Feature

Followernya Banyak, Yang Mention Sering, Tapi Sedikit Yang Tahu Siapa Dia!

karakter penulisan

“Min, cara restart Tipe S6, gimana ya?”

“Sis, barangku kok gak sampe-sampe?”

Tak satu dua kali kita berhubungan dengan akun menggunakan komunikasi seperti itu. Bisa itu akun milik perusahaan, brand atau justru fanpage sejumlah public figur. Jumlah followernya tak sedikit, kalau diperhatikan mentionnya pun bisa ratusan perhari. Bayangkan akun telkomsel misalnya di mention 49 ribu kali lebih di bulan maret yang lalu saja.

Tapi sedikit yang tahu siapa orang yang berada di balik akun-akun tersebut. Secara pakem mereka disebut sebagai Social Media Specialits atau ada juga yang menyebutnya dengan Social Media Admin. Jumlahnya bisa jadi tidak cuma seorang dalam satu akun, bisa sampai dikelola tim yang berisi lebih dari sepuluh orang.

Enak ya kerjanya hanya posting, bersosial media kemudian dibayar. Mungkin kamu berpikir begitu. Tapi sesungguhnya, mereka juga manusia yang utuh, bukan akun digital yang tak punya rasa. Bahkan mungkin pekerjaannya tidak seasyik yang dibayangkan. Berikut beberapa fakta yang hanya sedikit orang tahu tentang social media specialist.

Karena Admin Itu Bukan Cuma Posting Status

sosmed admin

Ini bukan akun personal yang bisa sesuka hati diisi apa saja. Social Media Specialist adalah perwakilan dan corong utama sebuah brand di dunia gital. Wajar jika mereka diwanti-wanti untuk hati-hati menjalankan tugasnya.

Mereka harus membuat perencanaan konten yang matang. Secara garis besar ada sejumlah strategi yang harus mereka buat, mulai dari strategi menambah jumlah follower, meningkatkan engagement, sampai menghadapi komplain.

Setelah semuanya selesai, mereka sudah dinanti oleh beban report yang tak mudah. Ini semacam laporan pertanggung jawaban. Kemampuan komunikasi, digital hingga statistik wajib dikuasi oleh mereka.

Karena Kadang Batas Gender Tidak Jelas

gender sosmed

Siapa bilang akun belanja dengan target ibu-ibu adminnya perempuan? Siapa pulak yang yakin kalau akun situs modifikasi kendaraan bermotor yang sarat laki-laki, adminnya juga pria?

Ya jangan salah, ini tantangan lain yang dimiliki para Social Media Specialist. Apalagi untuk mereka yang bekerja di perusahaan besar dengan brand yang beragam. Bisa saja dipindah tugaskan untuk menangani brand yang berbeda dengan gendernya.

Mereka harus sigap melakukan pendekatan yang tetap. Pola komunikasi harus dengan cepat disesuaikan. Ini bukan perkara mudah, mungkin setara para aktor atau aktris. Bedanya, nama mereka tak pernah muncul di kredit title manapun.

Karena Kepo Sudah Jadi Jati Diri

sosmed kepo

Lelah memang menjadi seorang stalker yang selalu kepo terhadap akun orang lain. Tapi ini seperti jadi tugas resmi tak resmi seorang Social Media Specialist. Sejumlah akun kompetitor pasti dimasukan dalam list yang terus dipantau.

Ada tekanan bahkan perasaan sedih, ketika admin lain berhasil membuat gelombang viral dalam akunnya. Dorongan gemas untuk bisa berbuat sama seketika muncul pada saat itu juga. Hidup jadi tak tenang? Iya kadang seperti itu!

Karena Jam Kerja Pun Ikut Tak Jelas

social media admin

Buat yang mendambakan bekerja rutin masuk jam 9 pulang jam 5, jangan coba-coba melamar kerja sebagai Social Media Specialist. Apalagi untuk mereka yang menghandle sendiri alias tidak ada dukungan tim.

Dunia digital dan internet tak seperti kantor yang mengenal jam kerja dan tutup khan? Bisa saja diwaktu-waktu tertentu ada hal dengan urgensi tinggi yang perlu dieksekusi saat itu juga. Impian weekend dengan tenang, liburan menyenangkan sering kali hanya tinggal impian buat mereka.

Karena Kepribadian Jadi Berantakan Tak Jelas

kepribadian sosmed

Ya, batas antara dunia pekerjaan jadi samar. Sering kali gaya bicara, memanggil kawan bahkan update status dan twit di akun personal masih dengan gaya bahasa yang sama. Bayangkan seandainya akun personal dan akun brad yang dimanage berbeda gender misalnya.

Belum lagi, keterikatan terhadap produk jadi sangat tinggi. Mungkin dalam kehidupan sehari-hari pun mereka jadi fans paling militan dari produk yang ditanganinya. Tak sedikit pula Social Media Specialist yang menghandle lebih dari satu akun brand.

Aneh, tapi begitulah adanya. Jadi jika suatu saat ingin berumpah serapah komplain terhadap akun sebuah brand, ingatlah bahwa ada seseorang nyata di belakang akun itu. Ada orang yang mungkin harus standby 24 jam, tak jelas batas gendernya, dituntut menguasai banyak bidang sekaligus harus kepo. Pahamilah mereka!

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Sponsored Content

Sebagian Hal Unik Yang Mungkin Baru Kamu Sadari Setelah Masuk Bulan Puasa

Ini memang bukan bulan biasa. Karena kamu harus menahan hawa nafsu dan juga makan minum di waktu siang. Tapi diluar hal itu, sejatinya ada hal-hal menarik yang hanya bisa kamu temui di kala bulan puasa. Bisa jadi di bulan lainnya kamu merindukan saat-saat tersebut.

Baru Tahu Kan Ada Petuah-Petuah Bijak Karena Tiba-Tiba Banyak Yang Share Di Timeline

Puasa kali ini seolah jadi angin segar buat kamu yang sudah penat dengan konten di timeline sosial mediamu. Sebelumnya banyak informasi yang bikin panas hati, kawan yang berdebat tiada henti sampai urusan-urusan sosial pilitik yang nampak tak kunjung selesai.

Tapi semua mereda ketika memasuki bulan ramadan. Timeline menjadi lebih sejuk, karena tiba-tiba banyak kawan-kawan yang membagi kata-kata bijak. Banyak kalimat-kalimat bijaksana penuh motivasi dan introspeksi yang bahkan kamu baru tahu kan.

Makin seru karena tak semua kata-kata bijak itu disajikan dengan nuansa serius. Karena banyak juga yang digelar dengan nuansa canda tawa. Tak sedikit meme-meme unik berlalu lalang membuat kita tertawa kecil. Ya, meski dadakan sebagian kawan kita berubah jadi motivator handal.

Baru Tahu Kan Ada Tetangga Menarik Hati, Karena Bertemu Ketika Menuju Masjid

Akuilah kamu mungkin tak sedekat itu dengan tetangga. Bahkan mungkin siapa yang menghuni sebelah rumah juga kamu tak paham. Baik kiri maupun kanan sama gelapnya entah siapa namanya. Lihat wajah pun jarang.

Untungnya datang bulan puasa. Aktivitas sosial pun meningkat. Minimal bersama tetangga kita berbondong-bondong ke masjid melaksanakan ibadah sholat tawarih. Tanpa diniatkan sebelumnya, bisa jadi kamu baru tahu kan kalau ada tetangga sebaya yang nyatanya begitu menarik hati.

Curi-curi pandang di temaram lampu perumahan jadi latar yang menarik. Kemana saja kamu selama ini? Ternyata mereka yang menarik tak perlu dicari jauh-jauh bukan?

Baru Tahu Kan Makan Pakai Tempe Bareng Keluarga, Lebih Nikmat Dibanding Makan Ayam Sendirian

Selama sebelas bulan kamu mungkin biasa makan siang enak di kantor. Atau buat yang sudah tinggal sendiri, sangat nyaman menikmati menu-menu dari cafe pilihan yang biasa kamu santap. Makan malam bersama kawan atau klien jadi agenda rutin yang tak terlewat.

Tapi masuk bulan puasa kamu banyak menghabiskan waktu di rumah. Sarapan yang biasa dilakukan di tempat aktivitas, jadi berpindah di waktu sahur di rumah. Makan malam bisa bersama keluarga, karena jam kantor yang pulang lebih awal dan melaksanakan berbuka di rumah. Ketika itu kamu baru tahu kan kalau makan bersama keluarga meski dengan menu seadanya masih jauh lebih nikmat dibanding ketika kamu di luar sana.

Baru Tahu Kan Mantanmu Sekarang Jadi Super Menarik, Setelah Ketemu Di Acara Bukber

Bulan Ramdan berarti pula jadwal bukber alias buka puasa bersama. Aktivitas membatalkan puasa ini seringnya jadi ajang reuni kecil buat teman-teman lama. Banyak pula yang sebelumnya jarang bertemu, jadi bisa kembali temu kangen.

Dan beruntung atau sialnya, kamu baru tahu kan mantan kamu ternyata sekarang tampil menarik luar biasa. Ini memang jadi sindroma para mantan. Mereka terlihat begitu menarik ketika sudah tak lagi bersamamu. Memori lama bisa kembali muncul menghiasi isi kepalamu. Apa harus kembali mencoba merajut hubungan yang sudah terputus sekian lama? Pilihannya jelas ada di kamu.

Baru Tahu Kan Ternyata Kamu Butuh Internet Yang Cepat Ketika Berpuasa

Okay, selama ini kamu menerima begitu saja koneksi internetmu sebagai bagian dari keseharian. Tak ada yang perlu diperhatikan secara berlebih. Tapi kondisi berbeda kamu temui di kala bulan puasa.

Sebagian aktivitas mungkin saja berkurang, sehingga kamu punya lebih banyak waktu berselancar di dunia maya. Atau malah pekerjaanmu jadi lebih banyak dilakukan di dalam ruangan dan membuatmu lebih intens menggunakan internet.

Masalah memuncak ketika kamu menyadari koneksi internet kamu ternyata kurang oke. Kesal, maarah, sebal? Eits, ingat ini puasa. Tak cuma menahan lapar dan haus, kamu juga harus pandai mengelola perasaanmu.

Agar tak larut berkepanjangan, mungkin ini saat yang tepat buatmu berlaih ke internet 4G LTE yang lebih cepat. Coba deh kamu lirik tawaran menarik promo ramadan dari Smartfren 4G yang super cepat itu.

Tapi pilihan handphonenya tidak banyak? kamu tak perlu khawatir karena saat ini kartu perdana Smartfren 4g bisa digunakan di beragam jenis handphone. Selain Smartphone Andromax Smartfren juga bisa digunakan di Samsung, iPhone, Oppo, Lenovo & Motorolla. Untuk daftar lengkapnya, kamu bisa lihat di sini.

Handphone bagus tapi tak punya quota buat apa? Smartfren punya tawaran menarik buat pengguna perdananya. Tak tanggung-tanggung kamu bisa mendapatkan gratis internet setahun sampai sebesar 58GB. Ini masih di luar fasilitas ciamik lain macam gratis chat menggunakan aplikasi Whatsapp, Line dan BBM 500MB. Plus kamu yang iseng ngabuburit bisa mengahabiskan waktu menelfon atau Videocall sesama jaringan Smartfren 4G dengan gratis.

kamu siap menjajal Smartfren 4G di ramdhan sekarang? Nah tahun ini, Smartfren 4G bahkan mengajakmu menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan penuh kebaikan. Salah satunya, kamu mencari tahu tentang hal-hal berbeda di sekitarmu untuk menambah wawasan dan mengurangi buruk sangka. mewujudkan Ramadhan baru dengan mencari tahu hal-hal baru dari orang-orang dan hal-hal lain di sekitarmu melalui aktivitas #BaruTahuKan di sini.

Semakin banyak momen #BaruTahuKan yang kamu dapat, semakin besar kesempatanmu memenangkan hadiah total jutaan rupiah! Salah satu hadiah kerennya itu iPhone 7. Jadi kamu baru tahu kan?

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Kamu Harus Meninggalkan Jenis-jenis Emosi Ini Demi Hidup Yang Bahagia!

Dalam keseharian kata “emosi” kerap digunakan untuk menggambarkan kemarahan.  Padahal sebenarnya kata emosi berasal dari bahasa Prancis, yaitu emotion yang berasal dari kata emouvoir yang berarti “kegembiraan”. Emosi juga berasal dari bahasa Latin emovere dari e- ( varian eks) yang berarti “luar” dan movere yang berarti “bergerak”.  Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, emosi adalah hasil dari reaksi tubuh dalam menghadapi situasi tertentu. Ini berarti emosi tidak hanya tentang rasa marah tetapi mencakup banyak situasi mulai dari marah, malu, bahagia, takut, dan sedih. Untuk itu sebagai makhluk sosial yang tentu ingin merasa bahagia, kita diharapkan mampu mengelola setiap emosi yang ada. Karena faktanya memang ada beberapa jenis emosi yang harus kita tinggalkan untuk hidup yang lebih bahagia. Apa saja ?

Bukan berarti tidak boleh marah tapi mengelola kemarahan adalah suatu kewajiban!

Dikenal sebagai emosi dasar dan bersifat universal yang dimiliki oleh setiap orang. Marah menjadi emosi yang sulit untuk dikendalikan. Dengan kata lain marah adalah sebuah emosi yang akan timbul ketika kita merasa ada seseorang yang berbuat kesalahan pada kita. Respon atau tindakan kita dalam mengelola emosi ini akan menentukan bahagia atau tidaknya hidup yang kita jalani. Karena ketidak mampuan dalam menguasai emosi ini, sering berakibat fatal. Bahkan merugikan diri sendiri. Tidak bisa mengendalikan kemarahan hanya akan membuat kamu terlihat buruk dimata orang lain. Perlahan orang lain akan mengingat kita sebagai seseorang yang, agresif yang identik dengan kekerasan.

Bahkan hasil penelitian Harvard Medical School menunjukkan bahwa orang yang mudah marah berpeluang  tiga kali lipat memiliki penyakit jantung. Dengan kata lain mudah marah pada usia muda merupakan predikator yang baik terhadap serangan jantung  pada hari tua. Semakin tinggi kemarahan seseorang, semakin tinggi pula resikonya. Selain itu, marah dapat mempengaruhi kulitas kesehatan seseorang. Jadi jika benar ingin lebih bahagia, mulailah untuk meninggalkan emosi ini.

Memiliki rasa malu itu wajar namun jika berlebihan jadi pertanyaan!

Emosi yang satu ini adalah sesuatu yang sering membuat kita kalang kabut dan juga ampuh untuk mengacaukan konsentrasi. Coba ingat kapan terakhir kali kita merasa malu? Hal yang kemungkinan menjadi alasannya pun beragam. Dari hal tersebut kita sering merasa bahwa diri tidak sebaik orang lain, yang jika dipelihara dengan baik akan melukai kita nantinya. Namun jika ternyata rasa malu yang timbul dikarenakan sikap dari orang lain. Kita bisa menerima itu sebagai bentuk kekhawatiran darinya, mungkin ia sedang ingin menjatuhkan kita karena tak ingin disaingi.

Menurut seorang Psikologi di media Online, emosi malu adalah salah satu emosi dari hasil penilaian terhadap diri sendiri. selain malu, emosi yang muncul dari penilaian diri sendiri meliputi rasa bangga, sombong, bingung, dan rasa bersalah. Untuk menghindari rasa malu yang berlebihan mulailah dengan menghargai setiap usaha yang kita lakukan. Atau belajar untuk merespon kesalahan dengan tertawa, ini akan jauh lebih baik dari pada harus tenggelam dalam rasa malu yang nyatanya merugikan kita sendiri.

Berhenti sejenak untuk mengevaluasi diri jauh lebih baik daripada harus tenggelam dalam frustasi!

Berbuat salah dalam cerita perjalanan hidup adalah bagian yang memang harus kita ambil. Langkah ini akan menentukan apakah kita akan bahagia atau tidak. Meski terdengar mudah namun nyatanya hal ini sangat sulit untuk diaplikasikan. Ketika sedang mengalami frustasi rasa marah dan benci pun ikut serta didalamnya. Namun dari kegagalan ini harusnya kita bisa lebih belajar, menyadari bahwa tidak selamanya sesuatu yang kita inginkan bisa berjalan sesuai rencana. Dengan demikian akan ada semangat baru yang kita peroleh. Mengerti tentang bagaimana harus menyikapi kekalahan dan kesalahan yang diperbuat. Selain menghindari diri dari rasa frustasi ini juga akan membantu diri untuk lebih bebas dalam berekspresi. Tantanglah diri untuk lebih bahagia lagi, lakukan sesuatu yang baru. Meski akan ada kelasalahan setidaknya kita akan merasa senang pernah berbuat sesuatu. Dan meski gagal untuk kesekian kalinya, tetap semangat dan jangan pernah menyerah.

Menyadari kesalahan itu baik, tapi rasa bersalah yang terlalu dalam malah akan membuat diri merugi!

Kita harus bisa membedakan bagaimana rasa bersalah yang muncul karena menyadari kesalahan dan bagaimana rasa bersalah yang datang hanya karena emosional. Kesadaran akan kesalahan tentu akan membuat hidup kita lebih tenang. Untuk itu segera mengucap maaf jadi kuncinya, namun jika ternyata rasa bersalah yang kita miliki datang dari sesuatu yang lain akan menjadi berbeda. Dalam hal ini kita memang perlu lebih peka untuk memahami satu hal dengan latar belakang yang berbeda ini. Keputusan untuk meminta maaf telah menunjukkan bahwa kita telah bertanggungjawab. Untuk kemudian lanjutkan hidup dengan sesuatu yang baru. Tanpa kita sadari titik ini telah membentuk kita jadi pribadi yang lebih baik. Pribadi yang akan selalu berusaha untuk tidak melakukan kesalahan di lain hari lagi.

Karena tidak selamanya hidup akan bahagia, bersedih juga demikian!

Emosi ini biasanya timbul ketika kita sedang dihadapkan dengan keadaan yang mengecewakan atau kegelisahan. Namun kita harus mengerti bahwa tidak semua orang yang ada d isamping kita bisa memahami apa yang kita rasakan. Cobalah untuk menenangkan diri untuk beberapa saat lamanya. Hal lain yang bisa kita lakukan adalah dengan mencoba berbagi cerita atau bahkan menangis. Ini akan merefkesikan tubuh untuk mengeluarkan segala hormon kesedihan yang ada. Karena jika dipendam terlalu dalam akan menimbulkan akibat yang serius dan fatal. Tubuh akan mengalami depresi berat atau malah menggangu kesehatan tubuh. Sikapi semua hal yang mungkin mengecewakan dengan sesuatu yang positif. Karena pandangan yang positif akan selalu memberikan kita efek yang lebih baik dan membuat hidup terasa lebih bahagia.

Terakhir, tempatkan rasa cemburu untuk mendukung hidup yang lebih baik!

Mungkin selama ini cemburu yang kita pahami adalah sesuatu yang mengatakan tentang perasaan takut kehilangan. Baik itu terhadap orangtua, pasangan atau sahabat serta orang terdekat lainnya. Semua akan masuk dalam kategori baik-baik saja jika memang masih dalam batas wajar. Namun jika ternyata cemburu yang kita miliki terlalu berlebihan, Maka bisa jadi sesuatu yang kita takutkan akan benar-benar terjadi. Tempatkan rasa cemburu dengan tetap mengontrol sikap kita pada mereka yang kita cintai. Menunjukkan cemburu yang berlebihan hanya akan membuat mereka merasa dikekang. Sebaliknya tunjukkan rasa sayang yang kita miliki dengan menghormati mereka dengan baik. Jelas ini akan jauh lebih membahagiakan hidup yang kita punya. Semua emosi yang memang sebaiknya kita kelola dengan baik dan satu-satunya orang yang mampu memberikan itu semua adalah diri kita sendiri. Karena kebahagian yang kita inginkan berada pada pilihan dan keputusan yang kita mau.

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Puasa Justru Jadi Lebih Boros? Kenapa?

Diawal bulan Ramadhan mungkin kamu berpikiran bahwa momen puasa akan membuatmu lebih hemat. Kamu tidak perlu membeli sarapan dan makan siang. Tidak perlu mengeluarkan uang untuk makan siang  selama sebulan seharusnya bisa membuat kamu hemat. Namun apa yang dibayangkan tak seindah kenyataan, alih-alih irit dan awet, keuanganmu justru malah lebih boros biasanya. Bayangan untuk bisa menjadi hemat dan bisa lebih banyak menabung dari biasanya pun sirna.

Kalau sudah begini, diakhir bulan puasa pun kamu hanya bisa gigit jari. Bahkan bila kurang hati-hati, tabungan kamu pun bisa jadi ikut berkurang demi memenuhi kebutuhanmu selama bulan puasa. Lalu apa yang membuat bulan puasa justru lebih boros dari bulan-bulan sebelumnya. Ini ulasannya.

Harga bahan pangan mendadak melonjak saat bulan puasa terasa sudah biasa tapi ini jelas membuat pengeluaranmu jadi ikut membengkak!

Entah sejak kapan kebiasaan ini timbul, setiap menjelang hari raya besar mendadak harga bahan makanan dan bahan pokok melonjak naik. Entah itu cabai, bawang, ayam, atau bahkan daging semuanya mendadak melonjak. Padahal kalau dipikir-pikir  kebutuhan  pangan bulan Puasa tidak sebanyak bulan lainnya yang harus makan tiga kali sehari. Tapi nyatanya pada saat bulan puasa kebutuhan masyarakat akan bahan pokok justru semakin meningkat dibandingkan bulan-bulan sebelumnya.   Sebuah survei kepada 1505 responden dilakukan oleh situs jakpat mendapatkan hasil bahwa 540 responden dalam survei ini mengaku memiliki perbedaan jumlah belanjaan produk bahan makanan antara bulan Ramadhan dan bulan-bulan lain. 69% dari responden tersebut mengaku bahwa kuantitas jumlah belanjaan mereka justru meningkat di bulan Ramadhan. Adapun lima bahan makanan yang khusus dibeli oleh responden tersebut dibulan Ramadhan meliputi bahan mentah, buah-buahan, sayuran, dan sirup.

Saat lapar dan haus semuanya terlihat enak dan menyegarkan. Lapar mata hanya akan membuatmu boros!

Jam 2 siang sudah mulai memikirkan mau makan apa, buka puasanya pakai apa yang enak, kayaknya ini enak buat buka puasa. Jam 4 sore mikir lagi, wah kayaknya itu enak juga buat buka puasa. Akhirnya 30 menit sebelum buka puasa semua yang terlihat enak diborong. Tanpa sadar kebiasaan yang seperti ini menguras habis kantongmu.   Sedangkan ketika waktu buka puasa sudah tiba, makan dan minum sedikit perut sudah terasa kenyang, dan menyisakan banyak makanan sisa yang tadi kamu beli sesaat sebelum puasa hanya karena laper mata. Kebiasaan seperti ini yang terjadi setiap bulan puasa dan menyebabkan kamu lebih boros dari bulan-bulan sebelumnya. Padahal salah satu tujuan puasa adalah menahan hawa nafsumu, termasuk nafsu ingin berbuka puasa dengan banyak makanan ataupun minuman.

Bulan puasa jadi bulan reuni. Setiap minggunya nyaris selalu ada acara buka puasa bersama dari teman TK sampai teman kerja!

Saat bukan bulan Ramadhan, group sosial media yang berisi teman-temanmu lebih sering sepi. Tapi ketika bulan puasa datang semua group mendadak ramai dan banyak banget yang mengajak kamu untuk buka puasa bersama, mulai dari teman tk sampai teman kerja yang bertemu setiap hari. Entah sejak kapan hal ini bermula, tapi bulan puasa seperti telah menjadi bulan untuk aneka macam reuni. Orang yang sibuk kerja dan tidak bisa bertemu di hari biasa mendadak jadi pada datang ketika buka puasa bersama. Lebih mudah bertemu dibandingkan bulan-bulan biasa, meskipun tetap saja banyak drama yang tercipta hanya untuk menentukan tanggal untuk acara.   Karena banyaknya acara untuk buka puasa bersama yang kamu hadiri, bisa jadi pemicu kamu lebih boros dari biasanya. Entah itu buka puasa bersama seminggu sekali atau bahkan tiap hari karena banyaknya yang mengajak kamu untuk berkumpul. Acara buka puasa ini akan membuat kamu mengeluarkan uang lebih, karena pertemuan yang dilakukan lebih sering di restoran yang sudah ditentukan jadi tempat pertemuan, niat mau irit hanya jadi angan-angan.

Pesta diskon dari semua brand menghiasi bulan puasa dan tentu saja ikut menguras uang direkening

Bulan puasa juga jadi ajang para pebisnis untuk meluncurkan berbagai model baru dengan diskon yang menggiurkan. Dari 10%-90% bisa mereka berikan untuk customer mereka, bahkan beberapa mall besar suka mengadakan midnight sale yang membuat kebanyakan orang tergiur untuk borong semua barang, terutama wanita. Karena diskon inilah yang terkadang buat orang gelap mata, alasan kapan lagi dapat harga murah banget kayak sekarang menjadikan seseorang melakukan pembenaran untuk membeli barang yang bukan menjadi kebutuhan mereka.   Belum lagi jika mereka mendapatkan THR, yang membuat seseorang bisa saja menganggap enteng pengeluaran yang mereka lakukan. Pemakluman-pemakluman yang seperti itu sebenarnya menjadi bumerang tersendiri bagi kamu. Keuangan kamu bisa semakin menipis hanya karena keinginan sesaat. Bukan tidak mungkin hal itu akan kamu sesali nantinya.

Tradisi salam tempel membuat kamu harus jadi om dan tante yang baik untuk keponakan-keponakan tersayang, budget ini juga ikut menambah pengeluaranmu

Kalau dulu biasanya kamu dapat salam tempel dari kakek nenek, ibu bapak, bude pakde, om tante. Sekarang pun roda berputar, bukan lagi kamu yang dapat tapi kamu yang harus mengeluarkan uang untuk tradisi salam tempel yang sudah mendarah daging di Indonesia. tradisi yang ada hanya dihari raya ini membuat kamu mau tidak mau harus memikirkan budget tersendiri untuk pengeluaran ini. Kalau ponakan kamu satu atau dua mungkin tidak  masalah, tapi kalau ada 20 bagaimana? Hmmm, kebahagiaan mereka tidak bisa terganti. Lagipula tradisi ini juga sebagai ajangmu untuk berbagi rejeki dengan orang-orang tersayang. Namun kamu juga harus memikirkan jumlah uang yang akan diberikan harus sesuai dengan kondisi keuanganmu dan jangan memaksakan keadaan.

Dari banyaknya penyebab yang membuat kamu semakin boros, kamu masih tetap bisa berhemat dengan cara-cara ini!

Karena kamu sudah mengetahui apa penyebab yang membuat keuanganmu semakin boros di bulan puasa dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Kamu bisa tahu apa saja yang harus kamu lakukan untuk mencegah dompet dan rekeningmu mendadak tiris. Sekarang tugasmu untuk menyiasati cara untuk tak menguras habis uangmu saat bulan puasa. Seperti tidak mengikuti nafsu saat membeli makanan untuk berbuka ataupun sahur. Belajar dari pengalaman, saat buka puasa mengkonsumsi banyak makan hanya akan membuat perutmu sakit dan pencernaan juga jadi terganggu.   Karena tujuan puasa tidak hanya menahan lapar dan haus untuk bisa merasakan penderitaan orang lain yang kurang beruntung dari kita, namun juga untuk mengendalikan ego dan hawa nafsu yang kita punya, karena itu mulailah bisa memilah apa yang menjadi prioritasmu dan mana yang hanya sebatas keinginanmu. Dari makanan sampai pakaian, Ramadhan hadir tak sekedar menjadi perayaan namun melatih diri untuk tetap sederhana. Secara logika seorang pun tidak akan pernah tahu apakah pakaian yang kamu kenakan baru atau lama, saat kamu mencuci pakaian semua akan terlihat sama. Jadi jangan mengikuti gengsimu, itu tidak akan membuatmu terlihat hebat tapi justru akan menyusahkan dirimu sendiri.

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Feature

Menggeluti Pekerjaan Ini Bisa Membuat Kaya Raya, Meski Tak Punya Gelar Sarjana Sekalipun!

Gelar sarjana yang sering dianggap sebagai syarat utama untuk kesuksesan seseorang dimasa depan nyatanya tidak selalu benar.  Meski tanpa gelar sarjana sekalipun kita bisa sukses bahkan hingga kaya raya dengan menggeluti beberapa jenis pekerjaan lain. Hanya bermodalkan kecintaan serta kemampuan diri untuk pekerjaan yang memang kita bisa tekuni dengan baik, menjadi kaya raya pun tak lagi menjadi khayalan belaka.

Fakta yang kita temui banyak orang yang masih kebingungan ingin bekerja di mana dan sebagai apa meski sudah memiliki gelar sarjana sekalipun, seperti data yang berhasil dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2016 tercatat sebesar 5,5 persen.

Ini berarti dari 100 angkatan kerja terdapat sekitar lima hingga enam orang penganggur. Tercatat tingkat pengangguran sarjana meningkat dari 5,34 persen pada Februari 2015 naik menjadi 6,22 persen pada Februari 2016. Alasan untuk pengangguran  tersebut pasti beragam. Namun disisi lain meski tanpa gelar sarjana kita tetap bisa bekerja dibeberapa bidang pekerjaan ini jika memang kita mampu.

Memiliki kemampuan akting yang bagus, mungkin kamu cocok untuk menjadi aktor atau aktris!

Serba-serbi menjadi artis adalah pilihan paling menjanjikan untuk bisa menjadi kaya raya meski tak memiliki gelar sarjana sekalipun. Berbekal kepercayaan diri dan mau belajar untuk menekuni dunia akting pekerjaan ini bisa menajadikan kamu kaya raya. Untuk bisa ke sana bisa ditempuh dari beberapa cara ada yang memilih untuk ikut kursus di sebuah sanggar seni, modeling bahkan lenong.

Namun jika sudah memiliki kepercayaan diri yang kuat bisa langsung mendaftarkan diri pada agency yang memang sudah terpercaya telah mengorbitkan beberapa aktor atau aktris ternama.  Tidak perlu khawatir untuk masalah penampilan dan fisik yang mungkin tidak menunjang, kamu bisa melihat beberapa artis yang muncul di tv dengan fisik yang pas-pasan tapi masih malang melintang di tv dengan bayaran yang cukup membuat terpana.

Meski ada sekolahnya, menjadi fashion designers berbekal hobi saja sudah cukup untuk memulainya!

Menempuh pendidikan dijurusan fashion design tidaklah mudah, selain butuh biaya yang cukup tinggi kamu juga akan dipaksa untuk mau mempelajari teori ilmu komunikasi hingga filsafat seni dan beberapa mata kuliah lain yang jika dipikir-pikir sebenarnya sungguh tidak ada hubungannya dengan dunia fashion design, mata kuliah pancasila dan kewarnegaraan misalnya.

Dimana konsep pendidikan dengan model seperti ini tidak selalu bisa diterima oleh orang-orang, hal baiknya adalah untuk menjadi seorang fashion designers, kamu tak diwajibkan memiliki gelar sarjana. Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah tetap mengembangkan kemampuan dan membagun jaringan yang bisa mengembangkan nama kamu seabgai fashion designers. Hobi dan kecintaan yang kamu miliki rasanya sudah cukup untuk modal memulai kiprah didunia fashion sebagai seorang designer. Dengan tetap mengembangkan kemampuan dan pengetahuan didunia tersebut, karena ini adalah salah satu profesi yang memang sangat menjanjikan.

Tidak jauh berbeda dengan aktor dan aktris, mempunyai kemampuan vokal yang diatas rata-rata bisa mengantarmu menjadi penyanyi yang sukses

Jika kebetulan memiliki talenta dengan kemampuan menyanyi diatas rata-rata memilih profesi sebagai penyanyi adalah hal yang baik dengan prospek yang memang menjanjikan. Untuk mengembangkan dan melatih vokal yang dimiliki kamu bisa mengikuti sekolah vokal. Di sana kemampuan menyanyimu akan lebih dikembangkan untuk lebih matang lagi, selanjutnya kamu bisa mulai menjual kemampuanmu sebagai seorang penyanyi.

Jika memang kemampuanmu banyak dinikmati,  hal itu akan memberikan jalan menuju popularitas yang lebih baik. Bayaran yang akan diterima pun tak tanggung-tanggung bisa berkisar jutaan hingga puluhan juta hanya untuk sekali manggung. Sebut saja Agnes Mo yang mendapat bayaran kurang 100 juta rupiah hanya untuk sekali show saja.

Memiliki kemampuan dan nama besar di lapangan hijau, pemain sepak bola mampu meraup pendapatan yang tak sedikit

Menjadi pemain sepak bola bisa dikatakan memiliki tingkat pamor dan popularitas yang sama tingginya dengan aktor atau aktris, apalagi jika sudah memiliki nama yang besar di lapangan hijau. Kemampuan bermain seorang atlit sepak bola diberi bayaran dengan nilai yang cukup fantastis. Salah satu contoh nyata yang bisa kamu lihat adalah pemain sepak bola dari klub Real Madrid Cristiano Ronaldo menerima bayaran sekitar 365 ribu pound per pekannya (sekitar Rp 5,9 miliar).

Bayaran fantastis yang diterimanya berhasil membuatnya menjadi pemain sepak bola termahal di dunia, tak hanya bayaran dari profesinya sebagai pemain sepak bola. Ronaldo juga di-endorse beberapa brand ternama, menjadi ambassador bahkan memiliki brand pakaian dalam, parfum dan hotel sendiri membuat pundi-pundinya terus terisi. Jadi tidak ada salahnya jika mencoba untuk melatih dan mengasah kemampuan untuk menjadi bintang di lapangan hijau, karena menjadi pemain sepak bola memberikanmu pendapatan yang sangat tinggi.

Tidak harus menyandang gelar sarjana sastra, kecintaaan membaca dan kemampuan bercerita bisa menjadikan kamu penulis yang handal

Untuk bisa memenangkan persaingan di dunia kerja kamu bisa mencoba jalur menjadi penulis, memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menunjukkan jati diri dan gaya bahasa untuk sebuah tulisan yang ingin kita buat bisa menjadi ajang promosi yang secara tidak langsung akan membawa kita ke dunia yang lebih luas lagi.

Bakat membaca dan kemampuan bercerita adalah dua hal yang paling penting untuk kita miliki,jika ingin menjadi seorang penulis. Royalti atau bayaran yang bisa diterima oleh seorang penulis pun cukup besar, apalagi jika sebuah tulisan yang kamu buat berhasil diangkat ke layar lebar. Sebut saja J.K. Rowling seorang penulis buku Harry Potter sekarang dia masuk ke dalam daftar salah satu orang paling kaya di dunia untuk semua royalti yang diterimanya dari hasil penjualan buku dan cerita yang telah dijadikan layar lebar.

Namun jika kamu mampu bercerita tapi sulit untuk menuangkannya dalam bentuk tulisan, jadi video blogger dan youtuber juga tak kalah menjanjikanya!

Jika sekiranya ada bibit-bibit  kreatif yang memang kamu miliki menjadi video blogger atau youtuber ini adalah hal yang boleh dicoba, konten yang bisa kita ciptakan pun beragam sesuai ketertarikan yang kita miliki. Di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat chanel video blog dan youtube yang kreatif.

Hal ini sekaligus membuktikan bahwa dunia per-Youtube-an memang terlihat sangat menjanjikan, rupiah yang dikumpulkan dihasilkan oleh jumlah views dan share serta iklan yang masuk di kanal youtube milik kita akan terus mengalir jika konten yang kita miliki memang menarik bagi penonton.

Coba saja lihat youtuber asal Inodensia seperti SkinyIndonesia24, EdhoZell, Lastday Production, Tim2One, Comeo Project dan masih banyak channel lainya. Mereka bisa terus berkembang dan membuat konten yang lebih bagus dari hasil karya mereka di youtube, dan yang pasti profesi ini tidak memerlukan gelar sarjana, kamu hanya dituntut untuk bisa kreatif dan mengikuti perkembangan teknologi serta isu-isu terhangat untuk tetap mendapatkan viewers yang banyak.

Belajar otodidak dengan memanfaatkan teknologi, kamu juga bisa jadi website developer dengan bayaran tinggi!

informasi

Seiring dengan kemajuan era digital dan teknologi menurut Forbes, pekerjaan sebagai pengembang web, pengembang software/game, dan programmer akan menghasilkan gaji yang terus meningkat bagi pelakunya setiap tahun seiring meningkatnya kebutuhan manusia akan internet. Kebutuhan industri untuk pekerjaan-pekerjaan ini diperkirakan akan terus berkembang hingga 2022 nanti.

Tak hanya mereka memang memiliki latar belakang pendidikan dari jurusan IT saja, nyatanya siapapun kamu bisa belajar secara otodidak untuk menekuni profesi ini. Kejelian mata dan kemampuan belajar yang kuat menjadi modal untuk mendapatkan bayaran yang lumayan tinggi. Bahkan satu website saja bisa dihargai sekitar puluhan atau belasan juta rupiah. Menggiurkan bukan?

Dan yang paling menarik adalah menjadi bos atas diri sendiri tanpa perlu gelar sarjana, yaitu pengusaha!

menunda pekerjaan

Untuk profesi yang satu ini mungkin sudah tidak perlu diragukan lagi, meski menjadi pegusaha memang akan terlihat susah diawal tapi dengan berbekal ketekunan dan semangat pantang menyerah untuk memasarkan produk dari usaha yang kita miliki perlahan kamu akan mulai dikenal dan yang pasti ini akan memberikan pengaruh baik untuk prospek usaha kita selanjutnya.

Dan yang pasti untuk menekuni sebuah usaha kamu tidak perlu menunggu embel-embel sarjana, kamu bisa menjadi bosa atas diri sendiri dengan pendapatan yang juga tinggi. Coba lihat almarhum Bob Sadino pemilik perusahaan makanan ternama yang masih berdiri hingga saat ini, lalu ada Susi Pudjiastuti pengusaha sukses yang juga menjabat sebagai salah satu menteri di kabinet kerja presiden Joko Widodo.

Tanpa perlu mengenyam pendidkan yang tinggi nyatanya kamu yang bukan sarjana juga bisa sukses bahkan kaya raya, kuncinya terus belajar dan jangan pernah berhenti untuk mengembangkan kemampuan diri agar bisa tetap bertahan dalam  persaingan yang ada.

 

2 Comments

2 Comments

  1. yulia

    May 8, 2015 at 10:56 am

    wah.. Jadi mikir-mikir lagi untuk terjun bebas jadi social media admin. Btw, klo ngga kepo ga bisa jd admin ya, hehehehe ?

  2. Sersan Tips

    May 9, 2015 at 6:47 am

    berat juga ya, bahkan bekerja hanya dengan mengetik-ngetik di android bisa berat juga…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MOST SHARE

To Top