Sponsored Content

Tak Cuma Pak Jokowi Yang Akrab Sama Netizen, Badan Kebijakan Fiskal Juga

Jika di tahun-tahun sebelumnya pemerintah seakan menaruh jarak dengan rakyatnya, pola pemerintahan dalam 3 tahun terakhir memang terlihat berbeda. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya aktivitas di pemerintahan yang sering melibatkan masyarakat biasa. Bahkan beberapa kali Presiden Jokowi mengundang para pekerja seni, pedagang kaki lima, petani hingga youtuber ke Istana. Meski hanya sekedar makan siang bersama, Predisen Jokowi berharap acara tersebut jadi ajang untuk berdiskusi dengan masyarakat lebih dekat. Tapi tak hanya Presiden saja, karena Badan Kebijakan Fiskal (BKF) juga mengadopsi pendekatan ini.  Badan yang berada di bawah Kementerian Keuangan ini beberapa waktu yang lalu  mengadakan acara untuk bertemu dan berdiskusi santai dengan masyarakat umum biasa.

Badan Kebijakan Fiskal Membuka Diri Untuk Lebih Dekat Dengan Masyarakat

Mungkin belum semua masyarakat memahami apa itu Fiskal. Terlebih lagi belum semua orang tahu tentang fungsi Badan Kebijakan Fiskal. Karena itu digagaslah acara Fiscal Day pada 5 dan 6 Oktober 2017 yang bertujuan mengenalkan BKF kepada masyarakat awam. Dan sebaliknya melalui acara ini BKF juga mengharapkan bisa mendapatkan masukan dari luar institusinya.

Dihari Pertama Bincang BKF, Ada Sekitar 300 Orang Anak Muda Yang Bebas Memberikan Pendapatnya

Hari pertama acara tersebut yakni 5 Oktober 2017, ada sekitar kurang lebih 300 orang masyarakat umum dan mahasiswa turut serta untuk meramaikan acara yang dinamai Bincang BKF. Memilih tema “Peran Milenial Dalam Menyusun Kebijakan Fiskal”, para peserta yang hadir juga termasuk generasi muda yang bekerja di BKF. Dengan harapan, tak hanya mereka yang katanya sudah malang melintang di pemerintahan saja. Tapi para generasi muda yang kini kita kenal milenial itu juga bisa turut serta dalam hal-hal yang nantinya akan menjadi tugas dan tanggung jawab dari Badan Kebijakan Fiskal.

Tak Kalah Menarik, Bincang Di Hari Selanjutnya Para Netizen dan Blogger Yang Hadir Diajak Untuk Berdiskusi Atau Bahkan Mengkritisi APBN 2018

Menghadirkan pembicara Hidayat Amir, Kepala Pusat Kebijakan APBN, BKF, dengan moderator Rizaldy Akbar. Hari kedua ini memang jadi penutup acara perhelatan yang nampaknya cukup membuat para netizen dan blogger merasa puas. Jika selama ini semua keputusan akan anggaran APBN negara hanya bisa kita kritisi dengan menggerutu dalam hati, atau di kolom komentar media sosial. Kemarin, mereka bebas bersuara untuk menyampaikan semuanya. Mulai dari Program-program pemerintah yang katanya belum tepat sasaran, anggaran beberapa Kementrian yang melonjak begitu besar. Hingga pada beberapa peraturan dan Undang-undangan yang sebenarnya tak adil bagi masyarakat. Hal lain yang patut untuk diapresiasi, Hidayat Amir yang juga Kepala Pusat Kebijakan APBN tersebut, menerima semua komentar dan pertanyaan dengan tenang. Tak terlihat seperti batasan antara petinggi institusi dan netizen, diskusi tersebut berjalan dengan dekat tanpa ada sekat.

Bahkan Tagar #FiscalDay dan #BincangBKF Sempat menjadi Trending Topic

Keseruan acara tersebut tak hanya terjadi di lokasi. Karena di dunia maya kedua tagar yang berkaitan dengan acara tersebut juga menguasai trending topic selama dua hari berturut-turut. Selain mereka yang hadir pada acara tersebut, netizen lain yang hanya menyaksikan melalui dunia maya pun ikut aktif dalam diskusi tadi.

Institusi Ini Juga Membuka Pintu Untuk Semua Gagasan Yang Disampaikan

Disepanjangan acara diskusi yang digelar kurang lebih 2 jam tersebut, semua peserta terlihat sangat antusias untuk memberikan pertanyaan dan komentar seputar anggaran APBN 2018. Meski nyatanya waktu 2 jam memang tidaklah cukup untuk menyuarakan apa yang selama ini mungkin tak tersalurkan. Hidayat Amir sebagai narasumber mengatakan bahwa dirinya berharap di masa yang akan datang, acara-acara seperti ini akan digelar. Dengan begitu mereka juga dapat membaca apa yang mungkin masyarakat harapkan. Tak hanya itu saja, beliau juga berpesan bahwa jika memang masih belum merasa puas dengan pembahasan yang berlansung pada hari itu. Beliau dan Institusinya bersedia untuk menerima ajakan berdiskusui lagi, baik dari masyarakat atau media.

Mau tulisan Kamu dimuat di Gobagi.com ? Tulis Artikelmu Disini

1 Comment

1 Comment

  1. putri

    October 19, 2017 at 9:42 am

    pak jokowi emang merakyat tidak hanya orang-orang yang hebat, masyarakat di kalangan terpencil saja sangat di perhatikan oleh pak jokowi, saya salah satu penggemar pak jokowi. teladan, baik dan bermasyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top