Feature

Tak Perlu Pesan Antar, Kamu Bisa Buat Spaghetti Asal Tahu Resepnya

Varian pasta yang satu ini terkenal dengan teksturnya yang kenyal. Saat masih mentah, bentuk spaghetti yang serupa lidi jadi ciri khas tersendiri. Menurut beberapa literasi, makanan asal Italia ini ternyata sudah ada sejak zaman manusia bercocok tanam, kira-kira 10.000 tahun yang lalu lho! Meski asalnya dari Italia, kepopuleran mie yang satu ini tak bisa dibohongi. Lihat saja, kamu sekarang bisa dengan mudah menemukan variasi menu berbahan spaghetti di restoran berkonsep western.

Harga seporsi spaghetti terbilang variatif, tergantung variasi bumbu atau saus yang kamu pilih. Tapi kalau kamu tipikal yang tak terlalu suka kulineran atau mungkin kamu memang gemar memasak, tak ada salahnya menjajal resep-resep sederhana spaghetti di dapur rumahmu. Hitung-hitung sekaligus mengasah keahlianmu dalam meracik menu-menu masakan barat. Tiga jenis olahan spaghetti yang paling populer meliputi spaghetti aglio olio, spaghetti carbonara, dan spaghetti bolognese.

Aglio Olio, Si Spaghetti Halus Nan Lembut yang Enak Dijadikan Menu Rumahan di Akhir Pekan

Bentuk pasta spaghetti aglio olio sedikit berbeda lantaran lebih lembut. Namun untuk cara mengolahnya sejatinya relatif sama. Kuncinya, kamu hanya perlu merebus spaghetti sampai tingkat kematangan yang pas, sehingga saat disantap teksturnya tetap halus lembut tapi tak lembek.

Bahan-bahan spaghetti aglio olio

  • 2000 ml air
  • 300 gram pasta jenis spaghetti
  • Bahan bumbu spaghetti aglio olio
  • 2 sendok makan minyak zaitun
  • 7 siung bawang putih, kupas, memarkan
  • 3 buah cabai rawit merah, iris
  • 400 gram udang ukuran sedang, buang kepala dan kulitnya
  • 3 sendok makan daun peterseli, cincang
  • Garam secukupnya

Cara pembuatan

Merebus spaghetti

  1. Panaskan air kemudian masukan garam
  2. Setelah mendidih, rebus pasta hingga al dente matang akan tetapi tidak terlalu lembek, angkat dan tiriskan. Sisihkan

Menumis bumbu

  1. Pertama kali masukkan minyak zaitun ke dalam wajan anti lengket, kemudian tumis bawang putih dan irisan cabai rawit merah hingga harum.
  2. Lalu masukan udang, peterseli, tambahkan sedikit garam, tumis hingga harum
  3. Terakhir masukan pasta, aduk sebentar
  4. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Untukmu Penyuka Keju, Spaghetti Carbonara Barangkali Cocok Jadi Menu Santap Siangmu

Mungkin varian spaghetti yang satu ini sudah cukup populer. Menurut Wikipedia, bumbu spaghetti carbonara merupakan resep dari rakyat pedesaan di wilayah Italia tengah yang dikenal sederhana dan apa adanya. Bahan utama yang membuat spaghetti ini terasa khas lantaran ada krim keju yang membuat aroma keju terasa kuat.

Bahan-bahan italia spaghetti carbonara

  • 300 gram pasta spaghetti
  • 1 sendok makan minyak zaitun
  • 1 liter air
  • Garam secukupnya

Bahan saus carbonara

  • 100 gram bawang bombay, cincang hingga halus
  • 3 sendok makan minyak zaitun
  • 4 siung bawang putih
  • 75 ml thickened cream
  • 25 gram cream cheese
  • 300 ml susu cair
  • 1 butir telur ayam, kocok lepas
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya

Bahan pelengkap

  • 150 gram smoked beef
  • Irisan peterseli

Cara memasak

  1. Panaskan air, berikan sedikit garam dan minyak zaitun
  2. Setelah mendidih masukan pasta

Cara meracik saus carbonara

  1. Langkah pertama panaskan minyak zaitun, kemudian tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum
  2. Selanjutnya masukkan susu cair, telur, dan cream. Bumbui dengan merica dan garam. Aduk dengan cepat supaya telur tidak menggumpal
  3. Kemudian masukan pasta ke dalam saus carbonara, aduk hingga merata
  4. Angkat dan tuangkan ke dalam piring saji
  5. Selanjutnya taburi daging asap dengan peterseli
  6. Sajikan selagi hangat dengan taburan tambahan menu pelengkap.

Sementara Untukmu Si Penyuka Saus Tomat, Mungkin Pilihanmu Jatuh ke Varian Menu Spaghetti Bolognese

Sesuai namanya, menu spaghetti bolognese berasal dari Bologna, Italia. Di kota itu, saus Bolognese disebut ragu alla Bolognese. Resep ini pertama kali dibuat pada akhir abad ke-18 dan dipublikasikan pertama kali oleh Pellegrino Artusi. Rasa saus yang asam manis perpaduan dari tomat dan daging sapi gurih jadi ciri khas spaghetti Bolognese.

Bahan spaghetti bolognese

  • 1 liter air
  • 400 gram spaghetti
  • 2 sdm minyak zaitun
  • 1 sdt garam

Bahan saus

  • 2 sdm minyak goreng
  • 2 siung bawang putih, memarkan
  • 2 buah bawang bombay, potong bulat
  • 200 gr daging sapi cincang
  • 150 ml air
  • 100 gr saus tomat
  • 2 buah tomat, buang bijinya, potong dadu
  • 1 sdm kecap manis
  • 3 sdm tepung maizena, larutkan dengan 20 ml air
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt oregano

Cara membuat

  1. Rebus spaghetti selama 20 menit, beri minyak zaitun dan garam. Tiriskan, buang airnya dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum. Masukkan daging sapi cincang, masak hingga berubah warna.
  3. Tambahkan saus tomat dan tomat yang dipotong, kemudian tambahkan air. Masak hingga mendidih.
  4. Beri larutan tepung maizena, tambahkan kecap manis dan merica bubuk, masak hingga mengental.
  5. Penyajian: Tata spaghetti di atas piring, beri saus di atasnya, taburi dengan keju parut dan sajikan hangat-hangat.

 

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Karena Berhemat Bisa Dilakukan Secara Menyenangkan

Sebetulnya kenapa sih kita harus melakukan penghematan? Kenapa kita harus menabung? Toh kita selama ini mampu membayar kebutuhan kita, kenapa pulak kita harus repot menyisihkan penghasilan untuk menabung?

Meski tidak selalu eksplisit mungkin pertanyaan macam itu kerap muncul di benakmu. Apalagi sedari kecil kita memang ditanamkan untuk tidak boros. Tapi sayangnya kita memang tak pernah diajarkan alasan kenapa kita harus berhemat dan menabung.

Dalam hal menabung, hal paling penting yang harus kamu ingat adalah kondisimu tidak akan selalu sama seperti sekarang ini. Kamu tidak selalu bisa seproduktif seperti saat ini.

Coba bayangkan saja kalau kamu sakit, tentunya kamu tidak akan bisa bekerja seperti biasanya. Atau nanti ketika tua kamu juga sudah tak lagi bisa menghasilkan seperti ketika muda. Pada saat itulah kita akan menuai hasil penghematan yang kita lakukan saat ini.

Lagi pula, bicara soal hemat itu jangan langsung mengasosiasikan dengan hidup susah dan tak menyenangkan. Kita bisa kok, melakukan penghematan dengan cara yang mengasyikkan.

Berhemat Itu Di depan Bukan Belakangan Karena Terpaksa Tak Punya Uang

Ini kekeliruan utama yang sering kita lakukan. Penghematan dan menabung itu dilakukan belakangan ketika duit hanya tinggal sisa remah-remah akhir bulan. Pada saat itu tentunya berhemat jadi tak menyenangkan karena terasa seperti keharusan karena kehabisan uang. Ditambah lagi cara ini sering kali gagal.

Karena itu cobalah untuk melakukan penghematan itu di depan. Rencanakan semua pengeluaran itu sebelum bulan berjalan. Jadi yang kita lakukan adalah mengatur pemasukan dan pengeluaran, bukan melakukan pengetatan ikat pinggang karena kekurangan uang. Tentukan dulu sedari awal prosentase uang yang ingin kita hemat setiap bulannya.

Irit Itu Tak Perlu Rumit, Menabunglah Menggunakan Rumus 80-20!

Seorang pemikir manajemen bisnis bernama Joseph M. Juran memperkenalkan konsep menabung 80-20. Konsepnya dari rumus ini sangat sederhana. Kamu hanya perlu menabung sebesar 20% dari pendapatan bersih yang telah kamu peroleh. Kemudian gunakan sisanya untuk dibelanjakan. Sebesar 50% dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, sedangkan 30% sisanya dipakai untuk membeli apa yang kita inginkan.

Sertakan Impianmu Dalam Rencana Penghematan, Karena Menabung Dengan Tujuan Itu Jauh Lebih Mudah

Tak perlu menabung dengan jumlah sangat besar dengan tujuan yang tak jelas. Sikap “yang penting punya tabungan” biasanya sumber dari kegagalan menabung. Karena kita tak akan punya motivasi jelas kenapa harus berhemat.

Karena itu cobalah untuk menetapkan terlebih dahulu tujuanmu. Misalnya, berhemat karena ingin mengganti smartphone terbaru dengan harga tertentu, ingin membeli sepatu merk tertentu yang harganya tak murah, ingin menabung untuk penghasilan di hari tua, berhemat untuk dana darurat ketika sakit, dan tujuan spesifik lainnya.

Dengan membagi tujuanmu secara rinci manajemen keuanganmu juga akan lebih baik. Dan kamu akan punya banyak pos keuangan yang tidak saling tumpang tindih.

Jangan Salah ya, Barang Yang Keren Tak Selalu Idientik Dengan Boros

Kamu keliru kalau berpikir barang-barang yang hemat itu tak bagus. Dan sebaliknya barang-barang yang keren itu harus boros. Coba ambil contoh misalnya lampu LED yang hemat energi. Bentuk dan nyala lampunya jauh lebih baik dari lampu biasa. Pendingin ruangan juga punya karakteristik yang sama. AC dengan teknologi low watt punya bentuk yang lebih langsing dan jauh lebih bisa disesuaikan dengan tampilan interior rumah.

Kendaraan Yang Hemat Pun Bisa Juga Tampil Keren Loh

Sementara untuk kendaraan kamu bisa menengok Suzuki Nex. Motor satu ini memegang rekor MURI untuk kategori motor matic paling irit. Ketika pemecahan rekor mampu mencapai 109,8Km/L. Hal ini dimungkinkan karena Suzuki Nex dibekali mesin 113cc dengan teknologi SUPER FI (Suzuki Performance Fuel Injection) dan mesin berkonsep LeaP (Light, Efficient and Powerful) yang telah terbukti menghasilkan tenaga besar secara presisi dan minim gesekan sehingga mampu mengoptimalkan efisiensi konsumsi bahan bakar.

Tapi meski lekat dengan irit dan hemat bukan berarti Nex akan membuat kita jadi tampil seadanya. Karena Suzuki menawarkan rasa elegan dan mewah pada skutik yang dibandrol Rp12.950.000 ini. Pilihan warna misalnya disediakan Mat Titanium Silver, Titanium Silver, dan Matt Black. Warna-warna yang masuk kategori berkelas.

Desainnya sendiri juga berkelas dengan lampu depan model V dengan bodi keseluruhan yang ramping. Nah, terkait dengan dimensi, pada Suzuki Nex ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 1850 mm, lebarnya 665 mm, dan tinggi 1035 mm serta memiliki berat hingga 90 Kg saja. Suzuki pun juga melengkapi Suzuki Nex ini dengan velg roda berpalang tiga dengan rem cakram di depan. Sebuah tampilan yang tentunya elegan sekaligus sporty.

Jadi kamu siap berhemat dengan cara yang menyenangkan?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini


Feature

Apa Saja yang Dilakukan Orang Cerdas di Media Sosial?

Tak hanya untuk urusan akademik saja, perilaku seseorang yang memang cerdas akan tergambar dari segala aspek kehidupannya. Dan salah satu hal yang berhubungan erat dengan kita adalah aktivitasnya di media sosial.

Sekilas hal ini mungkin terlihat tak terlalu menarik perhatian, namun mengingat banyaknya hal-hal yang kerap berujung pada pertengkaran di media sosial. Agaknya sayang sekali jika tak jadi bahan perbincangan.

Tak perlu berteriak untuk bilang bahwa kamu ini adalah sosok yang cerdas. Karena tanpa kamu beritahu sekalipun, seseorang di luar sana bisa menilaimu dari apa yang kerap kamu bagikan.

Setiap Orang Punya Hak yang Sama Untuk Berekspresi, Akan Tetapi Mereka Punya Cara Berbeda Untuk Berbagi

Kita tentu telah bosan, oleh suguhan status yang tak jelas juntrungnya. Akan tetapi mereka yang memiliki pemikiran tak biasa, punya cara lain untuk menunjukkan isi hatinya. Senangnya tak selalu disampaikan dengan kata-kata syukur yang berlebihan, hingga sedih yang tak semuanya harus dibagikan.

Tahu bahwa ada ribuan pasang mata yang siap mengakses apa yang akan mereka kerjakan, tautan dan status yang mereka bagikan selalu bernada positif bagi semua orang.

Platform Ini Jadi Personal Branding Baginya, Kamu Tak Akan Menemukan Konten Murahan di Timelinenya

Figur-figur cerdas tahu bagaimana memanfaatkan sesuatu agar berpengaruh baik bagi hidupnya. Bahkan hal-hal remeh yang bagi orang lain tak penting, bisa jadi sesuatu yang bermakna besar untuknya.

Dimata mereka sosial media adalah gambaran atas jati diri yang ia punya, jadi jangan heran jika suatu kali kamu akan menemukan postingan-postingan bernada serupa dalam setiap harinya. Bukan tak ingin mencari tahu hal lain diluar yang ia suka. Tapi baginya segala yang ia bagikan akan jadi hal yang menjelaskan siapa sebenarnya dirinya.

Berdebat Untuk Hal yang Benar Tentu Bukanlah Kesalahan, Tapi Mereka Tahu Kapan Akan Membuka Suara di Kolom Komentar

Banyak orang mengaku berpendidikan, namun kerap terlibat perang pendapat pada kolom komentar. Dan disaat itu kamu harusnya membuka mata, karena mereka yang cerdas sungguhan tak akan melakukan hal yang sia-sia.

Banyaknya konten-konten bernada negatif yang sudah memenuhi hidup kita beberapa tahun terakhir, bak makanan sehari-hari. Sebagian orang yang peduli akan berjuang melawan satu per satu komentar yang kontra terhadapnya. Sedangkan yang lain terkesan cuek dan tak peduli, cukup dengan membaca saja.

Jangan pikir mereka tak punya kepedulian terhadap sekeliliingnya. Hanya saja mereka paham bahwa orang-orang yang tak suka akan tetap mencari cara untuk menyuarakan pendapatnya.

Pribadi yang cerdas hanya akan membuka suaranya pada hal-hal yang memang harus diluruskan dan dibenarkan.

Bukan Tak Punya Masalah, Mereka Paham Media Sosial Bukanlah Kotak Keluhan

“Konon berbagi masalah akan mengurangi beban yang kita punya”

Dan hampir setiap kita mungkin akan percaya, padahal pernyataan ini jadi sesuatu yang perlu dicari tahu kebenarannya. Memang sih tak ada masalah yang tak terselesaikan, dan berbagi cerita mungkin akan sedikit mengurangi beban.

Akan tetapi, mereka yang benar-benar cerdas tak akan melakukan hal-hal konyol yang tak berguna. Di kepala mereka ada sesuatu yang nampaknya sudah terpatri. Bertugas untuk memilah-milah hal yang harus dibagikan, dengan sesuatu yang tidak seharusnya dibagikan.

Tutur Kata dan Gaya Bahasa yang Menyebalkan, Tak Akan Kamu Temukan Di Sepanjang Postingannya

Bagaimana riuhnya media sosial pada era pilkada DKI kemarin, tentu telah membuat kita merasa jengah. Untuk dapat memastikan mereka-mereka yang memang memiliki kecerdasan yang tak biasa, cobalah tengok kembali timeline media sosial dari teman-temanmu.

Tahu situasinya sedang genting, pribadi yang cerdas tak akan unjuk gigi demi menaikkan eksistensi. Tak mau jadi pihak yang memperkeruh situasi, ia malah bertindak sebagai seseorang yang menabur kasih.

Berbeda Pandangan adalah Hal Biasa, Namun Bisa Menerima Masukan itu Luar Biasa

Media sosial dan perdebatan jadi sesuatu yang saling berhubungan. Tak percaya? Coba saja lihat kolom komentar di laman instagram milik artis Rina Nose yang kemarin tengah menjadi perhatian atas keputusannya untuk melepas hijab yang telah dipakainya hampir setahun terakhir.

Dari puluhan ribu komentar yang ada, hampir setengahnya berisi hujatan bernada menyalahkan. Jika punya cukup banyak waktu untuk memerhatikan satu per satu komentar yang ada, kita bisa melihat akun mana yang dikendalikan orang cerdas dan yang tidak.

Sosok yang memang benar-benar cerdas, tentu cukup bijak untuk menilai sebuah pandangan. Walau meski kadang kala akan tak sesuai dengan apa yang ia pikirkan, bukan berarti berhak untuk menyalahkan orang lain. Sebaliknya, ia akan membuka diri untuk menerima hal-hal yang tadinya tak diketahui sama sekali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini


Feature

Bangun Pagi Itu Penuh Kebaikan, Bukannya Kamu Tak Bisa, Tapi Cobalah Pelan-pelan

Kamu yang mulai beraktivitas sejak pukul enam pagi, mungkin sudah terbiasa dengan bangun pagi agar tidak terlambat sampai di kantor. Atau ada juga yang bangun pagi karena kalau bangun agak siang justru membuat kepala pusing. Dua hal itu yang sering jadi alasan logis kenapa orang perlu bangun pagi. Tapi sebentar, coba kamu pikirkan lagi, benarkah bangun pagi hanya sebatas rutinitas?

Faktanya, bangun pagi itu bukan hanya soal kebiasaan. Ada banyak manfaat baik yang akan diterima tubuh kalau kamu terbiasa bangun pagi. Selain pikiran jadi lebih segar, bangun pagi sangat baik untuk kesehatan kulit. Nah, untukmu yang sampai sekarang masih susah berkompromi untuk bangun pagi dan sangat sering menunda-nunda jam bangunmu, mulailah perbaiki lagi dari sekarang. Lagipula, bukankah tak nyaman jika bangun di pagi hari dengan tergesa-gesa? Bisa-bisa aktivitasmu malah jadi berantakan nantinya.

Di Malam Hari, Setel Alarm Sesuai Kesanggupanmu dan Katakan Pada Diri Sendiri Kalau Kamu Harus Bangun Pagi

Untuk kamu yang masih merasa sukar dengan kebiasaan bangun pagi, satu hal yang terpenting adalah niat. Kalau dari dalam dirimu sudah ada niat besar untuk bangun lebih pagi pada esok harinya, maka kamu sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

Alam bawah sadar akan menyetel ‘alarm alami’ di dalam tubuh yang akan membuatmu bangun pada jam yang telah kamu inginkan. Sehingga fungsi alarm di gawaimu mungkin hanya sebatas pengingat kalau kamu perlu bangun. Karenanya, sebelum beranjak tidur, kumpulkan niat terlebih dahulu untuk bangun lebih pagi.

Setelah Beraktivitas Seharian Penuh, Kamu Perlu Mandi Air Hangat Agar Tubuh Rileks dan Bersih dari Sisa-sisa Peluh

Setelah seharian berkutat dengan segala aktivitas nan padat, kamu bisa berendam atau mandi dengan air hangat yang dikenal ampuh mengusir penat. Kamu perlu tahu, kalau badan sudah rileks dan otot-otot tak lagi tegang, hal ini akan membantumu memiliki tidur yang berkualitas.

Dengan demikian, kamu tak akan kesulitan bangun di pagi harinya karena tubuhmu sudah mendapat perawatan yang cukup untuk mengusir penat. Tak perlu setiap hari, cukup seminggu dua kali kamu siapkan waktu khusus untuk mandi dan berendam dengan air hangat.

Minumlah Segelas Susu atau Cokelat Hangat Menjelang Tidur, Dua Minuman Ini Jadi Alternatif Lain Agar Tubuh Bisa Rileks

Dibanding minum kopi di malam hari yang membuatmu justru terjaga, lebih baik siapkan segelas susu atau cokelat hangat yang akan membuat rileks pikiranmu. Kamu mungkin sudah tahu, kandungan flavonoid dan kalsium pada dua minuman itu ampuh mengusir stres. Usahakan tidur dalam kondisi yang rileks agar bisa bangun pagi dengan perasaan segar pada keesokan harinya. Mengonsumsi dua minuman tersebut secara rutin juga membawa dampak yang baik untuk kesehatanmu.

Hindari Mengakses Media Sosial Menjelang Tidur. Kamu Justru Akan Terdistraksi dan Mengulur-ulur Waktu Tidur

Agar bisa bangun pagi dengan pikiran yang fresh, artinya kamu wajib berprinsip memiliki waktu tidur yang berkualitas. Caranya? Hindari menilik gawai dan segala aktivitas teman-temanmu di media sosial. Yang ada, kalau kamu semakin asyik dengan kehidupan di dunia maya, kamu akan berkompromi dan mengundur jam tidurmu. Semula mengulur lima menit, kemudian sepuluh menit, lama-lama bisa sampai satu hingga dua jam. Kalaupun kamu sedang chat dengan teman, tak masalah kalau kamu pamit duluan. Pamit untuk tidur lebih dahulu tak akan merusak jalinan pertemanan.

Sebelum Tidur, Pikirkan Kembali Setiap Tujuan dan Alasan Pasti Kenapa Kamu Harus Bangun Pagi

Berkontemplasi sejenak sebelum tidur itu perlu. Tak usah lama-lama, kamu cukup memikirkan apa yang jadi alasanmu untuk bangun lebih pagi esok hari. Kalau kamu sudah menemukan alasan yang tepat, pasti pikiran dan alam bawah sadarmu secara tak langsung ikut menyetel kalau kamu harus bangun pagi.

Masih merasa tak yakin bisa bangun pagi? Kamu bisa minta bantuan orang rumah untuk membangunkanmu. Lawanlah rasa kantuk dan gravitasi kasur yang selama ini membuatmu berkompromi. Pikirkan kembali sejuta manfaat tentang bangun pagi yang membuatmu punya alasan logis untuk bangun lebih pagi. Jika kebiasaan semacam ini konsisten kamu lakukan selama seminggu, pasti kamu akan terbiasa bangun pagi dengan sendirinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini


Trending

Supaya Tak Lupa, Janji Manis Mas Anies Kutaruh Disini

Kemenangan Anies-Sandi di laga Pilkada Ibu Kota Jakarta jadi sorotan hampir seluruh rakyat Indonesia. Mereka yang pro, tentu akan tersenyum bangga dan berterima kasih pada semesta. Akhirnya sosok pilihannya jadi gubernur juga.

Lalu bagaimana dengan mereka yang tak suka? Pahit memang, tapi seorang kesatria tak pernah malu mengakui kekalahannya. Babak ini akan jadi pembelajaran pada pertarungan berikutnya. Meski nyatanya banyak kebohongan yang tercium dari duel kemarin, kami sungguh tak apa. Begitu kira-kira kata mereka.

Tutur kata dari pasangan gubernur dan wakil gubernur ini memang begitu apik saat kampanyenya kemarin. Walau kini banyak yang menuding cara bicara sang wakil kini lebih mirip Vicky Prasetyo, mantan tunangannya Zaskia Gotik. Bertele-tele dan tak jelas arahnya. Untuk ini, saya harap Bang Sandi tak marah, karena memang begitulah netizen di negara kita. Toh 56% penduduk Jakarta melabuhkan hati pada mereka.

Barangkali penghuni Jakarta sudah mulai lupa, atau bahkan tak tahu apa saja janji dari pemimpinnya. “Ya saya mah yang penting seiman dan nggak suka ngegusur”.

Kali ini dengan senang hati, saya akan membantu mengingatkan. Apa saja kira-kira janji kampanye yang kemarin gencar disuarakan Gubernur Jakarta kini.

Dari Banyaknya Janji yang Telah Dibuat Anies-Sandi, Setidaknya Ada Beberapa Janji yang Patut Untuk Ditagih


Resmi dilantik pada 16 Oktober 2017 lalu oleh Presiden Joko Widodo, Gubernur Anies-Sandi telah jadi pelayan rakyat Jakarta untuk 5 tahun kedepan. Berhubung masa kerja mereka hanyalah setengah dekade, mari kita bayangkan dengan logika, agaknya kita tak boleh terlalu berharap jika semua janji itu akan terpenuhi.
Akan tetapi ada 8 janji yang nampaknya layak ditagih.

1. DP rumah nol persen
2. Membuka 200 ribu lapangan kerja baru, dengan menbangun 44 pos pengembangan kewirausahaan untuk warga.
3. Penutupan Hotel Alexis
4. Tak ada lagi kasus penggusuran selama 5 tahun ke depan
5. Membangun stadion mewah setaraf Old Trafford untuk Persija
6. Melanjutkan program KJP dari gubernur terdahulunya
7. Menghentikan reklamasi Teluk Jakarta
8. Meningkatkan nominal UMP DKI Jakarta

Mengingat baru satu bulan genap menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Kita tentu tak bisa mendesak mereka untuk buru-buru merealisasikan janjinya. Bahkan pada salah satu kesempatan beberapa minggu yang lalu, Anies meminta masyarakat bersabar dan memberi mereka waktu terlebih dahulu.

Bak pasangan yang baru jadian, kita memang tak boleh buru-buru mencintainya terlalu dalam. Tapi tidak juga harus membencinya meski awalnya tak suka. Biarlah mereka bekerja sesuai dengan alur yang telah dirancang bersama beberapa orang dibelakang. Maksud saya timnya, bukan oknum lain yang mungkin kamu kira.

Satu Kabar yang Mungkin Jadi Awalan, Kini Izin dari Hotel Alexis Tak Lagi Diperpanjang

Nama Alexis kian melambung kala pilkada kemarin. Hotel yang berlokasi jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara ini memang terus dibicarakan. Mulai dari aktivitas prostitusi yang meresahkan, hingga lantai 7 yang katanya jadi surga kaum adam.

Pada masa kerja gubernur sebelumnya, Alexis memang masih melenggang santai dan tetap beroperasi seperti biasanya. Namun setelah Anies Baswedan resmi jadi gubernur, secara sah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tidak memperpanjang Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDPU) Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis.

Sekilas ini tentu jadi awalan yang baik untuk pembuktian janji manis saat kampanye, tapi apa iya Alexis akan benar-benar tutup dan memberhentikan aktivitasnya? Sekedar mengingatkan saja, jika bicara tempat prostitusi di Jakarta, harusnya hal ini berlaku untuk semuanya, bukan hanya Alexis saja Mas Anies!

Akan Tetapi Ada Janji Lain yang Justru Membuat Sang Gubernur Dicap Sebagai Pembohong

Saya tak akan bilang jika ini adalah salah satu kecurangan pemenang pertarungan. Namun jika kamu akan menilainya seperti itu silahkan saja, toh semua orang berhak punya pandangan berbeda bukan?

Pada Rabu, 8 November dan Jumat, 10 November 2017 lalu, buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) melakukan unjuk rasa di depan Balai Kota. Mereka menuntut pemerintah DKI Jakarta merevisi penetapan upah minimum provinsi tahun 2018 dari Rp 3,6 juta menjadi Rp 3,75 juta, sesuai janji politik Anies-Sandi saat berkampanye.

Hasilnya gubernur malah hanya mengumumkan nilai UMP Jakarta menjadi Rp 3.648.035,00, naik dari nilai sebelumnya Rp 3.335.000,00. Dengan kata lain, keputusan ini hanya menaikkan sekitar 300 ribu rupiah dari UMP sebelumnya.

Bahkan Presiden dari KSPI, Said Iqbal, dalam jumpa pers di Jakarta, hari Rabu kemarin blak-blakan mengatakan bahwa keputusan yang ditetapkan oleh Pemkot DKI tersebut tak sesuai dengan janji politik Anies-Sandi pada buruh ketika kampanye Pilkada.

Karena menurut Iqbal salah satu hal yang mempengaruhi kemenangan Anies-Sandi adalah janjinya kepada kaum buruh. Hal ini terlihat dari penyataan Iqbal yang mengatakan bahwa, “Kontrak politik ini yang membuat ratusan ribu buruh DKI Jakarta memilih pasangan ini,”.

Jadi wajar saja, jika akhirnya mereka memberi gelar kehormatan kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai “Bapak Upah Murah”.

Untuk kesepakatan politik terhadap para kaum buruh, dia memang mengaku pernah menandatanganinya. Namun ia berharap buruh dapat bersabar dan memberinya waktu.

Lagi pula menurut saya, kita memang harus bersabar. Barangkali tahun depan nominalnya akan naik lagi. Toh masih ada 4 tahun masa kerja setelah penetapan UMP 2018.

Sebagai warga yang baik, mari kita kawal janji-janji kampanye dan kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Jangan terlalu banyak mendesak dan menuntut ini itu. Apa lagi ini adalah kali pertama Sandiana Uno duduk diranah pemerintahan. Takutnya ia kerap tak siap jika tiba-tiba ada wartawan dan masyarakat yang bertanya banyak. Karena hanya sedikit gugup dan tak jelas arah bicaranya saja, ia sudah disebut wagabener oleh netizen.

Akhirnya, semoga semua janji yang telah diberikan tak hanya bualan belaka. Karena warga Jakarta tentu ingin hidup sesuai yang telah digambarkan Mas Anies dan Bang Sandi. Ya benar, Maju Kotanya Bahagia Warganya!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini

MOST SHARE

To Top