari libur tiba. Ajaklah ayahmu jalan-jalan, momen seperti ini pasti menjadi momen yang juga diinginkan oleh ayahmu.

3. Membuat Masakan Spesial untuk Ayahmu

Meski kamu tak jago-jago amat dalam hal memasak, tapi ayahmu pasti akan sangat senang menerima kejutan makanan spesial yang kamu masak sendiri untuknya. Tak perlu memasak menu yang susah, kamu bisa membuat masakan yang setidaknya kamu merasa mampu membuatnya.

4. Ucapan Terimakasih Melalui Sebuah Tulisan

Kamu bisa mengucapkan terima kasihmu dalam sebuah tulisan yang mungkin bisa kamu lakukan di sebuah kertas. Kemudian taruhlah di tempat yang selalu dilihat oleh ayahmu. Saat dia menerima dan membacanya, pasti dia akan terharu akan kejutanmu itu.

5. Memberikan Kado Istimewa

Coba kamu perhatikan ayahmu beberapa hari ini. Kira-kira apa sih yang sangat dia butuhkan. Jika kamu sudah tahu, kamu bisa memberikan hadiah pada ayahmu berupa barang yang dibutuhkannya. Meski kecil, tapi ayahmu pasti akan bahagia menerima kado itu darimu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Community

Wisata Hits di Bandung Ini Wajib Kamu Kunjungi, Ada Karpet Aladdin Juga di Sana

Bandung merupakan kota yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah ada yang baru nih di Bandung. Kamu harus coba datang ke destinasi wisata Bandung yang satu ini. Nama tempatnya adalah Dago Dream Park. Tempat ini menjadi salah satu tempat yang hits saat ini di Bandung.

Wisata Ini Dikemas dengan Berbagai Wahana Permainan Menarik dan Juga Keindahan Alamnya yang Menakjubkan

Tempat ini sangat cocok untuk kamu jadikan tujuan wisata, baik bersama keluarga, teman maupun pacar. Udaranya yang sejuk dan alamnya yang asri menjadi nilai lebih dari tempat wisata ini. Wisata ini terletak di tengah hutan pinus. Konsep alamnya sangat kece, ditambah dengan wahana permainan dan spot foto yang instagramable banget.

Ada Banyak Wahana Permainan yang Patut Kamu Coba di Dago Dream Park Ini

Wisata Dago Dream Park ini menyediakan banyak wahana yang pastinya menarik hati. Misalnya ada sepeda angkasa, perahu dayung, sky gliding, taman labirin, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa memilih tempat ini untuk menghabiskan libur akhir pekanmu.

Tak Hanya Wahana Permaian Saja, di Sini Juga Tersedia Banyak Spot Foto yang Keren Abis

Sesuai dengan namanya, yaitu “dream park”, wisata yang satu ini juga menawarkan banyak spot foto yang kece. Hasil fotonya bisa seolah kamu sedang ada di negeri dongeng loh. Misalnya ada spot foto di permadani Aladdin. Kamu bisa mendapatkan foto seolah kamu sedang terbang di atas karpet. keren kan.

Tiket Masuknya Terjangkau Banget, Hanya 20 Ribu Rupiah Saja

Tak perlu takut kantongmu akan bolong. Harga tiket masuk wahana wisata ini sangatlah murah, yaitu hanya 20 ribu rupiah saja. Gimana? menarik kan? Jadi kapan nih kamu mau main-main ke Bandung dan mampir ke destinasi wisata yang satu ini?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top