Feature

Single Beda dengan Jomblo, Single Itu Pilihan!

“Sandal saja punya pasangan, masa kamu enggak?” Candaan semacam ini kerap dilontarkan kepada orang yang masih single. Beberapa di antaranya menanggapi dengan santai, tapi ada juga yang menjawab dengan serius. Ada pula yang malas menanggapi, jadi akhirnya hanya melempar senyum seribu arti.

Begini lah nasib jadi single. Meski setiap orang bebas menentukan pilihan, tapi urusan status bukan perkara mudah pasalnya pandangan orang berbeda-beda. Ada yang mengidentikkan status single dengan tidak laku. Padahal tidak juga. Banyak orang single yang cantik/tampan, baik, pintar, mapan, dsb.

Ini juga yang membuat banyak orang penasaran kenapa mereka masih tetap single meski memiliki sederet klasifikasi positif. Kalau kamu masih single atau banyak orang di sekitarmu juga memiliki kondisi yang sama, mungkin ini alasannya.

Tiap orang punya tujuan hidup berbeda-beda, ada yang ingin meniti karir dulu

pexels-photo-29642

Siapa yang tak mau punya karir cemerlang? Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang memilih tetap single yaitu supaya bisa fokus berkarir. Mereka tidak ada waktu untuk menjalin hubungan, apa lagi yang main-main. Mereka memiliki ambisi yang kuat untuk sukses dulu ketimbang terburu-buru memiliki pasangan.

Semuanya mereka curahkan untuk mengejar apa yang dicita-citakan. Menjadi single yang sukses dan karir yang cemerlang tidak rugi kok, karena sesungguhnya tipe pekerja keras seperti ini adalah pendamping yang diidolakan.

Sendirian pun senang, bebas mau melakukan apa saja tanpa harus takut ada yang protes

sunset-summer-golden-hour-paul-filitchkin

Siapa bilang kalau single selalu ngenes dan merana. Malah ada yang punya pasangan tapi lebih sering galau. Belum lagi kalau pacarnya punya daftar larangan ini dan itu. Semua yang dilakukan serba salah, seperti terjajah. Dalam kasus seperti ini, menjadi single merupakan kebahagiaan tersendiri. Kamu punya kebebasan melakukan hal-hal yang disenangi. Main seharian tapi tidak ada yang protes. Sibuk terus tapi tidak ada yang rewel. Siapa yang bisa mengganggumu? Hidupmu sepenuhnya jadi milikmu.

Meski sudah berusaha melupakan, tapi masa lalu yang pahit masih meninggalkan bekas yang sangat dalam di hati

pexels-photo-14303

Tidak mudah untuk melupakan masa lalu, apa lagi kalau punya pengalaman pahit dalam menjalin hubungan. Dampak terburuknya, ketika hati sudah hancur maka akan timbul semacam trauma. Terbayang-bayang bagaimana sakitnya jika gagal lagi membuat seseorang menunda memiliki pasangan. Memilih tetap single merupakan solusi terbaik, mengingat obat sakit hati belum bisa dibeli di apotik manapun. Butuh proses dan waktu ekstra untuk menyembuhkannya.

Belum siap berkomitmen, daripada menyakiti orang lain lebih baik sendiri dulu

wedding-322034_640

Memiliki pasangan bukan sekedar mengubah status jadi ‘sudah ada yang punya’. Komitmen merupakan hal yang penting dalam menjalin hubungan yang serius. Orang yang memilih single bisa jadi karena belum ada siap untuk berkomitmen dengan pasangannya. Daripada ragu-ragu dan akhirnya malah menyakiti, mereka pikir lebih baik single saja dulu.

Sudah berada di zona nyaman, malas harus menyesuaikan dengan orang baru lagi

legs-window-car-dirt-road-51397

Keluarga yang mendukung, teman-teman yang asyik, sahabat yang selalu ada, bisa menciptakan zona yang sangat nyaman. Belum ada keinginan untuk keluar dari zona ini apa lagi untuk bertemu dengan orang-orang baru. Malas melakukan penyesuaian lagi. Kalau sudah begini, potensi untuk bertemu seseorang yang istimewa menjadi semakin kecil. Tapi bagi mereka, memiliki pasangan bukan tolak ukur kebahagiaan. Jadi mereka memilih untuk tetap single.

Nah, terbukti kan kalau seseorang yang masih sendirian pasti punya alasan masing-masing. Hargai keputusannya karena menemukan seseorang yang tepat tidak bisa instan. Mereka tidak ingin salah pilih atau sekedar coba-coba. Jangan samakan juga single dengan jomblo. Bisa dibilang single adalah pilihan. Sementara jomblo itu nasib. Kamu juga single? Jangan risih kalau ada yang tanya mana pasanganmu, sebab single adalah pilihan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top