Feature

Followernya Banyak, Yang Mention Sering, Tapi Sedikit Yang Tahu Siapa Dia!

karakter penulisan

“Min, cara restart Tipe S6, gimana ya?”

“Sis, barangku kok gak sampe-sampe?”

Tak satu dua kali kita berhubungan dengan akun menggunakan komunikasi seperti itu. Bisa itu akun milik perusahaan, brand atau justru fanpage sejumlah public figur. Jumlah followernya tak sedikit, kalau diperhatikan mentionnya pun bisa ratusan perhari. Bayangkan akun telkomsel misalnya di mention 49 ribu kali lebih di bulan maret yang lalu saja.

Tapi sedikit yang tahu siapa orang yang berada di balik akun-akun tersebut. Secara pakem mereka disebut sebagai Social Media Specialits atau ada juga yang menyebutnya dengan Social Media Admin. Jumlahnya bisa jadi tidak cuma seorang dalam satu akun, bisa sampai dikelola tim yang berisi lebih dari sepuluh orang.

Enak ya kerjanya hanya posting, bersosial media kemudian dibayar. Mungkin kamu berpikir begitu. Tapi sesungguhnya, mereka juga manusia yang utuh, bukan akun digital yang tak punya rasa. Bahkan mungkin pekerjaannya tidak seasyik yang dibayangkan. Berikut beberapa fakta yang hanya sedikit orang tahu tentang social media specialist.

Karena Admin Itu Bukan Cuma Posting Status

sosmed admin

Ini bukan akun personal yang bisa sesuka hati diisi apa saja. Social Media Specialist adalah perwakilan dan corong utama sebuah brand di dunia gital. Wajar jika mereka diwanti-wanti untuk hati-hati menjalankan tugasnya.

Mereka harus membuat perencanaan konten yang matang. Secara garis besar ada sejumlah strategi yang harus mereka buat, mulai dari strategi menambah jumlah follower, meningkatkan engagement, sampai menghadapi komplain.

Setelah semuanya selesai, mereka sudah dinanti oleh beban report yang tak mudah. Ini semacam laporan pertanggung jawaban. Kemampuan komunikasi, digital hingga statistik wajib dikuasi oleh mereka.

Karena Kadang Batas Gender Tidak Jelas

gender sosmed

Siapa bilang akun belanja dengan target ibu-ibu adminnya perempuan? Siapa pulak yang yakin kalau akun situs modifikasi kendaraan bermotor yang sarat laki-laki, adminnya juga pria?

Ya jangan salah, ini tantangan lain yang dimiliki para Social Media Specialist. Apalagi untuk mereka yang bekerja di perusahaan besar dengan brand yang beragam. Bisa saja dipindah tugaskan untuk menangani brand yang berbeda dengan gendernya.

Mereka harus sigap melakukan pendekatan yang tetap. Pola komunikasi harus dengan cepat disesuaikan. Ini bukan perkara mudah, mungkin setara para aktor atau aktris. Bedanya, nama mereka tak pernah muncul di kredit title manapun.

Karena Kepo Sudah Jadi Jati Diri

sosmed kepo

Lelah memang menjadi seorang stalker yang selalu kepo terhadap akun orang lain. Tapi ini seperti jadi tugas resmi tak resmi seorang Social Media Specialist. Sejumlah akun kompetitor pasti dimasukan dalam list yang terus dipantau.

Ada tekanan bahkan perasaan sedih, ketika admin lain berhasil membuat gelombang viral dalam akunnya. Dorongan gemas untuk bisa berbuat sama seketika muncul pada saat itu juga. Hidup jadi tak tenang? Iya kadang seperti itu!

Karena Jam Kerja Pun Ikut Tak Jelas

social media admin

Buat yang mendambakan bekerja rutin masuk jam 9 pulang jam 5, jangan coba-coba melamar kerja sebagai Social Media Specialist. Apalagi untuk mereka yang menghandle sendiri alias tidak ada dukungan tim.

Dunia digital dan internet tak seperti kantor yang mengenal jam kerja dan tutup khan? Bisa saja diwaktu-waktu tertentu ada hal dengan urgensi tinggi yang perlu dieksekusi saat itu juga. Impian weekend dengan tenang, liburan menyenangkan sering kali hanya tinggal impian buat mereka.

Karena Kepribadian Jadi Berantakan Tak Jelas

kepribadian sosmed

Ya, batas antara dunia pekerjaan jadi samar. Sering kali gaya bicara, memanggil kawan bahkan update status dan twit di akun personal masih dengan gaya bahasa yang sama. Bayangkan seandainya akun personal dan akun brad yang dimanage berbeda gender misalnya.

Belum lagi, keterikatan terhadap produk jadi sangat tinggi. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari pun mereka jadi fans paling militan dari produk yang ditanganinya. Tak sedikit pula Social Media Specialist yang menghandle lebih dari satu akun brand.

Aneh, tapi begitulah adanya. Jadi jika suatu saat ingin berumpah serapah komplain terhadap akun sebuah brand, ingatlah bahwa ada seseorang nyata di belakang akun itu. Ada orang yang mungkin harus standby 24 jam, tak jelas batas gendernya, dituntut menguasai banyak bidang sekaligus harus kepo. Pahamilah mereka!

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Padahal Iklan Tapi Video di Youtube Ini Banyak Ditonton! Kok Bisa?

Makin populernya Youtube bikin sebagian orang penasaran mencari rumusan agar videonya bisa ditonton oleh banyak orang. Mungkin termasuk kamu, yang sedang memulai karir sebagai youtuber.

Google pemilik situs Youtube, melalui Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, merilis daftar iklan terpopuler yang tayang di youtube. Salah satu video yang menduduki 10 iklan Youtube terpopuler di Indonesia adalah video berjudul “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar – Ep 1” yang diunggah di kanal Youtube Smartfren. Dari data yang dirilis oleh social media analytics partner, Socialbakers, tiga video series bertajuk “Semua Gara-Gara Saaih Halilintar” menempati tiga posisi teratas sebagai video Youtube terbaik di Indonesia pada bulan Juni.

“Sebenarnya, video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan bagian dari kampanye digital #BaruTahuKan yang dibuat oleh Smartfren,” terang Fikri Hidayat Rangkuti, Senior Manager of Digital Operation Growmint yang merupakan digital agency partner Smartfren.

Fikri menjelaskan bahwa webseries mengenai ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ merupakan hero content dari kampanye bertagar #BaruTahuKan yang digunakan untuk menjelaskan kepada publik bahwa Smartfren saat ini merupakan provider telekomunikasi dengan jaringan 4G dan dapat digunakan di semua telepon selular berbasis 4G.
“Selain webseries, campaign #BaruTahuKan juga terintegerasi dengan situs web barutahukan.com dan kanal media sosial Smartfren lainnya.” Terang Fikri.

Lantas apa saja resep Growmint dan Smartfren dalam membuat konten video ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’?

Memilih key opinion leader Yang Tepat, Jadi Penentu

“Kenapa webseries #BaruTahukan bisa menjadi populer di Youtube? Semuanya diawali dari pemilihan Saaih Halilintar sebagai key opinion leader sekaligus icon dalam video. Sebelum mengeksekusi video, tim di Growmint telah melakukan riset terlebih dahulu mengenai popularitas influencer di media digital selama tiga bulan terakhir,” ucap Fikri.

Kunci Lainnya Adalah Memilih Dan Menyesuaikan Momen Yang Pas

Video yang punya korelasi dengan keadaan saat ini cenderung bisa lebih viral. Hal ini yang juga dimanfaatkan Smartfren ketika membuat video web series #BaruTahukan. Cerita dari video tersebut disesuaikan dengan momen Ramadhan ketika video tersebut ditayangkan.

Tak Cuma Lewat Youtube, Optimasi Juga Dilakukan Melalui Sosial Media Lainnya

Meski Youtube sudah punya 1,3 miliar pengguna, namun kalau mau kontenmu berhasil dan ditonton banyak orang haruslah memanfaatkan sosial media yang lainnya. Sosial media serta aset lainnya tersebut diarahkan untuk mengajak pengunjungnya ke video yang dimaksud.

Hal ini yang dijalankan oleh Smartfren. Mereka memanfaatkan sosial medianya untuk mendapatkan pengunjung. Ditambah lagi untuk mendukung video tersebut, dirilis pula situs barutahukan.com yang membantu video tersebut lebih dikenal.

Pada Akhirnya Penonton Indonesia Itu Senang Tayangan Yang Ringan Dan Mudah Dicerna

Smartfren digital team, memaparkan bahwa selama periode digital campaign #BaruTahuKan, Smartfren yang berpartner dengan Growmint berusaha memahami karakter netizen di Indonesia dalam mengkonsumsi media digital, baik dalam bentuk teks, gambar, maupun video.

“Di bulan Ramadhan, berbagai brand selalu berlomba-lomba untuk mendapatkan perhatian audiensnya masing-masing, begitu pula dengan Smatrfren. Karena itu, kami mencoba mengutamakan konten yang sesuai dengan karakter netizen di Indonesia yang ringan dan mudah dicerna, namun tetap menyampaikan pesan dari Brand Smartfren itu sendiri,” terang Aldrige.

Dari hasil memahami karakter netizen di Indonesia, kemudian merencanakan konten brand campaign secara optimal, ketiga video webseries ‘Semua Gara-Gara Saaih Halilintar’ selalu menempati top trending di YouTube. Selain itu, Smartfren juga menempati 10 besar brand dengan interaksi tertinggi selama bulan Ramadhan menurut data yang dirilis oleh Socialbakers.

“Dan yang lebih utama, dampak terbaik dari keberhasilan digital campaign #BaruTahuKan adalah semakin banyak audiens di Indonesia yang tahu bahwa kini Smartfren bisa dipakai di ponsel apapun dengan jaringan 4G. Dengan kata lain, akan semakin banyak orang Indonesia yang dapat menjangkau koneksi internet yang lebih cepat, luas, dan stabil,” tutup Fikri.

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Stres Di Tempat Kerja? Jangan Buru-Buru Resign! 9 Hal Ini Akan Mengubah Jam Kerjamu Jadi Terasa Menyenangkan!

Stres adalah kata yang sedemikian familiar dewasa ini. Banyak faktor yang bisa memicu stres. Stres di tempat kerja menjadi hal yang kadang dikeluhkan oleh orang-orang di sekitar kita. Hal ini sangat lazim terjadi, mengingat banyaknya tekanan yang diterima di tempa kerja. Belum lagi tuntutan pekerjaan yang begitu tinggi, acapkali membuat orang-orang terjebak dalam tingkat stres yang tak bisa lagi dianggap remeh.

Banyak faktor memang yang menyebabkan timbulnya stres di tempat kerja. Situasi kerja yang selalu berada di bawah tekanan, teman kerja yang tidak menyenangkan dan pimpinan yang tidak mau tahu dengan kondisi di lapangan akan semakin memicu munculnya stres di tempat kerja. Eits jangan buru-buru patah arang dan memutuskan resign! 9 tips ini akan mengubah jam kerjamu jadi terasa menyenangkan

Rencanakan Dengan Baik Apa Yang Akan Kamu Lakukan Di Tempat Kerja

Tetapkan perencanaan baik, dengam begini kamu bisa melewati jam kerja dengan lebih nyaman. Tentukan apa, mengapa, bagaimana, kapan dan siapa yang akan bertanggungjawab pada tugas itu. Dengan begini stres di tempat kerja pun bisa lebih kamu minimalisir. Jangan ragu juga untuk membuat rencana kerja jangka pendek dan panjang. Hal ini akan memudahkan kamu untuk mencapai target pekerjaan. Kalau target bisa kamu capai, alasan untuk stres pun akan jauh berkurang.

Pahami Betul Porsi Tugas Dan Tanggung Jawab Kamu

Pastikan kamu telah paham betul tugas dan tanggung jawab kamu. Lakukan tanggung jawab kamu sesuai dengan porsinya. Bekerjalah dengan efektif dan efisien. Bisa menyelesaikan  tanggungjawabmu dengan tepat waktu akan membuat kamu nyaman berada di tempat kerja. Jangan segan bertanya bila kamu masih merasa ragu.

Jangan Ragu Mempercayakan Sebagian Tugas Pada Anak Buah. Belajarlah Untuk Lebih Percaya Pada Kemampuan Orang Lain!

Bukan karena kamu memiliki kemampuan untuk mengerjakannya sendiri, lantas kamu tidak mau mendelegasikan tugas kepada anak buahmu. Belajar mempercayakan sebagian tugas kepada anak buahmu akan sangat mengurangi beban kerjamu. Dengan begini kamu pun bisa sekaligus membentuk tim kerja yang solid dan bisa diandalkan.

Jadilah Pribadi Yang Menyenangkan. Menjadi Orang Yang Humble Tidak Akan Membuat Kamu Rugi!

Berusahalah menjadi orang yang menyenangkan di tempat kerja. Buat orang-orang di dekatmu merasa nyaman. Sesekali jangan enggan untuk sekedar hang out dengan rekan kerjamu. Dengan begini kamu bisa lebih dekat dengan teman-teman kerjamu, kamu pun jadi bisa paham karakteristik mereka. Bahkan bisa jadi, kamu akan menemukan sahabat baik di tempat kerja.

Bangun Komunikasi Yang Eektif Dengan Rekan Kerja Kamu!

Ini penting untuk kamu lakukan. Jangan enggan untuk membangun pola komunikasi yang efektif dengan rekan kerja. Menjadi orang yang terbuka akan membuat kamu lebih nyaman menjalani interaksi kerja dengan rekan-rekanmu. Kalau sudah begini, kerja pun tak lagi terasa jadi beban. Kamu jadi lebih mudah mengomunikasikan hal-hal yang memiliki kaitan dengan pekerjaan.

Karena Setiap Orang Berbeda, Kamu Harus Berusaha Berkompromi Dan Bertoleransi Dengan Rekan Kerjamu

Pahami karakteristik rekan kerjamu. Dengan memahami karakteristik mereka, kamu akan lebih bisa berkompromi dan bertoleransi. Ingat! Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menyelesaikan pekerjakan. Jangan memaksakan caramu menyelesaikan pekerjaan harus dilakukan orang lain juga ya!

Ciptakan Suasana Kerja Yang Nyaman Ala Kamu!

Buat diri kamu nyaman berada di tempat kerja kamu. Ciptakan atmosfir senyaman mungkin. Kamu bisa mendengarkan musik favoritmu lewat headphone atau meletakkan benda kesayanganmu di atas meja kerja. Saat kamu merasa sangat penat, ambillah nafas dalam-dalam beberapa kali. Santai dan jangan lakukan apa pun. Setelah melakukan itu kamu akan merasa jauh lebih baik.

Perayaan Atau Kompetisi Kecil Akan Memupuk Semangat Dan Kebersamaan Di Tempat Kerja!

Perayaan atau kompetisi kecil-kecilan akan membuat semangat kerja lebih terjaga. Melebur dalam suasana yang hangat dan santai akan memupuk kebersamaan. Kalau sudah begini stres di tempat kerja tak lagi jadi momok yang menakutkan.  Kamu pun jadi bisa bekerja dengan antusias dan bahagia.

Jangan Lekas Menyerah Untuk Mendapatkan Atmosfir Nyaman Di Tempat Kerja Kamu! Hidup Memang Butuh Perjuangan

Jangan lantas menyerah begitu saja bila kamu belum juga menemukan kenyamanan di tempat kerja. Hidup memang butuh perjuangan. Jangan buru-buru memutuskan untuk resign, sebelum kamu memastikan diri telah berjuang sebaik mungkin. Yuk, berjuang sekali lagi!

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Karena Kamu Tidak Mungkin Kerja Sampai Tua, Jenis Investasi Menguntungkan Ini Bisa Kamu Manfaatkan!

Berada diusia produktif memang memungkinkan kamu untuk melakukan segala hal. Berangkat kerja pagi buta dan pulang saat telah gelap pun tak jadi soal untukmu. Tapi pernahkah terpikirkan olehmu sampai kapan kamu akan bekerja? Lalu bagaimana dengan hari tuamu nanti, apa yang sudah kamu persiapkan untuk masa pensiun yang pasti akan datang?

Tabungan yang sekarang kamu punya pun akan habis karena  terus tergerus dengan kenaikan inflasi setiap tahun. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk tabungan masa depanmu dengan berinvestasi. Lalu investasi apa saja yang bisa kamu lakukan yang bisa disesuaikan dengan budget yang kamu punya tentunya?

Sebelum Memulai Investasi, Ada Hal-hal Yang Harus Kamu Pertimbangkan terlebih dahulu

Saat kamu memutuskan untuk berinvestasi, secara tidak langsung kamu menyerahkan uang hasil jerih payahmu selama ini untuk digantikan dengan hal lain yang bisa membuatmu mendapatkan keuntungan. Karena alasan itu, kamu harus teliti dan mempertimbangankan beberapa hal yang akan mempengaruhi hasil yang kamu terima ke depannya.

Selain mengenali jenis investasi yang akan dilakukan, kamu juga harus mempertimbangkan keuntungan dan kerugian yang bisa terjadi. Jangan sampai investasi yang kamu lakukan justru membuatmu menanggung kerugian besar. Sangat penting untuk merhitungkan persentase rugi dan untung dari sebuah investasi yang akan kamu lakukan, serta resiko yang akan kamu hadapi pada saat memilih investasi tersebut.

Investasi Andalan Nenek Moyang Yang Masih Menjadi Primadona Hingga Saat Ini: Emas

Dari dulu harga emas memang tidak pernah mengalami penurunan. Resikonya rendah dan tahan akan inflasi membuat banyak orang yang berpikiran untuk melakukan jenis investasi ini. Jenis emas yang bisa kamu miliki juga beragam dan mudah didapatkan, mulai dari batangan hingga berbentuk perhiasan. Harganya yang bisa disesuaikan dengan uang yang kamu miliki saat ini membuat investasi emas menjadi sangat mudah.

Kemudahannya pada saat jual dan beli menjadi daya tarik tersendiri untuk dipilih sebagai investasi karena bisa dijual kapan pun jika sewaktu-waktu membutuhkan dana darurat. Resiko harga yang turun mungkin tidak terlalu menjadi pertimbangan yang merisaukan. Namun resiko kehilangan dicuri orang lain menjadi salah satu hal yang patut dipertimbangkan. Oleh karena itu saat kamu berinvestasi dalam bentuk emas, pastikan kamu menyimpannya di tempat yang aman.

Kalau Kamu Tidak Ingin Rumit, Jenis Investasi Deposito Yang Ditawarkan Bank Bisa Menjadi Pilihan

Saat ini bank menjadi salah satu tempat yang dipercaya banyak orang untuk menyimpan uangnya. Selain mudah, ada lembaga keuangan pemerintah yang menjamin uang yang ada disimpan di bank. Jadi kamu tidak perlu was-was uang kamu hilang, meski bank tersebut mengalami kebangkrutan. Sifat deposito ini terikat untuk beberapa jangka waktu yang bank sediakan dan kamu inginkan. serta bisa diambil setelah melewati jangka waktu.

Selain itu dana yang tersimpan di bank akan mendapatkan bunga dari dengan ketentuan yang berlaku sesuai dengan kebijakan yang bank berikan. Biasanya bunga yang diberikan deposito lebih besar dibandingkan tabungan biasa. Karena sifatnya yang terikat, jika suatu saat kamu ingin mengambil uang tersebut, bank akan memberikan sejumlah biaya denda sebagai bentuk pelanggaran kontrak yang sudah ditetapkan.  Namun, ada juga bank-bank tertentu yang memberikan bunga yang tidak sebanding dengan inflasi sehingga keuntungan yang didapat tidak terlalu terlihat.  Jadi kamu harus teliti sebelum memutuskan untuk berinvestasi!

Kalau Kamu Ingin Berbagi Resiko Dengan Orang Lain, Investasi Reksa Dana Bisa Kamu Pilih!

Reksa dana merupakan salah satu sarana untuk mengumpulkan sejumlah dana secara kolektif. Dana tersebut akan dikelola oleh manager investasi atau perusahaan investasi. Reksa dana membagi resiko dan juga keuntungan secara merata kepada para investor. Keuntungan yang didapat tergantung pada jenis reksa dana yang kamu pilih saat ingin melakukan investasi.

Keuntungan dari jenis investasi ini kamu tidak perlu pusing untuk mengelola uang yang kamu miliki, karena sudah dilakukan oleh manager investasi profesional dan memiliki sertifikat. Dana yang kamu investasikan juga tersebar ke beberapa perusahaan sehingga resiko dan keuntungan yang kamu punya tersebar ke beberapa perusahaan yang berbeda. Kekurangan dari jenis investasi ini mungkin ada perasaan kurang puas karena dikelola oleh orang lain, serta keuntungannya yang tidak sebesar saham, kamu juga akan dikenakan beberapa biaya jasa pengelolaan investasi ini.

Investasi Jenis Saham Jadi Pilihan Yang Tepat Untuk Kamu Yang Suka Tantangan

Mungkin kamu sering mendengar jenis investasi yang satu ini. Yap, saham menjadi salah satu jenis investasi yang sudah dikenal oleh banyak orang. Saham merupakan bukti kepemilikan kamu di sebuah perusahaan, sehingga kamu menjadi salah satu investor. Sebagai hasil dari investasi tersebut kamu akan mendapatkan sejumlah pembagian hasil (dividen) secara berkala. Kamu bisa membeli atau menjual saham di perusahaan sekuritas dengan dikenakan sejumlah biaya atas tindakan tersebut.

Kamu bisa saja mendapatkan sejumlah keuntungan yang sangat besar atas kepemilikan saham, terutama jika harga saham perusahaan yang kamu miliki mengalami kenaikan yang signifikan. Namun bisa mengalami kerugian yang sangat besar jika sewaktu-waktu harga saham turun drastis di pasaran. Jika dana yang kamu miliki tidak kuat kamu bisa mengalami kerugian besar hingga minus.

Ingin Berinvestasi Yang Bisa Dihuni, Properti Bisa Kamu Lakukan

Investasi properti menjadi investasi yang juga dilirik kebanyakan orang. Selain bentuk fisiknya ada, kamu juga bisa memanfaatkan investasi yang kamu punya. Harga rumah selalu mengalami peningkatan, bahkan sangat jarang mengalami penurunan. Hal tersebut menjadi salah satu alasan kenapa banyak orang untuk menginvestasikan uang mereka ke dalam bentuk properti.

Properti memiliki potensi yang menjanjikan untuk dijadikan investasi. Bahkan, investasi ini menjamin kenaikan harga yang stabil setiap tahunnya sehingga cukup tahan terhadap inflasi. Resiko yang perlu kamu hadapi adalah saat investasi properti yang kamu miliki membutuhkan sejumlah biaya perawatan. Kamu juga bisa saja mengalami kesulitan ketika akan menjualnya. Terlebih sewaktu-waktu kamu membutuhkan sejumlah dana dalam waktu singkat atau darurat.

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kalau Kebiasaan Ini Kamu Lakukan, Tak Perlu Lagi Takut Gajimu Dipotong Gara-gara Telat Masuk Kantor!

Pagi hari adalah saat yang sibuk dibandingkan waktu-waktu lainnya. Aktivitas dipagi hari dan persiapan untuk berangkat ke kantor adalah rutininas yang lazimnya menghiasi pagimu. Apalagi jika kantormu jauh dan jalanannya pun macet, belum lagi saat ternyata ada barang yang tertinggal. Kalau sudah begini, ancaman potong gaji pun langsung terbayang di pelupuk mata.

Alih-alih bisa memulai hari dengan bahagia, takut terlambat masuk kerja hanya akan membuat mood-mu rusak dalam sekejap. Bisa kamu kamu salah satu orang yang harus berjibaku tiap pagi agar tak terlambat. Meski begitu masih ada cara yang bisa lakukan agar kamu bisa menikmati pagi dengan senyum mengembang tanpa khawatir telat masuk kantor. Terlihat sederhana memang, tapi cara ini ampuh untuk membuatmu bisa sampai kantor lebih awal.

Tidur Diawal Waktu Agar Saat Pagi Menyapa Kamu Tidak Malas Beranjak Dari Kasur

Melepaskan diri dari kehangatan kasur dan selimut rasanya menjadi hal yang sulit dilakukan dipagi hari. Meskipun begitu kamu tetap harus bangun bagaimanapun caranya. Salah satu alasan godaan ini terasa begitu kuat biasanya karena kurangnya waktu tidurmu, tak heran jika dipagi hari kamu masih merasa sangat mengantuk karena tidak cukup tidur.

Kalau sudah begini satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan tidur lebih awal. Jika kamu bangun pukul 5 pagi, setidaknya pukul 9 malam kamu sudah tidur. Hindari penggunaan ponsel saat ingin tidur, karena bisa jadi penganggu terbesar kamu untuk cepat terlelap. Jangan lupa atur alarm untuk membangunkanmu, jika satu alarm tidak cukup, kamu bisa menggunakan beberapa alarm atau meminta bantuan orang lain untuk membangunkan supaya tidak kesiangan. Kalau kebiasaan ini sudah dilakukan, kamu bisa dengan mudah bangun dipagi hari.

Agar Tak Panik Saat Pagi, Siapkan Barang-barang Yang Kamu butuhkan Pada Malam Harinya!

Hal lain yang biasanya memakan waktu dipagi hari adalah ketika kamu memikirkan barang yang akan bawa dan juga baju apa yang akan dikenakan. Supaya kamu tak panik, sebaiknya biasakan menyiapkan semua barang yang akan kamu bawa serta baju apa yang akan kamu gunakan pada malam hari. Jadi saat kamu bangun dipagi hari, setelah mandi kamu tak lagi membuang waktu banyak hanya untuk memilih pakaian yang akan dikenakan pada hari itu. Waktu yang kamu habiskan untuk memilih baju, bisa kamu gunakan untuk sarapan pagi. Pagimu pun akan jadi lebih tenang.

Kamu Juga Perlu Tahu Berapa Lama Waktu Yang Kamu Butuhkan Dari Mandi Hingga Siap Untuk Pergi

Sebenarnya untuk bisa mengatur jadwal yang pas agar tidak kesiangan, kamu harus tahu betul berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bersiap-siap, dari bangun tidur, mandi, sarapan, siap-siap, berdandan, hingga benar-benar siap untuk pergi. Coba kamu lakukan riset kecil pada dirimu sendiri di pagi hari untuk mengetahui berapa lama waktu yang kamu butuhkan dipagi hari. Catat waktu tercepat hingga terlama yang kamu butuhkan, lalu hitung rata-rata waktu yang kamu butuhkan.

Jika sudah kamu temukan, kamu bisa mengatur jam berapa kamu harus bangun dan jam berapa kamu bisa berangkat kerja. Dengan begitu kamu tidak perlu panik dipagi hari. Usahakan melakukan kegiatan dipagi hari dengan seefisien mungkin dan hindari hal yang tak penting. Dengan begini waktumu tak akan terbuang sia-sia, kamu pun jadi bisa tiba di kantor lebih awal.

Perhitungkan Jarak Dan Waktu Tempuh Yang Kamu Perlukan Untuk Menuju Kantor!

Kesalahan yang sering dilakukan tetapi jarang disadari banyak orang ialah tidak memperhitungkan berapa lama jarak tempuh yang dibutuhkan dari rumah hingga sampai ke kantor dengan waktu yang tepat. Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bersiap-siap bisa membuatmu kehilangan banyak waktu. Kalau sudah begini kamu pun jadi tak bisa berangkat lebih awal.

Kamu juga harus memperhitungkan dengan jeli berapa lama waktu yang harus kamu tempuh, jangan hitung waktu tercepat! Tetapi hitunglah waktu terlama. Misalnya jarak tempuh dari rumahmu ke tempat kantor membutuhkan waktu 3 jam jika jalanan macet parah. Atau satu setengah jam jika jalanan cukup lancar. Dengan begitu kamu harus menghitung waktu mundur dari setengah jam sebelum masuk kantor dengan waktu yang dibutuhkan. Mengapa kamu harus sisakan setengah jam lebih awal? karena kamu tidak bisa memprediksi berapa lama kemacetan yang akan kamu lewati setiap harinya. Jika kamu mengendarai angkutan umum, kamu harus sediakan setengah jam tambahan sebagai waktu untuk menunggu angkutan lewat.

Lebih Baik Tiba Di Kantor Saat Masih Sepi, Daripada Baru Sampai Dijam Mepet

Pemikiran yang harus kamu hilangkan untuk menghindari telat masuk kantor, yaitu masuk di jam mepet kantor. Dalam artian kamu akan memperhitungkan masuk kantor 15 menit sebelum masuk kantor. Kalau ingin harimu berjalan lancar, masuk diawal waktu lebih baik dibandingkan datang terlalu mepet dari waktu masuk yang ditentukan kantor. Tidak masalah jika kamu datang saat belum ada orang sama sekali, waktu yang ada bisa kamu gunakan untuk menyiapkan pekerjaan sesuai dengan prioritas kerjamu dihari itu.

Kalau kamu terbiasa masuk 15 menit sebelum jam masuk kantor, coba bayangkan berapa banyak orang yang juga datang dijam tersebut. Belum lagi kamu juha harus memperhitungkan kapasitas lift yang tersedia. Tiba saat jam mepet masuk kantor, bisa membuatmu berebut untuk mempergunakan lift dengan pegawai yang lain. Antrian yang panjang akan memakan waktu tersendiri, belum lagi jika harus berhenti di setiap lantai.

Akan menjadi berbeda jika kamu bisa sampai di tempatmu bekerja lebih awal,  jeda waktu sebelum mulai bekerja pun bisa kamu manfaatkan untuk meregangkan otot tubuh karena perjalanan yang kamu tempuh dari rumah ke kantor. Dengan begini kamu bisa bekerja dengan lebih optimal. Ketakutan jika gaji dipotong karena terlambat masuk kantor pun tak akan membayangimu.

 

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top