Tips

Sedang Diet? Pasti Memperhatikan 5 Hal ini! Padahal Itu Hanya Mitos!

Kenapa ada orang yang gemuk sementara ada yang kurus? Untuk satu pertanyaan ini, jawabannya bisa sangat beragam. Tawaran cara-cara efektif menurunkan berat badan pun bertebaran di luar sana. Bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan, kondisi ini kadang membuat stres. Terlalu banyak hal yang harus diperhatikan. Hidup jadi sulit karena terikat banyak aturan. Padahal sebagian adalah mitos. Apa saja itu?

1. Memperbanyak Frekuensi Makan Dalam Jumlah Kecil

Mereka yang sedang diet sering kali diminta untuk makan lebih sering tentunya dengan jumlah yang lebih sedikit. Faktanya belum ada penelitian yang bisa menunjukan korelasi antara makan lebih sering dengan penurunan berat badan. Rasa lapar juga tidak bisa dimanipulasi dengan cara makan porsi kecil dengan jumlah lebih sering.

2. Mengatur Waktu Makan

Jangan makan lewat dari setelah matahari terbenam, makan pagi harus sebelum jam sepuluh, dan sejumlah perintah lain yang berkaitan dengan pengaturan jam makan. Seperti yang pertama belum ada penelitian valid yang bisa menunjukan hubungan mengatur jam makan dengan berkurangnya berat badan.

Sejauh jumlah asupan yang masuk masih lebih sedikit dari yang dipergunakan tubuh, maka otomatis akan terjadi penurunan berat badan. Jadi makan steak di siang hari atau malam hari efeknya akan sama.

3. Hanya Makan Jenis Tertentu

Beberapa memilih menjadi vegetarian, yang lainnya hanya makan ikan. Lalu ada yang memilih menjadi pemakan rendah karbohidrat atau lemak. Memilih jenis makanan tertentu saja tidak akan berpengaruh langsung pada penurunan berat badan. Karena rumusannnya tetap sama, asupan yang masuk harus lebih sedikit dari yang digunakan.

Lantas apa kita bisa makan seenaknya? Tunggu dulu, disini kita hanya bicara soal penurunan berat badan. Kesehatan merupakan faktor yang tidak boleh kita lupakan. Ada banyak jenis makanan yang dibutuhkan namun banyak juga yang membahayakan jika dikonsumsi berlebih. Di faktor kesehatan inilah pengaturan makanan berperan.

mitos diet

4. Melakukan Olah Raga

“Mulai besok mau rajin olah raga supaya kurus” Sering mendengar kalimat itu bukan? Nah, pemikiran tersebut juga salah. Kembali ke pemikiran di atas, berat badan akan turun jika, energi yang kita gunakan lebih banyak dari energi yang kita peroleh dari asupan makanan. Dimana energi dihabiskan, baik itu melalui olah raga maupun tidak sesungguhnya tidaklah berpengaruh.

Berarti kita tidak perlu olah raga? Olah raga diperlukan untuk membentuk tubuh. Karena massa otot dipahat dan dibentuk lewat cara berolah raga. Selain itu, olah raga juga berfungsi untuk faktor kesehatan. Karena itu alih-alih memaksakan diri melakukan olah raga yang dibenci untuk sekedar menurunkan berat badan, kenapa tidak menikmati olah raga yang disenangi. Karena pikiran dan jiwa yang bahagia akan membuat tubuh lebih sehat.

5. Diet Karbohidrat Atau Lemak

Karbohidrat dan lemak punya fungsi setara dengan jenis makanan lainnya. Ketika dalam tubuh, mereka akan disimpan dan diubah menjadi energi kalori ketika tubuh membutuhkan. Jika tubuh tidak butuh banyak kalori, sementara yang disimpan banyak, makan pada saat itu tubuh akan menjadi gemuk. Karena itu hanya membatasi karbohidrat atau lemak tanpa membatasi jumlah asupan lainnya adalah pekerjaan sia-sia.

Kesimpulannya sederhana, “jika asupan kalori yang masuk lebih sedikit dari yang digunakan beraktivitas maka berat badan akan turun”. Lewat cara apapun, jika kondisi ini terpenuhi makan jarum timbangan akan segera bergeser ke kiri.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top