Community

Usia Bertambah Daya Ingat Berkurang, Ini Cara Mudah Mempertajam Daya Ingat

Semakin bertambahnya usia, tidak bisa dihindari kita semakin mudah lupa. Daya ingat mengalami penurunan tidak sama lagi seperti saat masih zaman sekolah dulu. Belum lagi dengan adanya kemudahan internet, seringkali kita mengandalkan Google untuk mencari informasi yang membuat otak kita tidak terlatih  dan tidak terbiasa untuk mengingat.

Kita terlalu terbiasa memanfaatkan gadget untuk mencari informasi dan tidak membiasakan diri untuk mengingat dan menyimpan informasi di dalam otak. Memori otak yang tidak dipakai menyebabkan kita mudah lupa meskipun usia masih muda.

Agar tidak sering kelupaan atau terserang pikun, sebaiknya kamu mulai rajin melatih memori otakmu secara rutin agar ingatanmu selalu tajam hingga tua nanti.

Sudoku, Permainan Asah Otak Yang Bisa Membantu Mempertajam Daya Ingatmu

Bermain permainan puzzle seperti Sudoku atau teka-teki silang dapat meningkatkan daya ingat. Permainan puzzle ini membantu kita berpikir secara aktif untuk menyelesaikan setiap tantangan-tantangan yang ada. Hingga otak kita pun terlatih untuk berpikir.

Beberapa penelitian yang meneliti tentang ingatan manusia menemukan, ketika seseorang bermain teka-teki silang, ingatannya dalam mengingat sesuatu meningkat jadi lebih baik. Terutama dalam meningat hal-hal umum, seperti mengingat dimana kunci diletakan, lokasi mobil diparkir, dan lain-lain.

Makanlah Makanan Yang Bergizi, Agar Otakmu Terjaga Dari Radikal Bebas

Direktur UCLA Memory Clinic, Gary Small, MD mengatakan untuk mengonsumsi super food. Maksudnya, makanan-makanan yang mengandung antioksidan, buah-buahan, dan sayuran. Jenis makanan ini dapat melindungi otak dari serangan radikal bebas yang dapat merusak fungsi otak.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Neurology menemukan, otak yang kekurangan omega 3, mengalami kepenuhan memori dalam jangka waktu 2 tahun. Untuk itu, Gary juga menyarankan agar kita memakan makanan yang mengandung omega 3.

Makanan lainnya yang juga dapat mempertajam daya ingat yakni makanan atau buah yang mengandung 2.4 mg B12 dan punya kandungan vitamin D.

Kesalahan Yang Membuatmu Sulit Mengingat Adalah Terlalu Banyak “Multitasking”

Banyak orang yang beranggapan, bahwa melakukan multitasking atau melakukan banyak [ekerjaan dalam satu waktu adalah sesuatu yang hebat. Pemikiran tersebut tidaklah benar, melakukan banyak hal sekaligus malah membuat kita jadi tidak fokus dengan apa yang kita kerjakan dan ujungnya hasilnya pun gak maksimal.

“Salah satu alasan orang sulit mengingat adalah mereka tidak konsentrasi terhadap sesuatu,” kata Mark McDaniel, PhD, psikolog dan peneliti memori dari Washington University.

Fokus pada satu hal secara penuh lebih baik daripada memiirkan banyak hal sekaligus tapi tidak memberi perhatian penuh pada hal-hal tersebut. Konsentrasi membutuhkan waktu yang sangat banyak daripada yang dibayangkan, tetapi hal itu akan membantumu mengingat suatu hal jadi lebih baik.

Belajar Bahasa Baru Sangat Bagus Untuk Mempertajam Ingatanmu Lho

Studi terbaru yang dilakukan di Swedia menemukan fakta unik. Orang dewasa yang mempelajari bahasa baru dalam hidupnya menunjukan peningkatan daya ingat dalam mengingat nama-nama orang, dimana biasnaya nama orang seringkali mudah terlupakan dalam ingatan kita.

Aktivitas lain yang memerlukan ketekunan, seperti merajut atau menjahit juga dapat membantu mempertajam daya ingat lho!

Tidurlah Yang Cukup

Salah satu penyebab menurunnya kemampuan daya ingat yang jarang disadari tapi sering dilakukan oleh orang yang telah dewasa adalah mengurangi waktu tidur alia sering begadang. Padahal, peneliti dari Universitas Pennsylvania menemukan bukti bahwa seseorang yang kehilangan waktu tidurnya selama 3 hingga 4 jam dalam semalam dapat menurunkan ingatan.

Selain itu, jurnal Nature Neuroscience melaporkan, satu cara untuk memperlambat penuaan adalah dengan cara meningkatkan kualitas tidur. Disarankan oleh para peneliti, selama kamu melakukan tidur dengan baik yakni selama 8 jam sehari, dipercaya otak akan melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya.

Informasi yang diterima akan segera dipindahkan ke bagian ‘long term memory’ dalam otak sehingga kamu dapat mengingat sesuatu lebih lama dan tidak mudah melupakannya.

Inilah yang membedakan otak kita yang sekarang dengan zaman sekolah dulu. Meski saat dewasa kita punya lebih banyak pengalaman tetapi sulit sekali untuk mengingat sesuatu.

Olahraga Memberi Dampak Besar Yang Bagus Untuk Kesehatan Mental Kamu

Olahraga gak cuma bagus untuk melatih tubuh agar tetap fit dan prima, tetapi juga memberi dampak pada kesehatan mental dan otak agar tetap bekerja dengan baik. Para peneliti dari Universitas California melakukan penelitian yang hasilnya bahwa seseorang yang aktif bergerak menunjukan kinerja otak yang baik.

Para peneliti percaya, olahraga memicu cairan kimia dalam otak bernama norepinephrine, sebuah pemicu kuat dalam memori otak yang menyebabkan hal ingatan meningkat dengan baik.

Olahraga dapat meningkatkan ukuran otak. Semakin besar otak kita, semakin besat juga kapasitas otak untuk mengingat hal-hal dengan baik. Peneliti menyarankan untuk melakukan 20 menit berjalan setiap hari agar daya ingat kamu dapat meningkat jadi lebih baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Dibandingkan Spanyol Atau Italia, Pecinta Motor Tanah Air Jauh Lebih Gila

Kalau bicara soal motor apalagi MotoGP rasanya Italia dan Spanyol merupakan dua negara teratas. Sebagian besar pembalap kasta tertinggi balap motor dihuni oleh warga dari kedua negara tersebut. Setiap gelaran di kedua negara itu juga hampir selalu pecah rekor untuk soal jumlah penonton.

Tapi jangan salah, kalau saja MotoGP diadakan di Indonesia, bisa jadi negara kita jadi nomor satu soal antusiasme masyarakatnya dengan motor. Beberapa kali pembalap MotoGP singgah di Indonesia selalu takjub dengan kegilaan orang Indonesia akan motor.

Tak terkecuali Rrasa antusias bikers di Indonesia yang membuat Andre Iannone dan Alex Rins terpukau. Mereka tidak menyangka kalau para bikers di Indonesia sebegitu besar dan heboh. Hal ini disampaikan kala Iannone dan Rins sedang melakukan kunjungan ke Indonesia dalam event Suzuki Bike Meet Jambore Nasional 2018 yang diadakan di sentul.

Event kali ini merangkul 3.000 bikers dari 63 klub dan komunitas Suzuki yang saling bekerjasama dengan PT.SIS (Suzuki Indomobil Sales). Acara dihelat di Sentul Sirkuit, Bogor daerah Jawa Barat. Yang mana acara pembuka dilakukan dengan iring-iringan yang dipimpin kedua pembalap Team Suzuki Ecstar MotoGP 2018.

Andrea Iannone dan Alex Rins disuguhkan Suzuki GSX-R150. Tak cuma mereka brand ambassador GSX-R150, Hamish Daud sebagai ambasador GSX juga ikut serta di acara ini. GSX dipilih karena mencirikan aura MotoGP.

Tampil dengan model full fairing, GSX-R150 tampilannya memang tampak serupa dengan tunggangan pebalap di arena MotoGP. Lampu depan yang menyudut tajam memberikan kesan yang sangat agresif. Struktur jok pengemudi dan penumpang yang tinggi makin memperkuat kesan ini, karena posisi berkendara jadi menunduk.

Berbekal mesin overbore, DOHC (Double Over Head Camshaft) dengan kapasitas 150cc dan berkompresi 11,5 : 1 yang sudah dilengkapi teknologi fuel injection yang canggih untuk pembakaran maksimal, GSX-R150 menghasilkan tenaga sebesar 14,1 kw/10.500 rpm dan torsi sebesar 14 nm/9.000 rpm yang tersalurkan dengan kuat melalui transmisi 6 percepatan.

“Saya tidak menyangka kekuatan bikers Suzuki di Indonesia sangat luar biasa seperti ini. Senang sekali saya mendapatkan pengalaman yang sangat beragam dan berbeda bersama rekan balap saya dan ribuan bikers Suzuki,” ungkap Alex Rins.

Kehebohan dari komunitas dan klub terpancar dari acara yang diadakan sejak pagi hari jam 10, sudah dipenuhi oleh ribuan bikers yang berdatangan dari Tanggerang, Cikarang, Cengkareng, Parung dan lain-lain. Bahkan beberapa dari mereka ada yang berangkat ketika matahari belum terbangun dari tidurnya.

Rasa antusiasme total yang diperlihatkan bikers juga dirasakan oleh Andrea Iannone. Ia pun beranggapan antusiasme publik tanah air jadi dorongan luar biasa baginya untuk lebih berprestasi di ajang MotoGP.

“Ini adalah kali pertama bagi saya bisa larut dalam kegembiraan fans Suzuki. Saya sangat menikmati momen hari ini, dan semoga semangat teman-teman bikers Suzuki bisa menambah semangat saya sendiri untuk tampil lebih mengensankan di musim MotoGP 2018 bersama tim saya,” kata Iannone.

Meskipun acara seperti ini bukan yang pertama bagi kedua pembalap. Namun, Iannone mengungkapkan bahwa di Indonesia lebih meriah dari pada Italia dan Spanyol. Lantaran banyak bikers yang ikut serta dalam event ini apalagi pada saat konvoi yang dilakukan sepanjang track Sentul sirkuit.

“Seperti yang Iannone katakan, kami beberapa kali mengadakan acara serupa. Tapi di sini berbeda karena kami (Iannone dan Rins -red) berkendaraan dengan banyak orang. Apabila tahun ini sukses kami ingin mengdakan acara yang lebih besar,:” tambah Alex Rins.

Antusias yang diperlihatkan oleh para bikers dapat menghipnotis Alex Rins dan Andrea Iannone untuk mewujudkan kembali acara serupa di tahun mendatang. Karena selain menjadi wadah berjumpa dengan pembalap luar, hal ini juga menjadi ajang silaturahmi para klub dan komunitas Suzuki

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top