Tips

Suka Tidur Miring dan Menghadap Kiri? Bagus! Ini Manfaatnya

Setiap orang punya gaya tidur favorit yang berbeda-beda. Ada yang suka terlentang, ada yang suka miring, ada juga yang suka tengkurap. Nah, bagi yang suka posisi miring, kamu lebih sering menghadap kiri atau kanan? Kalau kamu sering menghadap kiri, bagus! Pertahankan!

Menurut hasil sebuah penelitian kecil yang menggunakan teori Ayurveda (pengobatan kuno India), ada banyak manfaat kesehatan dari tidur di sisi kiri. Apa sajakah itu? Berikut ini penjelasannya.

Menambah efisiensi sistem limfatik, sistem yang melindungi kekebalan tubuhmu

silhouette-1304143_640

Menurut pengobatan Ayurveda, tidur di sisi kiri memungkinkan tubuhmu menghasilkan cairan penyaring getah bening yang lebih baik. Selain itu tidur di sisi kiri juga akan menambah efisiensi sistem limfatik dalam tubuhmu.

Membantu proses pencernaan berjalan lebih lancar jadi besok pagi lebih plong!

frog-914520_640

Berbaring di sisi kiri memungkinkan limbah makanan untuk berpindah dari usus besar ke dalam usus bawah dengan mudah. Tidur di sisi kiri juga memungkinkan lambung dan pankreas untuk menggantung secara alami, yang dapat menjaga perkembangan enzim pankreas dan proses pencernaan lainnya.

Ingin jantung lebih sehat meski sedang tidur? Berbaringlah di sisi kiri

heart-1078771_640

Dokter merekomendasikan kepada wanita hamil untuk tidur di sisi kiri. Alasannya adalah karena tidur di sisi kiri dapat meningkatkan sirkulasi jantung. Bahkan jika kamu tidak hamil pun, tidur di sisi kiri dapat membantumu untuk menjaga kesehatan jantung.

Tidur miring memang posisi ideal untuk wanita hamil, tapi lebih bagus lagi kalau menghadap kiri

pregnant-woman-1130612_640

Tidur di sisi kiri tidak hanya meningkatkan sirkulasi udara untuk wanita hamil. Hal ini juga dapat membantu mengurangi tekanan pada punggung, menjaga rahim, dan meningkatkan aliran darah ke rahim, ginjal, dan janin. Untuk alasan ini, dokter cenderung merekomendasikan wanita hamil untuk menghabiskan banyak waktu tidur mereka dengan berbaring di sisi kiri.

Mengurangi rasa mual yang datang dari lambung, kalau kamu punya sakit maag, coba cara ini

sleeping-1353562_640

Sebuah studi yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Gastroenterology menemukan bahwa berbaring di sisi kiri dapat membantu mengurangi gejala reflux (pengaliran kembali) asam. Ini karena perut terletak di sisi kiri. Sebaliknya, berbaring di sisi kanan dapat memperburuk gejala ini. Efek yang langsung dapat dirasakan, jika kamu merasa maagmu kambuh setelah makan, cobalah istirahat 10 menit dan berbaring di sisi kiri.

Bukan tengkurap atau terlentang, justru tidur miring ke kiri bisa membantu meringankan sakit punggung

sleeping-1159279_640

Ini akan sangat bermanfaat bagi orang yang memiliki sakit punggung kronis. Hal ini dikarenakan tidur di sisi kiri dapat mengurangi tekanan pada tulang belakang. Kalau kamu nyaman maka kamu pun bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

1 Comment

1 Comment

  1. Desain Rumah

    September 28, 2016 at 12:11 am

    Mulai besok saya akan tidur dengan posisi miring ke kiri,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top