Feature

Menurutmu Sifat ini Biasa, Namun Justru Ternyata Bisa Jadi Bukti Kamu Punya Gangguan jiwa

Pernahkah kamu berpikir apa yang ada dipikiran orang yang memiliki gangguan kejiwaan? Yap, dia merasa dirinya normal dan tidak mengalami gangguan apapun. Dan apakah kamu sadar itu juga bisa terjadi kepada kita? Hal-hal yang kita rasa biasa saja, normal dan tidak ada yang salah. Apakah benar-benar normal? Atau ternyata kebiasaan tersebut justru sebagai petunjuk bahwa sebenarnya kita mengalami gangguan kejiwaan.

Menurut sebagian besar pakar psikolog menyatakan bahwa gangguan kejiwaan atau gangguan kepribadian bisa tercipta karena efek dari pertahanan diri seseorang akibat kejadian-kejadian yang dialami pada masa lalunya, sehingga menyebabkan perubahan sifat seseorang. Beberapa sifat yang terlihat wajar justru bisa menunjukkan bahwa sebenarnya kita mengalami gangguan kepribadian, yang jika dibiarkan dalam jangka panjang akan menjadi watak yang susah dirubah. Hal itu bisa mengganggu dirimu dalam bersosialisasi, meniti karir, atau bahkan dalam menjalin hubungan asmara.

Malas yang Terus-menerus Bisa Jadi Tanda Kamu Memiliki Gangguan Mental

bipolar

Rasa malas dan tidak ingin melakukan apapun memang manusiawi, apabila batas rasa lelah yang dia rasakan sudah di batas maksimal dirinya. Tapi kalo sudah menjadi kebiasaan hal ini justru membahayakan, karena hal itu menunjukkan kalo ternyata kamu memiliki gangguan mental. Rasa malas timbul karena hilangnya motivasi diri akan suatu hal, dan akan merusak kinerjamu dalam berbagai aspek.

Rasa malas bisa timbul biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Orang tua, teman, lingkungan sekitar. Rasa malas bisa timbul akibat suatu dorongan diri yang merasa kecewa karena apa yang dia lakukan tidak mendapatkan apresiasi atau tidak dihargai oleh lingkungannya. Biasanya timbul karena merasa apa yang dia kerjakan tidak sepadan dengan timbal balik yang dia terima.

Salah satu ganguan jiwa yang terlihat seperti rasa malas ini adalah bipolar disorder. Mereka yang mengalami Bipolar ini, perasaannya selalu terbagi menjadi dua kutub, yaitu manic dan depressed. Nah, ketika dalam keadaan depressed inilah penderita Bipolar kerap merasa sedih, tak punya harapan, kehilangan energi, berpikiran negatif dan merendahkan diri sendiri. Perilaku yang tercermin dari pemikiran ini biasa dinilai sebagai malas oleh orang umum.

Perfeksionis Ternyata Bukan Suatu Kelebihan, itu Bisa Jadi Tanda Kamu Memiliki Gangguan Kepribadian

outline

Mungkin ada beberapa orang bangga ketika memiliki sifat yang perfeksionis, yang menandakan dia memperhatikan detail sekecil mungkin dan tidak ingin ada kesalahan sedikitpun. Nyatanya sifat perfeksionis merupakan suatu tanda di mana seseorang terkena gangguan kepribadian yang disebut Obsessive Compulsive Disorder. Penderita gangguan ini biasanya memiliki kecenderungan harus melakukan segalanya “benar” yang ternyata justru bisa mengganggu produktivitas mereka.

Terlalu perfeksionis cenderung membuat penderita terjebak dalam hal yang detail, namun kehilangan gambaran yang lebih besar. Terlalu menetapkan standar yang tinggi, namun tidak masuk akal untuk diri mereka sendiri dan juga orang lain. Hal ini tentunya akan memengaruhi kestabilan dalam hubungan apapun, karena cenderung menjadi orang yang sulit sekali memaafkan jika orang lain melakukan kesalahan, dan cenderung mengidap krisis kepercayaan kepada orang lain. Jika terus dibiarkan, akan membuat ketidaknyamanan bagi dirinya dan juga orang sekitarnya. Selain itu, mereka akan cenderung menjadi individualis dan enggan bersosialisasi.

Kalo Moody-an Kamu Anggap Wajar, Justru itu Tanda Gangguan Keperibadian loh

Sifat moody-an sepertinya sudah menjadi hal yang amat sangat dimaklumi di masyarakat kita. Khususnya wanita, hormonal yang berubah-ubah dan perubahan drastis suasana hati seringkali sudah dianggap bawaan lahir. Padahl jika diteliti lebih lanjut, sifat moody termasuk salah satu gangguan kepribadian yang disebut borderline personality. Yang ditunjukkan dengan ketidakstabilan dalam suatu hubungan, citra diri, dan suasana hati.

Dia yang moody-an cenderung memiliki hubungan personal yang tidak bertahan lama dan sangat singkat, serta kurangnya jarang melakukan evaluasi diri. Dan ternyata, moody-an itu bisa jadi awal gangguan kepribadian lainnya seperti paranoid, perilaku boros juga termasuk dalam efek samping dari sifat mood yang tidak stabil. Ternyata, masa lalu yang sering menerima perlakuan kasar dari sekitar, baik secara fisik ataupun verbal menjadi salah satu pemicu moody-an pada saat dewasa dan menjadi sebuah gangguan kepribadian jika tidak dikonsultasikan kepada ahlinya.

Emosi yang tidak teratur dan perubahannya tidak luwes. Sangat sensitif terhadap argumen orang lain dan mudah marah jika tidak sesuai dengan keinginannya. Cepat mengambil keputusan atas tindakan orang lain, yang sebenarnya justru karena si penderita tidak mampu berpikir yang jernih atas suatu masalah dan satu-satunya cara adalah menghindarinya, dan jika sudah akut si penderita bisa melakukan bunuh diri atas sikap pelarian dirinya dalam sebuah masalah.

Kamu yang Sering Insomnia, Waspada Adanya Gangguan Jiwa Ya

Perubahan emosi yang menjadi gampang uring-uringan, waspada berlebihan, insomia, mudah terkejut, dan takut adalah efek samping yang timbul dari gangguan jiwa yang biasa dikenal dengan sebutan Post Traumatic Stress Disorder (PTSD). Salah satu gangguan kejiwaan yang bisa membuat sifat seseorang berubah drastis dalam waktu singkat atau dalam kurun waktu yang cukup lama dari kejadian yang membuatnya trauma. Gangguan stres pascatrauma atau PTSD (post-traumatic stress disorder) adalah kondisi kejiwaan yang dipicu oleh kejadian tragis yang pernah dialami oleh seseorang.

Contoh peristiwa traumatis yang bisa memunculkan gangguan ini adalah kecelakaan lalu lintas, bencana alam, tindak kejahatan seperti pemerkosaan atau perampokan, atau trauma akibat ditinggal orang tersayang meninggal. Gangguan ini biasanya berkembang oleh 30%-35% seseorang yang mengalami kejadian traumatis ini. Gejala yang timbul akibat gangguan kejiwaan ini adalah selalu mengingat detail mengerikan dari kejadian tragis atau sering mimpi buruk tentang kejadian tersebut, menghindari lokasi, orang, atau aktivitas yang mengingatkan dia tentang kejadian itu, pola pikir yang cenderung menjadi negatif terhadap diri sendiri, orang lain dan masa depannya yang berkaitan dengan traumanya.

Hal-hal di atas adalah salah satu bentuk pertahanan diri seseorang terhadap kejadian yang tidak menyenangkan di masa lalunya. Jika kamu merasa dirimu atau orang lain mengalami beberapa sifat di atas ada baiknya untuk segera melakukan penanganan dengan orang yang tepat, untuk menghindari kemungkinan yang lebih parah dari yang dirasakan saat ini. Beberapa sifat negatif akan berangsur hilang jika kamu mau berusaha untuk mengobatinya segera.

Karena watak atau sifat seseorang terbentuk akibat kumpulan yang didasari oleh aksi dan reaksi dari suatu hal, setelah membaca ini semoga kamu menjadi tidak mudah menilai baik buruknya seseorang.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

Minum Kopi Bagus Buat Kesehatan Liver Tapi Ada Caranya, Begini Menurut Penelitian

Kopi memang menyimpan sejuta cerita. Dari awal ditemukannya, kopi sudah punya kisah menarik. Berabad lalu di dataran eutiopia, paraa penggembala menemukan sejumlah kambing yan terlihat penuh energi. Setelah mereka perhatikan lebih lanjut, ditemukan bahwa kelompok kambing yang riang gembira itu adalah yang memakan biji kopi. Dari sinilah kemudian para penggembala itu mulai ikut memakan biji kopi.

Dimakan? Iya, dahulu kopi hanya dmakan. Sementara sebagai minuman, kopi justru baru dipopulerkan pada abad 15. Tepatnya di Yaman tanah arab dimana kopi dijadikan salah satu produk perdangangan. Kala itu juga mulai berdiri, tempat-tempat menikmati secangkir kopi sambil melakukan perbincangan santai. Dengan banyaknya orang yang beribadah haji dari seluruh penjuru dunia, kopi pun semakin tersebar kepopulerannya.

Dari saat itu Kopi semakin dikenal sebagai minuman pengusir rasa kantuk yang ampuh. Namun sesungguhnya tak hanya itu manfaat kopi, selain nikmat kopi juga memiliki manfaat lain yang tersembunyi terutama untuk kesehatan organ hati.

Para peneliti dari Universitas Southampton mengumumkan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir setiap hari dapat berdampak baik pada penurunan risiko penyakit liver sirosis dan mengobati kerusakan yang ditimbulkan akibat sering mengonsumsi alkohol.

Penelitian lain yang dipublikasikan dalam sebuah jurnal bernama Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa minum kopi sebanyak dua cangkir per hari dapat mengurangi setengah dari dampak risiko terkena penyakit liver sirosis.

Apa sih penyakit liver sirosis itu? Berbahayakah buat kesehatan? Yup, penyakit tersebut sudah tergolong berbahaya bagi kesehatan kamu, bukan hanya bikin menderita juga bisa sampai menyebabkan kematian!

Liver Sirosis Berbahaya Jika Didiamkan Terus-Menerus, Kamu Bisa Kehilangan Masa Muda Kamu Jika Sudah Didiagnosa Sirosis

Sirosis sendiri merupakan suatu kerusakan yang terjadi pada hati manusia yang telah terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama atau kronis yang akhirnya menyebabkan luka pada organ hati. Perkembangan penyakit yang perlahan-lahan tapi pasti menyebabkan jaringan sehat diganti oleh jaringan yang rusak, akhirnya hati tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik.

Untuk diketahui, organ hati sendiri memiliki fungsi untuk memproses nutrisi, hormon, obat dan racun yang diproduksi oleh tubuh. Jika hati terganggu, semua pekerjaan yang biasa dilakukan oleh hati akan terhambat termasuk dalam memproduksi protein yang sangat penting untuk tubuh.

Gejala-Gejala Sirosis Agar Kamu Bisa Cegah Sedini Mungkin

Seperti kebanyakan penyakit pada umumnya, penyait liver sirosis juga memiliki gejala yang patut kamu waspadai, jika kamu mengalami hal-hal seperti di bawah ini sebaiknya kamu cepat-cepat ke dokter deh..

  • Kamu akan kehilangan selera makan
  • Kekurangan energi
  • Terjadi pembengkakan pada pergelangan kaki
  • Memar
  • Mulai sakit kuning
  • Muntah darah
  • Kulit gatal-gatal

Umumnya penyebab timbulnya penyakit ini dikarenakan virus hepatitis B, hepatitis C, konsumsi minuman keras berlebihan, dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan racun merusak hati. Musisi Jimi Hendrix sang legenda pun diketahui wafat karena sirosis. Faktanya, penyakit ini menjadi penyebab jutaan orang meninggal tiap tahunnya.

Beruntung Bagi Kamu Para Penikmat Kopi, Kopi Berdampak Positif Terhadap Kesehatan Hati

Nah, para peneliti dari Universitas Southampthon melakukan peninjauan terhadap sembilan studi jangka panjang yang bersangkutan dengan liver sirosis yang ada di enam negara dan melibatkan sebanyak 500 ribu partisipan wanita dan pria. Hasil dari peinjauan tersebut menghasilkan simpulan bahwa kopi memiliki dampak yang positif pada organ hati.

“Sirosis dapat berpotensi fatal dan tidak ada obatnya. Oleh karena itu, penting bahwa pengembangan risiko sirosis dapat dikurangi dengan meminum kopi,” terang Dr. Oliver Kennedy, salah satu peneliti dari Universitas Southampthon.

Faktanya, mengonsumsi kopi secara reguler (dua cangkir dalam satu hari) dapat menurunkan risiko terkena penyakit sirosis sebanyak 44 persen. Kopi lebih efektif dibandingkan dengan obat-obatan, sebut saja statin yang hanya mengurangi risiko sirosis hanya sebesar 25 persen saja.

Bagi Pria Penikmat Kopi Ada Kabar Gembira Buat Kamu

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di PLOS One pada Mei 2015 yang lalu, menemukan bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi per hari dapat mengurangi kerusakan disfungsi ereksi pada pria, termasuk orang yang menderita obesitas dan punya hipertensi (kedua kondisi yang biasa dikaitkan dengan disfungsi ereksi).

Kopi Membantu Menjaga Ingatan Jangka Panjang

Masih seputar penelitian yang dilakukan belum lama ini yang dipublikasikan dalam jurnal Nature Neurosciences menemukan hasil bahwa kafein dapat menjaga formasi memori jangka panjang tetap baik.

Selain itu kafein juga baik untuk pengusir radikal bebas yang selalu kita terima dalam kehidupan sehari-hari. Radikal bebas dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh, membuat tubuh mudah sakit jika sistem imun sedang tidak baik sehingga tubuh dengan mudah terserang berbagai penyakit yang merugikan.

Kopi selama ini dianggap sebagai minuman yang buruk bagi kesehatan. Asal tidak berlebihan dan dikonsumsi masih dalam batas yang wajar yakni dua cangkir kopi sehari tanpa gula tidak akan membahayakan kesehatan kamu.

Selamat minum kopi !

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kamu Yang Mudah Jatuh Sakit Belum Tentu Penyakitan, Mungkin Itu Tanda Kamu Kesepian

Dua hari kemarin flu, kemarin pusing, hari ini sakit perut. Buatmu mungkin itu biasa. Musim pancaroba, konsumsi maakanaan yang taak benaar, jarang olah raga, mungkin itu sebagian hal yang sering dijadikan kambing hitam ketika tubuh sering tak sehat.

Bahkan tak jarang, stigma sebagai orang penyakitan dilekatkan padamu. Dan gawatnya kamu menerima begitu saja tanpa mencoba mencari tahu lebih lanjut, penyebabnya. Padahal ada kemungkinan lainnya. Yaitu itu kesepian. Apa? Iya, kamu tak salah baca. Kesepian memang dapat mendorong seseorang jadi lebih mudah sakit.

Nyatanya rasa kesepian ini tidak bisa disepelekan begitu saja, karena ketika jiwa merasa terguncang oleh rasa sedih, maka fisik juga akan merasa tidak berdaya. Benar saja pernyataan beberapa orang tentang hal ini, jika fisikmu sehat tetapi hatimu sedang sakit maka fisikmu akan sakit, jika hatimu sedang bahagia maka ketika sakitpun kamu akan merasa baik-baik saja. Kesepian juga merupakan salah satu bagian dari kesedihan dirasakan oleh jiwa dan bisa berimbas dengan kesehatanmu.

Rasa sepi membuat imun tubuhmu juga melemah, tidak heran jika kamu jadi gampang tumbang

Sebuah penelitian dilakukan Ohio State University, rasa kesepian dapat membebani sistem kekebalan tubuh seperti halnya seseorang yang mengalami stres kronis. Bahkan rasa kesepian dapat mengaktifkan virus herpes dan memunculkan gelaja lain yang berkaitan dengan stres kronis. Mereka juga mengatakan bahwa rasa sepi meningkatkan protein tertentu di dalam tubuh. Protein ini akan diproduksi ketika terjadi peradangan dan pada akhirnya bisa memicu banyak penyakit seperti jantung koroner, diabetes tipe 2, arthritis dan alzheimer.

Jika Dibiarkan, rasa kesepian bisa membuatmu lebih cepat tua bahkan bisa mati muda

Seperti yang dilansir oleh Counsel dan Heal, seorang peneliti Lisa Jaremka mengatakan “hubungan yang buruk kualitasnya dikaitkan dengan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk kematian prematur dan segala macam penyakit yang sangat serius. Orang-orang yang kesepian jelas merasa seolah berada dalam hubungan yang berkualitas buruk.”

Lia Jaremka meneliti 200 relawan yang telah berhasil sembuh dari kanker payudara. Relawan ini rata-rata berusia 51 tahun. Interval waktu antara selesainya pengobatan dan keikutsertaan dalam penelitian ini adalah sekitar 2 bulan – 3 tahun. Semua sampel darah relawan dikumpulkan dan respon kekebalan tubuhnya terhadap antibodi Epstein-Barr dan sitomegalovirus juga ikut diteliti. Kedua virus ini merupakan jenis virus herpes. Keunikan dari virus ini adalah bisa tidak aktif dan dapat diaktifkan kembali.

Pada proses aktif kembali atau reaktifasi, terjadi peningkatan antibodi dalam sistem kekebalan tubuh walau tidak menunjukkan gejala yang jelas. Proses ini menunjukkan adanya masalah pada pengaturan sistem kekebalan tubuh seluler.

“Kami melihat peradangan lebih banyak terjadi pada orang yang merasa kesepian daripada yang tidak merasa kesepian. Penting juga untuk diingat, bahwa orang-orang yang merasa sangat terhubung secara sosial mendapatkan dampak yang lebih positif,” pungkas Jaremka.

Sendiri Tak Berarti Kesepian, Kesepian Tak Berarti Sendiri

 

Nah, jangan sampai keliru mengartikan kesepian. Mereka yang sendiri belum tentu merasa kesepian dan sebaliknya mereka yang merasa kesepian tak berarti sedang sendiri. Karena kesepian adalah soal rasa dan mental psikologis.

Perasaan terjauhi dan tercabut dari situasi sekitar yang membuat seseorang merasa kesepian. Studi yang dilakukan di negara bagian Ohio Amerika Serikat menemukan bahwa kesepian sering tercipta ketika seseorang menyimpan dan menceritakan pada diri mereka sendiri tentang hal-hal sedih yang terjadi pada dirinya.

Dan ketika perasaan kesepian ini sudah tercipta, efeknya akan seperti bola salju. Karena orang yang merasa kesepian cenderung untuk melihat orang lain secara negatif. Hal-hal baik yang dilakukan oleh orang lain padanya, akan dipandang sinis dan dirasa “ada apa-apanya”. Hasilnya dia akan menjauhi orang lain dan membuat rasa kesepiannya makin memuncak.

Tidak Harus Dengan Pasangan, Ada Banyak Cara Supaya Rasa Sepi Menghilang dari Hatimu

Saat kamu atau mungkin temanmu sedang merasakan kesepian, sebenarnya ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk menghindari rasa kesepian itu sendiri. Tidak hanya terpaku kepada pasangan hidup atau lawan jenis untuk menghilangkan rasa sepi itu. Kamu bisa melakukan banyak hal yang menyenangkan seperti merealisasikan hobimu, bergabung dengan komunitas yang mempunyai minat yang sama denganmu.

Atau kamu bisa menjadi sukarelawan dari berbagai komunitas yang ada, sehingga rasa sepi yang kamu alami bisa hilang bersama dengan kebahagiaan yang kamu bagikan dengan orang-orang yang mungkin tidak lebih beruntung hidupnya dibandingkan dengan kamu. Dan jangan lupa dekatkan diri dengan Tuhanmu, karena dengan merasa Tuhan bersamamu, maka hidupmu akan lebih terasa akan baik-baik saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Tips

9 Cara Sepele yang Ternyata Ampuh Atasi Pikun di Usia Muda

ingat

Seberapa sering kamu sering lupa menaruh kunci rumah, kamar kost, atau kendaraan? Pastinya cukup sering ya! Belum lagi sering lupa menaruh smartphone sendiri padahal sering dibawa kemanapun kamu pergi.

Padahal usia belum menginjak 40-an, tapi ingatan sudah mulai memudar dan mudah lupa seperti orang yang sudah lanjut usia.

Penyebab orang mudah lupa bisa dikarenakan berbagai faktor, bisa jadi karena faktor kebiasaan, konsumsi obat-obatan, gaya hidup yang tidak baik, penyakit, stres dan sebagainya

Jika tidak ingin di usia mudah pikun, kamu  bisa lakukan 9 cara sederhana untuk melatih memori agar tidak mudah lupa.

Tidak Pilih-pilih Makanan Itu Baik, Tetapi Sebaiknya Jangan Asal Pilih Makanan

vegetarian

Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung pengawet dan MSG sebaiknya perlu dikurangi, hal ini agar peredaran aliran darah ke otak jadi lancar.  Jikaaliran darah lancar, sangat bermanfaat untuk membantu kekuatan memori. Makan makanan junk food, tinggi lemak, dan tinggi kolesterol sebaiknya juga dihindari. Ini dikarenakan, makanan yang memiliki kandungan lemak dan kolesterol memberikan dampak buruk terhadap peredaran darah ke otak.

Jika peredaran darah ke otak buruk, aliran oksigen ke otak pun buruk, dan kinerja fungsi otak akan menurun.

Konsumsi Vitamin E Tidak Hanya Baik untuk Kulit, Tapi Juga Kinerja Otakmu

Maret Traber, seorang profesor di Oregon State University di Amerika Serikat menungkapkan bahwa vitamin E diperlukan otak untuk mencegah kerugian besar untuk molekul penting di otak. Kekurangan vitamin E dapat merusak organ otak dan menurunkan kinerja otak.

Memastikan Selalu Peredaran Darah Berjalan Lancar

bijak menulis

Orang yang biasa lupa pada sesuatu yang telah dihapalnya umumnya disebabkan karena ada masalah pada aliran darah di kepala. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kondisi peredaran aliran darah di tubuh. berolahraga seperti bersepeda, atau jogging selama 30 menit dapat membantu menjaga aliran darah ke  otak tetap baik.

Jangan Jadi Penggila Kerja, Pastikan Tubuh Banyak Istirahat agar Otak Tetap Berfungsi dengan Maksimal

 

Buat kamu yang gila kerja dan sering begadang, sebaiknya dikurangi mulai sekarang jika kamu tidak mau terserang pikun di usia muda. Tidur yang cukup sangat dibutuhkan dan merupakan hal yang penting agar memori otak tetap optimal untuk mengingat banyak hal.

Jangan Melakukan Banyak Kegiatan Dalam Waktu Bersamaan Jika Tidak Ingin Kebingungan

 

pilihan

Seringkali sebagian darikita sering melakukan banyak aktivitas dalam satu waktu. Padahal, kegiatan tersebut hanya membuat kita tidak  fokus dan malah mudah lupa. Melakukan kegiatan sekaligus dalam waktu bersamaan membuat kita bingung yang mana yang menjadi prioritas, alhasil semua kegiatan tidak dilakukan dengan serius dan malah jadi lupa semua.

Urutkan kegiatan mulai dari skala yang paling penting, agar pekerjaan cepat selesai dan kamu ingat semua detail pada masing-masing kegiatan.

Meletakan Barang-barang di Tempat yang Lebih Rapi agar Kamu Lebih Mudah Menemukannya

alat-alat

Jika mudah lupa meletakan kunci pintu rumah, kunci mobil, atau charger handphone ada baiknya kamu meletakannya dalam box-box terpisah supaya gampang mengingatnya. Jadilah orang yang lebih terorganisir demi kebaikan dirimu dan demi barang-barang yang tidak mudah hilang.

Setiap barang yang kamu telah masukan ke dalam boks, kemudian tutup dengan rapi agar tidak berceceran. Labeli tiap box dengan nama benda yang dimasukan agar kamu selalu mudah untuk menemukannya ketika dibutuhkan.

Saat Lupa, Usahakan Jangan Panik. Tarik Napas Lebih Dalam Sampai Berpikir Jernih Kembali

Kebanyakan dari kita akan panik ketika lupa menaruh sesuatu dan sulit untuk mengingat dimana terakhir kali menyimpannya. Tak jarang kepanikan ini membuat kamu makin sulit untuk menemukan barang yang kamu cari. Untuk itu disarankan untuk tarik napas yang dalam hingga bisa berpikir jernih kembali. Kemudian optimis bisa menemukan barang yang kamu cari. Diperlukan ketenangan jiwa dan raga saat hendak mencari benda yang lupa ditaruh.

Bukan Ingin Dibilang Sok Pintar, Tapi Rajin Membaca Buku Sangat Baik untuk Meningkatkan Daya Ingat

Latihlah otakmu dengan rajin membaca buku. Para peneliti dari Mayo Clinic menunjukan bahwa melakukan kegiatan seperti membaca buku dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kehilangan memori hingga 30-50 persen. Sisihkan waktu selama minimal 2 jam untuk membaca buku agar otakmu lebih produktif.

Jangan Malas Konsumsi Air Putih

Jangan malas untuk minum air putih dalam kehidupan sehari-hari. Air mineral tak hanya bagus untuk menjaga kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan otakmu. Para peneliti yang berasal dari Universitas East London, Inggris percaya, rasa haus akan menyebabkan seseorang kehilangan fokus. Untuk itu, banyak minum air putih dianjurkan untuk mempertajam pikiran.

Minum sampai 8-10 gelas air putih setiap hari dapat memperbaiki tingkat performa kognitif otak sebanyak 30 persen dari biasanya.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top